Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

cheaters123

Kemarin jam 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: cara merangkai led  (Dibaca 14246 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cara merangkai led
« pada: Oktober 01, 2009, 09:42:14 AM »
 :)

too all my bro and sis,...

klo ada yang tau cara merangkai lampu led tolong di share ya,..soalnya gue mau coba" bikin lampu" di motor pake led dengan aki 12volt,...

misalnya komponen apa aja yang harus di beli,...trus gimana cara masangnya di PCBnya,...

klo bisa cee harga komponennya,...maaf nee sebelumnya,...masih newbie masalah ginian,...

thx buat semuanya...



Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: cara merangkai led
« Jawab #1 pada: Oktober 01, 2009, 10:03:29 AM »
Yg hrus d beli : LED, Resistor, Capasitor dan transistor. (dl pernah pasang komponennya itu, kl nilainya sy krg tw, relatif sih) :)

Harganya murah kq, dr idr 50 s/d 2000 per koponen (khusus rangkaian led)

Kl egag lsg beli PCB yg uda jd aja bro, kan uda ada daftar komponen beserta nilainya? Jd tgl soldel aja jd.. :D (masangnya; resistor bebas, capacitor n led kaki yg pjg t utk kutub positif n yg pndk negatif)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #2 pada: Oktober 01, 2009, 03:47:06 PM »
trus transisitor tuk apaan gan,...?  ???

klo bisa se kalian gambarnya dong gan,...soalnya newbie banget nee,...

PCB yang udah jadi,..namanya apaan,...trus spec capasitor,resistor, dan transistornya apa,..??

trus cara ngebentuk PCB'y gimana cee gan,..??misalnya mau di bentuk kotak, bulet, or segitiga...

Thx...
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 03:49:44 PM oleh duck_sweet »

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #3 pada: Oktober 04, 2009, 11:43:33 PM »
kalo mau belajar pelan2.. hehehe,coba nyalain dulu LED pake batre, nyala ga tu, selanjutnya, ketoko elektronik, tanya mas ada rangkaian tolus kit ga? yang untuk led jalan. paling2 20rb, trus tgl solder deh, semangat..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #4 pada: Oktober 05, 2009, 01:10:14 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 98
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: cara merangkai led
« Jawab #5 pada: Oktober 05, 2009, 08:40:57 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx


silahkan baca-baca http://www.forumsains.com/teknik-elektro/pembahasan-pengenalan-komponen2-elektronika/
ditambahin juga ya...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #6 pada: Oktober 05, 2009, 09:07:32 PM »
klo LED di kasih catu daya 12v juga langsung nyala...
jdi mnurut gw g usah ribet" pake komponen elektronik sgala..
cukup pke..
a.catu daya (aki 12v)
b.LED (ati" salah masang kutub)
c.Input (saklar)

gw rasa itu ja dah cukup..tinggal cara masang nya yg susah..salamat berjuang.
menuntut ilmu hukumnya wajib

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: cara merangkai led
« Jawab #7 pada: Oktober 06, 2009, 11:57:26 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #8 pada: Oktober 09, 2009, 09:20:32 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

ywdh..gw salah dikit..
gw lupa pesan pak guru klo komponen elektronik jgn langsung di kasih tegangan (V), paling g pake resistor biar tegangan tadi bisa berubah ke kuat arus (A).dgn begitu umur komponen juga bakalan bertambah..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #9 pada: Oktober 12, 2009, 10:59:39 AM »
thx semua,...

First mission complete,...  ;) ;) ;)

continue next mission ====>

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8984 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2010, 01:20:23 AM
oleh coys
6 Jawaban
11210 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2010, 01:10:06 PM
oleh nandaz
0 Jawaban
1696 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2011, 03:07:02 PM
oleh Farabi
9 Jawaban
2691 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2011, 11:50:22 AM
oleh Andika Putra R
0 Jawaban
236 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2014, 03:15:07 PM
oleh cahyo021

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia