Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 08, 2021, 04:40:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)  (Dibaca 11200 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« pada: Februari 17, 2010, 07:45:38 PM »
An-Nisa ayat 3 :
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

An-Nisa ayat 129 :
Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri- istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang



ada yang bisa menjelaskan ? mohon jangan rasionalisasi, tapi gunakan ayat atau hadits yang menjelaskan tentang masalah ini juga.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #1 pada: Februari 18, 2010, 06:10:56 AM »
Sudah kodrat manusia tidak dapat berlaku adil. jangankan terhadap orang lain bahkan terhadap dirinya sendiri, manusia tidak dapat berlaku adil. hal terbaik yang mereka dapat lakukan adalah mendekati keadilan.

Bahkan Nabi Muhammad SAW, manusia yang paling adil, tidak dapat membagi sama rasa sayangnya terhadap istri-istri beliau.

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #2 pada: Februari 18, 2010, 07:42:04 AM »
ayat 3 menjelaskan bahwa kalau kalian tidak bisa berlaku adil, maka kawini seorang saja. karena tidak berlaku adil itu aniaya.

bukankah itu menunjukkan bahwa sebenarnya tidak boleh poligami ?

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #3 pada: Februari 18, 2010, 08:05:33 AM »
bukannya gak boleh...tapi ada syaratnya yaitu adil....pemahaman saya sih gitu...;D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #4 pada: Februari 19, 2010, 04:59:37 AM »
iya tapi di Quran sendiri dibilang bahwa manusia tidak mungkin bisa bersikap adil.

Offline Murtadlo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • cinta..... adalah sumber hidup abadi
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #5 pada: Februari 19, 2010, 05:09:21 AM »
mf, ikut masuk....?
aku punya teman dekat n kebetulan dia seorang muslim. dia pernah mengatakan padaku tentang bgmn orang muslim menggali isi kandungan makna alquran n hadits. dlm ksimpulannya, sangat tidak mudah memahami makna keduanya, bahkan katanya ada ancaman bg mereka yg memahaminya  berdasarkan pemikiran sendiri terlebih berkaitan dengan kepentingan individu atau golongan. dia menegaskan, untuk memahami alquran n hadits di antaranya hrs mengerti sebab turunnya atau sebab di keluarkannya kalimat msg2. sebagaimana contoh paparnya, kalau Nabi berkata: "jangan minum es"!. ini bg umat muslim tidak semata2 langsung boleh memfonis bhw itu merupakan larangan atau es haram, tp hrs ditinjau terlebh dahulu kenapa dan pada siapa serta dlm keadaan bgmn Nabi berkata. (red/:mungkinkah trhadap orang sakit atau dlm keadaan puasa, dsb?). bagi umat muslim lanjutnya, yg  tidak bs menyaksikan secara langsung, maka hrs bertanya (mencari tahu) kepada yg hidup bersama Nabi, yaitu sahabat jelasnya, apabila tidk bs menyaksikn sahabat, maka trhdp ulama2 yg menyaksikan sahabat dan begitu seterusnya dgn sistem berantai2 sampai skrg.
lebih kurang begitu yg bs dipaham dr teman dekatku, ats segala n smuanya aku haturkan  permohonan maaf,tx.

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #6 pada: Februari 19, 2010, 05:17:21 AM »
yup, oleh karena itu apakah ada sumber yang membahas tentang ini ?
saya sangat setuju bahwa ayat tidak bisa dirasionalisasi (dipikir artinya sendiri), tapi berdasarkan bunyi ayat (tanpa rasionalisasi), menyatakan bahwa pria tidak boleh polegami (karena manusia tidak bisa berbuat adil)

Offline Murtadlo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • cinta..... adalah sumber hidup abadi
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #7 pada: Februari 19, 2010, 07:46:58 AM »
mf, telah aku jelaskn di ats dan dalam kesimpulannya, kaum muslim sudah memiliki  tuntunan atran main dlm memahami kitab mereka, sehingga mungkin lebih tepat saudara bertanya langsung kepada yg membidanginya (ulama). secara kritis semestinya pemeluk islam tidak boleh gampang atau bebas berdiskusi tntang isi kitab mereka terlebih di forum umum.
atau mungkin pandangan ini berbeda dgn tuntunan islam yg benar??

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #8 pada: Februari 19, 2010, 07:51:48 AM »
jika memberikan informasi tentang islam, bukankah secara tidak langsung juga merupakan dakwah ?

lagipula ini diskusi, bukan debat. saya benar2 ingin tau kejelasan tentang ini.

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #9 pada: Februari 19, 2010, 11:13:34 AM »
iya tapi di Quran sendiri dibilang bahwa manusia tidak mungkin bisa bersikap adil.

itu disebutin di ayat itu ya...kok aku gak bisa mengambil arti manusia tidak mungkin adil dalam ayat itu???;D

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #10 pada: Februari 19, 2010, 02:13:39 PM »
perhatikan ayat 129 kawan .. bagian yang gw bold

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #11 pada: Februari 19, 2010, 03:05:13 PM »
ohh...benar juga ya...

tetapi kenapa diperbolehkan ya?

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #12 pada: Februari 19, 2010, 10:48:38 PM »
Maaf saya ikut-ikutan juga..
saran saya sieh masalah agama harus ada yang meluruskan diforum ini...


saya setuju dengan mas murtadlo.

masalah agama tidak main2, harus benar2 lurus.
dan percayalah pada yang lurus, jangan yang kelihatannya lurus...

terimakasih..
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline ogeese

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 4
  • you can't be too sceptical
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #13 pada: Februari 19, 2010, 10:53:05 PM »
jadi .. tidak akan ada yang memberikan informasi tentang ini ? bagaimana caranya kita tau tentang suatu agama kalo informasinya eksklusif ? apa arti dakwah ? ..
« Edit Terakhir: Februari 19, 2010, 11:04:58 PM oleh ogeese »

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Apakah pria bisa berlaku adil dalam poligami (menurut Quran)
« Jawab #14 pada: Februari 19, 2010, 11:59:43 PM »
maap bro bukan ga ada yang mau ngasih tau.. saya takut salah, alnya saya ga paham banget dengan maksud dari firman itu..

mungkin ada yang lain yang mengerti gitu.. dan mudah2an ada yang mengerti, dan memberikan perjelasan ma kamu melalui forum ini..

sabar ajah..hahahha

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
48 Jawaban
21917 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2012, 03:40:03 AM
oleh mhyworld
3 Jawaban
7978 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 19, 2010, 11:00:43 PM
oleh ogeese
32 Jawaban
12868 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2010, 11:12:48 AM
oleh rizqi_fs
8 Jawaban
3966 Dilihat
Tulisan terakhir November 10, 2015, 04:51:05 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
16339 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2019, 09:10:38 AM
oleh Pi-One