Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 07:25:24 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 33
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?  (Dibaca 52305 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #15 pada: April 25, 2009, 06:22:58 AM »
kalo gw baru liat thriller-nya doang... eh... koq jadi ngbahas film kafir sich... >:(
setau gw pemeranya itu murtad, bukannya kafir.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #16 pada: April 25, 2009, 06:37:45 AM »
jadi pa donkz , , ,di film kan judulnya kafir ???  ;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #17 pada: April 25, 2009, 06:43:12 AM »
setau gw pemeranya itu murtad, bukannya kafir.

namanya jg pelem bro.. ya itu campuran banyak ilmu (seni, filsafat, teknik, sains, pemasaran, dll)
judulnya ya tesera sutradaranya... toh ada forum direksi pada pembuatan pelem tsbut yg tela menyepakati bahwa pelem yg bsangkutan akhirnya dijudulkan menjadi 'kafir'....

yang di film kafir , , ,kata orang jga kafir , , ,mank kafir apa donkz ?

bung h4ry... untuk membantu lebi detil lagi terhadap anggota majlis yg laeen, tolong jelaskan kejadian pd pelem itu yg mendefinisikan kata kafir sperti yg anda sebutkan artinya diatas: masuk surga n masuk nraka...

apa dialognya? siapa yg melakukan dialog tsbut? pada bagian intrik manakah dialog itu dsbutkan (intro/klimaks/antiklimaks kah) ? kami tunggu keterangan lanjut dari anda...

cuma pengertian buat orang yang non-muslim ja ?
kedengarannya ga enak gitu , ,^^

bung h4ry yg ganteeeeng dan baiiik hatyiii.... mau anda ngomong kaya gmana pun, sperti itulah definisi dari kata kafir pada kepercayaan orang islaaam.. kcuali anda punya sumber dari ajaran islam yg tidak menyatakan demikiaaann....

ini konsekuensi dari smua agama samawi kok... yahudi bilang kristen n islam = kafir, kristen bilang yahudi n islam = kafir, islam bilang yahudi n kristen = kafir....... moga jelas jawabannya.... sumber2 kita bdasarkan pengetahuan yg kita miliki tentang ajaran islam... jadi bukan sumber asal2an yg pengen menjelek2an agama laeennn...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #18 pada: April 25, 2009, 11:42:32 AM »
"KAFIR" merupakan suatu sifat yang dilakukan oleh manusia
yang telah melanggar aturan2 agama islam.
contohnya
1.tidak mengerjakan rukun Iman
2.tidak mengerjakan rukun Islam
3.semua hal yang memang menurut islam itu dilarang
misalnya ada pertanyaan:
Q :apa orang yang tidak sholat itu "KAFIR"
A : YA.
apa udah jelas?????
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #19 pada: April 25, 2009, 04:01:12 PM »
Kafaro maksudnya mengingkari.
Secara garis besar, dalam surah al-kafirun, cukup mendefinisikan tentang orang2 kafir.
Orang-orang kafir yaitu orang-orang yang beribadah pada selain Allah. Beribadah itu, apa yang menjadi fokus yang mendominasi benak seseorang. Kalau seseorang hanya terfokus pada sesuatu misalnya kedudukannya, kekayaannya, atau anaknya, atau juga kengkuhan pribadi, maka itulah sebenarnya yang diibadahi. Dalam al-quran disebutkan bahwa anak bisa menjadi ilah seseorang, apakah berarti anaknya disembah2, tentu saja tidak, tapi dalam benaknya selalu terliputi demi anak sehingga melupakan Allah.
Sedangkan seseorang yang beriman sebaliknya, yang mendominasi dibenaknya adalah keridloan Allah, melakukan ini atau itu dalam mengingat Allah.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #20 pada: April 26, 2009, 01:26:05 AM »
ouh , , ,kafir berarti yang non-X ,sedngkan X agama kita,  ,,

^^a

btw mank klo kafir knp ?  :D ;D ;D

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #21 pada: April 26, 2009, 01:49:58 AM »
hai hary
kata "KAFIR" artinya tidak taat pada agama yang dianutnya.itu aja.
jadi tidak akan ada masalah "ouh , , ,kafir berarti yang non-X ,sedngkan X agama kita".

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #22 pada: April 26, 2009, 07:28:38 AM »
kafir itu kan orang yang ga diterima disurga dan di neraka , ,^^a

klo ga salah , , ,
doh! OOT trus...
"The pen is mightier than the sword"

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #23 pada: April 26, 2009, 07:29:45 AM »
hai hary
kata "KAFIR" artinya tidak taat pada agama yang dianutnya.itu aja.
kalo ini bukannya murtad?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #24 pada: April 26, 2009, 08:26:21 AM »
ikutan deh. mohon diralat jika salah.
1. Kafir itu maknanya tidak beriman.
Kalo menurut muslim, berarti kafir itu yang tidak percaya dengan yang harus dipercayai oleh pemeluk agama Islam. Contohnya, tidak percaya adanya Tuhan, berarti menurut Agama Islam disebut kafir.
2. Kembali lagi ke definisi awal di nomor 1.
3. (menurut Islam) Ajaran memerangi orang kafir memang ada. Tapi hanya untuk orang kafir yang memerangi Islam . Sebaliknya untuk orang kafir yang tidak memerangi orang Islam tidak boleh diperangi . Karena sudah ada laranganya.
Jika orang kafir yang tidak memerangi Islam itu berada di dalam komunitas muslim, maka tidak boleh diperangi, ato diperlakukan yang tidak pantas.
Karena sudah "dianggap" sesama saudara.
Malah harus dilindungi juga. (kan sodara)
4. Kafir itu sebenarnya bukan untuk menilai baik atau buruk. Tapi cukup untuk membedakan dia muslim atau tidak (dari definisi awal). Kafir baik ya tentu saja ada.
Tapi kalo menurut muslim ya lebih baik beriman, dan orang beriman harus baik.

@biobio
murtad kira-kira seperti ini: tadinya sudah percaya dan taat mempraktikkan ajaran Islam tapi kemudian tidak percaya lagi. gitu

Sepanjang yang saya pelajari sih seperti itu. Mungkin teman-teman yang muslim lebih tahu.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #25 pada: April 26, 2009, 08:31:16 AM »
definsi "orang kafir yang memerangi islam" menurutku banyak disalahartikan para teroris menjadi "bangsa kafir yang memerangi islam". dan "memerangi" pun perlu digartisbawahi,apakah suatu bangsa menyerang./memerangi bangsa lain karena bangsa itu islam,atau kebetulan saja bangsa itu islam...bila karena keislamannya seseorang diperangi,barulah ia boleh mengatakannya "islam telah diperangi",lain halnya bila karena orang islam itu mencuri kemudian dipukuli lalu ia mengatakan "orang islam diperangi" (salah). dan masalah yang pertama,misalkan amerika serikat memerangi islam.. bolehkah kita memerangi turis yang datang ke bali karena mereka orang amerika? tentunya tidak,karena mereka tidak ikut2an memerangi islam,hanya tentara negara mereka yang memerangi..

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #26 pada: April 26, 2009, 08:43:00 AM »
kalau ada yang bisa menjelaskan mengenai kriteria kafir karbi, kitabi, dzimi, dll secara lebih detail?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #27 pada: April 26, 2009, 09:00:44 AM »
bolehkah kita memerangi turis yang datang ke bali karena mereka orang amerika? tentunya tidak,karena mereka tidak ikut2an memerangi islam,hanya tentara negara mereka yang memerangi..
Stuju tuh, mas biobio.
Pernyataan tersebut sering disalahgunakan sih.
Padahal kalo menurutku sih, perintahnya udah jelas.

@utusanlangit
kalo yang aku tahu, kafir dzimi tuh orang kafir yang tinggal di suatu komunitas Islam, tapi tidak memerangi Islam (dan tentu saja juga tidak berbuat buruk ato merugikan orang lain). Maka wajib dilindungi dan haknya seperti hak muslim di sana.
Jadi tidak boleh dianaktirikan.

kalo kafir kitabi didenger dari kata-katanya bukannya berarti mengafiri kitab?
bener ga?

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #28 pada: April 28, 2009, 05:24:32 AM »
kalau misal diserang dulu gmna ? ??? ???

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Apa Itu Kafir (Menurut Islam)?
« Jawab #29 pada: April 28, 2009, 05:52:28 AM »
salah jika memang kafir itu haram untuk diperangi!

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
67 Jawaban
46204 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2011, 04:23:15 AM
oleh Pi-One
174 Jawaban
61726 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2009, 05:51:04 AM
oleh drexman
232 Jawaban
81864 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2012, 10:09:35 AM
oleh mhyworld
7 Jawaban
12352 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 11:30:21 PM
oleh jopie
34 Jawaban
51792 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2011, 08:05:02 AM
oleh exile_rstd