Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: 5 Gunung Api Paling Aktif  (Dibaca 1616 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
5 Gunung Api Paling Aktif
« pada: November 05, 2010, 11:38:35 AM »
KOMPAS.com — Gunung Merapi masih terus menunjukkan aktivitas meningkat selama seminggu sejak letusan tanggal 26 Oktober 2010. Hari ini juga diberitakan bahwa aktivitas 22 gunung di wilayah lain di Indonesia juga meningkat.

Walau Merapi terlihat sangat aktif, tetapi keaktifannya masih belum seberapa jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain. Masih banyak gunung api lainnya di dunia yang lebih aktif.

Inilah daftar 5 gunung teraktif di dunia berdasarkan laporan Paul Kimberly, Program Manager  Global Volcanism, Smithsonian Institution. Keaktifan dilihat dari lama waktu gunung tersebut aktif secara terus-menerus.

1. Yasur

Gunung ini terletak di Pulau Tanna, bagian dari negara kepulauan Vanuatu di Pasifik Selatan. Ketinggian gunung ini hanya 361 meter, tetapi keaktifannya telah berlangsung secara terus-menerus selama 111 tahun. 

2. Etna

Gunung ini juga terletak di Italia. Memiliki ketinggian 3.340 meter, gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 109 tahun. Letusan Etna paling hebat terjadi pada tahun 1669.

3. Stromboli

Gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 108 tahun. Terletak di Italia, gunung ini sering disebut Lighthouse of the Mediterranean. Salah satu erupsinya pada tahun 2002 mengakibatkan tsunami kecil dan kerusakan di Desa Stromboli yang terletak berdekatan dengannya.

4. Santa Maria

Gunung Santa Maria terletak di Guatemala. Ketinggian gunung ini mencapai 3.772 meter. Erupsi terbesarnya adalah pada tahun 1902 dan merupakan salah satu erupsi terbesar sepanjang abad ke-20. Gunung ini telah aktif secara terus-menerus selama 101 tahun.

5. Sangay

Gunung yang terletak di Ekuador ini telah aktif secara terus-menerus selama 94 tahun. Aktivitas erupsi awal ditemukan pada tahun 1628. Sementara, aktivitas erupsi secara berkelanjutan tercatat dari tahun 1728 sampai 1916 dan tahun 1934 hingga kini. Ketinggian gunung ini adalah 5.230 meter.



Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1658
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • Lihat Profil
    • http://mahyosof-mahyosof-kitabsuci.blogspot.com/
Re: 5 Gunung Api Paling Aktif
« Jawab #1 pada: November 05, 2010, 05:09:22 PM »
saya lihat juga gunung berapi di indo di TV , kesiang bangit yah , orang indo selalu di timpa musibah  . seperti sunami , bah/banjir , angin puting beliun dan gunung berapi ..ini kali pertama saya lihat gunung berapi siaran lansung dari tv indo sendiri . walau pun bahasanya saya kurang mengerti tapi saya pahan inti saja .
bukankah semalam letupannya berapi lebih kuat daripada sebelumnya?
saya hairan orang2 indo yang masih tigal di liring gunung api , kalau saya , saya terus ikut arahan pamrintah yang mengarah rakyatnya berpindah di tempat yang di sediakan ..tapi rakyat indo tidak begitu mengapa yah ?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 5 Gunung Api Paling Aktif
« Jawab #2 pada: November 05, 2010, 05:18:59 PM »
gunung api meskipun sering menimbulkan korban juga merupakan berkah. daerah sekitar gunung api biasanya subur dan airnya sangat bersih. itu kenapa masih banyak yang mau tinggal di sana.

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1658
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • Lihat Profil
    • http://mahyosof-mahyosof-kitabsuci.blogspot.com/
Re: 5 Gunung Api Paling Aktif
« Jawab #3 pada: November 07, 2010, 08:38:07 AM »
itu saya tahu daerah sekitar gunung api tanahnya sudur , saya lihat juga hasil tanaman salak di sekitar gunung api di tv sana bibarapa hari lalu , memang subur buahnya besar kalau di bandingkan salak di daerah saya walau pun jenihnya sama . rumput2 untuk makanan ternak juga subur , memang senang bagi peternah di sana .

yang saya hirannya itu mengapa orang2 yang tigal di liring2 gunung api itu tak mau berpindah di ketika pamrintah perintah berpindah sematara untuk selamatkan diri karena gunung api yang akan meletup dan akan merbahyakan diri kita itu je ?

sebab itulah saya kata , kalau saya terus berpindah untuk keselamatan diri kita berserta apa yang ada dari kita ..dan apabila gunung api di istiharkan  sudah selamat oleh pamrintah barulah kita boleh pulang berkerja seperti biasa ...
« Edit Terakhir: November 07, 2010, 08:45:02 AM oleh sayang »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: 5 Gunung Api Paling Aktif
« Jawab #4 pada: November 08, 2010, 05:35:07 PM »
biasanya lebih pada masalah harta... misalnya ternak, rumah, dan harta kekayaan lain yang kadang sulit untuk dibawa pergi. mereka kan rata-rata tidak punya asuransi untuk barang-barang itu.

Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1658
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • Lihat Profil
    • http://mahyosof-mahyosof-kitabsuci.blogspot.com/
Re: 5 Gunung Api Paling Aktif
« Jawab #5 pada: November 08, 2010, 08:07:45 PM »
ya .. saya paham , sekurang2nya untuk keselamatan diri , mungkin kalau saya di sana pun jadi seperti mareka juga . tapi kalau di pikir2kan diri kita lebih berharga dari harta2nya itu . mungkin saya berpikir di makian karena di daerah saya tak prnah di timpa bencana yang seperti itu baik pun banjir atau lainnya ..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
5663 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 10:36:50 PM
oleh skuler
gunung

Dimulai oleh ria Fisika

2 Jawaban
4173 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2007, 08:37:48 AM
oleh superstring39
Karbon Aktif

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Kimia

32 Jawaban
8392 Dilihat
Tulisan terakhir September 22, 2011, 12:40:44 PM
oleh syx
7 Jawaban
890 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2014, 07:51:33 PM
oleh ytridyrevsielixetuls
3 Jawaban
268 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 29, 2014, 11:42:05 PM
oleh reborn

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia