Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 15, 2024, 02:19:11 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa yang membuat hidup?

Dimulai oleh Takagi Fujimaru, April 16, 2010, 12:59:41 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

rizqi_fs

Mas semut-ireng, pertanyaan untuk siapa tuh?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 10:57:10 AM
Berarti apa kah conclusi seperti yang saya sebutkan itu salah/benar
"Berarti klo ga menerima dogma anda ga beragama donk"
Klo conclusinya salah apa alasannya?
Dogma itu sesuatu yang harus diterima, tanpa boleh diragukan atau dipertanyakan. Dan agamaku gak kenal dogma macam itu.

*Ignore aja si 'nabi' semut-asbun, dia lagi caper

rizqi_fs

Terus dogma seperti apa yang dikenal? dan dasarnya apa anda mengatakan itu?
Bisa dijelaskan dengan sumber2 agama anda? DAri kitab2 sucinya maksudnya

semut-ireng

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 11:05:36 AM
Mas semut-ireng, pertanyaan untuk siapa tuh?

Oh ya,  untuk siapa ya ?  tempo hari itu ada yang ngaku2 dari theravada,   tapi ngaku pula di luar WALUBI.  Giliran ditanya apakah ada theravada di Indonesia yang berada di luar WALUBI,  ngga bisa jawab.  Ditanya lagi bahwa WALUBI menyerukan umat Buddha agar memperkuat keyakinan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Eh,  dia menjawab seolah-olah ' mewakili ' WALUBI,  bahwa yang dimaksud  ' taqwa ' itu beda dengan pengertian taqwa yang umum diketahui oleh masyarakat Indonesia ................ :)

Takagi Fujimaru

Aih~
Di mana-mana selalu ada intimidasi, penghinaan, dan tetek bengeknya... ==a

Dan sepertinya, apapun judul topiknya kalau ada di sub agama dan filosofi, pada halam 5++ sudah OOT dan akhirnya membahas "Bukti eksistensi Tuhan" lagi...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

andrielek

Oke.........
jika ada pertanyaan apakah yang membuat kita hidup?
maka saya akan menjawab Ruh. ini menurut saya yang g tau apa2.
maaf nama saya elek. elek adalah nama ruh bukan badan atau jasad.
sekarang gini jika elek mati. maka yang dapat dilihat bukanlah elek tapi jasadnya elek atau mayatnya elek. nah yang dilihat kan mayatnya elek terus eleknya kemana?
belum ada yang mampu menjelaskan semua ini. makanya saya memilih untuk untuk percaya pada adanya kekuatan diluar pengetahuan saya. ini menurut saya.
mohon pencerahan jika ada yang lain.

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 12:23:39 PM
Terus dogma seperti apa yang dikenal? dan dasarnya apa anda mengatakan itu?
Bisa dijelaskan dengan sumber2 agama anda? DAri kitab2 sucinya maksudnya
Jika dalam agama anda diajarkan sesuatu, dan anda tidak bisa meragukana tau mempertanyakan itu tanpa dianggap murtad atau sejenisnya, atau dianggap gak beriman, maka anda bisa bilang itu dogma.

Kutip dari: andrielek pada Juli 22, 2010, 05:34:40 PM
Oke.........
jika ada pertanyaan apakah yang membuat kita hidup?
maka saya akan menjawab Ruh. ini menurut saya yang g tau apa2.
maaf nama saya elek. elek adalah nama ruh bukan badan atau jasad.
sekarang gini jika elek mati. maka yang dapat dilihat bukanlah elek tapi jasadnya elek atau mayatnya elek. nah yang dilihat kan mayatnya elek terus eleknya kemana?
belum ada yang mampu menjelaskan semua ini. makanya saya memilih untuk untuk percaya pada adanya kekuatan diluar pengetahuan saya. ini menurut saya.
mohon pencerahan jika ada yang lain.
nah, kita tidak tahu, tidak mampu menjelaskan,lalu menjadikan ruh sebgai jawaban tanpa bukti. makanya aku menyebutnya variableofthe gap. Sekedarjawaban yang dipaksakan untuk mengisi ketidaktahuan. Gak beda dengan orang dulu yang membuat konsep ether untuk menjelaskan abgaimana cahaya merambat di ruang hampa. Atau menunjuk dewa-dewa untukmenjelaskan fenomena alam yang gak bisa mereka jelaskan.

rizqi_fs

Berbicara  tentang  ruh,  Al-Quran  mengingatkan   kita   akan
firman-Nya:

     Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah,
     "Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu
     kecuali sedikit" (QS Al-Isra' [17]: 85)

Bener ga? kita cuman tau sedikit tentang ruh?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 09:00:10 PM
Berbicara  tentang  ruh,  Al-Quran  mengingatkan   kita   akan
firman-Nya:

     Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah,
     "Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu
     kecuali sedikit" (QS Al-Isra' [17]: 85)

Bener ga? kita cuman tau sedikit tentang ruh?
Nah hal di atas yang aku bilang termasuk dogma. Gak tahu, tapi harus percaya?

semut-ireng

..............Tidak seorangpun bisa memahami seorang raja kecuali seorang raja.   Karena itu Tuhan telah menjadikan masing-masing kita,  katakanlah,  seorang raja dalam miniatur,  atas suatu kerajaan yang merupakan tiruan dari kerajaan-Nya yang telah disusutkan secara tidak terbatas.   Di dalam kerajaan manusia,  singgasana Allah dicerminkan oleh ruh,  malaikat ( Jibril ) oleh hati,  kursiy oleh otak,  dan lauhul-mahfuzh oleh ruang-gudang pikiran.   Jiwa  -  yang ia sendiri tak tertempatkan dan tak terbagi-bagi  -  mengatur jasad sebagaimana Allah mengatur jagat.   Pendeknya,  kepada kita diamanatkan suatu kerajaan kecil,  dan kita diwajibkan untuk tidak ceroboh dalam mengaturnya .................(  Imam Al-Ghazali  ).

rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada Juli 22, 2010, 10:12:35 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 09:00:10 PM
Berbicara  tentang  ruh,  Al-Quran  mengingatkan   kita   akan
firman-Nya:

     Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah,
     "Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu
     kecuali sedikit" (QS Al-Isra' [17]: 85)

Bener ga? kita cuman tau sedikit tentang ruh?
Nah hal di atas yang aku bilang termasuk dogma. Gak tahu, tapi harus percaya?
Tapi bener ga sih pernyataan klo ilmu kita soal ruh hanya sedikit?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 22, 2010, 10:28:45 PM
Tapi bener ga sih pernyataan klo ilmu kita soal ruh hanya sedikit?
Kalau mau jujur, kita sama sakali gak tahu apa-apa soal ruh. Ruh gak pernah diuji an dibuktikan...

rizqi_fs

Berarti benar donk ini:
     Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah,
     "Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu
     kecuali sedikit" (QS Al-Isra' [17]: 85)

Pi-One

Yang benar adalah ketidaktahuan kita, tapi perkara eksistensi ruh, itu tidak pernah dibuktikan.

Kita juga tidak tahu tentang peri, tentang alien, tentang naga, tentang nessie dsb. :)

rizqi_fs

"Kita juga tidak tahu tentang peri, tentang alien, tentang naga, tentang nessie dsb. senyum"
Itu hal yang lain lagi:)

Klo Ruh emang sedikit yang kita tahu