Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 06:48:20 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Berharap pahala = tidak ikhlas

Dimulai oleh paladin-x, Mei 15, 2009, 11:13:34 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

paladin-x

Nyontek dari topik sebelah,
Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?

alvin pratama

aq rasa boleh2 aja tuh.
yg gak boleh tuh klu mengharapkan imbalan dr orang lain.
misalnya,klu ibadah di tempat misalnya "A" ,nanti dapat imbalan uang sekian ribu(misalnya)
karna tiap2 orang yg beribadah itu pasti mengharapkan pahala yg datangnya dari Tuhan.
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

luth

Kutip dari: paladin-x pada Mei 15, 2009, 11:13:34 PM
Nyontek dari topik sebelah,
Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?
kan pahala itu yang memberikan tuhan juga kan?
bukan manusia kan?,,
so menurut saya klo kita beribadah itu hanya berharap pada tuhan(berharap apapun itu) tetaplah ikhlas,.,
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

biobio

Kutip dari: alvin pratama pada Mei 16, 2009, 10:25:47 AM
karna tiap2 orang yg beribadah itu pasti mengharapkan pahala yg datangnya dari Tuhan.
saya ga beribadah buat pahala tuh... ini kan seolah nyogok tuhan... gue sembayangi lu, gusti... tapi kasih gue berkat yang banyak ya, rejeki nomplok!
"The pen is mightier than the sword"

skuler

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


hmmm.. mirip lagunya alm. krisie ama ahmad dani... jujur aja gw gasuka konsep berharap pahala...
gw nolong orang supaya tecipta keadilan yg merata... gw mau jadi rahmatan lil alamin bukan tukang minta pamrih...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

biobio

Kutip dari: skuler pada Mei 16, 2009, 08:01:03 PM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


hmmm.. mirip lagunya alm. krisie ama ahmad dani... jujur aja gw gasuka konsep berharap pahala...
gw nolong orang supaya tecipta keadilan yg merata... gw mau jadi rahmatan lil alamin bukan tukang minta pamrih...
Ini ya?
"jika surga dan neraka tak pernah ada..."

yang liriknya adalah sbb :
Apakah kita semua
Benar-benar tulus
Menyembah pada-Nya
Atau mungkin kita hanya
Takut pada neraka
Dan inginkan surga

Reff:
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

(**)
Bisakah kita semua
Benar-benar sujud sepenuh hati
Kar`na sungguh memang Dia
Memang pantas disembah
Memang pantas dipuja

Kembali ke: Reff, (*), (**), Reff

gw jadi berpikir, apakah org selama ini beragama, menyambah Tuhan, berbuat baik, dan lain2 hanya karena ingin masuk surga?

apakag surga yang selama ini dikatakan memang benar2 ada? klo ada mengapa gambaran surga setiap agama berbeda2? namanya pun berbeda, ada yang menyebutkan dengan surga, ada pula yang menyebut nirwana...

siapakah orang yang benar2 ke surga dan berfoto2 (memberikan bukti real) di dalamnya??

semua ada dalam kitab suci setiap agama. dan kita tahu sendiri bahwa kitab suci yang menuliskannya adalah manusia...

apakah karena ingin masuk surga orang dapat melakukan suatu perbuatan yang mengatasnamakan agama? dengan mengintimidasi atau (pinjam bahasa agama) menzolimi orang lain?

(maaf) untuk apa kita naik haji atau pergi ke tempat suci lainnya? untuk masuk surgakah? untuk apa kita bertobat dan berdoa siang malam? untuk mencari surgakah??

hahahaa..... it just my opinion.... but think about that!!

tulisan ini bukan mau membiarkan org untuk tidak mempercayai Tuhan dan agamanya, ... tapi mengajak orang untuk berpikir dan mulai melihat hati masing2...

be a nice person for each other....

-elgiva-
sumber: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


Sip, gue stuju sama skuler!
"The pen is mightier than the sword"

h4ry

gag juga koq , ,aku beragama karena hidup aku mau teratur dan baik di mata manusia ^^
_Don't Be Affraid_

alvin pratama

Kutip dari: h4ry pada Mei 18, 2009, 03:21:59 PM
gag juga koq , ,aku beragama karena hidup aku mau teratur dan baik di mata manusia ^^
ada yang kurang tuh om...
harusnya hidup aku mau teratur dan baik di mata Tuhan & manusia. ;D
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

insan sains

Kutip dari: paladin-x pada Mei 15, 2009, 11:13:34 PM
Nyontek dari topik sebelah,

Gpp.. contekannya bener kok... ^_^

Kutip dari: paladin-x pada Mei 15, 2009, 11:13:34 PM
Apakah melakukan ibadah dengan mengharapkan pahala termasuk tidak ikhlas?

Dari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

Begitulah ibadah itu. Surga itu diciptakan untuk memotivasi kita agar terus melangkah. Dan neraka itu dicipta pun agar kita tersadar untuk menghindar darinya. Inilah tahapan menuju mata air keikhlasan yang sebenarnya. Apa salah? Tentu tidak. Jika ia terus melangkah menuju mata air yang sesungguhnya..
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

luth


Dari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

Begitulah ibadah itu. Surga itu diciptakan untuk memotivasi kita agar terus melangkah. Dan neraka itu dicipta pun agar kita tersadar untuk menghindar darinya. Inilah tahapan menuju mata air keikhlasan yang sebenarnya. Apa salah? Tentu tidak. Jika ia terus melangkah menuju mata air yang sesungguhnya..
[/quote]
bener banget bos definisinya,,
ga ada salahnya mengharap pahala,,ttp ikhlas berdasar deginisi di atas
tinggal di
LANJUTKAN..
* ;D
..Ketahap yg lebih tinggi,,

yang penting kita mengharap pahala itu dari tuhan juga toh,,
bukan berharap dari manusia,,,
berarti yah masih dalam kategori ikhlas lah klo gitu mah..
menurut saye

sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

insan sains

ikhlas itu gerak dan bahasa hati, ada dalam ranah ultimate reality. gak akan mampu terbahasakan karena fisik kita tak mampu menyentuh zatnya secara entity. Jadi kalo kita bisa mengucapkan ikhlas, berarti mengharuskan adanya keikhlasan yang lebih ikhlas lagi... ^_^
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

h4ry

hmm , , ,pahala itu bukannya upah Tuhan buat kita ya ?kalau Tuhan ga mau ngasih ya apa boleh baut toh ?  ;D ;D ;D ;D

berarti yang suka cari pahala = ga ikhlas donkz ?
_Don't Be Affraid_

heru.htl

#12
Wakakkkakkkakk...

Komersial amat, ibadah saja minta diupah ama Tuhan...
Kalau disuruh nyebur kelaut kayak Nabi Yunus minta upah berape ye...
Atau kalau suruh bikin kapal raksasa kayak Nabi Nuh, kontrak tendernya harga berapa tuh...

La kita kan sudah dikasih hardware-hardware gratis nich kayak mata, kuping, hidung, lidah dll... dari Tuhan, masa masih minta upah juga... Bukannya kita yang harusnya bayar sewa kan?

skuler

Kutip dari: insan sains pada Mei 18, 2009, 04:42:26 PMDari definisi ikhlas, kita mendapatkan sebuah mata air kesimpulan "meniadakan penggerak perbuatan selain karena keridhaan Allah". Selayaknya kita menapaki sebuah tangga. Tidak serta merta kaki bisa melangkah langsung ke puncak. Namun ada tangga-tangga yang mesti kita lewati, mau tidak mau. Belum sampainya langkah kita ke puncak bukan berarti langkah kita salah. Yang salah adalah ketika kita telah sampai pada sebuah tangga, kita berhenti dan tidak segera menuju puncak.

waduh... brarti om insan nuduh gw n si bio2 uda d tangga yg rada tinggi y...
lagi gada duid ni oom... gabisa nraktir makan siang... sori...hihihi...

stela membaca bijak dan indah perkataan bung insan, spertinya langkah2 keihlasan emang kaya gitu... awalnya ktakutan n nangis2 takut klo mati masuk neraka... tapi lama klamaan, karna kbanyakan baca buku, jadi sadar jg inti kehidupan ini...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

paladin-x

sya bingung nih!
kalo pake bahasa yang mudah dimengerti, ibadah itu buat apa sih?