Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Agama dan Filosofi => Topik dimulai oleh: paladin-x pada Mei 16, 2009, 02:13:34 PM

Judul: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 16, 2009, 02:13:34 PM
Nyontek dari topik sebelah,
Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 17, 2009, 01:25:47 AM
aq rasa boleh2 aja tuh.
yg gak boleh tuh klu mengharapkan imbalan dr orang lain.
misalnya,klu ibadah di tempat misalnya "A" ,nanti dapat imbalan uang sekian ribu(misalnya)
karna tiap2 orang yg beribadah itu pasti mengharapkan pahala yg datangnya dari Tuhan.
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: luth pada Mei 17, 2009, 02:14:48 AM
Nyontek dari topik sebelah,
Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?
kan pahala itu yang memberikan tuhan juga kan?
bukan manusia kan?,,
so menurut saya klo kita beribadah itu hanya berharap pada tuhan(berharap apapun itu) tetaplah ikhlas,.,
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: biobio pada Mei 17, 2009, 02:16:10 AM
karna tiap2 orang yg beribadah itu pasti mengharapkan pahala yg datangnya dari Tuhan.
saya ga beribadah buat pahala tuh... ini kan seolah nyogok tuhan... gue sembayangi lu, gusti... tapi kasih gue berkat yang banyak ya, rejeki nomplok!
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: skuler pada Mei 17, 2009, 11:01:03 AM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


hmmm.. mirip lagunya alm. krisie ama ahmad dani... jujur aja gw gasuka konsep berharap pahala...
gw nolong orang supaya tecipta keadilan yg merata... gw mau jadi rahmatan lil alamin bukan tukang minta pamrih...
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: biobio pada Mei 19, 2009, 02:18:41 AM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


hmmm.. mirip lagunya alm. krisie ama ahmad dani... jujur aja gw gasuka konsep berharap pahala...
gw nolong orang supaya tecipta keadilan yg merata... gw mau jadi rahmatan lil alamin bukan tukang minta pamrih...
Ini ya?
"jika surga dan neraka tak pernah ada..."

yang liriknya adalah sbb :
Apakah kita semua
Benar-benar tulus
Menyembah pada-Nya
Atau mungkin kita hanya
Takut pada neraka
Dan inginkan surga

Reff:
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

(**)
Bisakah kita semua
Benar-benar sujud sepenuh hati
Kar`na sungguh memang Dia
Memang pantas disembah
Memang pantas dipuja

Kembali ke: Reff, (*), (**), Reff

gw jadi berpikir, apakah org selama ini beragama, menyambah Tuhan, berbuat baik, dan lain2 hanya karena ingin masuk surga?

apakag surga yang selama ini dikatakan memang benar2 ada? klo ada mengapa gambaran surga setiap agama berbeda2? namanya pun berbeda, ada yang menyebutkan dengan surga, ada pula yang menyebut nirwana...

siapakah orang yang benar2 ke surga dan berfoto2 (memberikan bukti real) di dalamnya??

semua ada dalam kitab suci setiap agama. dan kita tahu sendiri bahwa kitab suci yang menuliskannya adalah manusia...

apakah karena ingin masuk surga orang dapat melakukan suatu perbuatan yang mengatasnamakan agama? dengan mengintimidasi atau (pinjam bahasa agama) menzolimi orang lain?

(maaf) untuk apa kita naik haji atau pergi ke tempat suci lainnya? untuk masuk surgakah? untuk apa kita bertobat dan berdoa siang malam? untuk mencari surgakah??

hahahaa..... it just my opinion.... but think about that!!

tulisan ini bukan mau membiarkan org untuk tidak mempercayai Tuhan dan agamanya, ... tapi mengajak orang untuk berpikir dan mulai melihat hati masing2...

be a nice person for each other....

-elgiva-
sumber: elgiva.devianart.com


Sip, gue stuju sama skuler!
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 19, 2009, 06:21:59 AM
gag juga koq , ,aku beragama karena hidup aku mau teratur dan baik di mata manusia ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 19, 2009, 07:37:01 AM
gag juga koq , ,aku beragama karena hidup aku mau teratur dan baik di mata manusia ^^
ada yang kurang tuh om...
harusnya hidup aku mau teratur dan baik di mata Tuhan & manusia. ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: insan sains pada Mei 19, 2009, 07:42:26 AM
Nyontek dari topik sebelah,

Gpp.. contekannya bener kok... ^_^

Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?

Dari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

Begitulah ibadah itu. Surga itu diciptakan untuk memotivasi kita agar terus melangkah. Dan neraka itu dicipta pun agar kita tersadar untuk menghindar darinya. Inilah tahapan menuju mata air keikhlasan yang sebenarnya. Apa salah? Tentu tidak. Jika ia terus melangkah menuju mata air yang sesungguhnya..
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: luth pada Mei 19, 2009, 08:34:18 AM

Dari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

Begitulah ibadah itu. Surga itu diciptakan untuk memotivasi kita agar terus melangkah. Dan neraka itu dicipta pun agar kita tersadar untuk menghindar darinya. Inilah tahapan menuju mata air keikhlasan yang sebenarnya. Apa salah? Tentu tidak. Jika ia terus melangkah menuju mata air yang sesungguhnya..
[/quote]
bener banget bos definisinya,,
ga ada salahnya mengharap pahala,,ttp ikhlas berdasar deginisi di atas
tinggal di
LANJUTKAN..
* ;D
..Ketahap yg lebih tinggi,,

yang penting kita mengharap pahala itu dari tuhan juga toh,,
bukan berharap dari manusia,,,
berarti yah masih dalam kategori ikhlas lah klo gitu mah..
menurut saye

Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: insan sains pada Mei 19, 2009, 08:43:48 AM
ikhlas itu gerak dan bahasa hati, ada dalam ranah ultimate reality. gak akan mampu terbahasakan karena fisik kita tak mampu menyentuh zatnya secara entity. Jadi kalo kita bisa mengucapkan ikhlas, berarti mengharuskan adanya keikhlasan yang lebih ikhlas lagi... ^_^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 21, 2009, 04:12:31 AM
hmm , , ,pahala itu bukannya upah Tuhan buat kita ya ?kalau Tuhan ga mau ngasih ya apa boleh baut toh ?  ;D ;D ;D ;D

berarti yang suka cari pahala = ga ikhlas donkz ?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 22, 2009, 03:34:50 PM
Wakakkkakkkakk...

Komersial amat, ibadah saja minta diupah ama Tuhan...
Kalau disuruh nyebur kelaut kayak Nabi Yunus minta upah berape ye...
Atau kalau suruh bikin kapal raksasa kayak Nabi Nuh, kontrak tendernya harga berapa tuh...

La kita kan sudah dikasih hardware-hardware gratis nich kayak mata, kuping, hidung, lidah dll... dari Tuhan, masa masih minta upah juga... Bukannya kita yang harusnya bayar sewa kan?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: skuler pada Mei 22, 2009, 08:17:18 PM
Dari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

waduh... brarti om insan nuduh gw n si bio2 uda d tangga yg rada tinggi y...
lagi gada duid ni oom... gabisa nraktir makan siang... sori...hihihi...

stela membaca bijak dan indah perkataan bung insan, spertinya langkah2 keihlasan emang kaya gitu... awalnya ktakutan n nangis2 takut klo mati masuk neraka... tapi lama klamaan, karna kbanyakan baca buku, jadi sadar jg inti kehidupan ini...
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 23, 2009, 04:45:52 AM
sya bingung nih!
kalo pake bahasa yang mudah dimengerti, ibadah itu buat apa sih?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 23, 2009, 05:14:46 AM
sya bingung nih!
kalo pake bahasa yang mudah dimengerti, ibadah itu buat apa sih?
mendekatkan diri sama YANG MAHA KUASA, ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 23, 2009, 12:26:56 PM
bukankan dia sudah dekat? harusnya seberapa dekat?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 23, 2009, 12:35:52 PM
sedekat mungkin kalau bisa Dia da di dalam hati kita ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 23, 2009, 12:47:52 PM
bagaimana cara mengetahui seberapa dekat Dia dengan kita?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 23, 2009, 12:52:31 PM
bagaimana cara mengetahui seberapa dekat Dia dengan kita?
hanya Dengan Doa.
dan rasakan bahwa Tuhan itu tinggal dalam Hati kita...
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 23, 2009, 01:01:44 PM
hanya Dengan Doa.
mengapa harus berdoa? sedangkan Tuhan katanya Maha Mengetahui, jadi sebelum kita berdoa Dia mestinya sudah tahu apa saja yang kita inginkan.
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: skuler pada Mei 23, 2009, 03:48:08 PM
ada cara lainkah daripada bdoa yg bisa bikin kita deket ama sang tuhan tsbut?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 24, 2009, 01:09:07 AM
ada cara lainkah daripada bdoa yg bisa bikin kita deket ama sang tuhan tsbut?
Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan ,mengapa harus berdoa ,coba byangkan jika kamu ada masalah dan masalah itu tidak dicertikan pada siapa-siapa ?bisa stress sendiri mendem rasa itu ,makanya kita curhat ke Tuhan dan kita tinggal tunggu jawaban dari Tuhan ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 24, 2009, 02:10:36 AM
banyak berdoa, karena kita bener-bener membutuhkan-Nya.. mau apa kita bila tidak dengan pertolongan-Nya? Nafas pun akan susah..  ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: nurR pada Mei 24, 2009, 02:22:05 AM
pahala tu hanya penyemangat ibadah saja. Dan perlu diketahui kita masuk surga bukan karna pahala.


Kita masuk surga dengan keridhoan Allah

Pahala kita sangatlah kurang untuk membayar surga yang seluas langit dan bumi.

salah satu cara untuk memperoleh keridhoanya dengan cara ikhlas. Yaitu tidak mengharapkan apa-apa selain keridhoanya. Dan apabila kita beramal dengan tidak ikhlas. Maka sia-sia lah amalnya. Tidak murni karena ada harapan yang selaiNya. Dan itu termasuk syirik (menyekutukan Allah). Walaupun itu termasuk kategori syirik kecil, tpi kita perlu hati-hati terhadapnya.


Kita harus selalu ada rasa takut, cemas, dan merasa selalu di awasi oleh Allah. Takut apabila amal kita tidak di terima olehNYa. Dan malu bermaksiat kepadaNya (melanggar perintahNya) karena Allah selalu mengawasi kita.
 



Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 24, 2009, 12:50:34 PM
Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan ,mengapa harus berdoa ,coba byangkan jika kamu ada masalah dan masalah itu tidak dicertikan pada siapa-siapa ?bisa stress sendiri mendem rasa itu ,makanya kita curhat ke Tuhan dan kita tinggal tunggu jawaban dari Tuhan ^^
dari ungkapan di atas saya bisa memaknai kalo Tuhan tau masalah kita kalo kita sudah berdoa kalo belum dia gak tau?
(maaf ini salah satu pemaknaan dari ungkapan anda)
timbul pertanyaan, berarti Tuhan gak Maha mengetahui donk!
Mestinya biar kita diem aja Tuhan tau dan dia tetep diminta atau tidak dia akan memberi apa yang dia kehendaki.
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 24, 2009, 09:05:33 PM
Mestinya biar kita diem aja Tuhan tau dan Dia tetep diminta atau tidak Dia akan memberi apa yang Dia kehendaki.

tentu Allah tau masalah kita, dan juga masalah itu datangnya dari Allah sebagai cobaan, dll.

kadang kita gak meminta makan, tapi Allah memberinya. Kadang kita gak meminta oksigen utk bernafas, tapi Allah memberinya. Kadang kita gak meminta kebanyakan dari kebutuhan kita, tapi Allah memberinya. ;D kita harus bersyukur.. :)

peace~  :kribo:  ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: skuler pada Mei 25, 2009, 02:54:30 AM
my faforit qoute:
Kutip
Ar Ra'du 11: Sesungguhnya Allah tiada akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya.

do'a dpt menyelesaikan masalah?... mau do'a ampe otak butek jg masala gw gabakalan beres...

klo kulia gw bermasalah, gw curhat ama pembimbing gw...
klo duid gw bermasala, gw curhat ama nyokap gw (mak...minta kiriman, mak)...
klo gw lagi lonli, mending gw ke mall mlototin cw2 cakep...
do'a menyelesaikan masala gw? curhat ama Dia trus nunggu jawabanNya?...
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 04:44:38 AM
mas skuler,sabar dong.
Do'a gak langsung
Do'a akan didengar sama Allah
mendekatkan diri dengan Tuhan kita harus melaksanakan aturan agama
seperti Islam Shalat.
Tuhan selalu ada didikat kita kok manusia tidak bisa melihat tuhan.
Tuhan mengasih cobaan kepada hambanya yang rajin melaksanakan Ibadah
Insyallah kita bisa melaksanakan cobaannya
Uang tak berhubungan sama agama.
Suatu hari nanti rezeki itu pasti akan datang.
Tuhan mengasih hukuman besar kepada hambanya yang tidak pernah melaksanakan Ibadah.
Sesungguhnya tuhan maha esa dan mengetahui segala hal
ingatkah sebuah cerita asli (tp aku lupa syp nama orgnya!!) :
suatu hari seseorang saudagar beragama Islam sedang berjalan2 dia mempunyai Unta dan Harta kaya raya.
tapi disebuah perjalanan.....

Penjahat: Serahkan semua barang barang itu!
Saudagar : boleh tapi izinkan saya shalat dulu
Penjahat : baiklah cepat !
(Penjahat menipu,lalu dia mau menusuk Saudagar kaya itu yang sedang shalat)
Saudagar : (Baca do'a)ya Allah yang maha pengasih,pelindung,dan penyayang,lindungilah aku dari penjahat itu amien...
Penjahat : aaaaaaa ( Ketusuk Pedang)
(tiba-tiba muncul seseorang ternyata malaikat utusan Allah yang telah menusuk orang itu)
Malaikat : Tadi di surga tiba-tiba gempa besar-besaran aku di utus oleh Allah untuk ke bumi dan melihat apa yang terjadi(lalu malaikat itu tiba-tiba menghilang)
(Saudagar itu semakin yakin akan adanya Allah swt.)


Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 25, 2009, 04:54:17 AM
sudah seharusnya do'a dibarengi dengan usaha..  ;D

alicha, salam kenal..  ;D

Uang tak berhubungan sama agama.
kita bersedekah bisa memakai uang kk..  ;D

suatu hari seseorang saudagar beragama Islam sedang berjalan2 dia mempunyai Unta dan Harta kaya raya.
tapi disebuah perjalanan.....

Penjahat: Serahkan semua barang barang itu!
Saudagar : boleh tapi izinkan saya shalat dulu
Penjahat : baiklah cepat !
(Penjahat menipu,lalu dia mau menusuk Saudagar kaya itu yang sedang shalat)
Saudagar : (Baca do'a)ya Allah yang maha pengasih,pelindung,dan penyayang,lindungilah aku dari penjahat itu amien...
Penjahat : aaaaaaa ( Ketusuk Pedang)
(tiba-tiba muncul seseorang ternyata malaikat utusan Allah yang telah menusuk orang itu)
Malaikat : Tadi di surga tiba-tiba gempa besar-besaran aku di utus oleh Allah untuk ke bumi dan melihat apa yang terjadi(lalu malaikat itu tiba-tiba menghilang)
(Saudagar itu semakin yakin akan adanya Allah swt.)

kisahnya dari mana kk?

subhanallah, bisa gak ya aku jadi orang itu..  ::)  :D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 05:16:19 AM
Ini ya?
"jika surga dan neraka tak pernah ada..."

yang liriknya adalah sbb :
Apakah kita semua
Benar-benar tulus
Menyembah pada-Nya
Atau mungkin kita hanya
Takut pada neraka
Dan inginkan surga

Reff:
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

(**)
Bisakah kita semua
Benar-benar sujud sepenuh hati
Kar`na sungguh memang Dia
Memang pantas disembah
Memang pantas dipuja

Kembali ke: Reff, (*), (**), Reff

gw jadi berpikir, apakah org selama ini beragama, menyambah Tuhan, berbuat baik, dan lain2 hanya karena ingin masuk surga?

apakag surga yang selama ini dikatakan memang benar2 ada? klo ada mengapa gambaran surga setiap agama berbeda2? namanya pun berbeda, ada yang menyebutkan dengan surga, ada pula yang menyebut nirwana...

siapakah orang yang benar2 ke surga dan berfoto2 (memberikan bukti real) di dalamnya??

semua ada dalam kitab suci setiap agama. dan kita tahu sendiri bahwa kitab suci yang menuliskannya adalah manusia...

apakah karena ingin masuk surga orang dapat melakukan suatu perbuatan yang mengatasnamakan agama? dengan mengintimidasi atau (pinjam bahasa agama) menzolimi orang lain?

(maaf) untuk apa kita naik haji atau pergi ke tempat suci lainnya? untuk masuk surgakah? untuk apa kita bertobat dan berdoa siang malam? untuk mencari surgakah??

hahahaa..... it just my opinion.... but think about that!!

tulisan ini bukan mau membiarkan org untuk tidak mempercayai Tuhan dan agamanya, ... tapi mengajak orang untuk berpikir dan mulai melihat hati masing2...

be a nice person for each other....

-elgiva-
sumber: elgiva.devianart.com


Sip, gue stuju sama skuler!



Tentang Surga Dan Neraka.
Suatu hari nanti ada Hari Kiamat,hari yang seram Matahari akan turun Bumi Hancur,saat terdengar Bunyi Trompet Sasangkala artinya hari Kiamat akan datang.Hari Kiamat tidak ada yang mengetahui,kepada yang beriman kepada Allah  tidak akan merasakan Panasnya Matahari yang tiada batasnya bisa gosong tubuh kita,kepada orang tidak beriman kepada Allah akan merasakan Panasnya matahari yang sangat panas lebih panas dari pada Api Biasa ataupun Kebakaran luarbiasa,setelah itu kita akan dikumpulkan di padang pasir yang panas,sesuai iman kepada Allah yang mau beriman kepada Allah tidak akan merasakan panasnya pasir,kita akan diitung nilai baiknya dan nilai buruk didunia itu , yang lebih banyak amal ibadahnya kebaikannya akan masuk Surga Firdaus,yang tidak banyak ibadahnya kepada Allah,serta sifat buruknya masuk Neraka Jahanam,yang sudah mati di dunia akan dihidupkan kembali,di Surga Firdaus kita bisa minta apa aja yang kita mau tidak perlu dimasak tidak perlu dibeli tidak perlu di bayar/bikin langsung jadi,sedangkan di Neraka Jahanam kita dicambuk,digigit serigala2 lalu hidup lagi sampai dosanya abis lalu masuk surga(buat org Islam),di Neraka Jahanam kita di suru minum air busuk hukuman itu tidak akan berhenti kepada orang yang bukan Agama Islam contohnya Hindu,Budha,dll...
.Di Surga Firdaus kita bisa menikmati makanan lezat,tidak perlu ngapa-ngapain kecuali Shalat.


Itu kenyataan memang susah bagi Agama lain mempercayainya sangat sulit.
Nih ada mati yang namanya Mati Syahida,Syuhada atau Syahida ya??
mati sebagai Syahida harus dengan hati Ikhlas.
Kejadian Mati Syahida :
Di Medan Perang Romawi VS Kristen.
Seseorang 3 sahabat Nabi mengkorbankan nyawanya demi Islam
dinamakan Mati Syahida
diatasnya ada 3 burung gagak menari-nari memutari 3 seseorang  yang meninggal berkorban Ikhlas demi Islam.Setelah itu burung2 gagak itu menari2 keatas sampai ke langit menghilang timbul sesuatu yang bertuliskan Allah dalam bahasa Arab.
Ini kenyataan!!!!
buktinya ada seorang Ustadz pergi ketempat itu untuk berperang melihat itu semua direkam,saya pernah bicara sama Ustadz itu dia orang Indonesia yang ke tempat peperangan itu.


Thx maaf kalo ada yang salah agak lupa jg
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 05:18:51 AM
sudah seharusnya do'a dibarengi dengan usaha..  ;D

alicha, salam kenal..  ;D
kita bersedekah bisa memakai uang kk..  ;D

kisahnya dari mana kk?

subhanallah, bisa gak ya aku jadi orang itu..  ::)  :D

kisah nyata dari Ustadz
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 05:23:19 AM
sudah seharusnya do'a dibarengi dengan usaha..  ;D

alicha, salam kenal..  ;D
kita bersedekah bisa memakai uang kk..  ;D

kisahnya dari mana kk?

subhanallah, bisa gak ya aku jadi orang itu..  ::)  :D

salam kenal jg
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 05:26:44 AM
my faforit qoute:
do'a dpt menyelesaikan masalah?... mau do'a ampe otak butek jg masala gw gabakalan beres...

klo kulia gw bermasalah, gw curhat ama pembimbing gw...
klo duid gw bermasala, gw curhat ama nyokap gw (mak...minta kiriman, mak)...
klo gw lagi lonli, mending gw ke mall mlototin cw2 cakep...
do'a menyelesaikan masala gw? curhat ama Dia trus nunggu jawabanNya?...

Mas Skuler,Allah pasti menberikan jalan yang terbaik untuk setiap manusia
jawaban itu tidak datang secara langsung , anda juga harus bekerja keras klo menyerah,tidur mana bisa
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 05:43:37 AM
my faforit qoute:
do'a dpt menyelesaikan masalah?... mau do'a ampe otak butek jg masala gw gabakalan beres...

klo kulia gw bermasalah, gw curhat ama pembimbing gw...
klo duid gw bermasala, gw curhat ama nyokap gw (mak...minta kiriman, mak)...
klo gw lagi lonli, mending gw ke mall mlototin cw2 cakep...
do'a menyelesaikan masala gw? curhat ama Dia trus nunggu jawabanNya?...

ada satu lg mas, soal Kuliah bermasalah..emangnya apa mas orang diluar sana masih banyak yang punya banyak masalah,minta contekan??Tuhan gak suka sama orang yang suka nyontek!!
minta gaji sekolah?berusaha juga donk!!!
nyari sekolah?TK,SD,SMP,SMA NEGERI KAN DAH SEKOLAH GRATIS,kecuali kuliah,sekolah tuh banyak masih banyak yg butuh sekolah mas!!!
duit,
Mas Skuler pikirin apakah duit lebih baik dari pada nyawa mas??di luar sana masih banyak yang butuh duit!!!!coba ya setiap gw jalan di depan FKUI(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
,sering saya liat org dewasa sama anaknya yang digendong ngemis-ngemis dari bayi sampai gede 5 taunan masih bertahan!!!!!!!! walaupun makan hanya sedikit!!lebih baik mas amalin duit mas
saya aja setiap hari dikasih Rp 10.000,00 kadang2 Rp 15.000,00 terus semua uang itu seperti biasa saya amalin,kalo saya liat  fakir miskin rasanya mau saya tampung saya kasih 1 juta sekalian.
 melototin cewe buat apa?
diliatin seksinya cantiknya???buat apa mendingan mas cari 1 cewek terus mas pacarin 3/2 tahun kemudian mas Skuler ajak nikahin,mas Skuler liat cewek dari Hatinya baiknya aja alias "CINTA APA ADANYA",saya sojo mukanya hitam rambutnya hitam,tapi orgnya baik lama2 saya suka walaupun dia orang miskin..........dikampung saya banyak org miskin lho...
mendingan mas Skuler mandi,belajar aja,kan nanti syp tau dpt juara 1 dapat biaya siswa sekolah.

Agama doaiinnya pada saat yang sulit aja
tunggu saja suatu hari nanti do'a itu akan terkabul.
Seperti saat saya berdo'a orang tua saya dilindungi mereka selalu dilindungi koq oleh Allah.

Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 25, 2009, 05:59:49 AM
waduh.. di bikin satu post aja alicha, atau dua.. jangan hambur ya...

Agama doaiinnya pada saat yang sulit aja
berarti di saat bahagia kita ga di anjurin berdoa?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 25, 2009, 08:05:27 AM
bersyukur bole maaf ya banyak,itu soalnya lupa2 terus yg mo ditulis maksudnya masa ngeliatin CEWE ?? kalo ada masalah bole aja tp kan jawabanya gk datang langsung right?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 25, 2009, 08:08:13 AM
bersyukur bole maaf ya banyak,itu soalnya lupa2 terus yg mo ditulis maksudnya masa ngeliatin CEWE ?? kalo ada masalah bole aja tp kan jawabanya gk datang langsung right?

maksudnya apa sih?  ??? aku gak ngerti.. sedikit kurang runtut kalimatnya.. maaf  ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 25, 2009, 10:34:07 AM
kisah nyata dari Ustadz

yang mana kisah nyatanya?
tau itu kisah nyata dari ustadz, apa betul ustadnya menyaksikan secara langsung atau hanya konon katanya atau boleh juga kisah-kisah saja yang belum jelas kebenarannya?
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 25, 2009, 11:34:50 PM
dari ungkapan di atas saya bisa memaknai kalo Tuhan tau masalah kita kalo kita sudah berdoa kalo belum dia gak tau?
(maaf ini salah satu pemaknaan dari ungkapan anda)
timbul pertanyaan, berarti Tuhan gak Maha mengetahui donk!
Mestinya biar kita diem aja Tuhan tau dan dia tetep diminta atau tidak dia akan memberi apa yang dia kehendaki.
Ni contoh jawaban dari doa ,kisah nyata gw , ,

Hy . ..come back lagi nih !?!? ^^a

mau ceita lagi , , ,emang Tuhan itu baik yah , ,sampai sekarang aku masih aj ngalamin masalah yang luar biasa buat aku pusing berkeliling-liling , , ,(hahahaha lebay bgt :p)

biz mau gmna lagi ?
Klo kita bner2 anak Tuhan so pasti dikasih maslah lagi , , tentunya untuk membuat kita belajar lebih dewasa toh ?^^

Jadi gini , , ,bbrp bulan setelah aku kerja, aku pingin banget beli mp4 atau mp3 (ga usah muluk-muluk kali hahaha),wah itu penuh perjuangan ngumpulin uangnya , ,kan waktu itu aku nge-kost ,di kost aku bete bgt ,ga ngap2in renungan buat sebulan jga gw abisin dalam 1 minggu , ,saking ga da kerjaannya , , ,truz aku doa deh ma Tuhan , ,
"Tuhan aku kepingin banget beli mp4 ,tapi Tuhan kuatkan aku buat nabung yah , , (maklum gajian abiz molo nih dimnta sana-sini >.< ) ,aminn . . ."
Waktu itu ada liburan kantor tuh ke Bali and da doorprize tentunya (da i-pod ma hp loh) ,singkat cerita aku ke Bali ma ank2 kantor ( wa . . . .cihuy . . . .kan jrg2 ke Bali) ,

mlm terkahir di Bali kan ada undian doorprize tuh ,nah pas aku ambil ,aku langsung kaget coz dapet i-pod (wah asyk2 , , ,yes2)

besoknya pas nympe di kost aku langsung doa ,"Thx God ,keren banget deh ,baru bbrp waktu lalu aku minta sekarang dikasih + jalan2 ke Bali pula "

keren bgt kan Tuhan kita ,Dia tau kapan saatnya menjawab doa kita , ,dan Dia ngasih bonus tambhan,(kaya aku ke Bali + i-Pod , ,hoohhoo )

So jngn lelah buat Doa truz ma Tuhan coz Tuhan bakal ngasih kmu yang terbaik dan terindah,


Gb all

dari notes di face book gw, ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 26, 2009, 04:11:08 AM
mlm terkahir di Bali kan ada undian doorprize tuh ,nah pas aku ambil ,aku langsung kaget coz dapet i-pod (wah asyk2 , , ,yes2)

besoknya pas nympe di kost aku langsung doa ,"Thx God ,keren banget deh ,baru bbrp waktu lalu aku minta sekarang dikasih + jalan2 ke Bali pula "

keren bgt kan Tuhan kita ,Dia tau kapan saatnya menjawab doa kita , ,dan Dia ngasih bonus tambhan,(kaya aku ke Bali + i-Pod , ,hoohhoo )

So jngn lelah buat Doa truz ma Tuhan coz Tuhan bakal ngasih kmu yang terbaik dan terindah,

menurut anda banyak mana antara apa yang diberikan Tuhan dengan anda berdoa atau dengan tidak berdoa?
saya yakin lebih banyak dengan tidak berdoa
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 26, 2009, 05:56:09 AM
menurut anda banyak mana antara apa yang diberikan Tuhan dengan anda berdoa atau dengan tidak berdoa?
saya yakin lebih banyak dengan tidak berdoa
DOA ,itu yang saya alamin koq ,^^a,suwer , ,kalau gw ga doa perasaan gw ga tenang  ;D ;D ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 26, 2009, 06:16:33 AM
jadi dengan berdoa kita beribadah, dengan beribadah kita mengharapkan ridho Allah, bukan pahala? Dan dengan beribadah kita mendekatkan diri kpd Allah? Gitu kah kesimpulannya?  ???  ;D

kok kaya yg jadi di perdalam do'anya sih... :D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 26, 2009, 06:30:42 AM
jadi dengan berdoa kita beribadah, dengan beribadah kita mengharapkan ridho Allah, bukan pahala? Gitu kah kesimpulannya?  ???  ;D
ya itu mah sam ja minta byaran , ,heehhe
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 26, 2009, 06:35:08 AM
Buat yang Muslim


Kalo berharap Ridho Allah gimana???
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 26, 2009, 11:41:29 AM
Buat yang Muslim


Kalo berharap Ridho Allah gimana???
DOA,banyak tawakal & berharap padaNya
supaya kita diberi kekuatan Iman untuk menjalani hidup
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 26, 2009, 12:16:35 PM
DOA,banyak tawakal & berharap padaNya
supaya kita diberi kekuatan Iman untuk menjalani hidup

Setuju...

Lebih tepatnya Qona'ah
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: insan sains pada Mei 26, 2009, 12:24:15 PM
Kok jadi gak nyambung dengan judul topiknya yach.. heu heu heu....
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 26, 2009, 12:51:44 PM
Kok jadi gak nyambung dengan judul topiknya yach.. heu heu heu....
Maaf, aduh, kayaknya saya sangat perlu belajar menulis
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: skuler pada Mei 26, 2009, 04:31:24 PM
mendingan mas Skuler mandi,belajar aja,kan nanti syp tau dpt juara 1 dapat biaya siswa sekolah.

sebenernya sih saya stuju... selesaikan masala dunia dengan jantan... lebih baik ketimbang penyelesaian cengeng yang meminta2 kpd 'pihak lain' untuk mengerjakannya...

DOA ,itu yang saya alamin koq ,^^a,suwer , ,kalau gw ga doa perasaan gw ga tenang  ;D ;D ;D

brarti anda telah brada pd tahap kecanduan berdoa...saya harap doa anda terkabul stiap saat...
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 26, 2009, 10:32:14 PM
bukan kecanduan om skuler ,tapi dengan doa kita bisa ngerasa tenang begitu  ;D ;D ;D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: biobio pada Mei 27, 2009, 12:25:43 AM
brarti anda telah brada pd tahap kecanduan berdoa...saya harap doa anda terkabul stiap saat...
bukan kecanduan om skuler ,tapi dengan doa kita bisa ngerasa tenang begitu  ;D ;D ;D
wah, si h4ry diserang Karl Marx..  :D
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 27, 2009, 01:27:15 AM
iya dengan do'a hati kita tenang, tuhan pasti akan menunjukkan jalan tuhan kan maha penyayang jadi pasti dia kasihan sama hambanya
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 28, 2009, 09:24:48 AM
iya dengan do'a hati kita tenang, tuhan pasti akan menunjukkan jalan tuhan kan maha penyayang jadi pasti dia kasihan sama hambanya
Hidup Doa!!!
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 28, 2009, 09:58:21 AM
mari kita sejalankan lagi dengan topik, berharap pahala=tidak ikhlas?  :-\

aku dapet dari internet sdikit mengenainya  ;D :
Kutip
[...]
Ikhlas itu ada dua macam. Pertama, mengerjakan suatu amal hanya karena Allah, dg arti ingin mendapat ganjaran dari Allah. Kedua, mengerjakan suatu amal hanya karena Allah, dg arti semata-mata karena itu perintah Allah. Terserah Allah mau mengganjar atau tidak, yg penting dia mengerjakan amal itu berdasar perintahNYA. Ikhlas yg terakhir ini adalah ikhlas yg lebih tinggi levelnya. Apakah seseorang itu melakukan suatu amal/pekerjaan dengan ikhlas atau tidak, secara hakikat, yg tahu hanya dia dan Allah saja. Orang lain hanya mengetahui indikasi-indikasinya saja. Nah, karena ikhlas atau tulus itu sesuatu yg baik, dg sendirinya watak ini akan kontra dg amal/perbuatan yg tidak baik
[...]
(www.pesantr*nvirt***.com)

semoga membantu..  :)
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 28, 2009, 11:50:32 AM
wah, si h4ry diserang Karl Marx..  :D
help donkz biobio ^^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: luth pada Mei 29, 2009, 03:50:13 PM
mari kita sejalankan lagi dengan topik, berharap pahala=tidak ikhlas?  :-\

Ikhlas itu ada dua macam. Pertama, mengerjakan suatu amal hanya karena Allah, dg arti ingin mendapat ganjaran dari Allah. Kedua, mengerjakan suatu amal hanya karena Allah, dg arti semata-mata karena itu perintah Allah. Terserah Allah mau mengganjar atau tidak, yg penting dia mengerjakan amal itu berdasar perintahNYA. Ikhlas yg terakhir ini adalah ikhlas yg lebih tinggi levelnya. Apakah seseorang itu melakukan suatu amal/pekerjaan dengan ikhlas atau tidak, secara hakikat, yg tahu hanya dia dan Allah saja. Orang lain hanya mengetahui indikasi-indikasinya saja. Nah, karena ikhlas atau tulus itu sesuatu yg baik, dg sendirinya watak ini akan kontra dg amal/perbuatan yg tidak baik
aku dapet dari internet sdikit mengenainya  ;D :
semoga membantu..  :)

tepat sekali hehe,,
sesuai sm pendapat ku ;D ;D

pokokny yg penting melakukan sesuatu krn berharap hanya pada tuhan,, apa pun itu,,
bisa kasih sayang,,bisa juga pahala

toh yg memberi pahala hanya tuhan yang bisa kan?

Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 02, 2009, 03:30:05 PM


toh yg memberi pahala hanya tuhan yang bisa kan?



@luth:

Perfect luth!
Sebenarnya memang Tuhanlah yang memberi pahala, sebab itu memang janji-Nya, jadi mari kita beribadah dengan serius (karena ini syarat mutlak -- terutama yang wajib, kalau mungkin tambahin dengan sunah...).
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Alicha pada Juni 02, 2009, 09:28:59 PM
Aku kalau lagi seneng bilang Subahanallah,kalau lg sedih do'a .
Kalau mendekatkan kita dengan Allah , shalat.
Sebenernya Allah selalu ada pada kita
cerita dari ustadz nya beneran koq....tak percaya ada videonya sayangnya videonya keapus sama bapakku <.< ^-^
Judul: Re: Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: biobio pada Juni 03, 2009, 04:08:24 AM
Pepatah Latin:
ORA ET LABORA
berdoa dan berusaha
Judul: Re:Berharap pahala = tidak ikhlas
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Februari 02, 2016, 01:18:15 AM
Pertanyaan saya, manakah yang lebih ikhlas: Orang yang berbuat baik karena mengharapkan pahala atau orang yang berbuat baik demi sekedar kepuasan batin?