Forum > Teknik Elektro

cara menurunkan Ampere dari aki motor 5Ah menjadi 3,7Ah

<< < (2/3) > >>

dark_nekron:
wah jangan nyamain rangkaian digital dengan analog. klo analog sih gpp psunya makek arus yang lebih. tapi klo digital jangan.. harus makek yang sesuai. klo pun bisa ic power nya akan cepat panas.   
@eric klo aki bukannya tegangannya stabil bos..
@jojo adaptor tv tuner itu tegangan nya berapa? 12v kah? ato 5 v? ato 9 v?

pk3dot:
hmm.....
1. sebenernya bisa diturunin tuh arus dari 5 amper ke 3,7 amper. caranya tinggal di kasih rangkaian resistor sebagai pembagi arus ja dah bisa kok.
2. ya bahaya dunk.... cz arus yg besar kl beban butuhna kecil, ya bikin peralatan rusak. analogina bagaikan air. kalau arusnya gede, terus yang dibutuhin cuman kecil, pasti arus yg gede bakal luber. kl diterapkan ke peralatan elektronik, bisa2 laptop anda kebakar. salah satu penyebab batre laptop terbakar saat di charg adalah arusnya dah penuh, tp masih ja dipaksa di charge. seperti di motor, kalau arusnya besar sekali, maka motor bisa terbakar.
3. akibatnya, laptop anda akan cepat panas pada jangka penddek, pada jangka panjang, laptop anda akan terbakar.
4. caranya gini nih.. pke rangkaian pembagi arus.rangkaianna q ga bsa ngeshare, cz q ga bisa carana ngeshare di forum ne.. jd maap banget ya....!!!
5. beda. kl arus accu biasana 5 ampere kl ga salah. tp kl adaptor laptop, itu dah dihitung sedemikian rupa, dah disesuaikan dengan kebutuhan batrena. (soal ujian q seh.. jd q tw...)


and, tegangan n arus pada batre n accu semuana stabil. soalna, dilihat dari gelombangna, batre n accu termasuk gelombang searah. jadi sampai kapanpun, gambar gelombangnya tetap garis lurus. berbeda dengan listrik AC karena gelombangnya berbentuk sinus, n dipengaruhi oleh frekwnsi perputaran pembangkitnya...

bomb:
jadi gak ada solusi ni ya?, Aku ada cara tapi sanyangnya belum dapat alatnya.masih sangat jarang yang menjual. Bisa gunakan inverter 12v to 13.8 yang tentu saja powernya sama dengan charge laptop anda. siapa punya alatnya? bagi dong disini.

JO-JO:
to dark_nekron : waduh iya aku lupa blm pastiin banget V tv tunernya berapa?kalo misalkan kurang dari V yang dibutuhkan seharusnya gak papa ya mas, atau tetep bisa meledak juga?  kalo arusnya lebih dari yang dibutuhkan gimana,apakah juga mengakibatkan meledak juga tv tunernya?soalnya kan I power supply PC itu gede(5A)

damanhuri:

--- Kutip dari: LUTFI_FAISAH pada November 02, 2009, 09:54:44 PM ---menurut gw sih sama aja..
dulu dosen gw pernah bilang gni:
1 Ah = jika dalm 1 jam di pake arus 1 a, makan habis..
trus arus tuh tergantung bebannya, klo bebannya butuh 1 A,mskipun accunya 10 A ttp di kasih 1 amper ke beban, tp klo tegangannya jngn coba2.....
tu yg gw tau...

--- Akhir Kutipan ---
gpp mas bisa ko. yang penting volt nya sama. trus klo masalah ampere itu tidak jadi masalah. asalkan ampere
lebih besar dari beban. jangan sampai ampere lebih kecil.
thanks.

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

[*] Halaman sebelumnya

Ke versi lengkap