Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 05, 2020, 05:56:08 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apakah waktu itu benar-benar ada?  (Dibaca 15205 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #15 pada: November 24, 2008, 01:40:40 PM »
waktu memang ada

cuma saking keberadaannya banyak orang yang gak sadar,
ato kadang2 ga sadar

(termasuk gw jga sih.., hehehe..)

sarang bwt gw ama kwn2 ForSa
dripd mikirin asal-usul waktu mendingan manfaatin waktu
(waduh.., kok jd kayak ngalihin topic ni ya, hehehe sori... sori... nyengir nyengir nyengir)
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #16 pada: September 18, 2009, 11:34:26 AM »
Waktu itu gak bisa di perlihatkan,, tapi setidaknya benar adanya dan bisa dirasakan. Waktu yang dibahas di sini, bukanlah lama dari suatu hal, suatu proses, ato apapun.

Susah ngejelasinnya +_+ Ambil contoh misalnya, tadi pagi kita makan bubur, dan akhirnya sore haripun tiba. Kemana 'pergi'nya segala kasus ato peristiwa yang kita alami sebelumnya ?? Tidak bisa dijelaskan tapi itulah waktu, namun kita bisa menyebutkan kata2 macam 'tadi', 'kemarin', 'besok'.

Semua itu karena waktu berjalan,, dan erat kaitannya ruang/dimensi kita berada saat ini. Klo gak ada yang namanya waktu, apa yang telah kita tempuh selama ini ? Saya gak bisa membayangkan ???

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #17 pada: September 18, 2009, 11:50:54 AM »
waktu itu benar2 ada. waktu adalah dimensi keempat.

bagi saya, waktu adlh perguliran kejadian2. dan kejadian2 itu terjadi dalam dimensi ruang yang selalu terikat dgn waktu.
dalam fisika kuantum, ruang dan waktu bukanlah dua hal yg terpisah, kduanya adlh 1 ksatuan (ruang-waktu)

waktu memang tdk mutlak didefinisikan sesuai alat ukur, tp karna definisi waktu yg abstrak, kita lbh mudah menganalogikannya mggunakan satuan dari alat bantu
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #18 pada: September 18, 2009, 12:16:52 PM »
waktu itu ada,(menurut persepsi gw)
waktu itu dimensi laen sbagaimana dimensi ruang...
pendapat ini gw ilhami waktu main baseball...

jadi kita ini hidup kan di dimensi ruang dan waktu

andaikan dunia ini hanya terdiri dari 1 dimensi ruang(garis) niscaya kita pasti nabrak (ato malah udah nggabung, karena g ada waktu)

tapi begitu dunia menjadi 2 dimensi maka kita bisa berbelok sehingga mempermudah untuk tidak menabrak/bersinggungan

kemudian karena dunia ini 3 dimensi, slain bisa kekanan-kiri supaya ga nabrak, kita juga bisa ke atas-bawah...

lebih parah lagi dunia ini ternyata terdiri dari 3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu,
akibatnya kejadian tabrakan hanya terjadi jika x,y,z dan t dari (fungsi satu) dan (fungsi dua) memiliki nilai yang sama...
artinya walopun x,y,z nilainya sama, kalo (t)-nya berbeda ya ga tabrakan...
Thus IMHO Time does exist.

analogi gampangnya
coba kamu nglempar bola ke pintu/dinding/apapun yang diam dengan bola...
pasti lebih mudah daripada kamu nglempar bola, ke bola lain yang bergerak...
« Edit Terakhir: September 18, 2009, 12:18:25 PM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #19 pada: September 18, 2009, 12:47:34 PM »
Yaa,, saya juga pernah baca klo Ruang dan Waktu adalah satu kesatuan yang gak bisa dipisahkan atau bisa disebut sebagai dimensi ke-4.

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


ato mekanisme bisa digambarkan seperti ini, dimana ruang tepat pada tempatnya, namun waktu terus bergerak sehingga terdapat perubahan namun masih pada letak dan bentuk yang sama. *susah jelasinnya :P
« Edit Terakhir: September 18, 2009, 12:55:54 PM oleh Rizki Dwi Rahmadi »

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #20 pada: September 19, 2009, 12:58:38 PM »
^
hho,
itu gambar tesseract ya?
perwujudan dimensi ke-4 ~

Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #21 pada: September 19, 2009, 01:05:22 PM »
Yaap~ tepat sekali. 2 Kubus diumpamakan Ruang & Waktu. Tidak terpisahkan ^^

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Apakah waktu itu benar-benar ada?
« Jawab #22 pada: September 19, 2009, 06:57:43 PM »
Waktu itu adalah proses perjalanan dari tiada menjadi ada dan kembali tiada. Serta...bisa juga dalam diantaranya proses tersebut. Jika kita pakai waktu dibumi, maka kita gunakan waktu diantara proses ada menuju tiadanya bumi dalam tata surya, dalam galaksi kita, dalam alam semesta. Bila kita gunakan waktu harian kita sehari-hari, itu artinya kita menggunakan proses waktu dalam bumi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
4595 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2016, 09:36:11 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
4593 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 19, 2011, 01:25:24 PM
oleh reborn
2 Jawaban
3496 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2010, 09:50:29 PM
oleh The Houw Liong
23 Jawaban
9399 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2011, 09:17:53 PM
oleh semut-ireng
1 Jawaban
4286 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2016, 06:23:24 AM
oleh Monox D. I-Fly