Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: arti politik.........???  (Dibaca 20498 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Murtadlo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • cinta..... adalah sumber hidup abadi
    • Lihat Profil
arti politik.........???
« pada: Januari 26, 2010, 06:53:28 AM »
hampir semua umat berbincang-bincang tentang bahasa yang satu ini, tapi anehnya, ketika ditanya apa sih politik itu? apa ya.......?



Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: arti politik.........???
« Jawab #1 pada: Januari 26, 2010, 09:31:46 AM »
berikut apa yang saya dapat waktu kuliah awal semester ganjil tahun kemarin

Politik ada dua arti,
1. Pengertian Teoritis --> mengambil keputusan berdasarkan kebijaksanaan

2. Pengertian Praktis --> cara untuk mencapai tujuan



Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: arti politik.........???
« Jawab #2 pada: Januari 26, 2010, 09:44:24 AM »
pengertian ngaco->Poli itik (banyak itik)
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun, semut asb

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: arti politik.........???
« Jawab #3 pada: Januari 26, 2010, 02:54:40 PM »
ah,,, politik...
ini nih,, pelajaran pKn sisca di skolah...

politik dalam bahasa arab disebut siyasyah (siasat)

secara etimologi asal mula kata politik berasal dari bahasa Yunani, yaitu polis(arti = negara kota)..
dari kata polis ini diturunkan kata2 laen seperti:
- polities (warga negara)
- politikos ( nama sifat ) yg berarti kewarganegaraan
- politike episteme (ilmu politik)

menurut Mirriam Budiharjo politik adalah bermacam2 kegiatan dari suatu sistem politik (negara) yg menyangkut proses menentukan tujuan2 dari sistem indonesia dan melaksanakan tujuan2 itu..

menurut Isjware politik adalah perjuangan utk memperoleh kekuasaan / teknik menjalankan kekuasaan2 / masalah2 pelaksanaan dan kontrol kekuasaan / pembentukan dan penggunaan kekuasaan..

menurut Sri Sumantri politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yg dilembagakan dalam bermacam2 badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik...

kalo pengertian politik secara umum..
politik = siasat atao taktik untuk mencapai suatu tujuan tertentu...

begitulah kira2 yg diajarin sama aku... :D :D ;D
~ You are what you eat ~

Offline AgentZero

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #4 pada: Januari 26, 2010, 09:38:57 PM »
Politik pada dasarnya merupakan sebuah cara dalam menentukan kekuasaan yang dimiliki oleh segelintir orang yang memang dipercaya untuk menentukan sebuah keputusan yang nantinya akan menentukan langkah dan tujuan dari orang-orang yang dipimpinnya.

Dasar awal dari politik adalah manusia yang memerlukan seorang atau beberapa orang yang dapat memimpin mereka dan membuat keputusan untuk menentukan langkah mereka, seperti contohnya : pada zaman batu, manusia-manusia gua pasti memiliki pemimpinnya sendiri dalam menentukan kapan harus berburu, kapan harus tidur, kapan harus makan, dsb.

Politik ditujukan untuk kesejahteraan manusia, namun sekarang ini, politik sering disalahgunakan untuk mencapai kesejahteraan beberapa manusia saja.

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #5 pada: Januari 30, 2010, 06:52:03 AM »
wah mumpun punya waktu buat nanggepin temen2...langsung aja

Politik adalah "Konflik murni, yaitu antara sini melawan sana" (Schmitt, 1976), ada lagi ahli lain yang mengatakan politik adalah "penyelarasan kepentingan-kepentingan yang saling bertentangan dengan kebijakan publik" (Crick, 1964)

yah definisi-definisi tersebut cukup lama, namun menjadi bahan untuk lompatan dalam pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik dimana banyak pola pandang yang cukup bersilangan, ada yang mengatakan bahwa politik adalah pemerintahan, dan ada juga yang mengatakan bahwa politik itu adalah publik yang perlu diatur dalam kebijakan publik.

mungkin penjelasan di atas cukup membantu sedikit...

Sumber:

Crick, Bernard. 1962. In Defense of Politics. Middlesex, England : Penguin Books.

Schmitt, Carl. 1976. The Concept of the Political. New Jersey : Rutgers University Press.

« Edit Terakhir: Januari 30, 2010, 06:55:37 AM oleh Social Permutation »
All Waves, Rise now and Become my Shield, Lightning, Strike now and Become my Blade

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #6 pada: Januari 30, 2010, 06:57:24 AM »
Kutip
menurut Mirriam Budiharjo politik adalah bermacam2 kegiatan dari suatu sistem politik (negara) yg menyangkut proses menentukan tujuan2 dari sistem indonesia dan melaksanakan tujuan2 itu..

menurut Isjware politik adalah perjuangan utk memperoleh kekuasaan / teknik menjalankan kekuasaan2 / masalah2 pelaksanaan dan kontrol kekuasaan / pembentukan dan penggunaan kekuasaan..

menurut Sri Sumantri politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yg dilembagakan dalam bermacam2 badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik...

kalo pengertian politik secara umum..
politik = siasat atao taktik untuk mencapai suatu tujuan tertentu...

awesome! mantap! keep on going!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: arti politik.........???
« Jawab #7 pada: Januari 30, 2010, 12:56:13 PM »
oh,, itu mah.. pelajaran pkn di skolah mas... hahaa~

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #8 pada: Januari 31, 2010, 05:51:34 PM »
ngikut Pi-One..berarti kalo Politikus...Banyak tikusnya.. ;D ;D
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #9 pada: Januari 31, 2010, 09:29:35 PM »
aku pake cerita ja y.... :)

Seorang murid sekolah dasar mendapat pekerjaan rumah dari gurunya untuk menjelaskan arti kata POLITIK. Karena belum memahaminya, ia kemudian bertanya pada ayahnya.

Sang Ayah yang menginginkan si anak dapat berpikir secara kreatif kemudian memberikan penjelasan, “Baiklah nak, ayah akan mencoba menjelaskan denga perumpamaan, misalkan Ayahmu adalah orang yang bekerja untuk menghidupi keluarga, jadi kita sebut ayah adalah investor. Ibumu adalah pengatur keuangan, jadi kita menyebutnya pemerintah. Kami disini memperhatikan kebutuhan-kebutuhanmu, jadi kita menyebut engkau rakyat. Pembantu, kita masukkan dia ke dalam kelas pekerja, dan adikmu yang masih balita, kita menyebutnya masa depan. Sekarang pikirkan hal itu dan lihat apakah penjelasan ayah ini bisa kau pahami?”

Si anak kemudian pergi ke tempat tidur sambil memikirkan apa yang dikatakan ayahnya. Pada tengah malam, anak itu terbangun karena mendengar adik bayinya menangis. Ia melihat adik bayinya mengompol. Lalu ia menuju kamar tidur orang tuanya dan mendapatkan ibunya sedang tidur nyenyak.

Karena tidak ingin membangunkan ibunya, maka ia pergi ke kamar pembantu. Karena pintu terkunci, maka ia kemudian mengintip melalui lubang kunci dan melihat ayahnya berada di tempat tidur bersama pembantunya.

Akhirnya ia menyerah dan kembali ke tempat tidur, sambil berkata dalam hati bahwa ia sudah mengerti arti POLITIK.

Pagi harinya, sebelum berangkat ke sekolah ia mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan menulis pada buku tugasnya: ‘Politik adalah hal dimana para Investor meniduri kelas Pekerja, sedangkan Pemerintah tertidur lelap, Rakyat diabaikan dan Masa Depan berada dalam kondisi yang menyedihkan.”

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #10 pada: Pebruari 02, 2010, 11:14:42 AM »
Kutip
‘Politik adalah hal dimana para Investor meniduri kelas Pekerja, sedangkan Pemerintah tertidur lelap, Rakyat diabaikan dan Masa Depan berada dalam kondisi yang menyedihkan.”

mantap! ini baru scientist sejati, humor bisa ilmu kena...keren bro!..

Offline Murtadlo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • cinta..... adalah sumber hidup abadi
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #11 pada: Pebruari 07, 2010, 02:37:26 PM »

yang satu ini, gmn menurut anda2. dalam aturan hukum yang dipakai perancis, yang pada  kenyataannya berasal dari aturan hukum mesir, menuturkan tentang arti politik adalah الأهم فالأهم yaitu memprioritaskan suatu hal yang lebih berprioritas. jadi polotik adalah untuk umum, bukan dikalangan pemerintah atau jabatan, rakyat dan semuanya dalam hal apapun yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari mereka bisa menggunakan prinsip politik.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #12 pada: Pebruari 12, 2010, 01:34:43 PM »
Politik seperti minuman keras,  semakin sering minum semakin ketagihan,  dan bisa mabuk juga ........ ;D

Offline Social Permutation

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • BUMN Employee
    • Lihat Profil
Re: arti politik.........???
« Jawab #13 pada: Maret 03, 2010, 10:27:47 AM »
Kutip
Politik seperti minuman keras,  semakin sering minum semakin ketagihan,  dan bisa mabuk juga ........

betul, tapi apabila di pelajari dan di ilhami dengan lebih baik maka politik menjadi sebuah keilmuan yang sangat berguna dalam memecahkan permasalahan yang ada di sebuah negara

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
3531 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2009, 10:41:06 AM
oleh nurR
6 Jawaban
1959 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2010, 04:42:40 PM
oleh nihar.awani
25 Jawaban
6124 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2012, 12:22:02 PM
oleh Monox D. I-Fly
16 Jawaban
20396 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 05:22:30 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
406 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 02:26:39 PM
oleh Kebenaran1990

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia