Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

November 26, 2014, 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: Pengolahan limbah plastik di Indonesia  (Dibaca 32057 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« pada: Agustus 06, 2008, 10:00:31 AM »
Semalem gw tumben-tumbenan nonton tipi  ;D Ternyata mayan juga, paling gak gw jadi tau ada bisnis kloning anjing di korea. Trus juga semalem ada berita tentang pengolahan limbah plastik. Bangladesh katanya sukses menjadikan plastik jadi salah satu sumber devisa negara mereka. Mereka udah dikenal sebagai pengekspor bubur plastik. Katanya mencapai 10 juta USD, wew... canggih juga ya?

Mau tanya, di Indonesia ada ga pengolahan limbah plastik ini? Bagus nih, patut ditiru. Daripada tiap hujan harus nelan korban karena banjir, mending mulai diolah malah jadi devisa. Trus bayangin berapa banyak tenaga kerja yang terserap di sini nantinya?



Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #1 pada: Agustus 06, 2008, 10:12:54 AM »
kayaknya udah ada tapi cuma belum bersifat makro aja, masih skala kecil, jadi blm begitu kelihatan...ada jg kemarin kompor bahanbakar plastik bekas yg dilumerkan, trus kebanyakan sampah plastik yg dihitung masih bs diolah dijadikan board motor & mobil atau kerajianan
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #2 pada: Agustus 06, 2008, 11:04:22 AM »
iya, harusnya dirancang biar bisa lebih besar, Bangladesh aja bisa ekspor, masa Indo ga bisa? Eh, iya dulu sempet populer kan tuh botol aqua yang bisa dituker Rp 5, kabarnya gimana skrg, masih ada ga? Kalo masih, jualnya ke mana?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #3 pada: Agustus 06, 2008, 11:09:19 AM »
Y mungkin blm ada ide x bikin suatu produk yg bs nyerap bahan baku limbah plastik skala besar atau  mungkin blm ada dana...
ya jual aja ketukang loak.. ;Dtapi masih banyak kok pengepul plastik aqua, yg paling terlihat klo naik KA ekonomi(udah biasa hehehe)banyak yg ngumpulin botol2 aqua dan sejenisnya

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2008, 12:21:48 PM »
Kalo bisa sampe 10 juta dollar? wuihh... investasi yang menjanjikan dong harusnya. Mayanlah buat nambal apbn negara. Jadi pengen tau gw nih, dah ada blm ya program pengolahan plastik ini?

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #5 pada: Agustus 12, 2008, 11:32:55 PM »
wah lumayan banget kalo bisa seperti itu, setengahnya aja udah gede kok (sampah gi loh yang di ekspor).

di jepang khan dikembangin teknologi ngerubah tas plastik menjadi minyak, itu gimana ya sistemnya?

Offline FAHRURRAZI

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 1
  • saran@
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #6 pada: Agustus 22, 2008, 08:36:44 AM »
cocok kalau indonesia mengembangkan sampah menjadi komoditas ekspor ketimbang pengekspor asap bilangnya ...malaysia ;D ;D ;D

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #7 pada: Agustus 22, 2008, 09:04:49 PM »
ya tp sayangnya kayaknya indonesia yg jadi salah satu pasar dari hasil pengolahan limbah plastik tadi...

Offline fesa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #8 pada: Agustus 24, 2008, 11:50:58 PM »
sedikit tips membuat limbah plastik jadi pernak-pernik seperti gantungan kunci
pertama sampah plastik/polimer (botol aqua gelas) kita hancurkan menjadi kecil2 lalau tambahkan pelarut silen teknis dan panaskan dikit gak usah terlalu panas karena pemanasan dilakukan bukan untuk mencairkan plastiknya tapi untuk menguapkan silent teknis doang, lalau masukkan dalam cetakan yg dilengkapi dengan alat press dan juga pemanas. selanjutnya ekspresikan aksimu :kribo: :kribo: :kribo:

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #9 pada: Desember 31, 2008, 04:05:22 PM »
bukannya sekarang sudah ada bakteri yang bisa degradasi plastik iah??
tapi masih langka siy..

di lab genetika fakultas awak ada proyek dosen untuk ngembangin strain bakteri ntu,,
ntar de awak cari dulu infonya
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Offline Jessita Dhiary

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #10 pada: Oktober 17, 2010, 11:15:49 PM »
waduh,,kayanya gue agak ketinggalan berita ya..hehe..
emang limbah plastik bisa dibuat apaan aja sih??mmm...selain pernak pernik ya..!!
JESSITA PUTRI DHIARY

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #11 pada: Desember 30, 2010, 05:32:51 AM »
Ada berita yang lumayan baru nih (saya baru dapet maksudnya)...
Perusahaan Jepang bernama Blest berhasil menciptakan mesin yang bisa membuat minyak dari plastik (skala rumahan)... Jadi, plastik dimasukin ke mesin itu, dan terurailah sang plastik kembali menjadi minyak... (kan memang plastik berasal dari minyak bumi)... Nah, minyak tersebut bisa dipakai untuk generator ataupun menyalakan mesin2... (asal jangan dijadiin minyak goreng aja...)

ini beritanya...
« Edit Terakhir: Desember 30, 2010, 05:35:29 AM oleh topazo »
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #12 pada: Januari 11, 2011, 05:52:47 PM »
wuih, baru baca lagi topik jadul ini. Bisa jadi minyak juga ya? Wah, keren banget.

Jadi kepikiran lagi soal pengolahan sampah plastik. Sempet browsing kemaren2, ada yang jual mesinnya dan kayaknya dah cukup banyak yang ngelakuin ini di Indo. Tapi gw belum tau detilnya seperti apa. Sampah plastik ini ada berapa macem, bisa diolah jadi apa aja, dan dijual ke mana. Sejauh ini yang udah dilakuin di Indo apa aja. Pokoknya semuanya deh. Ntar gw coba cari-cari dan bagi di sini juga kalo nemu.

Offline Ace Wong

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #13 pada: Pebruari 23, 2011, 02:26:34 PM »
Teman teman, sy baru bergabung nich di forum ini.

Saya sudah sejak 3 tahun lalu mencoba mengolah limbah plastik dan sudah memproduksi biji plastik berbahan baku pp (poly propylene) yg dari gilingan gelas mineral (aqua, aedes, viro, dlll) kalau ada yg melakukan proses penggilingan bisa menjual produk gilingannya kesaya dan saya juga main di semua bahan yg penting berbasis PP saja. demikian infonya tq :)

Offline tj_david

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2011, 06:56:45 AM »
wah pengolahan daur ulang limbah plastik kayaknya menguntungkan, sama juga dengan kaca.
tapi bersihin yang kotor2 gimana? trus gimana miliin, mana yang thermoplastic mana thermosetting. ntar kalo kecampur rusak donk?
kalo daur ulang logam kayaknya udah banyak
Tanda tangan

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
tentang pengolahan limbah

Dimulai oleh vea « 1 2 3 » Kimia

30 Jawaban
13620 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2013, 03:24:17 PM
oleh pHCl05
2 Jawaban
5852 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2009, 06:13:00 AM
oleh Mat Dillom
0 Jawaban
2307 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2010, 01:38:23 AM
oleh planethijau
0 Jawaban
2714 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2010, 10:08:09 PM
oleh andrielek
limbah

Dimulai oleh Adji Hartanto Kimia

0 Jawaban
762 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2012, 08:14:07 PM
oleh Adji Hartanto

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia