Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 15, 2021, 09:49:53 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 176
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern  (Dibaca 214644 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Ahmad Musthafa

  • Pengunjung
Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« pada: Januari 18, 2010, 01:40:31 AM »
"Dan kamu melihat gunung-gunung itu, kamu menyangka dia tetap di tempatnya, padahal ia bergerak seperti geraknya awan." (An Naml (27): 88)

Ayat tersebut menjelaskan tentang bergerak gunung-gunung bersamaan dengan bergeraknya benua-benua bumi ini. Secara luar biasa Al Quran telah memaparkan sebuah pengetahuan yang baru disadari ilmuwan-ilmuwan belum lama ini. selain itu, ilmuwan modern Albert Einstein dengan Teori Relativitasnya juga mempunyai pandangan yang sama dengan Al Quran pada ayat berikut:

"Dan mereka meminta kepadamu agar adzab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi Janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung." (Al-Hajj (22): 47)


Itu tadi baru dua ayat Al Quran yang menjelaskan tentang ilmu pengetahuan yang baru kita buktikan akhir-akhir ini. bagi yang punya ayat lain beserta penjelasannya, alangkah baiknya jika ilmu itu dibagi dan diajarkan

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #1 pada: Januari 18, 2010, 01:44:18 AM »
Hm, 'kalimat bermakna luas' lagi...

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #2 pada: Januari 18, 2010, 06:00:25 AM »
kalimat bermakna luas mu maknanya terlalu luas pi,
gw ganti jadi kalimat bermakna ambigu aja gimana?
kalimat yang bermakna ambigu lagi -_-
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #3 pada: Januari 18, 2010, 06:55:22 AM »
Senang banget yah membanding bandingkan ilmu pengetahuan dari abad ke-7 ama yg abad ke-21. Terang2 ilmu pengetahuan yg abad ke-21 bakal lebih luas dan lengkap lah.

Ilmu pengetahuan kan berkembang terus, kalau tetap maksa memakai sumber yg sudah kadaluwarsa untuk membahas ilmu pengetahuan, gimana mao berkembang?
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #4 pada: Januari 18, 2010, 08:51:57 AM »
Seandainya tidak bermakna luas, tentunya tidak bisa diinterpretasikan oleh keterbatasan otak manusia melalui rentang-rentang perkembangan pengetahuan sepanjang waktu.

Seandainya sudah jelas sejak dulu bagi tiap manusia, apa artinya ujian keimanan terhadap Tuhan.
Seperti halnya kalau sudah mati, baru jelas semuanya, dan tidak ada lagi ujian.

Bukan "sudah sebenarnya atau belum" otak manusia dalam melihat fenomena alam itu yang menjadi tujuan dari mempelajari al-quran, tapi pengarahan pada keimanan dan kepasrahan pada Tuhan.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #5 pada: Januari 18, 2010, 11:59:30 AM »
kalimat bermakna luas mu maknanya terlalu luas pi,
gw ganti jadi kalimat bermakna ambigu aja gimana?
kalimat yang bermakna ambigu lagi -_-
Atau diblang fleksibel aja?

Jika tidak jelas, bagaimana mau diklaim 'sudah ada dari dulu' atau 'lengkap' atau ''sumber jelas bagi perkembangan sains', atau apapun klaim yang biasa dipakai? IMO kesannya malah fleksibilitas membuat kalimatnya bisa diartikan apa saja...

Offline sandikovsky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #6 pada: Januari 18, 2010, 11:02:25 PM »
Al-Quran memang bersifat "konsep", tidak menjelaskan langsung artinya karena sisanya harus manusia pikirkan sendiri, itulah kenapa ada istilah penafsiran.
You don't have to be a smart people, but be people who think smart.

Sandikovsky

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #7 pada: Januari 19, 2010, 12:37:49 AM »
Dan kenapa dengan konsep yang maknanya bahkan sukar dimengerti, sebagian muslim mengklaim kitabnya adalah sumber sains yang sempurna?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #8 pada: Januari 19, 2010, 02:13:26 AM »
Al-Quran memang bersifat "konsep", tidak menjelaskan langsung artinya karena sisanya harus manusia pikirkan sendiri, itulah kenapa ada istilah penafsiran.

Saya sependapat.   Dalam Al-Quran banyak dijumpai perintah Allah SWT ataupun teguran seperti  :  ...mengapa tidak engkau pikirkan,  mengapa tidak engkau pahami dengan baik,  mengapa tidak engkau renungkan ?  Atau :  .....bagi kaum yang mau menggunakan akalnya, .......bagi yang mau memikirkan dengan sungguh-sungguh,  dstnya.   

Mohon diketahui,  sebetulnya ayat-ayat Al-Quran dapat digolongkan dalam dua bagian  :  ayat-ayat Mukkamat dan ayat-ayat Mutasyabihat.   Ayat Mukhamat,  maksudnya ayat-ayat yang terang dan jelas.  Ayat Mutasyabihat,  maksudnya ayat-ayat yang tersembunyi.  Ayat-ayat yang tersembunyi ini yang kadang-kadang sulit ditafsirkan,  dan bahkan sering menimbulkan perdebatan,  tidak saja di kalangan awam,  melainkan di kalangan ahli-ahli tafsir itu sendiri.  Ayat yang tersembunyi,  menurut Imam Al-Ghazali,  makna hakikat sebenarnya hanya diketahui oleh para Alim-billah,  yaitu hamba-hamba yang mendapat ilmu langsung dari Allah SWT.   

Dan kenapa dengan konsep yang maknanya bahkan sukar dimengerti, sebagian muslim mengklaim kitabnya adalah sumber sains yang sempurna?

Betul,  sebagian muslim mengklaim Al-Quran adalah sumber sains yang sempurna.  Saya termasuk yang meyakini hal itu,  karena ada ayatnya yang secara jelas menyatakan  :  "  Tidak ada yang ghaib di langit dan bumi,  melainkan sudah tertulis di kitap yang nyata.  "  ( Al-Quran 27 ; 25  ).

Saya sampaikan beberapa contoh  :

1.  Terjadinya Global Warming,  telah tertulis di Surat ke-30 ayat 41.
2.  Bahwa Teknologi Rekayasa Genetik ( GMOs ) tidak sesuai dengan Kehendak Tuhan,  seperti yang telah diperingatkan oleh Paus John Paul II pada tanggal 12 November tahun 2000,  telah tertulis di Al-Quran pada Surat ke-54 ayat-49,  dan Surat ke-4 ayat-119.
3.  Terjadinya Krisis Global,  telah tertulis di Surat ke-16 ayat-26.
4.  Masih berkaitan dengan Global Warming,  terjadinya Over Exposure UV,  telah tertulis di Surat ke-54 ayat 31.
5.  Einstein pernah mengatakan  :  "  God does not play dice. ",  dan kata-kata Einstein itu sering dikutip dalam berbagai tulisan,  bahkan juga dikutip oleh Stephen Hawking.   Dalam Al-Quran tertulis  :  "  Kami menciptakan langit dan bumi,  dan semua yang ada diantaranya,  tidaklah dengan main-main. "  ( Al-Quran 44 ; 38 ).

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #9 pada: Januari 19, 2010, 02:17:39 AM »
5.  Einstein pernah mengatakan  :  "  God does not play dice. ",  dan kata-kata Einstein itu sering dikutip dalam berbagai tulisan,  bahkan juga dikutip oleh Stephen Hawking.   Dalam Al-Quran tertulis  :  "  Kami menciptakan langit dan bumi,  dan semua yang ada diantaranya,  tidaklah dengan main-main. "  ( Al-Quran 44 ; 38 ).
Anda paham makna kata-kata Einstein tadi? mengingat Einstein bukan seorang theis...

Dan coba saja anda posting kutipan ayatnya, aku rasa gak akan jauh dari kalimat bermakna fleksibel...
« Edit Terakhir: Januari 19, 2010, 02:20:21 AM oleh Pi-One »

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #10 pada: Januari 19, 2010, 05:55:21 AM »
Merujuk pada pendapat Lincoln Barnett,  penulis buku The Universe and Dr. Einstein yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul DR.Einstein dan Alam Semesta,  mereka yang menganggap Einstein bukan seorang theis adalah karena kurang memahami filsafatnya.   Di bawah ini yang ditulis oleh Lincoln Barnett  :

"   Einstein sangat sering disebut atheis oleh banyak orang yang kurang memahami pengertian filsafatnya.   Einstein sendiri amat yakin akan penciptaan alam semesta oleh suatu KECERDASAN MAHA TINGGI  ( SUPREME INTELLIGENCE ).   Dia  (  Einstein )  menyatakan :  Emosi paling indah dan paling menakjubkan yang dapat kita alami adalah PERASAAN BATIN.   Perasaan itu merupakan kekuatan dari semua ilmu pengetahuan yang sejati.  .......Untuk mengerti bahwa apa yang tak terjangkau oleh kita benar-benar ada,  menjelmakan ujud dirinya menjadi kebijaksanaan yang tertinggi dan keindahan paling menyilaukan,  hanya dapat dipahami oleh kedunguan kita dalam bentuknya yang paling primitif -  pengetahuan ini,  perasaan ini adalah pusat dari keagamaan.  "

Tentang posting kutipan ayat, digoogle saja.

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #11 pada: Januari 19, 2010, 08:07:16 AM »
Ini quote dari albert eisntein.

It was, of course, a lie what you read about my religious convictions, a lie which is being systematically repeated. I do not believe in a personal God and I have never denied this but have expressed it clearly. If something is in me which can be called religious then it is the unbounded admiration for the structure of the world so far as our science can reveal it. (Albert Einstein, 1954) From Albert Einstein: The Human Side, edited by Helen Dukas and Banesh Hoffman, Princeton University Press

Terang2 dia bukan theist, bukan atheist juga. Tuhan buat dia itu suatu metaphore, bukan tuhan yg personal.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #12 pada: Januari 19, 2010, 11:44:13 AM »
Apa yang menjadi keyakinan seseorang adalah tanggung jawab sendiri, mengapa harus menggantungkan pada pendapat/pendirian seseorang seperti katakanlah 'Einstein", yang sudah tidak mungkin untuk ditanya2 lagi.
Dia theis atau bukan adalah bukan urusan kita.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #13 pada: Januari 19, 2010, 03:37:10 PM »
wew, pernyataan itu udah dicounter ama heisenberg bahwa "God does play dice" karena,
Kenyataanya adalah MekTum(mekanika kuantum) mengikuti aturan ketidak pastiannya Heisenberg.

yah, sayangnya yang ini cuman pendapat anda, coba kalo ini pendapat yang udah diakui sama muslim, mungkin berkat ke-flexibel-annya, tafsirnya bisa berubah lagi.

« Edit Terakhir: Januari 19, 2010, 03:47:36 PM oleh HyawehHoshikawa »

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern
« Jawab #14 pada: Januari 19, 2010, 06:08:36 PM »
wew, pernyataan itu udah dicounter ama heisenberg bahwa "God does play dice" karena,
Kenyataanya adalah MekTum(mekanika kuantum) mengikuti aturan ketidak pastiannya Heisenberg.





Bisa dijelaskan lagi maksudnya,  apa Aturan Ketidak-pastiannya Heisenberg menurut anda membuktikan bahwa  "  God does play dice  "  ?




yah, sayangnya yang ini cuman pendapat anda, coba kalo ini pendapat yang udah diakui sama muslim, mungkin berkat ke-flexibel-annya, tafsirnya bisa berubah lagi.



Yang ini juga memerlukan penjelasan,  "  .....udah diakui sama muslim  "  kok ujung-ujungnya  " tafsirnya bisa berubah lagi  "  ?


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10479 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2009, 11:54:04 AM
oleh luth
68 Jawaban
38492 Dilihat
Tulisan terakhir September 04, 2009, 10:19:40 PM
oleh The Houw Liong
3 Jawaban
7789 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 19, 2010, 11:00:43 PM
oleh ogeese
4 Jawaban
7158 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2011, 11:03:56 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
12960 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2019, 09:09:14 PM
oleh The Houw Liong