Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Shadiq

Kemarin jam 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: membuat robot yang mudah dan murah  (Dibaca 65798 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline YASMA

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
membuat robot yang mudah dan murah
« pada: Juli 01, 2009, 12:08:17 PM »
bagaimna yah cara membuat robot yang murah dan mudah bagi pra pemula sekali?

katannya sih ada prodak arduino indonesia

minta tanggapannya arduino indonesi !!!!
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:14:29 AM oleh reborn »



Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #1 pada: Agustus 14, 2009, 09:01:08 AM »
Bahasa pemrogrammannya pakai bahasa apa ?

Offline LUTFI_FAISAH

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #2 pada: Agustus 14, 2009, 09:13:58 AM »
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...

Offline ergie007

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #3 pada: Agustus 28, 2009, 02:34:26 PM »
wuh...mahalnya,yg_murah_ada_kgk_tuh

Offline halayudha

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #4 pada: November 10, 2009, 09:23:55 AM »
gue baru beli
arduino dengan atmega 328 rp 300000
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:15:05 AM oleh reborn »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #5 pada: November 23, 2009, 08:09:16 AM »
Mau murah yah gampang. Buatlah yang upprogrammable. Hanya pakai motor, saklar, dan switch. Kalau robot yang linefollower bisa tambahain sensor LDR misalnya.

Gak sampe 100 ribu udah jadi. Apalagi kalau pake motornya bekas tape beli di tukang loak misalnya. Paling 25 ribu udah jadi tuh.

Offline jopie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #6 pada: Mei 19, 2010, 10:09:49 PM »
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...

Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D

« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:16:04 AM oleh reborn »

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #7 pada: Juni 06, 2010, 07:13:26 PM »
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...


Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D




Thanks refferensinya
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:16:38 AM oleh reborn »

Offline Arief Widagdo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #8 pada: Juni 20, 2010, 04:56:15 PM »
IC yang Arduino pakai jenis ap ya?

Offline jopie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #9 pada: Juni 20, 2010, 06:45:47 PM »
IC yang Arduino pakai jenis apa ya?

Kalau yang dipake di Arduino Duemilanove adalah ATMega 328.
Di board sebelumnya ada yang pake ATMega 168, ada juga yang pake ATMega8.
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:17:12 AM oleh reborn »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #10 pada: Juni 20, 2010, 10:03:52 PM »
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...




Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D




300 ribu dapat apa aja? apa mending bikin sendiri bagi yg tahu elektronika digital?.

Setelah baca websitenya, saya rekomendasikan sih buat pemula dibidang robotika dan mikrokontroler. Pola jualannya cukup mendidik dan mudah dipahami. Saya bertahun-tahun pengen belajar mikrokontroler gak sempet karena rumitnya butuh waktu. Saya belum ada waktu untuk belajar. Tapi liat cara arduino, kayaknya dengan waktu sebentar kita dapat bikin program canggih deh.
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:17:38 AM oleh reborn »

Offline jopie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #11 pada: Juni 20, 2010, 10:54:08 PM »
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...




Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D




300 ribu dapat apa aja? apa mending bikin sendiri bagi yg tahu elektronika digital?.

Setelah baca websitenya, saya rekomendasikan sih buat pemula dibidang robotika dan mikrokontroler. Pola jualannya cukup mendidik dan mudah dipahami. Saya bertahun-tahun pengen belajar mikrokontroler gak sempet karena rumitnya butuh waktu. Saya belum ada waktu untuk belajar. Tapi liat cara arduino, kayaknya dengan waktu sebentar kita dapat bikin program canggih deh.


nggak sampe 300rebu.

Betul sekali, dengan Arduino belajar mikrokontroler jadi relatif mudah.
Bener2 gampang deh, jadi ketagihan pengen coba praktek2 mikrokontroler, robot, dll.

Cocok banget buat pemula. Karena ngga perlu bikin programmer atau ngerti bahasa yang rumit (mis: assembler). Walupun begitu, kenyataannya banyak profesional juga yang pake, bukan cuma pemula.

Oya, kalo buat yang jago sih bisa bikin sendiri. Tapi kalo buat pemula sih mending beli, jadi nggak pusing mikirin cara bikin programmer, upload bootloader, dsb.
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 03:19:17 AM oleh reborn »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #12 pada: Juni 20, 2010, 11:01:04 PM »
@ Jop, udah ane baca semua. Makanya ane rekomendasikan buat pemula. Saya salut cara indo robotika membuat website dagangannya. Bernilai pendidikan banget, bahasa yg lugas dan mudah dipahami. Yah begitu kalau dagang. Jangan cari untung aja. Semoga usahanya maju.

Offline Arief Widagdo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #13 pada: Juli 01, 2010, 11:53:10 AM »
@ Jop, udah ane baca semua. Makanya ane rekomendasikan buat pemula. Saya salut cara indo robotika membuat website dagangannya. Bernilai pendidikan banget, bahasa yg lugas dan mudah dipahami. Yah begitu kalau dagang. Jangan cari untung aja. Semoga usahanya maju.
Amin,kita dukung deh

Offline aleardho

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat robot yang mudah dan murah
« Jawab #14 pada: Desember 13, 2010, 04:29:39 PM »
Trims infonya Pak, kebetulan lagi nyari2 info soal robot nih, pengen coba belajar ;)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
110 Jawaban
6280 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2010, 09:28:50 AM
oleh soviet regarda
26 Jawaban
18332 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2011, 09:08:23 AM
oleh Imaduddin
16 Jawaban
4921 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2012, 03:29:31 PM
oleh jack.ventura
1 Jawaban
1725 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 07:39:13 PM
oleh gtx
2 Jawaban
645 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 02, 2014, 11:42:11 PM
oleh jakasusanto

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia