Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah  (Dibaca 13975 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline aldy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« pada: November 02, 2009, 08:52:22 PM »
Gw punya laptop... di belakang laptop itu tercantum keterangan :
Input = 12V -- 3,7Ah

Trus gw punya accu basah merk GS tuk motor, di accu tersebut ada tulisan :
12V -- 5Ah

Yang jadi pertanyaan :
1. Bisa gak gw pake accu motor tuk nyalahin Laptop gw?
2. Berbahayakah klo gw pake accu motor mengingat laptop gw hanya membutuh kan 3,7A sedangkan ampere yg di hasil kan dari accu motor adalah 5A?
3. apakah ada akibat untuk jangka pendek/panjang klo gw pake accu itu tuk laptop gw?
4. gimana caranya tuk turunin 5Ah menjadi 3,7A / 3,8A?
5. Sama / tidak arus 12v yang dihasilkan adaptor laptop dengan 12v yang dihasilkan oleh accu motor?

terima kasih atas jawaban temen2



Offline LUTFI_FAISAH

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #1 pada: November 02, 2009, 09:54:44 PM »
menurut gw sih sama aja..
dulu dosen gw pernah bilang gni:
1 Ah = jika dalm 1 jam di pake arus 1 a, makan habis..
trus arus tuh tergantung bebannya, klo bebannya butuh 1 A,mskipun accunya 10 A ttp di kasih 1 amper ke beban, tp klo tegangannya jngn coba2.....
tu yg gw tau...

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #2 pada: November 03, 2009, 02:49:03 AM »
kalo menurut saya mah jgn, aki kan ga stabil, dan adaptor laptop tu dah persisi banget outnya, jd apa yg dibutuhin sama laptop da terpenuhi,.. * amper mah tergantung beban (laptop).. kalo lebih gpp(maksudnya standar kaya aki 5 A, mksdnya maksimum A ya 5), kalo kurang kayanya ntr malah rusak (jangka panjang).
5. sama. tegangan aki itu ga stabil..

yang standar aja pemakaiannya, kalo darurat mah pake aja.. tp kalo buat facebookk doang mah mending di warnet. hehehehe

Offline LUTFI_FAISAH

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #3 pada: November 13, 2009, 09:52:54 PM »
jelasin knpa ga stabil??

Offline JO-JO

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #4 pada: November 28, 2009, 11:31:23 AM »
kok saya dulu pernah, kan tv tuner saya adaptornya rusak,mau beli lagi males,trs saya coba pake power suply PC, untuk yang 12 v kan warnanya kuning+hitam kalo gk salah,tp ternyata apa yg terjadi....tv tuner nya meledak...:(:( itu knp coba..?

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #5 pada: November 29, 2009, 03:07:47 PM »
wah jangan nyamain rangkaian digital dengan analog. klo analog sih gpp psunya makek arus yang lebih. tapi klo digital jangan.. harus makek yang sesuai. klo pun bisa ic power nya akan cepat panas.   
@eric klo aki bukannya tegangannya stabil bos..
@jojo adaptor tv tuner itu tegangan nya berapa? 12v kah? ato 5 v? ato 9 v?
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #6 pada: November 30, 2009, 11:34:27 PM »
hmm.....
1. sebenernya bisa diturunin tuh arus dari 5 amper ke 3,7 amper. caranya tinggal di kasih rangkaian resistor sebagai pembagi arus ja dah bisa kok.
2. ya bahaya dunk.... cz arus yg besar kl beban butuhna kecil, ya bikin peralatan rusak. analogina bagaikan air. kalau arusnya gede, terus yang dibutuhin cuman kecil, pasti arus yg gede bakal luber. kl diterapkan ke peralatan elektronik, bisa2 laptop anda kebakar. salah satu penyebab batre laptop terbakar saat di charg adalah arusnya dah penuh, tp masih ja dipaksa di charge. seperti di motor, kalau arusnya besar sekali, maka motor bisa terbakar.
3. akibatnya, laptop anda akan cepat panas pada jangka penddek, pada jangka panjang, laptop anda akan terbakar.
4. caranya gini nih.. pke rangkaian pembagi arus.rangkaianna q ga bsa ngeshare, cz q ga bisa carana ngeshare di forum ne.. jd maap banget ya....!!!
5. beda. kl arus accu biasana 5 ampere kl ga salah. tp kl adaptor laptop, itu dah dihitung sedemikian rupa, dah disesuaikan dengan kebutuhan batrena. (soal ujian q seh.. jd q tw...)


and, tegangan n arus pada batre n accu semuana stabil. soalna, dilihat dari gelombangna, batre n accu termasuk gelombang searah. jadi sampai kapanpun, gambar gelombangnya tetap garis lurus. berbeda dengan listrik AC karena gelombangnya berbentuk sinus, n dipengaruhi oleh frekwnsi perputaran pembangkitnya...


Offline bomb

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #7 pada: Desember 11, 2009, 07:36:54 AM »
jadi gak ada solusi ni ya?, Aku ada cara tapi sanyangnya belum dapat alatnya.masih sangat jarang yang menjual. Bisa gunakan inverter 12v to 13.8 yang tentu saja powernya sama dengan charge laptop anda. siapa punya alatnya? bagi dong disini.

Offline JO-JO

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #8 pada: Pebruari 21, 2010, 07:17:02 PM »
to dark_nekron : waduh iya aku lupa blm pastiin banget V tv tunernya berapa?kalo misalkan kurang dari V yang dibutuhkan seharusnya gak papa ya mas, atau tetep bisa meledak juga?  kalo arusnya lebih dari yang dibutuhkan gimana,apakah juga mengakibatkan meledak juga tv tunernya?soalnya kan I power supply PC itu gede(5A)

Offline damanhuri

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #9 pada: Maret 15, 2010, 11:39:10 AM »
menurut gw sih sama aja..
dulu dosen gw pernah bilang gni:
1 Ah = jika dalm 1 jam di pake arus 1 a, makan habis..
trus arus tuh tergantung bebannya, klo bebannya butuh 1 A,mskipun accunya 10 A ttp di kasih 1 amper ke beban, tp klo tegangannya jngn coba2.....
tu yg gw tau...
gpp mas bisa ko. yang penting volt nya sama. trus klo masalah ampere itu tidak jadi masalah. asalkan ampere
lebih besar dari beban. jangan sampai ampere lebih kecil.
thanks.

Offline m4t53nt0l

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #10 pada: Maret 26, 2010, 10:26:48 PM »
jadi gak ada solusi ni ya?, Aku ada cara tapi sanyangnya belum dapat alatnya.masih sangat jarang yang menjual. Bisa gunakan inverter 12v to 13.8 yang tentu saja powernya sama dengan charge laptop anda. siapa punya alatnya? bagi dong disini.

waduh waduh,...kok begini ribet koment-komentnya,...
ana setuju dengan rekan lutfi,..
gpp di pake accu dimaksud,...
siapa bilang tegangan accu tidak stabil,..malah tegangan yang paling stabil DC nya adalah battery,..kalo berkurang iya,...

nah,..untuk mengantisipasi tegangan kurang ga perlu pake voltmeter segala,...tidak perlu pake rangkaian segala,..kan di laptop udah ada indikator powernya,...kalo udah bunyi tit,.tit,..tanda batternya mau abis,..cabut,..begitu aja kok repot,..

mengenai Ampere nya,...ga masalah juga kok,...malah lebih besar amperenya makin lama usia pemakaian laptop,....

ThinkMore!!!

Offline m4t53nt0l

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah
« Jawab #11 pada: Maret 26, 2010, 10:29:15 PM »
jelasin knpa ga stabil??

heheee,..ana juga pengen nanya itu,...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
18579 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2011, 06:55:37 PM
oleh asetyadi
26 Jawaban
25043 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2010, 03:36:44 PM
oleh truf777
6 Jawaban
3258 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 07, 2010, 02:12:02 PM
oleh Farabi
4 Jawaban
5584 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 25, 2010, 09:05:59 PM
oleh topazo
0 Jawaban
351 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2011, 06:45:03 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia