Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 06:52:02 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

CARA MENJADI ORANG PINTAR...

Dimulai oleh Karno Giyantono, November 20, 2008, 09:41:24 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Karno Giyantono

"ORANG PINTAR ADALAH ORANG YANG BERUSAHA MEMBANGUN RUMAH YANG BAGUS DIDUNIA DAN ISTANA DI AKHERAT" caranya belajar dan bekerja, beramal dan beribadah. Jangan menjadi orang bodoh yaitu hanya memilih salah satunya saja, sedangkan sudah jelas kita hidup didunia ini dan pasti akan meninggal. Dan jangan menjadi orang yang sangat bodoh, di dunia melarat di akherat disiksa. contohnya penjahat dan kriminal.

Atau jangan jadi orang yang mempermainkan Tuhan atau agamanya sendiri. Jangan menjadi orang Atheis yang bodoh. Banyak ilmuwan menjadi Ahteis karena hukum kekekalan energi, banyak ahli agama dan umat lainnya menjadi atheis karena kitab mereka saling bertentangan, atau dalam arti kitab asli yang berasal dari Tuhan sudah mereka acak-acak oleh ketua agama mereka masing-masing. Sehingga Islam adalah agama penyempurna, tidak bertentangan dengan sains tetapi sejalan.

saya sarankan janganlah mempermainkan dan memanipulasi atau merubah-rubah kitab agama sendiri, karena akan ada balasannya di hari akhir nanti.


"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Karno Giyantono

sudah kah kamu belajar dan bekerja?
sudah kah kamu beramal dan beribadah?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

superstring39

Pengen pinterr... makanya belajar.
baca...baca...baca... sebanyak-banyaknya
ada 4 jenis orang:
1. orang yang tahu kalau ia tahu, orang jenis ini harusnya diikuti dan dijadikan tauladan
2. orang yang tahu kalau ia tidak tahu, orang ini akan terus belajar
3. orang yang tidak tahu kalau ia tahu, orang ini harus dituntun
4. orang tidak tahu kalau ia tidak tahu, orang ini harus dijauhi karena ia akan menyesatkan

Karno Giyantono

4. orang tidak tahu kalau ia tidak tahu, orang ini harus dijauhi karena ia akan menyesatkan.

wah kasian banget donk kalo kita menjauhi dia, kita harus jelaskan kepada dia mana yang benar dan mana yang tidak benar sesuai dengan Al-Quran hukum Tuhan yang tertinggi jangan sesuai hukum manusia yang mungkin bisa salah.

pi kalo ia tetep gak mau, ya gpp asal jangan sampai merugikan orang lain saja.

oia ngomong2 tahu nya satu berapa bang??? :/  jangan yang make formalin yah...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

superstring39

contoh orang yang tergolong nomor 4 ini adalah orang-orang penyebar fitnah dengan keyakinannya yang salah. kalo dideket-detin nanti ikut-ikutan sesat. apalagi kalo orang yang didekati orang tipe4 itu adalah orang dengan ilmu yang sedikit maka jadi ikutan sesat. terlebih lagi orang ini saking yakinnya dengan ilmunya enggak bisa dibilangin kayak apa juga padahal salah. kalo mau maksa orang ini ke jalan yang lurus maka harus dibunuh dulu.
Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Ia kehendaki, dan Allah menyesatkan siapa yang Ia kehendaki. Orang-orang yang sudah disesatkan oleh Allah maka tidak ada siapapun orang di dunia ini yang bisa memberi petunjuk kepadanya. seperti orang-orang kafir Quraisy jaman Nabi dulu, padahal udah diberikan bukti yang nyata tapi enggak mau sadar juga. inilah orang tipe nomor 4.

kalo karno mau meluruskan orang seperti ini boleh dicoba, silahkan. tapi kalo berhasil berari lebih hebat dari Nabi donk, Nabi aja enggak berhasil meluruskan orang yang telah disesatkan oleh Allah.  ;D

violin

Maaf,..mo nanya niey,..

Maksudnya "orang yang udah disesatkan oleh Allah" itu gimana,..?

Mohon penjelasannya,..??

Karno Giyantono

to "superstring39" 

"Nabi aja enggak berhasil meluruskan orang yang telah disesatkan oleh Allah"
kalo gitu gak akan ada umat Muslim donk........ tapi kok sekarang umat muslim ada banyak banget yah...

oia saya gak seprinsip dengan cara membunuh....... kalo ada yang coba-coba berani membunuh manusia lain, maka orang itu harus dihajar karena sangat tidak berpendidikan dan bermoral. pi saya pernah liat pencuri loh pas waktu naik motor, ia rame-rame pengen dibakar, waktu itu saya maraaaah besar ma massa. saya keluarin seluruh tenaga tuk membela pencuri tersebut, ampe saya kena tinju. lalu sampe2 saya berantem... ma beberapa orang yang itu, sapa takut... saya cuman takut ma Allah. saya paling benci pembunuhan, namun gw bisa membuat orang lain babak belur karena saya nyakin jika kita berjalan dijalanNya maka kita akan diberi kekuatan, petunjuk, dan perlindungannya berlipat ganda...

saya mempunyai beberapa siswa yang bandel banget lalu saya berikan informasi mana yang baik dan mana yang benar eh akhirnya mereka lama-lama berubah loh. pasti bisa... pi kalo ternyata mereka malah menghina saya atau bahkan berani ma saya, ya udah kita kasih hukuman. eh lama-lama di jera juga loh...

"terlebih lagi orang ini saking yakinnya dengan ilmunya enggak bisa dibilangin kayak apa juga padahal salah"
wah ini contohnya seperti orang yang sangat semangat membela hukum kekekalan energi, atau evolusi, atau bahkan orang2 yang merasa mempunyai ilmu yang menghina Wright bersaudara, atau orang2 tempo dulu yang berkenyakinan bahwa bumi itu datar. iya kan...

"itu adalah orang dengan ilmu yang sedikit maka jadi ikutan sesat"
Nabi Muhammad gak bisa baca tulis kan... tapi saya sangat senang loh udah disesatkan oleh Nabi Muhammad hehehehehehehehehehehehe.......

"terlebih lagi orang ini saking yakinnya dengan ilmunya enggak bisa dibilangin kayak apa juga padahal salah. kalo mau maksa orang ini ke jalan yang lurus maka harus dibunuh dulu".
alhamdulilah.... untung aja orang-orang yang belagu pada jaman itu gak da yang berhasil membunuh beliau.

namun baiknya setiap kita selesai sholat doa yang paling sering diamalkan adalah Mohon Petunjuk dan PerlindunganNya sehingga kita tidak akan tersesat dalam mengarungi dunia ini...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Karno Giyantono

to "violin"

hemmmm.... apa yah...????

oia nama kamu kok bagus amat sih... kayak nama biola.


:)
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

superstring39

Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga beriman. Allah telah mengunci mata hati mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. Qur'an (2:6-7)

Apakah ayat tersebut mengindikasikan bahwa Allah memang dengan sengaja menciptakan orang-orang yang disesatkan dalam artian tidak diberi petunjuk? Pertanyaan ini sering diajukan oleh orang-orang non-Muslim.


Sebenarnya Ada dua jenis petunjuk (guidance):

1. Untuk menunjukkan jalan (to show the way)
2. Untuk membimbing seseorang (to lead the person along the way).

Petunjuk jenis pertama diberikan kepada semua orang, melalui rasul-rasul dan kitab-kitab Nya yang bertujuan memberitahukan cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan hidup di dunia maupun di hari akhirat kelak seperti yang dicantumkan dalam Qur'an (16:36).

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul bagi tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara ummat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya...."

Untuk petunjuk jenis kedua ada syarat yang melekat padanya yaitu petunjuk jenis kedua ini akan diperoleh apabila petunjuk jenis pertama dilakukan. Penolakan terhadap petunjuk jenis pertama akan melenyapkan kesempatan untuk mendapatkan petunjuk jenis kedua. Ditambah pula dengan penguncian mata hati (sealed hearts) .

Tetapi penguncian tersebut tidak dilakukan secara acak oleh Allah, akan tetapi merupakan konsekuensi dari pilihan-pilihan mereka, sebagai Allah berkata di dalam,

Demikianlah Allah mengunci mata hati orang-orang yang tidak (mau) memahami." Qur'an 30:59

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik." Qur'an 2:26

Yusuf Ali dalam terjemahan Qur'an nya menulis "Ketika sikap menolak kebenaran (the truth) dilaksanakan, konsekuensi naturalnya (sesuai dengan hukum Allah) adalah hati dan pikiran menjadi lebih keras akibat aksi penolakan yang sengaja dilakukan. Tindakan mereka seperti sebuah amplop yang sudah direkatkan yang tidak bisa menerima surat apapun setelah dilem."

Siapakah yang membuat hukum semacam ini yaitu yang melakukan kebaikan dan patuh pada petunjuk jenis pertama maka akan dibimbing ke petunjuk jenis kedua, sedangkan orang-orang yang sombong akan dikunci hatinya dan disesatkan? Tentu saja Allah.

Apakah hukum yang digambarkan di atas, bagus dan adil? Ya! Allah menurunkan kebaikan dan sebaliknya, dan Allah menjamin manusia kebebasan memilih untuk diberi petunjuk atau disesatkan. Setiap orang bertanggung jawab atas konsekuensi dari setiap keputusan yang dibuatnya (Qur,an 4: 115):

Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu'min, Kami biarkan ia berkuasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali." Qur'an 4:115

([pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])


Karno Giyantono

yoi oke bgt "superstring39"

pi saya gak setuju kalo Allah sengaja menutup atau menyesatkan beberapa bagian manusia.

"Demikianlah Allah mengunci mata hati orang-orang yang tidak (mau) memahami." Qur'an 30:59"
meurut saya pengertian dari ayat ini adalah;
orang yang tidak mau memahami Al-Qur'an, hal ini artinya ia tidak mau adalah karena kehendak atau keinginan atau pilihan orang tersebut.
karena ia tidak mau memahami Al-Quran maka jalan pikirannya PASTI jadi terkunci.
namun jika ia memilih mau memahami Al-Qur'an maka ia mendapatkan kunci untuk membuka jalan pikiran yang benar.

hal ini adalah sebab akibat. saya nyakin Allah memberi kita info-info dan petunjuk-petunjuk namun pilihan diserahkan kepada kita.
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

superstring39

Astaghfirullah....
Eleng..eleng.. tho No... Istighfar
Tafsir itu lo buat sendiri?
Jangan pernah berpendapat apa yang dipikirkan oleh Allah SWT, bahasa Al-Quran itu sudah sangat jelas. Sami'na wa atto'na, kita wajib mempercayainya. coba baca kitab tafsir Al Quran atau baca buku sejarah Nabi Muhammad saat diturunkannya ayat tersebut. Kalo belajar agama jangan setengah-setengah ya nanti penafsiran terhadap ajarannya jadi ikut-ikut salah. Coba Iqro...Iqro...Iqro bismikalladzi kholaq... bacalah dengan nama Tuhanmu...

violin

Duhh,..,masih bingung,..

@ Karno Giyantono

MAkacih,..udah bilang namaku bagus,..

Aku emang pecinta biola dan musik,..

Hehehehe

h4ry

Ikutan donk , , ,kayanya seru deh , , ,



klo di ajaran saya itu   "TUHAN ADALAH SUMBER PENGETAHUAN"



ya memang sih contohnya ja DAUD dy ga dari orang hebat tapi bisa jadi RAJA , ,truz SALOMO yang ga sekolah arsitektur udah bisa jadi perancang BAIT ALLAH , ,


demikian jga kan dengan para Nabi dan para Rasul dya ga sekolah atau semacamnya tapi mereka udah bisa melakukan hal2 yang luar biasa , ,dan itu semua butuh pengetahuan dan pendidikan  , , ,



truz jga yang nulis kitab2 suci kebanyakan dari org yang biasa2 saja tdak dilatarbelakangi pendidikan yang tinggi2 , , ,



dan ALLAH sendiri yang turun tangan untuk memberikan pengetahuan tersebut , , ,




ya "ORA ET LABORA" klo ga salah  :P :P :P :P



belajar dan berdoa  , , ,,



itu yang penting tuk jadi orang pinter . .



gmn ? tul ga sih ?  ;D ;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

superstring39

Ya...
Kalo mau pinter ya belajar jangan lupa berdoa supaya ilmu yang diperoleh bukan menjauhkan kita dariNya melainkan semakin kagum terhadap kebesaranNya.
jangn lupa minum ceret bropit exel  ;D ;D ;D

biobio

Kutip dari: superstring39 pada Desember 11, 2008, 02:09:25 PM
Ya...
Kalo mau pinter ya belajar jangan lupa berdoa supaya ilmu yang diperoleh bukan menjauhkan kita dariNya melainkan semakin kagum terhadap kebesaranNya.
jangn lupa minum ceret bropit exel  ;D ;D ;D
semakin kita belajar, maka semakin kita akan bingung...bingung akan apa?karena ternyata kita tidak berarti apa-apa, ilmu kita masihlah rendah dan tdak ada apa2nya.....seperti signaturenya siapa yaa...milmi y? "setetes air di samudra luas"? hehehe..
"The pen is mightier than the sword"