Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: nanya soal listrik  (Dibaca 3579 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Science Freak

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
nanya soal listrik
« pada: Juli 12, 2011, 04:28:28 PM »
haloo semuanya
saya anggota baru di forum sains ini
mau nanya nih, gimana sih cara kerja listrik itu, bagaimana volt bisa menjadi watt, bagaimana menaikkan volt/watt, apakah bisa watt kecil menjadi besar dengan sebuah alat. saya dari dulu tertarik dengan solar cell dan elektromagnetik. tapi saya binun mengapa watt yang bisa di hasilkan oleh solar cell kecil,berbeda dengan teknologi baterei lithium. saya liat maren di berita tentang mobil listrik, kok bisa yah hanya dengan baterei, mobil itu punya daya hingga 10-30 kw (nissan leaf)


thanks



Offline Micr(o_O)rganisme

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #1 pada: Juli 14, 2011, 12:04:53 PM »
watt merupakan satuan untuk Daya (Lambangnya P)
P = V.I (tegangan dikali arus)
P = I²R (arus kuadrat dikali resistansi)
P = V²R (tegangan kuadrat dikali resistansi)

Apakah bisa watt kecil menjadi besar dengan sebuah alat?
menurut hukum kekekalan energi...  Tidak bisa... daya masuk (sumber) sama dengan daya keluaran (beban)

CMIIW

Offline cuntz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #2 pada: Juli 20, 2011, 10:56:51 AM »
itu kWH atw watt doank gan,,
kl watt yah gede banget segitu gan,,

butuh pencerahan jg neh kayanya,,suhu tolong donk,,


_cuntz_

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #3 pada: Juli 26, 2011, 07:00:25 PM »
watt itu daya jadi kaya daya tahan tubuh, kalo dayanya ga kuat ya jgn dipaksa ;D,, misalkan battery 5 Amper, untuk maksimum keluaran 5A,,, kalo mau jadi watt yaitu volt x amper, 12vx5A= 60Watt, lanjutkan..........

Offline D-way

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #4 pada: Juli 26, 2011, 11:41:29 PM »
Ane setuju ama jawaban Micro tapi klo dari pertanyaan yang disampaikan itu untuk arus searah atau arus bolak balik sedangkan klo di lihat untuk solar cell itu berdasarkan cahaya yang masuk. N sekali lagi untuk nissan leaf itu prinsip sama dengan Genset....:)
« Edit Terakhir: September 15, 2011, 02:04:32 AM oleh reborn »

Offline Science Freak

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #5 pada: Agustus 02, 2011, 03:21:58 PM »
oo gitu yah, jadi kalau nissan leaf sama sperti genset yang pake aki yang ada di ace hardware ( tapi dengan kualitas yang jauh berbeda dibanding nissan leaf  :D ) . trus kalau tentang solar cell , yang dihasilkan solar cell itu sebuah tegangan?? dalam satuan volt?? lalu media penyimpannya itu sama seperti pakai aki ?? mohon penjelasannya yah  :)

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #6 pada: Oktober 04, 2011, 10:05:19 AM »
watt merupakan satuan untuk Daya (Lambangnya P)
P = V.I (tegangan dikali arus)
P = I²R (arus kuadrat dikali resistansi)
P = V²R (tegangan kuadrat dikali resistansi)

Apakah bisa watt kecil menjadi besar dengan sebuah alat?
menurut hukum kekekalan energi...  Tidak bisa... daya masuk (sumber) sama dengan daya keluaran (beban)

CMIIW

Watt bisa naik kan?, yg ga bisa naik itu daya kompleks(VA), misalnya ditambah komponen yg bisa menghilangkan bagian impedansi yg imajiner
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline Micr(o_O)rganisme

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #7 pada: Oktober 04, 2011, 03:36:27 PM »
Watt bisa naik kan?, yg ga bisa naik itu daya kompleks(VA), misalnya ditambah komponen yg bisa menghilangkan bagian impedansi yg imajiner

baru nyadar... sorry ada yg salah dirumus ketiga... yg bener P = V²/R

menurut saya watt gak bisa naik... klo turun mungkin... malah dikehidupan nyata cenderung selalu turun... karena dipengaruhi oleh beban...
maksudnya ditambah komponen yg bisa menghilangkan bagian impedansi imajiner itu gmn mas..?
memperbaiki faktor daya maksudnya...?

Offline Micr(o_O)rganisme

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #8 pada: Oktober 04, 2011, 03:46:08 PM »
Watt bisa naik kan?, yg ga bisa naik itu daya kompleks(VA), misalnya ditambah komponen yg bisa menghilangkan bagian impedansi yg imajiner

baru nyadar... sorry ada yg salah dirumus ketiga... yg bener P = V²/R  ;D

menurut saya watt gak bisa naik... klo turun mungkin... malah dikehidupan nyata cenderung selalu turun... karena dipengaruhi oleh beban...
maksudnya ditambah komponen yg bisa menghilangkan bagian impedansi imajiner itu gmn mas..?
memperbaiki faktor daya...?  ???

P = Daya aktif atau daya yg dipakai oleh beban... analoginya gini deh...
apa mungkin jika kita berlangganan listrik sebesar 2200 W... namun beban yg kita pake bisa 3300 W...?
pertanyaanya darimana daya sebesar 1100 watt itu...? nyolong listrik...? :P

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #9 pada: Oktober 06, 2011, 09:26:29 PM »
yah maksudnya faktor daya itu. Misalnya kita nambah kapasitor itu bukannya naikin watt ya? Misalnya kita punya motor 70 Watt Setelah ditambah kapasitor mampu menyerap daya 100 Watt, jadi putaran lebih cepat. Betul ngga? mohon dikoreksi (kul konversi energi dpt D, he3...)

Offline Micr(o_O)rganisme

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #10 pada: Oktober 08, 2011, 02:26:21 AM »
sama gan... masalah akademis mah saya jg buruk...  >:D
ya faktor daya itu emang bisa menaikkan watt (simple nya klo jelasin ya gitu)
tapi... sebenarnya daya yg dipakai oleh motor tidak akan bisa melebihi daya yg disediakan oleh sumber...

coba pke rumus dikit yah...  ;D
faktor daya (PF) = cos phi
P = V.I.cos phi
cos phi untuk beban resistif murni (PF ideal) bernilai 1

jika menggunakan beban induktif (seperti motor)... faktor daya akan turun... tidak akan bernilai 1...
dimisalkan faktor daya setelah terpasang beban induktif adalah 0,8
sehingga P = V.I.0,8 <----- jadi kecil kan dayanya klo dah gini...?  :o

nah... karena itu... pada beban induktif dibutuhkan kapasitor bank untuk memperbaiki faktor daya tadi... agar nilai cos phi mendekati angka 1... dan agar daya yang terpakai (watt) hampir sama dengan daya yg tersalurkan (VA)...

ya kurang lebih pasti agan dah ngerti lah sebelum saya jelaskan ini... cuma agak salah paham aja ini masalah daya...  ;)

CMIIW... 8)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: nanya soal listrik
« Jawab #11 pada: Oktober 31, 2011, 07:54:02 PM »
haloo semuanya
saya anggota baru di forum sains ini
mau nanya nih, gimana sih cara kerja listrik itu, bagaimana volt bisa menjadi watt, bagaimana menaikkan volt/watt, apakah bisa watt kecil menjadi besar dengan sebuah alat. saya dari dulu tertarik dengan solar cell dan elektromagnetik. tapi saya binun mengapa watt yang bisa di hasilkan oleh solar cell kecil,berbeda dengan teknologi baterei lithium. saya liat maren di berita tentang mobil listrik, kok bisa yah hanya dengan baterei, mobil itu punya daya hingga 10-30 kw (nissan leaf)

thanks

Watt itu satuan daya. Untuk peralatan yang mengkonsumsi daya (misal motor, lampu, dsb) daya yang tertera pada peralatan itu menunjukkan banyaknya energi yang dikonsumsi oleh peralatan tersebut per satuan waktu pada kondisi operasi normal sesuai designnya. Sedangkan pada pembangkit daya (misal genset atau solar cell), nilai yang tertera menunjukkan energi yang bisa dihasilkan per satuan waktu pada kondisi operasi normal sesuai designnya. Konsumen daya listrik pada dasarnya mengubah energi listrik yang diberikan menjadi bentuk energi yang lain, misal panas, gerak, cahaya. Sedangkan pembangkit daya listrik bekerja sebaliknya, yaitu mengubah energi lain menjadi listrik.

Untuk peralatan listrik, daya sebanding dengan arus dan tegangan yang diterima P=V.I
Arus yang mengalir melalui alat listrik berbanding terbalik dengan impedansinya I=V/Z
Dengan asumsi impedansi tetap, P=V^2/Z. Pada kenyataannya, impedansi peralatan listrik tidak konstan. Misalnya lampu pijar, impedansinya naik setelah panas/menyala. Sedangkan impedansi motor dipengaruhi oleh beban yang digerakkan.
 
Untuk menaikkan Voltage sumber AC, biasanya digunakan transformator. Sedangkan untuk sumber DC bisa digunakan rangkaian elektronik voltage multiplier yang berisi rangkaian dioda dan kapasitor.

Menaikkan daya bisa dilakukan dengan metode paralel, baik untuk konsumen maupun pembangkit daya listrik. Semakin banyak peralatan yang dihubungkan secara paralel, semakin banyak daya yang digunakan atau  dihasilkan.
Pada konsumen daya listrik, daya akan naik jika tegangan yang diberikan dinaikkan (misal lampu akan menyala lebih terang). Namun jika melebihi batas designnya bisa merusak peralatan itu sendiri.

Seperti disebutkan di atas, solar sel dapat menghasilkan daya yang besar jika dihubungkan dengan solar sel lain secara paralel. Besarnya daya yang dihasilkan oleh masing-masing solar sel sebanding dengan besarnya energi radiasi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik per satuan waktu. Solar sel yang berukuran fisik relatif besar dibandingkan batere lithium menghasilkan daya yang relatif kecil karena radiasi matahari yang bisa ditangkap oleh solar sel tersebut di permukaan bumi relatif kecil, di samping itu efisiensi konversi energi pada solar sel dengan teknologi saat ini masih rendah.

Di tempat kerja saya ada beberapa unit forklift yang dioperasikan dengan batere. Untuk menghasilkan daya yang besar dalam waktu yang lama digunakan beberapa batere (di sini 20 unit accumulator 12 Volt) yang dihubungkan secara paralel. Satuan kapasitas batere sendiri biasanya dinyatakan dalam Ampere hour.
Maksudnya jika batere berkapasitas 100 Ah digunakan untuk menyuplai beban dengan arus konstan 1 Ampere, energi yang tersimpan di dalam batere itu secara efektif akan habis setelah 100 jam. Jika bebannya menarik 10 A, batere tersebut hanya bertahan selama 10 jam sebelum minta direcharge. Daya yang digunakan oleh beban dapat dihitung dari arus dikalikan tegangan batere, dalam hal ini 12 Volt. Jika 20 unit batere dengan kapasitas 100 Ah digunakan untuk menggerakkan peralatan berdaya 10kW, batere akan habis setelah (20.100.12/30000)=24000/10000 = 2,4 jam
Jika kapasitas baterenya lebih besar atau jumlahnya diperbanyak, peralatan dapat bekerja lebih lama sebelum energi batere habis.
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Nanya Soal Cuci Darah..

Dimulai oleh ryoma « 1 2 » Biologi

22 Jawaban
10015 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2012, 04:30:37 PM
oleh exile_rstd
2 Jawaban
1442 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2010, 06:36:24 AM
oleh superstring39
6 Jawaban
3010 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2011, 09:42:43 PM
oleh mhyworld
0 Jawaban
882 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2013, 10:31:13 PM
oleh MuhAlexander
0 Jawaban
479 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 03:50:49 PM
oleh Mada

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia