Berita: Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: cara merangkai led  (Dibaca 18204 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
cara merangkai led
« pada: Oktober 01, 2009, 10:42:14 AM »
 :)

too all my bro and sis,...

klo ada yang tau cara merangkai lampu led tolong di share ya,..soalnya gue mau coba" bikin lampu" di motor pake led dengan aki 12volt,...

misalnya komponen apa aja yang harus di beli,...trus gimana cara masangnya di PCBnya,...

klo bisa cee harga komponennya,...maaf nee sebelumnya,...masih newbie masalah ginian,...

thx buat semuanya...

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: cara merangkai led
« Jawab #1 pada: Oktober 01, 2009, 11:03:29 AM »
Yg hrus d beli : LED, Resistor, Capasitor dan transistor. (dl pernah pasang komponennya itu, kl nilainya sy krg tw, relatif sih) :)

Harganya murah kq, dr idr 50 s/d 2000 per koponen (khusus rangkaian led)

Kl egag lsg beli PCB yg uda jd aja bro, kan uda ada daftar komponen beserta nilainya? Jd tgl soldel aja jd.. :D (masangnya; resistor bebas, capacitor n led kaki yg pjg t utk kutub positif n yg pndk negatif)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #2 pada: Oktober 01, 2009, 04:47:06 PM »
trus transisitor tuk apaan gan,...?  ???

klo bisa se kalian gambarnya dong gan,...soalnya newbie banget nee,...

PCB yang udah jadi,..namanya apaan,...trus spec capasitor,resistor, dan transistornya apa,..??

trus cara ngebentuk PCB'y gimana cee gan,..??misalnya mau di bentuk kotak, bulet, or segitiga...

Thx...
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 04:49:44 PM oleh duck_sweet »

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: cara merangkai led
« Jawab #3 pada: Oktober 05, 2009, 12:43:33 AM »
kalo mau belajar pelan2.. hehehe,coba nyalain dulu LED pake batre, nyala ga tu, selanjutnya, ketoko elektronik, tanya mas ada rangkaian tolus kit ga? yang untuk led jalan. paling2 20rb, trus tgl solder deh, semangat..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #4 pada: Oktober 05, 2009, 02:10:14 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: cara merangkai led
« Jawab #5 pada: Oktober 05, 2009, 09:40:57 PM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

silahkan baca-baca http://www.forumsains.com/teknik-elektro/pembahasan-pengenalan-komponen2-elektronika/
ditambahin juga ya...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
Re: cara merangkai led
« Jawab #6 pada: Oktober 05, 2009, 10:07:32 PM »
klo LED di kasih catu daya 12v juga langsung nyala...
jdi mnurut gw g usah ribet" pake komponen elektronik sgala..
cukup pke..
a.catu daya (aki 12v)
b.LED (ati" salah masang kutub)
c.Input (saklar)

gw rasa itu ja dah cukup..tinggal cara masang nya yg susah..salamat berjuang.
menuntut ilmu hukumnya wajib

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: cara merangkai led
« Jawab #7 pada: Oktober 07, 2009, 12:57:26 AM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
Re: cara merangkai led
« Jawab #8 pada: Oktober 09, 2009, 10:20:32 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

ywdh..gw salah dikit..
gw lupa pesan pak guru klo komponen elektronik jgn langsung di kasih tegangan (V), paling g pake resistor biar tegangan tadi bisa berubah ke kuat arus (A).dgn begitu umur komponen juga bakalan bertambah..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #9 pada: Oktober 12, 2009, 11:59:39 AM »
thx semua,...

First mission complete,...  ;) ;) ;)

continue next mission ====>

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
17776 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2014, 09:50:11 AM
oleh mhyworld
6 Jawaban
15078 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2010, 02:10:06 PM
oleh nandaz
0 Jawaban
3399 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2011, 03:07:02 PM
oleh Farabi
9 Jawaban
4892 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2011, 12:50:22 PM
oleh Andika Putra R
1 Jawaban
2868 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 09:19:20 AM
oleh paddi9