Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: motor 3 phase dipakai di tegangan rumah 1 phase 220 volt daya 7700an?  (Dibaca 52067 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kes

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Salam...
Sy mau pasang motor untuk penggerak katrol 3 phase pada tegangan listrik rumah tinggal 1 phase 220 volt berdaya 7700 watt. kira2 bisa ga ya? ada solusi?
Mohon bantuannya ya.. terima kasih...



Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
    • Lihat Profil
motor 3 phase tidak bisa di gunakan pada tegangan 1 phase ( L - N ). anda harus berlangganan listrik 3 phase pada PLN.

Offline revizal

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Tentu saja bisa. Dengan sedikit modifikasi pada pemasangannya, Anda bisa menggunakan motor listrik induksi 3 phasa pada tegangan 1 phasa yang disuplai PLN. Silahkan lihat pada video yang saya posting di youtube.
Lengkapnya:

www. youtube.com/user/revizal

Rev.

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
bisa saja. karena sumber dari PLN yang cuman 1 fase hanya berguna untuk menggerakkan kumparan 3 pase ja. ya kurang lebih kyk PLTA lah. tapi kl PLTA yang nggerakin turbin air, tp kl yang ne, yang nggerakin turbinnya listrik.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
ikut menyimak,
gagap power engineering, tapi pengen tau
kalo ada yang mau sharing ebook yang memberi basic pemahaman, very appreciated :)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Coba pakai inverter biasanya input inverter bisa 1 Phase dan Outputnya 3 Phase
Cuman ada tidak yah Interver berdaya 7700 watt ? ???

Offline ade_sugi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
motor 3 phase tidak bisa digunakan pada 1 phase karena tegangan 3phase 380V
(L-L )sedangkan 1phase 220V ( L-N ).

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
3 phasa???
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2009, 11:19:04 PM »
jelasin dong??? tq

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: motor 3 phase dipakai di tegangan rumah 1 phase 220 volt daya 7700an?
« Jawab #8 pada: November 20, 2009, 11:38:49 PM »
motor 3 pase ga bisa pke tegangan rumahan.( ngoreksi postingan q yang dah basi) karena apa??? Karena kl motor 3 pase di masukin tegangan 1 pase walaupun di pararel, ga bakal bisa. soalnya gelombang sinusnyas ga da beda pasenya. beda kl 3 pase, karena ketiganya punya beda pase sebesar 120 drajad.

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
    • Lihat Profil
Re: motor 3 phase dipakai di tegangan rumah 1 phase 220 volt daya 7700an?
« Jawab #9 pada: November 21, 2009, 09:01:31 PM »
ikut baca aja....
tapi koq jawaban ny membingungkan gini ya... ada yg bilang bisa ada yg bilang ngga.... yg bener yg mana ya...
apa bisa bikin rangkaian dulu buat ngrubah jadi 3phase 120derajat??? kalau pun iy bisa bikin, apa biaya bikin inverter 7700watt bakal lebih ekonomis dari pada langganan listrik 3fasa k PLN???

gw masi bingung sama link youtube ny mas revizal... bisa share direct link k video ny aja langsung, jgn k channel?
« Edit Terakhir: November 21, 2009, 09:05:20 PM oleh frans3q »
Terimakasih banyak buat tmn2 yg uda nambah IQ saya... :D

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: motor 3 phase dipakai di tegangan rumah 1 phase 220 volt daya 7700an?
« Jawab #10 pada: November 24, 2009, 11:37:32 PM »
ikut baca aja....
tapi koq jawaban ny membingungkan gini ya... ada yg bilang bisa ada yg bilang ngga.... yg bener yg mana ya...
apa bisa bikin rangkaian dulu buat ngrubah jadi 3phase 120derajat??? kalau pun iy bisa bikin, apa biaya bikin inverter 7700watt bakal lebih ekonomis dari pada langganan listrik 3fasa k PLN???

gw masi bingung sama link youtube ny mas revizal... bisa share direct link k video ny aja langsung, jgn k channel?


kelihatannya bisa tp ga langsung dipararel dr PLN. harus da alat yang bisa membuat keluaran dari satu pase manjad 3 pase.

kl cuman diparalel ga bisa. cz prinsipna 3 pase tu saling bergantian gelombangna. permasalahanna alat tersebut q lum nemuin da pa ga gt....

Offline 12june

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Bisa kok... Aku kebetulan masih kuliah di jurusan kelistrikan. baru semester 4 sih. tp aku udah praktek soal ini...
Bisa. bisa. motor 3 phasa bisa di pasang di sumber 1 pasa, tp ada tekhniknya. mudah kok. Cuma nambah 1 kapasitor lagi aja... Sumber Line nya masuk terserah di R,S,atau T. Misalnya ya. SUmber Line masuk ke R, Netral S. kapasitor di psanag di terminal S dan T. Besarnya kapasitor ga tentu. tujuannya buat menjalankan motor dan memperhalus suaranya aja. biar ga dengung. semakin halus motornya, atau ga dengung, itu artinya kapasitor disini fungsinya semakin optimal atau beda antara phasanya mendekati 120 drajat listrik. karena, bedanya 3 phase sama 1 phasa itu kan kalo di 3 phasa, antara line 1 dengan yg lain punya perbedaan 120 drajat listrik. makanya dia bisa ngebangkitin medan putar dan bisa ngebuat motor jadi gerakkk... gitu looooh...

Jadi ga perlu di ketawain sm org PLN minta tolong narik 2 phasa lg cuma untuk masang katrol...

Offline 0y1k

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 233
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • بسم الله
    • Lihat Profil
Bisa kok... Aku kebetulan masih kuliah di jurusan kelistrikan. baru semester 4 sih. tp aku udah praktek soal ini...
Bisa. bisa. motor 3 phasa bisa di pasang di sumber 1 pasa, tp ada tekhniknya. mudah kok. Cuma nambah 1 kapasitor lagi aja... Sumber Line nya masuk terserah di R,S,atau T. Misalnya ya. SUmber Line masuk ke R, Netral S. kapasitor di psanag di terminal S dan T. Besarnya kapasitor ga tentu. tujuannya buat menjalankan motor dan memperhalus suaranya aja. biar ga dengung. semakin halus motornya, atau ga dengung, itu artinya kapasitor disini fungsinya semakin optimal atau beda antara phasanya mendekati 120 drajat listrik. karena, bedanya 3 phase sama 1 phasa itu kan kalo di 3 phasa, antara line 1 dengan yg lain punya perbedaan 120 drajat listrik. makanya dia bisa ngebangkitin medan putar dan bisa ngebuat motor jadi gerakkk... gitu looooh...

Jadi ga perlu di ketawain sm org PLN minta tolong narik 2 phasa lg cuma untuk masang katrol...
ada gambarnya ga mas?
masih bingung nih!!
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

Offline yam

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
mungkin saja pake kapasitor  bisa tapi gimana dg kecepatan dan torsinya, trus daya tahan lilitannya. kalo mau yang bisa diandalkan emg pake inverter, pilih yg input satu phase 220V keluaran 3 phase 220V. inveter tersedia dr yg kecil ( +/- 1/2 Hp) sd ribuan hp. Yang pernah saya tau produk Mitsubishi & Toshiba (yang lain sy blm lihat ktlognya). trus keuntungan pake inverter, speed & torsi bisa diatur dengan mudah ( sangat penting untuk aplikasi pada katrol ). Ada keuntungan juga ada kerugian mas, yang paling dirasakan adalah harga inverter yang enggak murah ( buat saya...)

Offline Bung Tok

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
gak bisa....motor 3 fasa hrs ada beda fasanya...itu aku buktikan waktu bantu teman bongkar motor 3 fasa,
tapi lupa wiringnya, kalo diacak gak mutar cuman nggereng tapi ketika wiringnya betul tu motor langsung muter....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
3828 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 05:01:38 AM
oleh kuin
5 Jawaban
4493 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2009, 09:22:26 AM
oleh haiz
3 Jawaban
7363 Dilihat
Tulisan terakhir April 10, 2010, 09:16:22 PM
oleh skuler
10 Jawaban
11331 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 22, 2010, 10:17:48 PM
oleh Astrawinata G
3 Jawaban
4869 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 08:21:22 AM
oleh paddi9

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia