Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Pengolahan limbah plastik di Indonesia  (Dibaca 33408 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« pada: Agustus 06, 2008, 10:00:31 AM »
Semalem gw tumben-tumbenan nonton tipi  ;D Ternyata mayan juga, paling gak gw jadi tau ada bisnis kloning anjing di korea. Trus juga semalem ada berita tentang pengolahan limbah plastik. Bangladesh katanya sukses menjadikan plastik jadi salah satu sumber devisa negara mereka. Mereka udah dikenal sebagai pengekspor bubur plastik. Katanya mencapai 10 juta USD, wew... canggih juga ya?

Mau tanya, di Indonesia ada ga pengolahan limbah plastik ini? Bagus nih, patut ditiru. Daripada tiap hujan harus nelan korban karena banjir, mending mulai diolah malah jadi devisa. Trus bayangin berapa banyak tenaga kerja yang terserap di sini nantinya?



Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #1 pada: Agustus 06, 2008, 10:12:54 AM »
kayaknya udah ada tapi cuma belum bersifat makro aja, masih skala kecil, jadi blm begitu kelihatan...ada jg kemarin kompor bahanbakar plastik bekas yg dilumerkan, trus kebanyakan sampah plastik yg dihitung masih bs diolah dijadikan board motor & mobil atau kerajianan
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #2 pada: Agustus 06, 2008, 11:04:22 AM »
iya, harusnya dirancang biar bisa lebih besar, Bangladesh aja bisa ekspor, masa Indo ga bisa? Eh, iya dulu sempet populer kan tuh botol aqua yang bisa dituker Rp 5, kabarnya gimana skrg, masih ada ga? Kalo masih, jualnya ke mana?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #3 pada: Agustus 06, 2008, 11:09:19 AM »
Y mungkin blm ada ide x bikin suatu produk yg bs nyerap bahan baku limbah plastik skala besar atau  mungkin blm ada dana...
ya jual aja ketukang loak.. ;Dtapi masih banyak kok pengepul plastik aqua, yg paling terlihat klo naik KA ekonomi(udah biasa hehehe)banyak yg ngumpulin botol2 aqua dan sejenisnya

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2008, 12:21:48 PM »
Kalo bisa sampe 10 juta dollar? wuihh... investasi yang menjanjikan dong harusnya. Mayanlah buat nambal apbn negara. Jadi pengen tau gw nih, dah ada blm ya program pengolahan plastik ini?

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #5 pada: Agustus 12, 2008, 11:32:55 PM »
wah lumayan banget kalo bisa seperti itu, setengahnya aja udah gede kok (sampah gi loh yang di ekspor).

di jepang khan dikembangin teknologi ngerubah tas plastik menjadi minyak, itu gimana ya sistemnya?

Offline FAHRURRAZI

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 1
  • saran@
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #6 pada: Agustus 22, 2008, 08:36:44 AM »
cocok kalau indonesia mengembangkan sampah menjadi komoditas ekspor ketimbang pengekspor asap bilangnya ...malaysia ;D ;D ;D

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #7 pada: Agustus 22, 2008, 09:04:49 PM »
ya tp sayangnya kayaknya indonesia yg jadi salah satu pasar dari hasil pengolahan limbah plastik tadi...

Offline fesa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #8 pada: Agustus 24, 2008, 11:50:58 PM »
sedikit tips membuat limbah plastik jadi pernak-pernik seperti gantungan kunci
pertama sampah plastik/polimer (botol aqua gelas) kita hancurkan menjadi kecil2 lalau tambahkan pelarut silen teknis dan panaskan dikit gak usah terlalu panas karena pemanasan dilakukan bukan untuk mencairkan plastiknya tapi untuk menguapkan silent teknis doang, lalau masukkan dalam cetakan yg dilengkapi dengan alat press dan juga pemanas. selanjutnya ekspresikan aksimu :kribo: :kribo: :kribo:

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #9 pada: Desember 31, 2008, 04:05:22 PM »
bukannya sekarang sudah ada bakteri yang bisa degradasi plastik iah??
tapi masih langka siy..

di lab genetika fakultas awak ada proyek dosen untuk ngembangin strain bakteri ntu,,
ntar de awak cari dulu infonya
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Offline Jessita Dhiary

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #10 pada: Oktober 17, 2010, 11:15:49 PM »
waduh,,kayanya gue agak ketinggalan berita ya..hehe..
emang limbah plastik bisa dibuat apaan aja sih??mmm...selain pernak pernik ya..!!
JESSITA PUTRI DHIARY

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #11 pada: Desember 30, 2010, 05:32:51 AM »
Ada berita yang lumayan baru nih (saya baru dapet maksudnya)...
Perusahaan Jepang bernama Blest berhasil menciptakan mesin yang bisa membuat minyak dari plastik (skala rumahan)... Jadi, plastik dimasukin ke mesin itu, dan terurailah sang plastik kembali menjadi minyak... (kan memang plastik berasal dari minyak bumi)... Nah, minyak tersebut bisa dipakai untuk generator ataupun menyalakan mesin2... (asal jangan dijadiin minyak goreng aja...)

ini beritanya...
« Edit Terakhir: Desember 30, 2010, 05:35:29 AM oleh topazo »
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #12 pada: Januari 11, 2011, 05:52:47 PM »
wuih, baru baca lagi topik jadul ini. Bisa jadi minyak juga ya? Wah, keren banget.

Jadi kepikiran lagi soal pengolahan sampah plastik. Sempet browsing kemaren2, ada yang jual mesinnya dan kayaknya dah cukup banyak yang ngelakuin ini di Indo. Tapi gw belum tau detilnya seperti apa. Sampah plastik ini ada berapa macem, bisa diolah jadi apa aja, dan dijual ke mana. Sejauh ini yang udah dilakuin di Indo apa aja. Pokoknya semuanya deh. Ntar gw coba cari-cari dan bagi di sini juga kalo nemu.

Offline Ace Wong

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #13 pada: Pebruari 23, 2011, 02:26:34 PM »
Teman teman, sy baru bergabung nich di forum ini.

Saya sudah sejak 3 tahun lalu mencoba mengolah limbah plastik dan sudah memproduksi biji plastik berbahan baku pp (poly propylene) yg dari gilingan gelas mineral (aqua, aedes, viro, dlll) kalau ada yg melakukan proses penggilingan bisa menjual produk gilingannya kesaya dan saya juga main di semua bahan yg penting berbasis PP saja. demikian infonya tq :)

Offline tj_david

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pengolahan limbah plastik di Indonesia
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2011, 06:56:45 AM »
wah pengolahan daur ulang limbah plastik kayaknya menguntungkan, sama juga dengan kaca.
tapi bersihin yang kotor2 gimana? trus gimana miliin, mana yang thermoplastic mana thermosetting. ntar kalo kecampur rusak donk?
kalo daur ulang logam kayaknya udah banyak
Tanda tangan

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
tentang pengolahan limbah

Dimulai oleh vea « 1 2 3 » Kimia

30 Jawaban
15577 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2013, 03:24:17 PM
oleh pHCl05
2 Jawaban
6241 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2009, 06:13:00 AM
oleh Mat Dillom
0 Jawaban
2489 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2010, 01:38:23 AM
oleh planethijau
0 Jawaban
2912 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2010, 10:08:09 PM
oleh andrielek
limbah

Dimulai oleh Adji Hartanto Kimia

0 Jawaban
956 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2012, 08:14:07 PM
oleh Adji Hartanto

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia