Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Kemarin jam 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Cara hipnotis?  (Dibaca 42746 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

pinokio

  • Pengunjung
Cara hipnotis?
« pada: Desember 13, 2006, 03:41:08 AM »
Penasaran neh, bener bisa yah orang dihipnotis? Caranya gimana sih? Ada yang pernah menghipnotis atau di hipnotis?



pinokio

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #1 pada: Desember 17, 2006, 01:42:33 PM »
hiks... pertanyaanku diabaikan :(

arie_ds

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #2 pada: Desember 19, 2006, 10:38:21 AM »
Menarik nih hipnotis. Setahuku intinya kita harus berada pada keadaan "terawang", sori kalo salah istilah, aku lupa istilahnya soalnya. Misalnya gini, kita mau tidur, kemudian ngantuk berat, kemudian mulai tidak sadar, nah keadaan semacam itu. Syarat hipnotis kita harus berada pada keadaan benar-benar rileks. Jadi, orang yang terhipnotis pada dasarnya adalah orang yang bersedia dihipnotis, atau ingin pada keadaan terhipnotis. Kurang lebih sih begitu....

mr.zero

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #3 pada: Januari 24, 2007, 09:59:36 PM »
kalau harus mau baru bisa di hipnotis
nah itu yang dijalan gimana  :P . kan dia gak mau dihipnotis biar duit nya rahib !! hehehe
ada penjelasan lebih ke psikologi atau sains gak yah

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #4 pada: Pebruari 17, 2007, 10:53:31 AM »
bner yg dibilangin bro arie_ds

pada dasarnya org yg dihipnotis mesti dlm keadaan menuju bawah sadar ato subconcious mind...kalopun dlm kesadaran penuh harus rela bersedia dihipnotis.
oyah...hipnotis berbeda dengan gendam/sihir yak,klo yg dipake orang2 buat ngambil duit dsb itu gendam..pake sihir tuh ndak tau penjelasan ilmiahnya.

Ini ada sumber ilmiah soal hynoterapi ...

Hipnoterapi Bukan Gendam
Anggapan masarakat terhadap hipnoterapi sering diasumsikan sama dengan metode gendam yang sering digunakan untuk praktek kejahatan, keduanya memang sama menggunakan gelombang elektromanetik dan energi dalam tubuh manusia, namun ada perbedaan mendasar dalam penerapannya. Menurut Dr. Erwin, hipnoterapi bukanlah gendam atau ilmu sihir. Seperti yang banyak digunakan dalam kasus kejahatan, korban dibuat tidak sadar dan menyerahkan apa yang dimilikinya. Dalam hipnoterapi, si pasen dijadikan subjek aktif yang dipandu secara sadar dan mau menerima apa yang di lakukan terapis sehingga melakukan energinya sendiri untuk penyembuhan dimaksud. Sedangkan dalam gendam yang terjadi adalah proses magnetisme, yaitu si korban/pasien menjadi obyek pasif dan secara tidak sadar dipengaruhi energi dari si pelaku kejahatan.

Cara Kerja Hipnoterapi
Istilah hipnoterapi mengacu dari kata “Hypno” bahasa Yunani berarti tidur. Memang terapi penyembuhan hipnoterapi diawali dengan mengkondisikan pasien dalam fase relaksasi (seperti orang tertidur) sebelum dilakukan terapi inti. Hipnoterapi bekerja pada jiwa bawah sadar (alpha state) manusia. Untuk membangkitkan jiwa bawah sadarnya, pasien dalam kondisi relaksasi atau atau mengistirahatkan jiwa sadarnya. Saat jiwa sadarnya beristirahat maka jiwa bawah sadarnya akan muncul. Dalam kondisi ini rekaman bawah sadarnya seperti gangguan kesehatan yang dirasakan akan diketahui. Rekaman bawah sadar yang salah atau keliru akan diperbaharui dengan memberikan sugesti-sugesti positif oleh terapis melalui hipnoterapi. Sugesti ini diberikan secara terus menerus hingga keadaan dimana rekaman bawah sadar yang keliru menghilang dan digantikan oleh sugesti positif . Jadi cara Kerja hipnoterapi “bermain” di “piranti lunak” atau badan halus/roh dalam tubuh manusia, papar Dr. Erwin.

Dari pengalaman praktek Dr. Erwin, tingkat keberhasilannya sugesti positif pada pasien berbeda masing-masing orang. Tergantung ganguan berat-ringanya penyakit yang diderita serta kemauan untuk sembuh dari dalam diri pasien. Hipnoterapi tidak bisa langsung menyembuhkan dalam satu atau dua kali terapi, seperti kasus kecanduan narkoba atau pasien ingin berhenti merokok. Jika kecanduan narkoba atau merokok sudah sangat berat, untuk sembuh total proses terapi bisa selama dua tahun. Untuk mempercepat kesembuhan, pasien juga harus proaktif dan mempunyai kemauan yang kuat untuk sembuh. Dalam hipnoterapi, terapis hanya berperan sebagai fasilitator, pasien harus kooperatif dan sebagai subyek aktif. Agar proses terapi tepat sasaran, pasin harus benar-benar memahami betul maksud dan tujuan hipnoterapi. Harus ada kesepakatan antara pasien dan terapis, karena pasienlah sebenarnya yang paling tau apa yang dideritanya, tutur dokter yang praktek di Klinik Prorevital di daerah Cempaka Putih dan RSPAD Jakarta.

Sembuhkan Stres, Depresi dan Fobia
Hipnoterapi lebih efektif digunakan untuk mengobati ganguan kesehatan yang sifatnya fungsional. Ganguan kesehatan karena defisiensi organik dalam tubuh maupun defisiensi zat dari luar tubuh tidak bisa disembuhkan. Seperti kasus kekurangan zat gizi tertentu, dehidrasi atau ganguan penyakit kulit, tetap harus diobati dengan pengobatan medis yang lain, tidak bisa dengan hipnoterapi. Begitu juga kasus trauma fisik seperti patah tulang, tandas Dr. Erwin. Dalam prakteknya, Dr.Erwin lebih banyak menangani penyakit akibat ganguan neurosis, seperti stres, depresi, fobia, atau rasa cemas yang berlebihan.

Ganguan kejiwaan seperti stres lebih mudah disembuhkan dengan hipnoterapi, dengan memberikan sugesti, pasien bisa ditenangkan. Kebanyakan orang melakukan tindakan fisik untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit kejiwaan. Penyakit jenis ini lebih tepat diobati dengan hipnoterapi, karena yang sakit bukan fisiknya namun jiwanya. Ganguan bioplasmik juga bisa disembuhkan dengan hipnoterapi. Ganguan bioplasmik biasanya ditandai dengan menurunnya ketahanan fisik dan mental.

Self Healing
Selain dilakukan oleh terapis, hipnoterapi juga bisa dilakukan untuk penyembuhan diri sendiri atau self healing. Sebenarnya beberapa penyakit sumbernya dari pikiran kita. Ramalan diri sendiri atau sugesti hipnosis seringkali menjadi nyata karena pikiran kita yang memasukan sugesti dalam proses pemikiran. Seperti saat kita kehujanan, di dalam pikiran kita akan tersugesti, saya akan sakit kepala atau pusing karena kehujanan. Akibatnya tubuh benar-benar mengalami sakit kepala. Padahal jika ditanamkan sugesti saya akan sehat dan tidak akan terjadi apa-apa maka sakitpun tidak akan datang. Fenomena seperti ini yang disebut oleh pengobatan memdis barat sebagai efek plasebo.

Banyak penyakit bisa disembuhkan dengan autohipnosis, berdasarkan pengalaman praktek Dr. Erwin, penyakit seperti ketergantungan narkoba, stres, vertigo, insomnia, fobia, migrain, hingga menguruskan bebrat badan bisa disembuhkan dengan autohipnosis. Pada kondisi orang sehat, autohipnosis juga bisa digunakan untuk menghindari rekaman negatif, mencegah timbulnya penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika tercapai kondisi badan yang sehat, daya tahan tubuh juga meningkat dan badan menjadi tidak mudah sakit. Kemampuan melakukan autohipnosis bisa dipelajari dengan kursus hipnoterapi, dengan 20 kali pertemuan, biasanya Anda sudah bisa melakukan autohipnosis.

Efek Negatif dan Positif
Kelebihan hipnoterapi adalah murah, karena bisa dilakukan sendiri. Hipnoterapi juga relatif lebih efektif menghilangkan rasa nyeri dibandingkan pengobatan analgesik, termasuk morfin sekalipun. Hipnoterapi juga aman tanpa efek negatif seperti efek ketergantungan. Walaupun relatif aman, hipnoterapi mempunyai efek samping. Pada beberapa pasien bia menimbulkan abreaksi. Suatu keadaan dimana pasien keluar dari rekaman bawah sadarnya secara serentak. Akibatnya bisa menimbulkan rasa kekesalan atau kesedihan secara berlebihan, reaksinya pasien bisa tidak terkendali, namun kondisi biasanya tidak berlangsung lama dan bisa dikendalikan oleh terapis.

sumber:berbagai sumber di internet

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #5 pada: Pebruari 17, 2007, 11:08:51 AM »
dari forum sebelah

Mastering Stage Hypnosis

PDF | 1.2 MB

Mastering Stage Hypnosis is more than an ebook - it is also 12 weeks personal email and telephone assistance from the Grant Boddington, the Master Stage Hypnotist himself! So whether you're just starting to learn Stage Hypnosis, or a semi-trained enthusiast, or a seasoned professional, then Mastering Stage Hypnosis and the 12 weeks priorty email and telephone support is for you!

Learn how to become a Stage Hypnotist, from the master himself!

* Stage Hypnotist, Grant Boddington .....
* is a FULLTIME PROFESSIONAL HYPNOTIST
* is a Registered Master Hypnotist (HNZRMH)
* is a Registered Clinical Hypnotherapist (NZHRB)
* offers all purchasers rapid email response to questions
* even accepts telephone questions from purchasers
* has the best Hypnosis Ebook and personal support package anywhere!

Kode: [Pilih]
http://www.filefactory.com/file/9b9b45
Maap Om Mimin...
ini saya nda ngerti aturan insert share link dr luar klo ada salah2 tolong di bnerin yak

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #6 pada: Pebruari 17, 2007, 11:10:24 AM »
B.M.Knight, «Easily Hypnotize Anyone»

This ebook is for you, if:
You’re intelligent, and curious about hypnosis, or
You just want to understand more about hypnosis, or
You want to use hypnosis to help yourself and others, or
You might add hypnosis to your professional toolkit, or You’re considering studying hypnotherapy as a career.

You are about to discover how easy it is to hypnotize other people and what safeguards and responsibilities that entails.

One such responsibility is to understand that just reading this ebook will not qualify you to do therapy.

However, by the time you’ve finished reading you will have a greater understanding of:
What hypnosis is
What it can be used for
What you can accomplish with it.

Who can you safely hypnotize? People who could benefit from positive suggestions. And who have no underlying
pathology. Likely candidates are people who want to:
Overcome exam anxiety
Enhance sports performance
Stop smoking
Achieve specific goals.
Amplify their creativity

You can induce hypnosis, give such people the positive suggestions they’ve requested and feel great about helping them.

Hypnosis is currently riding a wave of popularity among the public.

Kode: [Pilih]
http://rapidshare.de/files/29330436/BMKnight.rar.html

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #7 pada: Pebruari 17, 2007, 11:14:42 AM »
Motivation Power: by Paul Mckenna (Audiobook Hypnosis)

Motivation Power contains Paul McKenna's very latest and most powerful hypnotic techniques to help energise you life. As soon as you start listening to the trance section you will being to notice a dynamic increase in your enthusiasm.

'Motivation Power' will give you the drive to do the things you really want to do!

Paul Mckenna is an expert in the power of the mind, he has demonstrated his amazing techniques on television in 42 countries. He is a best selling author and more than a million people have now benefited from his DVDs and CDs. He has worked with sports champions, leading business achievers, rock stars and royalty.

Now he wants to help you!

Audiobook Download: (File size: 25.6MB)

Kode: [Pilih]
http://rapidshare.de/files/15299283/AB-PM-MP.rar.html

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #8 pada: Pebruari 18, 2007, 08:47:09 PM »
Kutip
Ramalan diri sendiri atau sugesti hipnosis seringkali menjadi nyata karena pikiran kita yang memasukan sugesti dalam proses pemikiran. Seperti saat kita kehujanan, di dalam pikiran kita akan tersugesti, saya akan sakit kepala atau pusing karena kehujanan. Akibatnya tubuh benar-benar mengalami sakit kepala. Padahal jika ditanamkan sugesti saya akan sehat dan tidak akan terjadi apa-apa maka sakitpun tidak akan datang. Fenomena seperti ini yang disebut oleh pengobatan memdis barat sebagai efek plasebo.

betul ini    ;) ... dulu kalau pas musim dingin dan pemanas di lab nggak cukup panas dan kitanya mengeluh dingin, big bos selalu bilang: bayangkan kamu lagi berada di negara tropis, ini gak dingin kok ... ngefek sih emang, terpaksa soalnya, nggak ada pilihan lain  ;D  ;D


boleh tanya soal autohipnotis itu ya ... dulu pernah baca soal autohiptonis utk mengatasi insomnia, kalau gak salah dibilang kita mesti membayangkan tubuh jadi semakin berat sampai masuk ke keadaan trance, sebelum akhirnya jatuh tertidur ... benar nggak ya? trus trance yg dimaksud saat di-/ter-hipnotis ini apa bedanya dg saat meditasi gitu?
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #9 pada: Pebruari 19, 2007, 05:57:56 PM »
betul ini    ;) ... dulu kalau pas musim dingin dan pemanas di lab nggak cukup panas dan kitanya mengeluh dingin, big bos selalu bilang: bayangkan kamu lagi berada di negara tropis, ini gak dingin kok ... ngefek sih emang, terpaksa soalnya, nggak ada pilihan lain  ;D  ;D
emang iya... sugesti yg ditimbulkan dari pikiran kita akan lebih cepat memberi efek dalam diri.
sebagai
contoh
saat kita lapar bayangkan aja kita dalam suasana panas, ato usahakan mikir sesuatu dg serius(yg membuat otak kita bekerja keras) ... perasaan laper lambat laun akan menghilang. Medula oblongata akan memberi respon perintah lapar apabila mendingin suhunya(suhu otak)

boleh tanya soal autohipnotis itu ya ... dulu pernah baca soal autohiptonis utk mengatasi insomnia, kalau gak salah dibilang kita mesti membayangkan tubuh jadi semakin berat sampai masuk ke keadaan trance, sebelum akhirnya jatuh tertidur ... benar nggak ya? trus trance yg dimaksud saat di-/ter-hipnotis ini apa bedanya dg saat meditasi gitu?

beda terhipnotis dg meditasi adalah pada tingkat kesadaran.
Jadi kondisi terhipnotis bnar2 dibawah kesadaran...sedangkan pada saat meditasi antara sadar dan tidak
 
copas lagi:  :)
Ketika kita berpikir, merenung ,berdoa atau apa pun juga aktivitas batiniah, dalam otak kita sedang berlangsung suatu proses psikodinamika pada otak kita, yg menghasilkan gelombang elektromagnetik, nah gelombang tersebut bisa terpancar keluar, bisa menimbulkan resonansi pada orang lain.

Ada beberapa macam gelombang otak yg didasarkan pada tingkatan konsentrasi /focus pikiran kita sendiri atau kondisi fisik kita ;


Beta 14 – 100 hertz - saat berpikir keras ( menghitung atau saat stress )

Alpha 8 – 13,9 Hz - alam bawah sadar, imajinasi dan relaksasi

Tetha 4 – 7,9 Hz - intuisi

Delta 0,1 – 3,9 Hz - saat tidur


Yang paling kuat , adalah gelombang otak Alpha dan tetha, namun paling susah juga utk bisa kita bangkitkan , dibanding gelombang beta yg kita gunakan saat berpikir sehari hari, sebagaimana hal nya susah utk berkonsentrasi.

Lontaran gelombang otak Alpha dan Tetha dari pikiran kita lah yg akan menyebar ke luar, sehingga menggerakkan orang lain melakukan hal yg kita harapkan.

Bagaikan resonansi gelombang gitar yg bila sama getaran nya, akan menimbulkan resonansi bunyi pada alat musik lain nya.

Begitu pula orang yang saling jatuh cinta, pandangan mata atau bahkan text sms sekalipun, bisa menimbulkan resonansi rasa kasmaran pada yg lain nya.

Hal yg sama berlaku juga antara ibu dan anak, bila seorang anak menangis, ibu nya yg walau berada di tempat yg jauh, akan merasakan resonansi rasa gelisah dari tangisan anak nya tersebut.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #10 pada: Pebruari 19, 2007, 09:07:15 PM »
Maap Om Mimin...
ini saya nda ngerti aturan insert share link dr luar klo ada salah2 tolong di bnerin yak

Sori baru liat. Atur aja tante. Pake code gitu juga gpp deh, gak live link  ;D Ntar dibahas lagi lah aturan2 yg begini.

Ada beberapa macam gelombang otak yg didasarkan pada tingkatan konsentrasi /focus pikiran kita sendiri atau kondisi fisik kita ;


Beta 14 – 100 hertz - saat berpikir keras ( menghitung atau saat stress )
Alpha 8 – 13,9 Hz - alam bawah sadar, imajinasi dan relaksasi
Tetha 4 – 7,9 Hz - intuisi
Delta 0,1 – 3,9 Hz - saat tidur

Yang paling kuat , adalah gelombang otak Alpha dan tetha, namun paling susah juga utk bisa kita bangkitkan , dibanding gelombang beta yg kita gunakan saat berpikir sehari hari, sebagaimana hal nya susah utk berkonsentrasi.

Lontaran gelombang otak Alpha dan Tetha dari pikiran kita lah yg akan menyebar ke luar, sehingga menggerakkan orang lain melakukan hal yg kita harapkan.

Bagaikan resonansi gelombang gitar yg bila sama getaran nya, akan menimbulkan resonansi bunyi pada alat musik lain nya.

Begitu pula orang yang saling jatuh cinta, pandangan mata atau bahkan text sms sekalipun, bisa menimbulkan resonansi rasa kasmaran pada yg lain nya.

Hal yg sama berlaku juga antara ibu dan anak, bila seorang anak menangis, ibu nya yg walau berada di tempat yg jauh, akan merasakan resonansi rasa gelisah dari tangisan anak nya tersebut.

Tyd, soal gelombang EM, udah bisa dibuktikan belum ini? Trus ada metode buat kita ngatur tepatnya gelombang dgn frek brp kita mau hasilkan?

Btw, kalo tenaga dalam juga dari sini bukan asalnya, gel. EM  ???

Nice post Tyd  ;)

Tyd

  • Pengunjung
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #11 pada: Pebruari 20, 2007, 01:59:01 PM »

Tyd, soal gelombang EM, udah bisa dibuktikan belum ini? Trus ada metode buat kita ngatur tepatnya gelombang dgn frek brp kita mau hasilkan?

Btw, kalo tenaga dalam juga dari sini bukan asalnya, gel. EM  ???

Nice post Tyd  ;)

weks...gelombang EM paan see  :D :D
Utk mengatur berapa frekwnsi yg kita keluarkan emg nda semudah kita muter transmiter radio. Ada cara cara khusus untuk mempelajarinya,butuh konsultasi lg nee...
yg termudah adalah memberiken sugesti/rangsangan dari luar, skrg dah bnyak softwer macem brainwave entertainment, nature sound dsb gitu...yg memproduksi gelombang2 alpha,delta,beta,theta ...termasuk kombinasi dsb.

soal gelombang2 tsb udh bisa dipantau dg electroecephalogram (EEG), electrocardiogram (ECG) and electrooculogram (EOG)


Hmmm... tenaga dalem? perlu buka2 buku lg,kyaknya si masi ad hubungan hahaha
ntar ah, jalan dlu yee  ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #12 pada: Pebruari 20, 2007, 03:03:20 PM »
wew.... mantap. Kapan eike boleh konsul tante? Dihipnotis dikit. Banyak penyakit nih :(

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #13 pada: Januari 07, 2008, 01:18:34 PM »
GIMANA KLO HIPNOTIS BIKIN ORANG2 JADI BAIK SEMUA :) ;)
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Lex dePraxis

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Cara hipnotis?
« Jawab #14 pada: September 24, 2009, 10:14:59 AM »
Bagi yang ingin tahu lebih banyak lagi, ini saya bagikan e-book yang saya tulis tentang rahasia hipnotisme, termasuk kejahatan hipnotis...



Untuk download, pranala:http://hitmansystem.com/fast/FASThypno.pdf [non-aktif].

Yang saya bingung kok ini masuknya di kamar sosial politik?
« Edit Terakhir: September 24, 2009, 10:19:49 AM oleh Lex dePraxis »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
97089 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2011, 09:36:40 PM
oleh Ordinary Man
1 Jawaban
6541 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 31, 2008, 10:32:26 AM
oleh eky
0 Jawaban
1656 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2008, 01:37:49 AM
oleh biobio
62 Jawaban
14151 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2013, 10:37:02 AM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
11903 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2010, 01:10:06 PM
oleh nandaz

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia