Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 05, 2022, 06:32:22 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 53
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Haram dan Najis

Dimulai oleh biobio, April 24, 2009, 06:26:44 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

luth

Kutip dari: biobio pada Mei 02, 2009, 08:07:57 PM
@UL
1.atas dasar apa tuh membagi kriteria najis seperti itu?
2.adakah keuntungannya?
sorry,ga nyerang lo..

1.kriteria itu dr agama,,
yah klo atas dasar apa masak bio2 ngga nalar sih?
yah atas dasar tingkat kenajisannya lah(weleh,tingkat kenajisan)
liat dong tanda kurungnya,,najis berat,sedang dan ringan,,
masak masi nanya si atas dasar apa?

2. lebih tepatnya guna dari pengkriterian nya kali yah,,
yah gunanya untuk keperluan aturan main,,
mksdnya cara dari pembersihan dari najis tersebut
berbeda,,tidak sama,,
nah makanya dibuat kriteria itu,,paham kan? ;) :)
*masak yg ini ngga nalar jg si




sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

Mtk Kerajaan Mataram

Penggolongan seperti yang disebut adalah dari mazab. Mazab adalah hasil ijtihad yang bukan merupakan patokan baku, katakanlah waktu itu orang pengetahuannya sampai disitu. Dan pemikiran-pemikiran baru tentunya harus terus diupayakan.

Dalam Al-Quran, kata 'najis' hanya disebut satu kali (dalam arabnya), yaitu pada ayat 9:28 yang merujuk pada orang-orang musyrik (menyekutukan Allah) sbb:

9:28 Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis (najasa), maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Sedangkan untuk seperti daging babi, bangkai, darah, judi, khamar disebut dengan 'rijsun'. Berikut ayat-ayat Al-Quran yang menyebut apa yang termasuk rijsun :
(terjemahan bahasa indonesia hanyalah suatu penafsiran)

5:90 Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji (rijsun) termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

6:145 Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor (rijsun) atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

7:71 Ia berkata: "Sungguh sudah pasti kamu akan ditimpa azab dan kemarahan dari Tuhanmu". Apakah kamu sekalian hendak berbantah dengan aku tentang nama-nama (berhala) yang kamu dan nenek moyangmu menamakannya, padahal Allah sekali-kali tidak menurunkan hujah untuk itu? Maka tunggulah (azab itu), sesungguhnya aku juga termasuk orang yang menunggu bersama kamu".

9:95 Kelak mereka akan bersumpah kepadamu dengan nama Allah, apabila kamu kembali kepada mereka, supaya kamu berpaling dari mereka. Maka berpalinglah dari mereka; karena sesungguhnya mereka itu adalah kotor (rijsun) dan tempat mereka Jahanam; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan. (ket : mereka = orang-orang yang tidak ikut berjihad.)

9:125 Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran (rijsun) mereka, di samping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. (mereka = orang-orang munafik)

6:125 Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa (rijsun) kepada orang-orang yang tidak beriman.

10:100 Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan (rijsun) kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

22:30 Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya. Dan telah dihalalkan bagi kamu semua binatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu keharamannya, maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang kotor (rijsun) itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.

33:33 dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa (rijsun) dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.