Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

lutfiadi

April 11, 2015, 06:31:18 AM
agama hanif adalah agama sebelum nabi muhammad

laskar08

April 08, 2015, 01:01:18 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)

laskar08

April 08, 2015, 12:59:21 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)
 

Muztank

April 03, 2015, 01:25:02 AM
ramaikan forumsains :D
 

nʇǝʌ∀

Maret 31, 2015, 05:45:40 PM
@tresnadr

Jangan beriklan

Show 50 latest

Penulis Topik: cara merangkai led  (Dibaca 16172 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cara merangkai led
« pada: Oktober 01, 2009, 09:42:14 AM »
 :)

too all my bro and sis,...

klo ada yang tau cara merangkai lampu led tolong di share ya,..soalnya gue mau coba" bikin lampu" di motor pake led dengan aki 12volt,...

misalnya komponen apa aja yang harus di beli,...trus gimana cara masangnya di PCBnya,...

klo bisa cee harga komponennya,...maaf nee sebelumnya,...masih newbie masalah ginian,...

thx buat semuanya...



Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Alseven - Physics and Technology
Re: cara merangkai led
« Jawab #1 pada: Oktober 01, 2009, 10:03:29 AM »
Yg hrus d beli : LED, Resistor, Capasitor dan transistor. (dl pernah pasang komponennya itu, kl nilainya sy krg tw, relatif sih) :)

Harganya murah kq, dr idr 50 s/d 2000 per koponen (khusus rangkaian led)

Kl egag lsg beli PCB yg uda jd aja bro, kan uda ada daftar komponen beserta nilainya? Jd tgl soldel aja jd.. :D (masangnya; resistor bebas, capacitor n led kaki yg pjg t utk kutub positif n yg pndk negatif)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #2 pada: Oktober 01, 2009, 03:47:06 PM »
trus transisitor tuk apaan gan,...?  ???

klo bisa se kalian gambarnya dong gan,...soalnya newbie banget nee,...

PCB yang udah jadi,..namanya apaan,...trus spec capasitor,resistor, dan transistornya apa,..??

trus cara ngebentuk PCB'y gimana cee gan,..??misalnya mau di bentuk kotak, bulet, or segitiga...

Thx...
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 03:49:44 PM oleh duck_sweet »

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #3 pada: Oktober 04, 2009, 11:43:33 PM »
kalo mau belajar pelan2.. hehehe,coba nyalain dulu LED pake batre, nyala ga tu, selanjutnya, ketoko elektronik, tanya mas ada rangkaian tolus kit ga? yang untuk led jalan. paling2 20rb, trus tgl solder deh, semangat..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #4 pada: Oktober 05, 2009, 01:10:14 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: cara merangkai led
« Jawab #5 pada: Oktober 05, 2009, 08:40:57 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx


silahkan baca-baca http://www.forumsains.com/teknik-elektro/pembahasan-pengenalan-komponen2-elektronika/
ditambahin juga ya...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #6 pada: Oktober 05, 2009, 09:07:32 PM »
klo LED di kasih catu daya 12v juga langsung nyala...
jdi mnurut gw g usah ribet" pake komponen elektronik sgala..
cukup pke..
a.catu daya (aki 12v)
b.LED (ati" salah masang kutub)
c.Input (saklar)

gw rasa itu ja dah cukup..tinggal cara masang nya yg susah..salamat berjuang.
menuntut ilmu hukumnya wajib

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: cara merangkai led
« Jawab #7 pada: Oktober 06, 2009, 11:57:26 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #8 pada: Oktober 09, 2009, 09:20:32 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

ywdh..gw salah dikit..
gw lupa pesan pak guru klo komponen elektronik jgn langsung di kasih tegangan (V), paling g pake resistor biar tegangan tadi bisa berubah ke kuat arus (A).dgn begitu umur komponen juga bakalan bertambah..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: cara merangkai led
« Jawab #9 pada: Oktober 12, 2009, 10:59:39 AM »
thx semua,...

First mission complete,...  ;) ;) ;)

continue next mission ====>

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
11789 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2014, 08:50:11 AM
oleh mhyworld
6 Jawaban
12559 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2010, 01:10:06 PM
oleh nandaz
0 Jawaban
2213 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2011, 03:07:02 PM
oleh Farabi
9 Jawaban
3521 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2011, 11:50:22 AM
oleh Andika Putra R
1 Jawaban
1032 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 08:19:20 AM
oleh paddi9

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia