Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: bikin pcb  (Dibaca 17372 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline musafir86

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Musafir_86
    • Lihat Profil
bikin pcb
« pada: Mei 19, 2009, 11:49:19 PM »
Temen2 ada yg tau ga cara bikin larutan perak buat nglindungi tembaga pada pcb dr korosi? yg warnanya perak, yg buat bagian bawah pcb...


Kutip

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: bikin pcb
« Jawab #1 pada: Mei 20, 2009, 09:52:25 PM »
saya biasanya melihat tembaga yang dilapisin sama lapiran biru atau hijau. Tapi kalo yang warnanya perak saya belum pernah melihat. Atau bayangan saya masih salah ya? (terhadap pertanyaannya musafir86)
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Lihat Profil
    • Discovering The Art and Technology
Re: bikin pcb
« Jawab #2 pada: Mei 23, 2009, 07:36:18 AM »
Kalo pingin enak dan murah di masking pake tenol aja..
kalo ngerjainnya sabar, hasilnya bisa seperti lapis perak (silver).


« Edit Terakhir: Mei 23, 2009, 07:39:23 AM oleh herlambang »
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 01:11:49 AM »
kalau untuk melindungi tembaganya, mending dikasih gondorukem ja (malam yang buat batik) cz bisa tu untuk melindungi tembaganya biar nggak korosi tapi tetep lumanyan save. ;D ;D ;D

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Lihat Profil
    • Discovering The Art and Technology
Re: bikin pcb
« Jawab #4 pada: Mei 29, 2009, 08:55:00 PM »
kalau untuk melindungi tembaganya, mending dikasih gondorukem ja (malam yang buat batik) cz bisa tu untuk melindungi tembaganya biar nggak korosi tapi tetep lumanyan save. ;D ;D ;D

Yups.. kalo dilapisi perak itu bukan hanya untuk melindungi dari korosi, tujuan utamanya agar setiap koneksi antar route bisa lebih sempurna karena perak mempunyai nilai hambat jenis lebih kecil dari tembaga.

Kalo untuk melindungi tembaga dari korosi, mending di sablon aja..

Offline n0e

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #5 pada: Mei 30, 2009, 07:46:53 AM »
mungkin itu larutan timah cair

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #6 pada: Mei 31, 2009, 10:57:47 PM »
Temen2 ada yg tau ga cara bikin larutan perak buat nglindungi tembaga pada pcb dr korosi? yg warnanya perak, yg buat bagian bawah pcb...
kalo dipernis aja gmn?,, pake pilok yg judulnya (CLEAR) kayanya cukup de,, untk pabrikan tangan sndiri,,, ga usa pake perak atau kawan2nya,,, mungkin kalo bwt transmisi yg baik kali ya,, kalo pake perak.

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #7 pada: Juni 01, 2009, 09:40:02 AM »
Biasanya saya pakai PiloX untuk melindungi tembaga di PCB dari Korosi.
Semprot aja pakai Pilox Clear..

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: bikin pcb
« Jawab #8 pada: Juni 02, 2009, 09:14:03 PM »
Mo th rekan2?

Pakai "songka" yang di larut dengan spiritus, setelah songka lebur, kemudian oleskan dan keringkan supaya lapisan memadat.

Catatan:
Ini jangan dicoba pada sistem bekerja pada VHF hingga gelombang micro.

Offline zonsopgang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 93
  • IQ: 24
  • Gender: Pria
  • Dream Theater is my dream theater
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #9 pada: Agustus 24, 2009, 11:19:44 PM »
Komentarnya udah pada tinggi2 bgt.... :'( :'( :'(

gw masih mau nanya masalah awalnya gpp kan...

nyetak lay out buatan sendiri gimana caranya..., nyoba print transparansi trus di strika kurang manteb!!(atau ada cara khusus nyetrikanya, atau harus pake printer tertentu??) ada cara yg lebih bagus gak? spy hasil lay out nya gak ada yg keputus.
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #10 pada: Agustus 25, 2009, 02:32:18 PM »
Komentarnya udah pada tinggi2 bgt.... :'( :'( :'(

gw masih mau nanya masalah awalnya gpp kan...

nyetak lay out buatan sendiri gimana caranya..., nyoba print transparansi trus di strika kurang manteb!!(atau ada cara khusus nyetrikanya, atau harus pake printer tertentu??) ada cara yg lebih bagus gak? spy hasil lay out nya gak ada yg keputus.

Kalau saya di print dengan printer laser, setelah itu baru di gosok dengan setrika.

Offline Prasetya Hutomo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #11 pada: Agustus 25, 2009, 06:59:10 PM »
@n0e : masking pakai timah cair, good job.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: bikin pcb
« Jawab #12 pada: Agustus 26, 2009, 10:14:12 PM »
kalo dipernis aja gmn?,, pake pilok yg judulnya (CLEAR) kayanya cukup de,, untk pabrikan tangan sndiri,,, ga usa pake perak atau kawan2nya,,, mungkin kalo bwt transmisi yg baik kali ya,, kalo pake perak.
iyah, pilox clear aja, elbih efektif :D


wew, cetaknya pada bikin sendiri ya
saya belum pernah bikin sendiri, abis print layout-nya, kirim ke percetakan pcb, ga terlalu mahal kok
( di bandung ada 2 tempat setauku)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Prasetya Hutomo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bikin pcb
« Jawab #13 pada: Agustus 28, 2009, 12:46:56 AM »
@Ksatria Baja Hitam : Setau saya di bandung ada percetakan PCB yang harganya 90rb untuk 10x10cm dengan teknologi through hole with masking. Dengan film kurang lebih seharga 30rb (saya lupa per meternya brapa ? ). Mungkin itu PCB terbaik yang pernah saya buat . Saya orang surabaya....Lupa nama jalannya khe3...
« Edit Terakhir: Agustus 28, 2009, 12:49:00 AM oleh Prasetya Hutomo »

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: bikin pcb
« Jawab #14 pada: Agustus 29, 2009, 12:39:18 PM »
wew, mahal nian... iya sih, orang pake through hole, di-masking pula

tapi kalo cuma ukuran 10x10cm2, tanpa masking, bahan (lupa lagi nama bahan board-nya) yg murah, paling cuma 5rb ke bawah. tapi ya resikonya kalo track-nya kecil gampang copot, solusinya abis beres di-solder langsung semprot pake pilox clear
(duh dah lama ga maen ginian lagi, teringat masa di lab dulu :D )

bukan maksud promosi, 2 tempat di bandung itu (di spoiler):
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
« Edit Terakhir: Agustus 29, 2009, 12:42:06 PM oleh ksatriabajuhitam »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
2121 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2009, 05:21:09 AM
oleh Too Payz
1 Jawaban
1133 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 28, 2010, 10:03:37 PM
oleh heru.htl
2 Jawaban
1766 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2011, 02:32:27 AM
oleh veewee
1 Jawaban
1093 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2012, 06:49:40 AM
oleh christian_daniel
0 Jawaban
838 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2012, 06:36:02 PM
oleh KwonNisa

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia