Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 21, 2021, 08:00:16 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 180
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Cinta Sains atau Agama?  (Dibaca 80642 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Jay Ram

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
Cinta Sains atau Agama?
« pada: Oktober 18, 2009, 05:50:07 AM »
Khusus temen2 Hindu
« Edit Terakhir: Januari 28, 2011, 10:34:49 AM oleh reborn »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #1 pada: Oktober 18, 2009, 06:40:01 AM »
Salah kamar?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #2 pada: Oktober 31, 2009, 12:56:12 AM »
HouwLiong

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #3 pada: Oktober 31, 2009, 01:08:21 AM »
Sains adalah jawaban untuk masalah sains, agama adalah kontrol moral untuk penerapannya.

Offline Lunaris

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 0
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #4 pada: Oktober 31, 2009, 09:41:59 AM »
Aku lebi cinta sains lah. Bagiku arah perjalanan umat manusia itu harus kedepan, bukan kebelakang.

EDIT: BTW orang yang ngepost dibawahku punya kebiasaan nge junk apa?
« Edit Terakhir: Oktober 31, 2009, 10:31:35 AM oleh Lunaris »

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #5 pada: Oktober 31, 2009, 09:43:46 AM »
^
kirain lebih cinta yesi

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #6 pada: Oktober 31, 2009, 12:07:58 PM »
hati2 loh bang sith, kalau mulai ngatain si yesi ntar ada yg ngatain si mohhi juga :D :D

Back ke topik, gua lebih suka ke sains sih. Secara pribadi lebih masuk akal buat gua.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #7 pada: November 06, 2009, 06:12:36 AM »
Saya heran, kok orang dengan pemikiran cemerlang seperti Lunaris IQ nya sampai minus. Apa anak-anak ForSa tidak mengetahui kecerdasan Lunaris? Saya tambahi 1 IQ buat Lunaris, untuk kecerdasan dan kecemerlangan pikirannya.
"The pen is mightier than the sword"

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #8 pada: November 06, 2009, 06:31:02 AM »
Gak usah heanlah. Orang yang banyak ngasih sumbangan pemikiran, tapi pandangannya beda dengan yang lain. yang lain gak bisa menang adu debat, ya main serang IQ. Cara rendah yang malu-maluin aja (makanya aku pribadi gak pernah nurunin IQ orang, wako juga gak peduli amat dengan ini)

*Pikir-pikir, baru kepikiran juga. IQku juga berkurang, mungkin ada pihak yang gak senang juga dengan pemikirannya. Satu kebangga inih :)

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #9 pada: November 08, 2009, 10:28:21 AM »
Sains adalah jawaban untuk masalah sains, agama adalah kontrol moral untuk penerapannya.
saya kira agama tidak hanya sebagai kontrol moral, tapi disanalah sumber ilmu pengetahuan

salah satu contohnya:
"dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al-Anbiyaa':30)

dan seperti yang sudah kita ketahui selama ini, bahwa faktor terpenting bagi kehidupan adalah air.

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #10 pada: November 08, 2009, 10:36:26 AM »
Aku lebi cinta sains lah. Bagiku arah perjalanan umat manusia itu harus kedepan, bukan kebelakang.

agama sama sekali tidak mengarahkan manusia untuk berjalan kebelakang. justru sebaliknya. salah satu contoh dalam hal ini adalah terdapat ilmu pengetahuan yang diajarkan dan tlh mjd kwjbn manusia unt mempelajarinya agar dapat menyingkap rahasia yang ada..

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #11 pada: November 08, 2009, 10:51:05 AM »
Kutip
"dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al-Anbiyaa':30)
Nah, ini salah satu ayat yang sifatnya ambigu:
Dari perspektif saya bisa diartikan:
1.Kehidupan berasal dari air {macem abiogenesis{air->makhluk hidup}, eh bener ga yah abiogenesis namanya?biologi gw jelek soalnya}
2.Seperti yang anda katakan, bahwa MH itu perlu air... {orang jaman dulu juga ga perlu ilmu yang tinggi-tinggi amat buat tahu hal umum kaya' gini}

btw:
Kalo' sejak awal tidak ada Agama, apa yang akan terjadi hingga saat ini yah? apa hal yang memberikan moral itu hanya agama?
« Edit Terakhir: November 08, 2009, 10:55:02 AM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #12 pada: November 08, 2009, 11:11:25 AM »
lalu bagaimana menurut anda dengan ayat ini:
"dan matahari berjalan di tempat peredarannya. demikinlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui." (QS.Yaasin:38)
"tidaklah mungkin matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. dan masin2 beredar menurut garis edarnya." (QS.Yaasin:38)

moral mungkin tidak hanya berasal dari agama. tapi islam mengajarkan tentang moral secara lengkap dan hal2 lain yang diperlukan mns untuk memenuhi tujuan penciptaannya.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #13 pada: November 08, 2009, 11:34:16 AM »
udah sering dibahas ama pi-one dithread lain,
orang berpaham geosentris pun mengatakan bahwa matahari berjalan ditempat peredarannya kan?
malah ga bilang kalo' bumi itu yang bergerak kan?
udah ah,{oot diakhiri disini saja}
kalo' maw bahas kayak ginian, mungkin lebih baek dithread "kenapa kamu menjadi atheis,agnostic..."
kasian yang buat topik cinta,sains ato agama ini.
« Edit Terakhir: November 08, 2009, 11:36:59 AM oleh HyawehHoshikawa »

Offline adi mulya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
Re: Cinta Sains atau Agama?
« Jawab #14 pada: November 08, 2009, 12:44:20 PM »
kayaknya kita harus mengkolaborasi kannya deh alnya agama tanpa ilmu ktanya laksana orang buta sedang kan ilmu tanpa agama bisa menghancurkan dunia kan...
 ??? ??? ::)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
44 Jawaban
30205 Dilihat
Tulisan terakhir April 17, 2009, 06:06:51 AM
oleh Pi-One
9 Jawaban
10463 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 06, 2009, 11:43:42 AM
oleh pk3dot
105 Jawaban
46759 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 02:27:00 PM
oleh daivadeva
248 Jawaban
73572 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2010, 02:50:13 AM
oleh Pi-One
651 Jawaban
141198 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2012, 01:10:06 AM
oleh Pi-One