Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 09, 2021, 05:12:21 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 32
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?  (Dibaca 24692 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #15 pada: Juni 14, 2009, 08:46:50 AM »
terinspirasi dari forum sebelah, , ,

kan Tuhan itu Maha Kuasa ya? kekuasaan Tuhan tak terbatas akan sgala ssuatu kan?
lalu apakah Tuhan bisa mengubah 1+1 mjd =37 (yg bdsrkan logika formal tdak mungkin)?
ataukah brarti ilmu matematika yg kita pelajari "blum sempurna"?
aku tetap percaya bhwa Tuhan Maha Kuasa, tp ptanyaan kyk gini cukup mengusik imanku.
ada yg mo nanggapin?
Jangan kata Tuhan, kita juga bisa membuat 1+1=37. Yang perlu kita lakukan cuma mengubah standar kebenaran matematika itu sendiri.

Tentu saja, belum tentu standar kita juga diterima orang lain. Apalagi jika perubahan itu gak ada gunanya seperti ini :)

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #16 pada: Juni 14, 2009, 09:38:26 AM »
Dalam hal ini  yang kabur ialah konsep Maha Kuasa, apakah definisi konsep tsb ?
Menurut logika (yang juga merupakan hukum Tuhan) 1+1 = 2.

Tuhan yang Maha Kuasa dapat menciptakan alam sesmesta dan segala isinya termasuk juga matematika, logika dan Hukum Alam.
HouwLiong

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #17 pada: Juni 14, 2009, 09:43:04 AM »
Bisa, misal

1 diganti 8
3 diganti 1
7 diganti 6

masih pake basis 10, hanya dengan "sedikit" perubahan tuhan bisa segalanya

gimana?
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #18 pada: Juni 14, 2009, 09:47:37 AM »
@prof THL

kalo Tuhan brkuasa mbuat suatu sistem yg kompleks dan logis (spt matematika), apakah mungkin jika Tuhan mengubah sistem yg kompleks tsb? jika iya, brarti apakah sgalanya yg kita punya di dunia ini hanya bersifat relatif?
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #19 pada: Juni 14, 2009, 09:53:15 AM »
kalo Tuhan brkuasa mbuat suatu sistem yg kompleks dan logis (spt matematika), apakah mungkin jika Tuhan mengubah sistem yg kompleks tsb?
kalau soal tadi, format ulang otak kita dan selesai kan, 1+1=37 bisa terjadi

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #20 pada: Juni 14, 2009, 09:55:14 AM »
kalau soal tadi, format ulang otak kita dan selesai kan, 1+1=37 bisa terjadi
otak kita???
gak salah tuh.....
apa perlu format ulang semua otak manusia, supaya gak ada pikiran klu 1+1=2 ??
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #21 pada: Juni 14, 2009, 10:07:19 AM »
otak kita???
gak salah tuh.....
apa perlu format ulang semua otak manusia, supaya gak ada pikiran klu 1+1=2 ??
Lebih mudah format konsepnya dari pada format otak manusianya...

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #22 pada: Juni 14, 2009, 10:14:21 AM »
Lebih mudah format konsepnya dari pada format otak manusianya...
Ya saya setuju dengan Pi-One

ada yang punya solusi lebih sederhana dari saya?

tapi kalo dirubah menjadi 1+1=37, apa gunanya?

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #23 pada: Juni 14, 2009, 10:16:50 AM »
Ya saya setuju dengan Pi-One

ada yang punya solusi lebih sederhana dari saya?

tapi kalo dirubah menjadi 1+1=37, apa gunanya?
kenapa bang nabih gak konsisten ama tulisan sendiri sih.......
aq jadi males nih bang..

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #24 pada: Juni 14, 2009, 02:35:16 PM »
ini nih yang paling gw suka.. ;D

ah yg bener ? ? ?
kyk yah ada yg aneh nh... :-\
kira2 pada ngerasa g yah?



Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


« Edit Terakhir: Juni 14, 2009, 02:44:49 PM oleh Karno Giyantono »
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #25 pada: Juni 15, 2009, 07:35:18 AM »
klo masalh sebab akibat (1+1 = 2) itu berarti qta belajar masalh sifat tuhan yg maha adil, ini sebatas kemampuan qta menerimanya, nalar qta terlalu terbatas u menerima sistem keadilan tuhan
mis klo sistem keadilan dikaitkan dngn mtk  dulu qta selalu berfikir bahwa geomertri yg digunakan untuk pengukuran adl gemetri euclid tapi sekarang enggak, krn qta tau bahwa ruang melengkung bukan datar jadi geometrinya geometri reinmen, ini ct keterbatasan nalar manusia jd menurut ku 1+1 = bisa berapa aja tergantung perkembangan ilmu itu sendiri nanti

menurut saya sebaiknya klo qta berfikir tuhan maha adil maka yakinlah klo tuhan lebih adil dari yg qta pikirin, ibaratnya seorang anak disuruh mengambil permen yg ada digudang semampunya maka yg bisa diambil oleh anak itu ya segenggam 2 tangan itu aja, tapi apakah jumlah permen hanya segitu ya nggak itu krn keterbatasan sianak itu aja

menurut gua sehebat apapun qta (profesor, doktorke, ato peraih nobel) qta gak lebih dari seorang anak kecil dihadapaNYA

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #26 pada: Juni 15, 2009, 08:02:22 AM »
berarti semuanya relatif dunx!
mgkin saat ini
1+1=2
tp mgkin 10 taun lg
1+1=3
dst...

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #27 pada: Juni 15, 2009, 09:27:09 AM »
Gua rasa lebih mudah mengubah konsep ketuhanan, yg dasar nya emang ngak jelas, daripada mengubah konsep dasar matematika.

Matematika itu ilmu pasti... sedangkan agama itu tidak.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #28 pada: Juni 15, 2009, 09:34:13 AM »
kenapa bang nabih gak konsisten ama tulisan sendiri sih.......
aq jadi males nih bang..
Saya kan menawarkan solusi, saya kan orang math, jadi kalao ada kawan yang bisa memberikan cara yang lebih mudah n benar ya saya pake

ini kan diskusi bukan debat, bukankah kita diskusi untuk menjadi lebih baik, saya pikir solusi Pi-One lebih mudah dari solusi saya

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah Tuhan bisa membuat 1+1=37?
« Jawab #29 pada: Juni 15, 2009, 10:16:13 AM »
saya membuka thread ini utk membuka wawasan ketakwaan saya thdp Tuhan, jadi kalo bisa, gmana kalo kita mulai diskusi dalam konteks "beragama" dulu?


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Apakah jantung bisa mengingat?

Dimulai oleh cqe3 « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
24558 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 07:48:05 AM
oleh Idad
32 Jawaban
26010 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 12:35:39 PM
oleh muhsatrio
6 Jawaban
47925 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2010, 02:27:22 AM
oleh alvin pratama
66 Jawaban
58245 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2015, 02:45:38 PM
oleh Monox D. I-Fly
39 Jawaban
16262 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2011, 03:33:10 AM
oleh Icha