Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 30, 2021, 03:28:42 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139658
  • Total Topik: 10400
  • Online Today: 86
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?  (Dibaca 24084 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« pada: Juni 13, 2009, 12:45:13 PM »
terinspirasi dari forum sebelah, , ,

kan Tuhan itu Maha Kuasa ya? kekuasaan Tuhan tak terbatas akan sgala ssuatu kan?
lalu apakah Tuhan bisa mengubah 1+1 mjd =37 (yg bdsrkan logika formal tdak mungkin)?
ataukah brarti ilmu matematika yg kita pelajari "blum sempurna"?
aku tetap percaya bhwa Tuhan Maha Kuasa, tp ptanyaan kyk gini cukup mengusik imanku.
ada yg mo nanggapin?
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #1 pada: Juni 13, 2009, 12:48:31 PM »
duh pertanyaannya abstrak banget nih...
kalo mau diperjelas angka itu merepresentasikan apa?
kalo cuma sebatas angka mah emang dasar pertanyaannya aja yang cacat substansi
*halah.. ;D ;D
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #2 pada: Juni 13, 2009, 12:52:49 PM »
Sekalian aja... Kalau tuhan maha kuasa, buktikan dong dgn transfer ke rekening bank gua sebesar 50triliyun rupiah.  ;D
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #3 pada: Juni 13, 2009, 12:56:20 PM »
@luth

gini lho,
sejak kecil kita udah ditanamkan ilmu2 eksakta yg ibaratnya pasti2 aja,
cth: air yg membeku pasti jadi es, 1+1 pasti =2, burung berkembangbiak pasti dgn bertelur, dst.

nah, apakah kuasa Tuhan bisa mengubah bentuk2 yg "pasti" spt itu mjadi bentuk2 lain? lalu caranya gmana?


CMIIW plis
everything goes peacefully,
no offense,
cuma agar kita bisa memprtebal iman kita,
mav bgt,
saya masih junior di board ini,
mav bgt

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #4 pada: Juni 13, 2009, 12:57:58 PM »
@luth

udah cukup substansialkah? kalo blum, boleh kuperjelas lg koq

CMIIW, no offense, pis
« Edit Terakhir: Juni 13, 2009, 01:01:40 PM oleh nash »

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #5 pada: Juni 13, 2009, 01:09:59 PM »
bisa-bisa aja
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #6 pada: Juni 13, 2009, 01:10:40 PM »
Sekalian aja... Kalau tuhan maha kuasa, buktikan dong dgn transfer ke rekening bank gua sebesar 50triliyun rupiah.  ;D

kata2 seseorang menunjukkan kualitas pikirannya
no offense pis :D

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #7 pada: Juni 13, 2009, 01:17:36 PM »
@luth

gini lho,
sejak kecil kita udah ditanamkan ilmu2 eksakta yg ibaratnya pasti2 aja,
cth: air yg membeku pasti jadi es, 1+1 pasti =2, burung berkembangbiak pasti dgn bertelur, dst.
1.nah, apakah kuasa Tuhan bisa mengubah bentuk2 yg "pasti" spt itu mjadi bentuk2 lain? lalu caranya gmana?


CMIIW plis
everything goes peacefully,
no offense,
cuma agar kita bisa memprtebal iman kita,
mav bgt,

2.saya masih junior di board ini,
mav bgt

1.kalo menurut saya kekuasaan tuhan itu tidak terbatas
dia lah pencipta aturan dan batasan
jadi apapun itu pasti bisa,,kalau ia berkehendak
itu dulu landasan/prinsip berpikirnya
karena ia bertindak hanya sekehendaknya saja
kata kuncinya adalah kehendak,,tak ada yang lain yang menyebabkan terjadinya sesuatuselain kehendak tuhan
*cmiiw jg y


2. ya ampun nash ga ada senior atau junior kali di board ini, atau yg lebih luasnya di forsa,,
smuanya sama saja kali,,hehe ;D ;D

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #8 pada: Juni 13, 2009, 02:16:22 PM »
kata2 seseorang menunjukkan kualitas pikirannya
no offense pis :D
None taken.... secara gua emang dasar nya ngak percaya.
Kalau pilih tuhan ama logika, terang gua pilih logika.

Offline gonzo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 261
  • IQ: -2
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #9 pada: Juni 13, 2009, 03:44:54 PM »
@luth

gini lho,
sejak kecil kita udah ditanamkan ilmu2 eksakta yg ibaratnya pasti2 aja,
cth: air yg membeku pasti jadi es, 1+1 pasti =2, burung berkembangbiak pasti dgn bertelur, dst.

nah, apakah kuasa Tuhan bisa mengubah bentuk2 yg "pasti" spt itu mjadi bentuk2 lain? lalu caranya gmana?


CMIIW plis
everything goes peacefully,
no offense,
cuma agar kita bisa memprtebal iman kita,
mav bgt,
saya masih junior di board ini,
mav bgt

Bang Nash, Allah itu harus konsisten dan tidak akan mengkontradiksikan diriNya, dan itu tidak akan berubah hanya karena di tantang oleh seorang anak manusia......... jangan mencobai Allah, buanglah pikiran seperti itu

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #10 pada: Juni 13, 2009, 04:46:26 PM »
None taken.... secara gua emang dasar nya ngak percaya.
Kalau pilih tuhan ama logika, terang gua pilih logika.
dan logika tiap orang berbeda bung.. :)
boleh jadi anda menganggap sesuatu itu logis
namun orang lain tidak.

jadi logika itu sendiri terkadang menjadi sangat subyektif.
maksudnya adalah alasan2[/b] yang membuat penganggapan bahwa sesuatu itu logis oleh diri setiap orang berbeda2..
itu dulu yang harus di telaah..

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #11 pada: Juni 13, 2009, 10:31:34 PM »
dan logika tiap orang berbeda bung.. :)
boleh jadi anda menganggap sesuatu itu logis
namun orang lain tidak.

jadi logika itu sendiri terkadang menjadi sangat subyektif.
maksudnya adalah alasan2[/b] yang membuat penganggapan bahwa sesuatu itu logis oleh diri setiap orang berbeda2..
itu dulu yang harus di telaah..
Bener... dan sama seperti konsep tuhan juga banyak bung.
Dalam perabadan manusia, kita telah mengenal banyak sekali tuhan2, dan konsep nya berubah2 sepanjang waktu.

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #12 pada: Juni 13, 2009, 10:46:45 PM »
@gonzo

ya saya tau demikian,
tp kadang2 muncul pikiran yg aneh2, membuat kita malah jadi agak ragu2.
bagaimana seharusnya kita menerima kuasa Allah atas sgalanya, shg keyakinan "Allah Maha Kuasa" tdak jadi bumerang buat kita dan tdak tdistorsi oleh akal-logika kita?
(karena saya yakin bhwa Tuhan itu logis, dan bisa dterima oleh logika)

Offline drexman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 4
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #13 pada: Juni 13, 2009, 11:00:22 PM »
bisa-bisa aja

ini nih yang paling gw suka.. ;D

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #14 pada: Juni 13, 2009, 11:02:06 PM »
@gonzo

satu hal lagi, sungguh tak ada niat dari saya utk "menguji" Tuhan, ini hanyalah pertanyaan anak kecil yg ingin melihat Tuhan tp hanya bisa meraba2 dan mengira2 wujud-Nya

terimakasih atas tanggapannya

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Apakah jantung bisa mengingat?

Dimulai oleh cqe3 « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
24169 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 07:48:05 AM
oleh Idad
32 Jawaban
25611 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 12:35:39 PM
oleh muhsatrio
6 Jawaban
47193 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2010, 02:27:22 AM
oleh alvin pratama
66 Jawaban
57388 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2015, 02:45:38 PM
oleh Monox D. I-Fly
39 Jawaban
15816 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 03:33:10 AM
oleh Icha