Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 23, 2024, 10:58:06 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 167
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 93
Total: 93

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Varister

Dimulai oleh cartiman, Juli 27, 2009, 10:50:51 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

cartiman

ada yang tahu fungsi varister ? ???

heru.htl

jenis resistor aktiv yang apabila dialiri arus berubah resistensi.

varister dapat berfungsi secara lurus dan reflektif tergantung dari kelas implementas dan purposal pembuatannya.

varister lurus akan berubah impedansi ke arah surut jika dialiri arus,
sedangakan
varister reflektif berubah impedansi ke arah mengembang jika dialiri arus.

Terbaik

Kutip dari: heru.htl pada Agustus 13, 2009, 10:37:51 PM
jenis resistor aktiv yang apabila dialiri arus berubah resistensi.

varister dapat berfungsi secara lurus dan reflektif tergantung dari kelas implementas dan purposal pembuatannya.

varister lurus akan berubah impedansi ke arah surut jika dialiri arus,
sedangakan
varister reflektif berubah impedansi ke arah mengembang jika dialiri arus.

oh... jadi maksudnya kalo varister lurus tu berarti semakin tinggi arus semakin kecil resitansinya gitu?
dan varister reflektif tu memiliki resistansi yang semaki mebesar jika arus membesar ya?
gitu gak sih...??? maaf masih cupu nih...

cartiman

Ada mesin dari jepang, selalu di pasang varister secara paralel dengan brake motor servo.
Jadi, setiap mesin yang menggunakan brake pada motor servonya, selalu ada varister yang di pasang paralel dengan DC Brake ( Kebetulan brake motor servonya pakai DC).
kalau varisternya tidak ada atau rusak, pengaruhnya gimana ?

Too Payz

Hmmm..... lom tau varister tu ap ato liat wujudnya sii...
Tolong kalo ad yang punya gambarnya varister atau link-linknya upload donk pengen tau nih..

Kutip
Jadi, setiap mesin yang menggunakan brake pada motor servonya, selalu ada varister yang di pasang paralel dengan DC Brake ( Kebetulan brake motor servonya pakai DC).
Mungkin agar arus yang mengalir pada DC Brake-nya tidak langsung besar tapi secara perlahan dari kecil kemudian besar.
Biar ga kaget begitu..  ???

heru.htl

Kutip dari: cartiman pada Agustus 14, 2009, 08:59:58 PM
Ada mesin dari jepang, selalu di pasang varister secara paralel dengan brake motor servo.
Jadi, setiap mesin yang menggunakan brake pada motor servonya, selalu ada varister yang di pasang paralel dengan DC Brake ( Kebetulan brake motor servonya pakai DC).
kalau varisternya tidak ada atau rusak, pengaruhnya gimana ?

Itulah sebabnya pakai varister karena nilai real varister itu bervariasi terhdap arus searah, dan akan beresitensi Z jika pada arus bolak-balik (sebab arus bolak balik itu bersiklus dan setiap siklusnya saling meniadakan hingga resistensi absolut tidak bisa terwujud),
Varister sebagai alternativ dari zener sebab zener tidak akan berdaya sebesar varister dan varister sebagai damper DC Brake assosiativ yang terparalel sehingga jika DC Brake mangalami ambient maka varister akan mengambil alih fungsi DC Brake tersebut; kalau varisternya jebol, DC Brake nya juga jebol dan jebol duluan, baru motor servonya yang jebol.