Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 14, 2022, 07:06:30 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 39
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa yang membuat hidup?

Dimulai oleh Takagi Fujimaru, April 16, 2010, 12:59:41 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

truf777

apa yah ? yang membuat hidup :D kemampuan berpikir ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Farabi

Kutip dari: anggik2002 pada Mei 29, 2010, 09:19:33 PM
Kutip dari: Farabi pada April 17, 2010, 02:28:35 PM
Kalau menurut saya mati adalah keadaan dimana otak tidak mendapat suplai makanan yang mengakibatkan ia tidak berfungsi lagi.
ini pernyataan mati untuk manusia atau hewan jg om??
soale aQ pernah nyembelih entok sampek kepalanya putus tapi bisa terbang, emng gak lama sih, cuman kurang lebih 5 menit. Apa selama 5 menit itu si entok bs dikatakan mati?? :)

5 Menit itu adalah batas waktu sampai otak2x benar2x rusak parah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Pi-One

5 menit setelah otak tidak menerima suplai oksigen, sel-sel otak akan mulai mengalami kerusakan.

anggik2002

Kutip dari: Farabi pada Mei 30, 2010, 08:39:01 AM
Kutip dari: anggik2002 pada Mei 29, 2010, 09:19:33 PM
Kutip dari: Farabi pada April 17, 2010, 02:28:35 PM
Kalau menurut saya mati adalah keadaan dimana otak tidak mendapat suplai makanan yang mengakibatkan ia tidak berfungsi lagi.
ini pernyataan mati untuk manusia atau hewan jg om??
soale aQ pernah nyembelih entok sampek kepalanya putus tapi bisa terbang, emng gak lama sih, cuman kurang lebih 5 menit. Apa selama 5 menit itu si entok bs dikatakan mati?? :)

5 Menit itu adalah batas waktu sampai otak2x benar2x rusak parah.
masalahnya kepalanya udah gak nyambung sama badan si entok om, nah badannya si entok itu masih bisa gerak2 gtu, itu yang saya maksud,, jd disini otak kayaknya udah g da perannya dengan gerak dari si entok td, soale  udah gak nyambung/putus. nah apakah gerak si entok ini tidak berarti dia masih hidup??thanks infonya.

anggik2002

@ om pi_one & farabi : jd apakah berarti otak adalah sumber kehidupan makhluk hidup? soale ketika otak gak bs berfungsi berarti mati gtu ya??

Pi-One

Kutip dari: anggik2002 pada Mei 30, 2010, 12:09:01 PM
@ om pi_one & farabi : jd apakah berarti otak adalah sumber kehidupan makhluk hidup? soale ketika otak gak bs berfungsi berarti mati gtu ya??
Bukan sumber kehidupan, tapi organ vital, sebagaimana jantung, atau paru-paru.

Takagi Fujimaru

Betul kata Pi-One. Ketiganya merupakan tanda2 kehidupan. Dalam dunia medis, Tanda2 vital kehidupan dilihat dari nadi, nafas, suhu tubuh, tekanan darah, dan lain2.

@anggik
pernah tau ekor cicak pas putus kenapa bisa gerak2? Kalau tau, anda juga harusnya tau kenapa "si entok" bisa terbang walau tanpa kepala...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

anggik2002

nah yang saya tanyakan itu, apakah dalam waktu 5 menit itu entok udah dikatakan mati??atau apakah itu waktu u/ proses menuju kematian aja??

Takagi Fujimaru

#23
Tanpa organ vital, sel-sel dalam tubuh masih hidup namun tidak bisa lama.

Definisi orang mati menurut medis ada dua. Mati klinis, yakni berhentinya jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dan mati biologis, yakni matinya sel-sel otak karena tidak mendapatkan suplai oksigen dan makanan selama lebih dari 5 menit. Lima menit ini adalah awal proses kerusakan otak. Dikatakan bahwa sel-sel otak akan benar-benar tidak aktif setelah jantung berhenti selama 10 menit. Tapi dalam suatu kasus, pernah terjadi CPR (Cardio-pulmonary resuscitation) dilakukan lebih dari 10 menit dan korban masih tertolong. Korban itu membeku karena tercebur ke air es saat lapisan es tipis yang ada di taman untuk ice skating pecah. Faktor yang mungkin adalah suhu. Suhu yang sangat rendah menghambat proses rusaknya sel-sel otak.
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Pi-One

Suhu dingin itu mempengaruhi, tepatnya memperlambat metabolisme tubuh. Dalam kondisi itu, sel-sel tubuh termasuk otak hanya memerlukan sedikti oksigen dan energi (ini gak jauh beda dari tidur musim dinginnya beberapa jenis hewan). Karena itu pula, waktu yang diperlukan sebelum otak mengalami kerusakan seljuga jadi lebih panjang.

Farabi

JAntung rusak masih bisa diganti, neo cortex rusak (otak besar) masih bisa hidup tapi cacat, tapi kalau otak belakang rusak, matilah seluruh tubuh. Saya duga diri kita yang sebenarnya adalah otak bagian belakang yang kalau tidak mendapatkan nutrisi akan menyebabkan kematian.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Pi-One

Entah kalau di masa depan seluruh memori kita bisa dipindahkan ke jaringan komputer sebagai sekelompok data.

*Jadi ingat anime Ghost In The Shell

Takagi Fujimaru

@Farabi
Otak bagian belakang adalah pusat kesadaran. Itulah kenapa jika otak belakang rusak, manusia tidak bsa sadar alias mati.

@Pi-One
Sepertinya sangat sulit... Mengingat alat pembaca otak belum ditemukan... hehehe
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Farabi

Kutip dari: Pi-One pada Mei 31, 2010, 07:06:35 PM
Entah kalau di masa depan seluruh memori kita bisa dipindahkan ke jaringan komputer sebagai sekelompok data.

*Jadi ingat anime Ghost In The Shell
Bisa aja sih kayaknya kalo kita tahu gimana cara otak menyimpan memori. Mungkin datanya bisa disimpan secara digital.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

anggik2002

om takagi trus klo ekor cicak itu gmana?udah putus sama otak, jantung tp kok msh gerak2,, sama dengan hewan bersel satu, gak punya otak dan jantung tp kok bs hidup ya?mgkin bs d jelaskan!!