Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 21, 2022, 12:06:41 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 18
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?  (Dibaca 10712 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #15 pada: Desember 05, 2009, 12:00:14 PM »
Oh iya... Abdus salam, itu nama ilmuwan muslim yg di sebut2 oleh steven weinberg.
Kabar nya dia nyoba ke pemerintah mesir untuk menyumbang untuk membuka sekolah fundamental sains disana, tapi ditolak oleh pemerintah disana karena dianggap sains mungkin akan konflik dgn kepercayaan disana.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #16 pada: Desember 05, 2009, 01:56:52 PM »
yang dimaksud dia disana tu siapa bung?(yang maw bikin skul)
enw, kalo sejauh yang saya tau, Abdus Salam tu agamanya walopun muslim tapi ahmadiyah kan?ahmadiyah setau gw dianggep sesat deh dari ajaran islam.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #17 pada: Desember 05, 2009, 02:06:51 PM »
Maksud gua abdus salam mencoba untuk meminta pemerintah mesir untuk menyumbang/ mendukung untuk membangun universitas yg mengajarkan fundamental sains. Sayang nya permintaan nya di tolak.

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #18 pada: Desember 06, 2009, 06:36:25 AM »
Kalau bersifat universal, berarti bukan nilai islam aja... karena yg kristen, budha, hindu dan bahkan atheis pun mempunyai nilai2 yg sama. Bahkan setau gua banyak nilai2 di atas itu ada di agama budha yg terang2 jauh lebih dulu dari islam.

Rasis itu bukan menunjuk ke ras aja, kadang bisa ke gender, agama, dll.
Gua rasa penganut agama yg lain pasti keberatan ama pernyataan yg diatas.

Juga ngak ada tuh yg nama nya ajaran yg sempurna... karena penganut nya pasti mengkorupsinya. Apalagi kalau diliat dari bukti2 nya emang tidak mendukung.

ya, maka dari itu agama yang disempurnakan serupa dengan ajaran-ajaran sebelumnya, karena Tuhan mengajarkan manusia dalam kehidupan ini secara bertahap, jadi agama-agama sebelum islam memiliki nilai-nilai yang serupa dengan islam memang kami tidak memungkiri, namun (maaf) karena menurut riwayat dari Al quran, yang sebelumnya telah terdistorsi, maka ada beberapa perbedaan, selain itu islam juga ada praktik peribadatan kepada Allah yang disempurnakan juga, jadi dalam praktik peribadatan islam juga mengandug praktik peribadatan umat lain, seperti puasa. Kemudian perintah sholat merupakan ciri khas umat islam (manusia yang mengikrarkan Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah). semua bersumber dari yang Satu., yaitu Tuhan

kalau yang anda maksud rasis itu memecah manusia dalam golongan2,
dalam islam cuma ada dua golongan, golongan kiri dan golongan kanan, golongan kiri adakah golongan yang kafir, munafik, pokoknya yang buruk-buruk, sedangkan golongan kanan adalah golongan sholeh dan bertaqwa, dimata Allah semua mahluk sama, yang membedakannya adalah ketaqwaanNya pada Allah, mau miskin, kaya, cantik, cakep, ningrat, indoneisa, malaysia, eropa, afrika, samasaja,
lagipula, umat sebelum islam tapi yang menegakkan tauhid, percaya kepada Allah dan mengikuti ajaran2 yang dibawa nabiNya juga merupakan golongan kanan itu, bukannya umat sebelum islam semuannya otomatis kafir jelas tidak. makannya dalam rukun iman kami mempercayai nabi-nabi sebelum Muhammad dan kitab2 sebelum Al-quran tapi tidak harus menjalankan apa yang ada dalam kitab itu.
nah, agar nilai2 dalam kitab tidak terkorupsi, sebaiknya tidak sekedar diketahui tapi diaplikasikan, tman2 muslim tentu tau, kita harus menjalankan islam secara kaffah dalam artian menyeluruh disetiap sendi kehidupan kita, iman itu mencakup lisan (diikrarkan), dihayati dan diamalkan/diaplikasikan, jadi prcuma saja kalua kita sholat tapi korupsi dimata Allah sholatnya itu sia2 saja, atau membiarkan orang lain kelaparan dan tidak menolongnya sementara kita pergi haji, , jadi islam mengajarkan keseimbangan dunia dan akhirat, tidak diterima ibadah seseorang jika orang tersebut membiarkan orang lain terampas haknya dan teraniaya
« Edit Terakhir: Desember 06, 2009, 06:49:18 AM oleh oyi »

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #19 pada: Desember 06, 2009, 07:37:56 AM »
@oyi

Gua tau berapa orang penganut agama lain yg ngomong serupa dengan perkataan yg diatas, tapi dari sisi pandang yg lain...
Juga apa al quran mengakui nabi2 yg lain? pendeta2 dewa thor? nabi dewa zeus? dll... Karena kalau ngomongin agama, sebelum agama islam ada, itu ada banyak sekali... paganisme animisme termasuk juga ngak? Apa nabi yg diakui itu cuma nabi agama samawi? Kalau cuma samawi, budha dan hindu ngak termasuk dong?

Untuk bagian kedua nya... itu tetap saja tidak menjelaskan kenapa kaum muslim yg sekarang tertinggal jauh dari negara kaum kafir (negara non islam). Kamu mao bilang islam agama paling sempurna yah sah2 aja sih, tapi kenyataan nya jauh... Banyak negara yg lebih makmur dengan tidak mengikuti ajaran tsb. Juga banyak agama lain yg mengakui hal yg serupa.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #20 pada: Desember 06, 2009, 11:54:10 AM »
Apakah peribadatan yang disempurnakan yang anda maksud, termasuk frekuensi yang lebih tinggi dalam sembahyang?

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #21 pada: Desember 07, 2009, 04:14:03 AM »
@crony: mgkn sperti ini,masa keemasan suatu peradaban adlh nlai tambah bgi manusia trsebut krn memang i2lah usha keras mereka,i2 lah yg dsebut keadilan dari Tuhan,mmberikan sesuatu ssuai porsi dgn yg diniatkan dan di usahakan,
dlm islam,tiap indivdu tdk dilarang memiliki sesuatu ataupun menikmati kduniaanya namun jg hrus diimbangi dgn ttap mengingat Allah dan mnjalankan smua yg mnjadi aturanNya,smua prbuatan hrus dniatkn krn Allah(perbuatan yg baik).
nah,bila perkara dats dkaitkan dgn masa keemasan islam yg ktanya tlah brlalu,i2 dkarenakan ujian dari Alloh atau hukuman dari Alloh krn kami tlah lupa mnjalankan islam scr kaffah dan umat ini skrg trpecah belah.
dan bila dbandingkan negara lain yg sgt maju ktakanlah tekn0lo9i,sains yg mnunjang kemakmuran,hal i2 wajar krn usaha keras mereka dan Alloh mmberikan yg stimpal dgn yg mreka krjakan,tp bila smua yg tdk mereka krjakan tdk dniatkan krn Allah semata,y yg ddpt adlh sebatas kemuliaan dunia,u/ prtang9ungjawabn d akhrat nnti qt smua tdk tahu. bgitu jg umat islam,jika tdk bangkit dari kterpurukan ahlak dan m0ral,maka umat islam pun mndapat hukuman dari Tuhan,Allah tdk akn merubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu merubah keadaan mereka sndiri.sbg cth korupsi adlh prbuatan yg diharamkan krn dsitu ada hak org lain yg drampas dan hsilnya korupsi brjamaah akan menghambat kmajuan suatu negara,nah,jk orang i2 mngaplikasikan nlai islam ttg kju2ran dan smua prbuatn dlht sama yg d ats tntu akn pkir2 lg utk brbuat.
jd intinya,didunia ini ada implikasi jg,sbab akibat.
kalau melihat negara n0n muslim maju,i2 tdk mnjd indikasi bhwa nlai islam salah atau jalan islam yg kmi pilih keliru krn buktinya dahulu generasi trbaik islam dbwah di2kan Muhammad lgsung dpt mwujudkn kejayaan duniaNya krn ahlak mereka dbina lngsung o/ guru besar semesta alam,dan dr di2kan i2 lahirlah khalifah2 yg adil dan bijaksana,serta kmunculan islam mmbuka dunia pda era ilmu pngetahuan,seperti al ghazali,ibnu rusyd,ibnu sina,al farabi,al jbar (saat er0pa dimasa kelam),dll,mereka memiliki etos krja profes├Čonal dan kerohanian yg mantap,
u/ saat ini tdk dpungkiri bhwa byk pmimpin islam yg sekuler,kalaupn tdk sekuler akan dicap yg bukan2 dan jg ada2 sja tduhan yg tdk msuk akal,dan kalau sdh sekuler tp ttap islam maka akan dicekok dgn khdupan hedonis dan bebas,klw sdh begitu kpan mikir masa dpan apalagi agama.

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #22 pada: Desember 07, 2009, 04:39:16 AM »
@crony: mengenai nabi2,yg wajib dketahui y yg diberitakan o/ Al quran,dan mengenai nabi2 atw pndeta2 dewa thor,ak jg tdk tahu,tp ak tdk akan mempercayai dewa atau Tuhan selain Alloh,kalau ada diantara nabi yg anda sbutkan td emang nabi tp itu adalah s'orang manusia saja tp yg terpilih mnjadi utusan dan tdk patut sama sekali dsembah,smua nabi akan melarang umatnya menyembah apapun slain Tuhan,bhkn kpd nabi i2 sndiri

@pi-one: iya pi-one,jd manusia makin byk lgi cara utk mngingat Tuhan,scr spiritualnya lbih menemukan ktenangan,tp ada kalau dtnjau dari dunia skarang yg sgt dinamis trkdang hal i2 dlht sbg suatu yg merepotkan,balik lg k pilihan msing2 indvdu.
tiap praktik pribadatan pasti ad manfaat u/ manusia,sprti sh0lat yg seperti grakan olahraga,atw puasa yg mmperbaiki metabolism,dll,syarat ibadah i2 qt dlm keadaan sadar(tdk mabuk),diniatkan krn Tuhan(kalo niat ingin dbilang alim atau terpaksa ktanya sh g dtrima ibdahx) dan mampu scr fisik
« Edit Terakhir: Desember 07, 2009, 04:41:55 AM oleh oyi »

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #23 pada: Desember 08, 2009, 08:41:36 AM »
Gua ngak bilang ajaran tsb keliru..
Tapi kalau dibandingkan, ini ibarat syarat tambahan saja, bukan persyaratan pokok.

Karena sudah dibuktikan, bahwa negara2 lain lebih maju dibidang teknologi.
Negara2 yg memakai sistem yg berbeda, bisa jauh lebih maju... Kalau pun dulu negara islam bisa maju itu karena mungkin saat itu islam bisa merangkul sains, tidak seperti saat ini.

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Apa yg terjadi dgn Islam setelah masa keemasan nya?
« Jawab #24 pada: Desember 12, 2009, 10:06:22 AM »
Sorry abdus salam, mencoba untuk meminta negara2 di persian gulf untuk mendonasi untuk pendidikan universitas, bukan mesir.. Salah denger gua nya.
Inti nya sih tetep ditolak... sigh.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
9227 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2010, 03:43:02 AM
oleh damanhuri
1 Jawaban
3059 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2009, 03:07:23 AM
oleh alvin pratama
0 Jawaban
6679 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2010, 01:52:46 AM
oleh Hendy wijaya, MD
34 Jawaban
19533 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 02:04:38 PM
oleh Hendy wijaya, MD
14 Jawaban
7646 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2012, 03:25:28 AM
oleh Farabi