Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: cara merangkai led  (Dibaca 15370 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cara merangkai led
« pada: Oktober 01, 2009, 09:42:14 AM »
 :)

too all my bro and sis,...

klo ada yang tau cara merangkai lampu led tolong di share ya,..soalnya gue mau coba" bikin lampu" di motor pake led dengan aki 12volt,...

misalnya komponen apa aja yang harus di beli,...trus gimana cara masangnya di PCBnya,...

klo bisa cee harga komponennya,...maaf nee sebelumnya,...masih newbie masalah ginian,...

thx buat semuanya...



Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: cara merangkai led
« Jawab #1 pada: Oktober 01, 2009, 10:03:29 AM »
Yg hrus d beli : LED, Resistor, Capasitor dan transistor. (dl pernah pasang komponennya itu, kl nilainya sy krg tw, relatif sih) :)

Harganya murah kq, dr idr 50 s/d 2000 per koponen (khusus rangkaian led)

Kl egag lsg beli PCB yg uda jd aja bro, kan uda ada daftar komponen beserta nilainya? Jd tgl soldel aja jd.. :D (masangnya; resistor bebas, capacitor n led kaki yg pjg t utk kutub positif n yg pndk negatif)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #2 pada: Oktober 01, 2009, 03:47:06 PM »
trus transisitor tuk apaan gan,...?  ???

klo bisa se kalian gambarnya dong gan,...soalnya newbie banget nee,...

PCB yang udah jadi,..namanya apaan,...trus spec capasitor,resistor, dan transistornya apa,..??

trus cara ngebentuk PCB'y gimana cee gan,..??misalnya mau di bentuk kotak, bulet, or segitiga...

Thx...
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 03:49:44 PM oleh duck_sweet »

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #3 pada: Oktober 04, 2009, 11:43:33 PM »
kalo mau belajar pelan2.. hehehe,coba nyalain dulu LED pake batre, nyala ga tu, selanjutnya, ketoko elektronik, tanya mas ada rangkaian tolus kit ga? yang untuk led jalan. paling2 20rb, trus tgl solder deh, semangat..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #4 pada: Oktober 05, 2009, 01:10:14 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: cara merangkai led
« Jawab #5 pada: Oktober 05, 2009, 08:40:57 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx


silahkan baca-baca http://www.forumsains.com/teknik-elektro/pembahasan-pengenalan-komponen2-elektronika/
ditambahin juga ya...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #6 pada: Oktober 05, 2009, 09:07:32 PM »
klo LED di kasih catu daya 12v juga langsung nyala...
jdi mnurut gw g usah ribet" pake komponen elektronik sgala..
cukup pke..
a.catu daya (aki 12v)
b.LED (ati" salah masang kutub)
c.Input (saklar)

gw rasa itu ja dah cukup..tinggal cara masang nya yg susah..salamat berjuang.
menuntut ilmu hukumnya wajib

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: cara merangkai led
« Jawab #7 pada: Oktober 06, 2009, 11:57:26 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #8 pada: Oktober 09, 2009, 09:20:32 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

ywdh..gw salah dikit..
gw lupa pesan pak guru klo komponen elektronik jgn langsung di kasih tegangan (V), paling g pake resistor biar tegangan tadi bisa berubah ke kuat arus (A).dgn begitu umur komponen juga bakalan bertambah..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #9 pada: Oktober 12, 2009, 10:59:39 AM »
thx semua,...

First mission complete,...  ;) ;) ;)

continue next mission ====>

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
10462 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2014, 08:50:11 AM
oleh mhyworld
6 Jawaban
11966 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2010, 01:10:06 PM
oleh nandaz
0 Jawaban
1965 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2011, 03:07:02 PM
oleh Farabi
9 Jawaban
3146 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2011, 11:50:22 AM
oleh Andika Putra R
1 Jawaban
690 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 08:19:20 AM
oleh paddi9

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia