Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 02:01:16 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

angka fibonacci angka tuhan?

Dimulai oleh luth, Mei 03, 2009, 11:46:11 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

luth

pernah liat ni ni bagian matematika..
tapi saya sekarang mau ngebahasnya dari sudut pandang agama dan filosofi..(repost ga ni ;Dmuda2an ngga ;D)
seperti pertanyaan saya diatas
percayakah anda pada angka fibonacci (dan phi) sebagai angka yang menunjukkan adanya tuhan?
don't forget the reason..

klo misalnya ada yg blm tau apa itu angka fibonacci,,ni saya kasi salah satu linknya..
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

luth

astaga salah room aku ;D ;D ;D
maap
@momod
pindahin ke board agama dan filosofi dong!
ditunggu secapatnya ya.. ;D ;D ;D ;D
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

The Houw Liong

Kutip dari: luth pada Mei 03, 2009, 11:46:11 PM
pernah liat ni ni bagian matematika..
tapi saya sekarang mau ngebahasnya dari sudut pandang agama dan filosofi..(repost ga ni ;Dmuda2an ngga ;D)
seperti pertanyaan saya diatas
percayakah anda pada angka fibonacci (dan phi) sebagai angka yang menunjukkan adanya tuhan?
don't forget the reason..

klo misalnya ada yg blm tau apa itu angka fibonacci,,ni saya kasi salah satu linknya..
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Pernyataan yang lebih tepat adalah: " Logika, matematika dan hukum alam mendahului terjadinya ruang-waktu dan materi ".
HouwLiong

skuler

kebetulan gw liwat... ok... topik gw pindakan t4nya... silakan kembali bdiskusi...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

luth

ni saya ksh lg link sekilas lg penjelasan singkat ttg angka fibonacci

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
klo msh ga jls silakan gugling aj bnyk jg ko penjelasan simpelny
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

Muztank

aku koq bingung ya...jlasin intinya aja dunk..

luth

Kutip dari: Muztank pada Mei 10, 2009, 08:51:36 PM
aku koq bingung ya...jlasin intinya aja dunk..


intinya adalah angka fibonacci banyak sesuai dengan fenomena atau fakta makhluk hidup di d alam ini,,
apakah itu menandakan suatu isyarat adanya keteraturan sehingga mengisyaratkan jg adanya tuhan ,,silakan jawab sendiri sesuai dengan pikiran anda

Bilangan Fibonacci adalah urutan angka yang diperoleh dari penjumlahan dua angka didepannya, misalnya seperti ini :

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, dst

Penjelasan : Misal Angka 5, diperoleh dari penjumlahan 2 angka didepannya yaitu 2+3.

dan berhubungan dgn angka phi yaitu pembagian angka fibonacci
yg didepan dengan yang di belakangnya, misal
34:21, 89:55.  55/34  dll
hasilnya adalah 1,618<<angka phi

nah angka2 itu sesuai dngn fakkta  alam seperti
1. Jumlah Daun pada Bunga (petals)
Mungkin sebagian besar tidak terlalu memperhatikan jumlah daun pada sebuah bunga. Dan bila diamati, ternyata jumlah daun pada bunga itu menganut deret fibonacci. contohnya:
- jumlah daun bunga 3 : bunga lili, iris
- jumlah daun bunga 5 : buttercup (sejenis bunga mangkok)
- jumlah daun bunga 13 : ragwort, corn marigold, cineraria,
- jumlah daun bunga 21 : aster, black-eyed susan, chicory
- jumlah daun bunga 34 : plantain, pyrethrum
- jumlah daun bunga 55,89 : michaelmas daisies, the asteraceae family

lain2ny liat aja di linknya,biar lebih jelas coz disana disertai gambar jg
lain2 nya seperti
2. Pola Bunga
3. Tubuh Manusia
5. Parthenon
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

nandaz

...begitu, thanks dah ngerti....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

nash

@luth

haha, ya mgkin kalo da yg mganggap barisan fibonacci mbuktikan kbradaan Tuhan, boleh2 aja,
tapi, walaupun saya yakin akan adanya Tuhan, mnurut saya, kaitannya dgn brsan fibonacci tuh lebih mrupakan ssuatu yg 'dimirip-miripkan'

bagi saya, pola trstruktur pada makhluk hdup cptaan Tuhan spt tu 'terlalu sdrhana' utk mbuktikan adanya Tuhan yg notabene adalah zat yg 'kompleks'
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Monox D. I-Fly

Kutip dari: luth pada Mei 10, 2009, 09:07:02 PM
nah angka2 itu sesuai dngn fakkta  alam seperti
1. Jumlah Daun pada Bunga (petals)
Mungkin sebagian besar tidak terlalu memperhatikan jumlah daun pada sebuah bunga. Dan bila diamati, ternyata jumlah daun pada bunga itu menganut deret fibonacci. contohnya:
- jumlah daun bunga 3 : bunga lili, iris
- jumlah daun bunga 5 : buttercup (sejenis bunga mangkok)
- jumlah daun bunga 13 : ragwort, corn marigold, cineraria,
- jumlah daun bunga 21 : aster, black-eyed susan, chicory
- jumlah daun bunga 34 : plantain, pyrethrum
- jumlah daun bunga 55,89 : michaelmas daisies, the asteraceae family

Nah, kalau iya, terus, kok nggak ada contoh bunga yang kelopaknya 8?
Oya, kalau Crysanthemum kelopaknya berapa tuh?  ::)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Jim Heart

dari dulu saya penasaran darimana datangnya dua anggota awal dari deret ini ? angka 0 dan 1 ?

mhyworld

Kutip dari: Jim Heart pada Juni 10, 2013, 02:17:43 PM
dari dulu saya penasaran darimana datangnya dua anggota awal dari deret ini ? angka 0 dan 1 ?
0 dan 1 merupakan bilangan cacah terkecil.
once we have eternity, everything else can wait

mhyworld

Kutip dari: luth pada Mei 10, 2009, 09:07:02 PM

intinya adalah angka fibonacci banyak sesuai dengan fenomena atau fakta makhluk hidup di d alam ini,,
apakah itu menandakan suatu isyarat adanya keteraturan sehingga mengisyaratkan jg adanya tuhan ,,silakan jawab sendiri sesuai dengan pikiran anda

Bilangan Fibonacci adalah urutan angka yang diperoleh dari penjumlahan dua angka didepannya, misalnya seperti ini :

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, dst

Penjelasan : Misal Angka 5, diperoleh dari penjumlahan 2 angka didepannya yaitu 2+3.

dan berhubungan dgn angka phi yaitu pembagian angka fibonacci
yg didepan dengan yang di belakangnya, misal
34:21, 89:55.  55/34  dll
hasilnya adalah 1,618<<angka phi

nah angka2 itu sesuai dngn fakkta  alam seperti
1. Jumlah Daun pada Bunga (petals)
Mungkin sebagian besar tidak terlalu memperhatikan jumlah daun pada sebuah bunga. Dan bila diamati, ternyata jumlah daun pada bunga itu menganut deret fibonacci. contohnya:
- jumlah daun bunga 3 : bunga lili, iris
- jumlah daun bunga 5 : buttercup (sejenis bunga mangkok)
- jumlah daun bunga 13 : ragwort, corn marigold, cineraria,
- jumlah daun bunga 21 : aster, black-eyed susan, chicory
- jumlah daun bunga 34 : plantain, pyrethrum
- jumlah daun bunga 55,89 : michaelmas daisies, the asteraceae family

lain2ny liat aja di linknya,biar lebih jelas coz disana disertai gambar jg
lain2 nya seperti
2. Pola Bunga
3. Tubuh Manusia
5. Parthenon

Kelihatannya sih lebih mirip cocoknologi. Kelopak bunga yang jumlahnya 4 atau 7 juga ada. Mengapa tidak ikut dihitung?
Kalau Parthenon kan memang didesain berdasarkan golden rasio.
once we have eternity, everything else can wait

Irfanmuhluster

Saya juga kagum dengan Golden Ratio, itu sangat mengagumkan, dan manusia adalah makhluk yg mempunyai Golden Ratio paling banyak, membuktikan manusia adlh makhluk plg sempurna, dan tdk bisa dipungkiri kalau Tuhan memang ada.