Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 13, 2021, 04:12:08 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Allah meluaskan langit  (Dibaca 62350 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #105 pada: Februari 16, 2009, 02:27:30 PM »
Di sini aku mempertanyakan klaim.

Alquran diklaim sudah membahas tentang ilmu-ilmu sains modern seperti big bang dan teori relativitas, dan terlebih lagi, kadang diklaim sudah tercantum dengan jelas. Nah, jika memang jelas, kenapa gak diungkap sejak dulu oleh ilmuwan muslim? Setidaknya klaim 'jelas' di sini patut dipertanyakan.

Dan jika dalam bentuk metafora atau kalimat kiasan, maka kalimat macam itu bisa ditemukan di banyak kitab yang lebih tua, dengan demikian alquran tidak bisa mengklaim sebgai yang pertama...

Anda benar memang dalam bentuk metafora tidak bisa dianggap yang pertama.
Bagaimanapun seperti Jesus dan Muhammad hanyalah diantara manusia yang dipilih untuk menyampaikan risalah Allah dan mengingat akan zamannya, Muhammad tentu saja tidak mengetahui tentang hukum alam semesta, walaupun itu dalam Quran surah An-Najm disebut beliau pernah diperlihatkan diantara tanda-tanda yang amat besar.

Karena kitab untuk sampai akhir zaman, dan peradaban mengalami peningkatan kedewasaan dalam
berpikir. Yaitu tentu saja waktu orang belum mempunyai alat untuk melihat luar angkasa, ndak bakalan orang-orang memahami konkrit alam semesta.

Mungkin yang dimaksud dalam Quran yang menjelaskan big bang diantaranya adalah dalam surah Al-Anbiya 30 :21:30 "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?"

Bayangan orang "Islam" sebelum mengenal big bang dengan sesudahnya terang lain terhadap ayat tersebut. Dan orang non "Muslim" pun berlain-lainan.

Kalau orang-orang jaman dahulu berpikiran bahwa bumi datar bukanlah suatu yang salah karena mata mereka melihat seperti itu. Sampai-sampai walaupun dalam Quran disebut bumi seperti telur-pun, sebutan katanya ditafsirkan lain waktu itu.

 

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #106 pada: Februari 17, 2009, 04:09:48 AM »
Setuju banget sama Mtk-KM...
Seperti yang saya katakan sebelumnya semua ilmu adalah milik Allah SWT tapi tidak hanya diperuntukkan bagi Muslim saja namun bagi seluruh makhluk.

oh oke....anda tidak bilang veda buatan manusia.
Berarti anda percaya pada veda?
wah..wah.. sekali lagi anda mengambil kesimpulan secara serampangan

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #107 pada: Februari 17, 2009, 05:35:16 AM »
wah..wah.. sekali lagi anda mengambil kesimpulan secara serampangan
serampangan? tidak juga. karena anda dalam tulisan di bawah seolah2 anda hanya percaya kitab suci yang tidak dibuat oleh manusia....

Saya tidak pernah mengatakan seperti itu. Saya bilang saya tidak percaya kitab suci yang dibuat oleh manusia.
"The pen is mightier than the sword"

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #108 pada: Februari 17, 2009, 05:55:15 AM »
serampangan? tidak juga. karena anda dalam tulisan di bawah seolah2 anda hanya percaya kitab suci yang tidak dibuat oleh manusia....

anda harus melihat konteksnya, coba perhatikan. dingyuqiang menyatakan bahwa saya percaya kepada kitab veda? seenaknya saja menyatakan apa yang saya percayai atau tidak.
Ya benar saya memang tidak percaya kitab suci yang ditulis atau diupdate oleh manusia atau makhluk lain selain Sang Pencipta Alam Semesta dan Segala Isinya. Jika anda mau percaya ya silahkan saja itu hak anda secara individu atau kelompok.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #109 pada: Februari 17, 2009, 07:06:19 AM »
anda harus melihat konteksnya, coba perhatikan. dingyuqiang menyatakan bahwa saya percaya kepada kitab veda? seenaknya saja menyatakan apa yang saya percayai atau tidak.
Ya benar saya memang tidak percaya kitab suci yang ditulis atau diupdate oleh manusia atau makhluk lain selain Sang Pencipta Alam Semesta dan Segala Isinya. Jika anda mau percaya ya silahkan saja itu hak anda secara individu atau kelompok.
hehehehe. Sabar... Mnurutku wajar saja dingyuqiang mengatakan bahwa anda percaya kitab veda, bukankah anda mengatakan anda percaya kitab suci yang tidak ditulis manusia, dan anda secara tersirat mengatakan bahwa veda tidak dibuat manusia... maka...yeah, begitulah... peace2!

Offline dingyuqiang

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #110 pada: Februari 17, 2009, 06:39:30 PM »
anda harus melihat konteksnya, coba perhatikan. dingyuqiang menyatakan bahwa saya percaya kepada kitab veda? seenaknya saja menyatakan apa yang saya percayai atau tidak.
Ya benar saya memang tidak percaya kitab suci yang ditulis atau diupdate oleh manusia atau makhluk lain selain Sang Pencipta Alam Semesta dan Segala Isinya. Jika anda mau percaya ya silahkan saja itu hak anda secara individu atau kelompok.

anda percaya veda -> maka anda percaya veda bukan buatan manusia
anda ga percaya veda -> maka anda percaya veda buatan manusia

kan cuman itu toh?
Jangan bolak sana balik sini.
kok kesimpulan saya serampangan?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #111 pada: Februari 17, 2009, 10:44:58 PM »
anda percaya veda -> maka anda percaya veda bukan buatan manusia
anda ga percaya veda -> maka anda percaya veda buatan manusia

kan cuman itu toh?
Jangan bolak sana balik sini.
kok kesimpulan saya serampangan?
mmm.... ngotot banget sih  >:( >:( >:(
gini aja saya cuma meyakini dan mengimani satu kitab suci yang diturunkan oleh Sang Maha Pencipta yakni Al Quran Nur Karim, selain itu saya tidak mengimaninya sebagai kitab suci penuntun kehidupan di dunia dan di akhirat sampai akhir zaman nanti. kalo anda mau meyakini kitab suci anda dibuat oleh tuhan anda ya silahkan saja, itu hak anda untuk percaya dan hak saya untuk tidak percaya...

Offline ray

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 4
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #112 pada: Februari 17, 2009, 11:05:59 PM »
mmm.... ngotot banget sih  >:( >:( >:(
gini aja saya cuma meyakini dan mengimani satu kitab suci yang diturunkan oleh Sang Maha Pencipta yakni Al Quran Nur Karim, selain itu saya tidak mengimaninya sebagai kitab suci penuntun kehidupan di dunia dan di akhirat sampai akhir zaman nanti. kalo anda mau meyakini kitab suci anda dibuat oleh tuhan anda ya silahkan saja, itu hak anda untuk percaya dan hak saya untuk tidak percaya...

loh ko superstring jd kya gini, bukannya kita harus mengimani 4 kitab tersebut ini sudah ada loh di rukun iman yg salah satu'a menyakini kepada kitab2 Allah.klo anda berasumsi seperti itu anda brarti tidak mnyakini klo kitab2 selain Al-Qur'an tidak dari Allah.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #113 pada: Februari 18, 2009, 02:54:55 AM »
loh ko superstring jd kya gini, bukannya kita harus mengimani 4 kitab tersebut ini sudah ada loh di rukun iman yg salah satu'a menyakini kepada kitab2 Allah.klo anda berasumsi seperti itu anda brarti tidak mnyakini klo kitab2 selain Al-Qur'an tidak dari Allah.
Ya benar sekali dalam Al Quran sendiri tertulis tiga kitab suci lainnya yakni Z****, T***** dan I****. Apapun yang terdapat dalam Al Quran wajib diyakini, saya yakin ketiga kitab suci lainnya itu berasal dari Allah SWT. Namun maksud yang saya katakan sebelumnya adalah "saya mengimani Al Quran sebagai penuntun kehidupan di dunia dan di akhirat sampai akhir zaman nanti". sedangkan ketiga kitab lainnya itu kita wajib yakini kebenarannya tapi tidak untuk dijalani ajarannya karena pertama, kitab yang asli sudah tidak ada lagi, yang kedua walaupun masih ada sudah tidak relevan lagi dengan kehidupan masa kini karena ketiga kitab sebelumnya hanya berlaku di zamannya saja.

Offline [email protected]

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 240
  • IQ: 3
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #114 pada: Februari 24, 2009, 01:34:38 AM »
Kutip
Ya benar sekali dalam Al Quran sendiri tertulis tiga kitab suci lainnya yakni Z****, T***** dan I****. Apapun yang terdapat dalam Al Quran wajib diyakini, saya yakin ketiga kitab suci lainnya itu berasal dari Allah SWT. Namun maksud yang saya katakan sebelumnya adalah "saya mengimani Al Quran sebagai penuntun kehidupan di dunia dan di akhirat sampai akhir zaman nanti". sedangkan ketiga kitab lainnya itu kita wajib yakini kebenarannya tapi tidak untuk dijalani ajarannya karena pertama, kitab yang asli sudah tidak ada lagi, yang kedua walaupun masih ada sudah tidak relevan lagi dengan kehidupan masa kini karena ketiga kitab sebelumnya hanya berlaku di zamannya saja.

saya mau tanya :
1. apakah memang masih ada  Al Quran yg asli?
2. apakah dasar klaim anda bahwa kitab lain selain al Qur'an tidak lagi relevan dengan kehidupan masa kini?apakah al Quran lebih relevan??apa buktinya??
 trims

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #115 pada: Februari 24, 2009, 02:36:11 AM »
saya mau tanya :
1. apakah memang masih ada  Al Quran yg asli?
2. apakah dasar klaim anda bahwa kitab lain selain al Qur'an tidak lagi relevan dengan kehidupan masa kini?apakah al Quran lebih relevan??apa buktinya??
 trims
1. sampai detik ini Al Quran masih asli seperti pertama kali diturunkan. banyak orang yang hafal satu kitab Al Quran secara sempurna hingga hal yang sangat detail. sepanjang jaman selalu ada orang-orang seperti ini (disebut hafidz) di seluruh dunia. hal inilah yang membuat Al Quran terjaga keasliannya.

2. Hukum-hukum yang ada di dalam Al Quran sangat sesuai dengan kehidupan manusia saat ini dan hingga akhir zaman nanti.

Offline [email protected]

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 240
  • IQ: 3
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #116 pada: Februari 25, 2009, 12:12:38 AM »
Kutip
1. sampai detik ini Al Quran masih asli seperti pertama kali diturunkan. banyak orang yang hafal satu kitab Al Quran secara sempurna hingga hal yang sangat detail. sepanjang jaman selalu ada orang-orang seperti ini (disebut hafidz) di seluruh dunia. hal inilah yang membuat Al Quran terjaga keasliannya.

2. Hukum-hukum yang ada di dalam Al Quran sangat sesuai dengan kehidupan manusia saat ini dan hingga akhir zaman nanti.

??? anda sama sekali tidak menjawab pertanyaan saya...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #117 pada: Februari 25, 2009, 03:09:08 AM »
??? anda sama sekali tidak menjawab pertanyaan saya...
saya rasa jawaban saya sudah menjawab pertanyaan anda. kalo mau lebih jelas maka anda harus memperjelas pertanyaan anda.

Offline [email protected]

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 240
  • IQ: 3
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #118 pada: Februari 25, 2009, 06:43:44 AM »
mas Superstring...

1. saya bertanya 'apakah memang masih ada  Al Quran yg asli?' saya rasa pertanyaan ini sudah cukup jelaass, ini saya tanyakan karena sebelumnya anda berkata:
Kutip
sedangkan ketiga kitab lainnya itu kita wajib yakini kebenarannya tapi tidak untuk dijalani ajarannya karena pertama, kitab yang asli sudah tidak ada lagi
, untuk membantu mungkin anda bisa menjelaskan apa yang anda maksud asli disini, karena menurut pemahaman saya kitab yg asli itu ya kitab yg pertama kali ditulis oleh pembuatnya, kalau anda mengklaim kitab Al Quran sbg ciptaan tuhan, tentunya kitab yang asli itu kitab yang ditulis oleh tuhan sendiri (dan sekali lagi 'kitab' menurut pemahaman saya adalah sebuah buku yang tertulis, ga tau ya kalo ada arti lainnya), dan anda menjawab "sampai detik ini Al Quran masih asli seperti pertama kali diturunkan" saya pikir ini bukan jawaban dari pertanyaan saya, ini adalah (sekali lagi) klaim anda, pertanyaan saya : "apakah masih ada...?" dan jawaban yg saya inginkan sangat sederhana : ada atau tidak ada (simpel kan?ga harus kmana2 atau mengemukakan klaim lagi) sukur2 kalo misalnya dijawab 'ada' ditambah penjelasan 'dimananya/disimpan siapa' dll
kemudian 'jawaban' anda tambah dengan keterangan "banyak orang yang hafal satu kitab Al Quran secara sempurna hingga hal yang sangat detail. sepanjang jaman selalu ada orang-orang seperti ini (disebut hafidz) di seluruh dunia. hal inilah yang membuat Al Quran terjaga keasliannya." yang tentu saja semakin membingungkan saya (bukankah 'kitab' itu tertulis bukan terhafal?)

2. sama halnya dgn poin pertama, pertanyaan saya yg kedua jg sudah cukup jelas, atau mungkin karena pada poin ini saya bertanya sekaligus 3 pertanyaan membuat anda tidak dapat mencerna pertanyaan saya?OK saya jelasin satu persatu. Dasar pertanyaan ini adalah pernyataan anda tentang alasan kedua bahwa "ketiga kitab lainnya sudah tidak relevan dengan kehidupan masa kini".
pertanyaan saya:
a. apa dasar klaim anda bahwa kitab lain sudah tidak relevan dengan kehidupan masa kini? jawaban yang saya inginkan: ya sebutkan dasar2nya yg mendukung! misalnya, kasih contoh isi ketiga kitab itu yang sudah tidak relevan. atau pendapat ahli yg mendukung. atau apa ajalah yg menjadi dasar pernyataan anda itu.
b. apakah Al Quran lebih relevan?(ini kan jelas pertanyaan Ya dan Tidak) jawaban yg saya inginkan jg sangat sederhana toh? Ya/Tidak. Udah itu aja. Titik.
c.  apa buktinya? ini tentu saja pertanyaan yg berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya (apakah Al Quran lebih relevan?) bila anda menjawab 'Ya, Al Quran lebih relevan'. kalo anda menjawab 'Tidak, Al Quran tidak lebih relevan' maka anda tidak harus menjawab pertanyaan terakhir ini. Dah sangat gamblang sekali. Jawaban yg saya inginkan tentunya ya : 'Ini loh buktinya kalo Al quran itu masih relevan dgn kehidupan masa kini, yaitu..bla,bla,bla (sebutin)'

dan anda ngasi 'jawaban' apa u/ pertanyaan2 ini? "Hukum-hukum yang ada di dalam Al Quran sangat sesuai dengan kehidupan manusia saat ini dan hingga akhir zaman nanti." apa ini jawaban yang saya harapkan seperti yg saya uraikan di atas?tentu tidak kan. sekali lg anda malah mengemukakan klaim lg.

Udah jelas mas Superstring? kenapa saya berkata bahwa anda sama sekali tidak menjawab pertanyaan saya? kalo masih tidak jelas juga, ya sory, saya ga tau harus ngejelasin kaya gimana lagi... :-X

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Allah meluaskan langit
« Jawab #119 pada: Februari 25, 2009, 07:27:09 AM »
saya mau tanya :
1. apakah memang masih ada  Al Quran yg asli?
asli disini apakah asli dalam artian isinya atau kitab pertama yang dibukukan?
saya rasa pertanyaan ini juga masih kurang jelas menurut saya,..

saya mencoba menjawab,...
Al-Qur'an masih asli isinya,.. tidak mengalami perubahan isi dari pertama dibukukan oleh sahabat Nabi, sampai sekarang! dan Al-Qur'an tidak ditulis oleh Allah, tapi berasal dari Allah,..

untuk pemahaman Al-Qur'an tidak ditulis oleh Allah, tapi berasal dari Allah, mungkin lebih mudah begini,. misal, anda diajar fisika oleh guru anda, lalu anda mencatat apa yang diterangkannya, guru anda tidak mencatat apa yang diterangkannya pada catatan anda, tapi catatan itu "berasal" dari guru anda!!

kalo untuk Al-Qur'an pertama yang dicetak,. saya kurang tahu!

2. apakah dasar klaim anda bahwa kitab lain selain Al Qur'an tidak lagi relevan dengan kehidupan masa kini?apakah al Quran lebih relevan??apa buktinya??
klaim yang bagaimana yang anda inginkan?
kalo tertulis, Insyaallah ada dalam Al-Quran,.. juga pernah disebutkan bahwa dalam kitab pendahulu Al-Quran yang kami percayai, juga diterangkan mengenai Nabi Muhammad yang menjadi penuntun sampai akhir zaman, dan pedomannya adalah Al-Qur'an,..

kalo anda menganggap self klaim,.. tolong beritahu format jawaban dengan menjawab pertanyaan saya ini,...
apa dasarnya jika surga dan neraka itu ada? apakah ini relevan? apa buktinya?

soalnya saya tidak tahu dasar klaim yang bagaimana yang anda inginkan,...
saya yakin jika anda bisa menjawab pertanyaan saya diatas, temen-temen dan saya bakalan menjawab pertanyaan anda sesuai yang anda inginkan!!

senang bisa berdiskusi dengan anda,...  ::) ::)
« Edit Terakhir: Februari 25, 2009, 07:29:05 AM oleh utusan langit »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
4383 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2008, 10:53:21 PM
oleh biobio
penciptaan Allah

Dimulai oleh Mars « 1 2 ... 34 35 » Agama dan Filosofi

510 Jawaban
157974 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2009, 07:24:14 AM
oleh luth
22 Jawaban
33419 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2009, 12:43:00 PM
oleh sisca, chemistry
1 Jawaban
3679 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 27, 2012, 05:14:21 AM
oleh Ammar18
30 Jawaban
15564 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2014, 12:07:17 PM
oleh Monox D. I-Fly