Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Agama dan Filosofi => Topik dimulai oleh: alvin pratama pada Juni 13, 2009, 10:23:52 AM

Judul: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: alvin pratama pada Juni 13, 2009, 10:23:52 AM
Bagi kalangan umat beragama, ibadah merupakakan suatu hal yang sangat sakral dilakukan...
nah seberapa pentingkah ibadah itu bagi kawan2 semuanya...
dan berikan alasannya .....

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Juni 14, 2009, 05:04:16 AM
perlu donk

kenapa perlu

bukannya promosi nh... tapi soalnya saya kan tau nya Islam aja...
di dalam Islam di ajarkan bahwa sholat n ibadah dapat mencegah perbuatan keji n mungkar.
kenapa ini bisa terjadi, misalkan kita ingin mabuk-mabukan n teringat waktu sholat maka tidak jadi, karena teringat lg oleh Tuhan yg selalu mengamati kita n mencatat amal perbuatan kita.
selain itu untuk tabungan kita dimasa depan di akherat

dan perbanyak jg nabung n buka kredit jg di bank yah di bank yah pak alvin....

tapi agama lain juga bener kok cuman ada nanti kalo sempet baca kitanya masing2 pasti ajarannya bener... cuman hati2 ada yg udah dirubah2 loh ma pemuka agamanya masing2...
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: alvin pratama pada Juni 14, 2009, 05:11:27 AM
tapi berapa banyak dalam lingkungan masyarakat, tidak melakukan kewajiban ibadah2 ini...
apa mereka gak tau??
seberapa pentingkah ibadah itu bagi orang2 yg tidak pernah beribadah??
dan kenapa mereka seolah hanya mengentengkan nilai2 ibadah ini??

kalu soal tabungan amal, saya setuju dengan pak karno.
makin banyak jumlah pahala kita, makin banyak pula tabungan kita buat hidup kekal nantinya.. ;D ;D ;D
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Juni 14, 2009, 05:20:48 AM
mungkin karena tahu kalo Tuhan itu Maha Pemaaf jadi ... gitu deh...

pi kalo manusia lum tentu bisa memaafkan walapun orang tersebut sudah tobat.
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: alvin pratama pada Juni 14, 2009, 05:32:24 AM
mungkin karena tahu kalo Tuhan itu Maha Pemaaf jadi ... gitu deh...

pi kalo manusia lum tentu bisa memaafkan walapun orang tersebut sudah tobat.


sebenarnya dalam kata " Tuhan panjang sabar & Maha pemaaf", mengandung arti sangat dalam
tapi kita harus ingat, "Tuhan Itu Maha Adil".
kedua kata ini saling berhubungan
misalnya ada 2 orang muslim.
anggap saya namanya A & B
si A ini, taat ibadah,baik,jarang berbuat dosa, dll
si B ini gak taat beribadah, nakal, bajingan, mencuri, perampok, dll

saat keduanya meninggal, apa mereka punya tingkatan pahala  yang sama ??
tentunya tidak.
menurut akal saya, pasti si B ini akan dihukum dineraka
sementara si A ini akan masuk dalam kebahagiaan surga.

apa ada yg tidak setuju dengan pendapat saya, silahkan ngepost aja..
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Juni 14, 2009, 06:12:16 AM
bisa iya bisa enggak

sperti misalnya si A punya dosa dikit pi ternyata ia berbuat dosa ma orang yg gak mau kasih maaf, yah terpaksa di ceburin dulu deh keneraka sebentar... mungkin karena kepedean merasa gak punya dosa jadi gak bertobat deh...

si B banyak dosa pi ia bener-bener tobat ma Tuhan lalu ia minta maaf jg sesama manusia n diberi maaf, jika ia tulus n didalam hati tidak akan mengulangi lg maka ia bisa aja bersih kembali, mungkin jg...
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: gonzo pada Juni 14, 2009, 06:27:29 AM
tapi agama lain juga bener kok cuman ada nanti kalo sempet baca kitanya masing2 pasti ajarannya bener... cuman hati2 ada yg udah dirubah2 loh ma pemuka agamanya masing2...

Seperti pedagang kecap ya, kecap yg aku jual dari kedelai asli, sementara kecap orang lain di campur dgn bahan lain.

wakakakakakakak...................

jangan jadi salesman gitu dong aaaahhhhhh..... nanti ada setan di kunci lagi heheheheh.....
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 14, 2009, 10:20:30 AM
ya kalo pahala ntu tabungan

dosa ntu utang

tinggal banyak mana?

utang bisa dibayar dengan tabungan, atau terserah yang ngutangin kita, kalo yang ngutangin kita ikhlas, baguslah

saya rasa ini pendapat yang cukup mewakili
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: alvin pratama pada Juni 14, 2009, 10:28:37 AM
ya kalo pahala ntu tabungan

dosa ntu utang

tinggal banyak mana?

utang bisa dibayar dengan tabungan, atau terserah yang ngutangin kita, kalo yang ngutangin kita ikhlas, baguslah

saya rasa ini pendapat yang cukup mewakili
tulisan anda berkesan kalau anda menilai bahwa pahala dan hutang seperti debet & kredit dalam sistem perbankan ???
jangan salah bro....
konteksnya beda..dan cara penyelesaiannyapun juga beda..
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 14, 2009, 10:30:37 AM
Tergantung ya...

Dalam agamaku, melakukan kebajikan juga merupakan bentuk ibadah. Bukan semata ritual-ritual keagamaan semata.
Judul: Re: IBADAH PERLUKAH ???
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 14, 2009, 10:47:30 AM
Tergantung ya...

Dalam agamaku, melakukan kebajikan juga merupakan bentuk ibadah. Bukan semata ritual-ritual keagamaan semata.

100% setuju dng Pi-one

Kebajikan itulah sebenarnya esensi dari ibadah...
Dalam agama sy (Islam), tanpa kebajikan bahkan ritual keagamaan bisa jadi percuma, contoh:
Salah satu syarat wajib & syarat syah shalat adalah properti yang halal (makanan/pakaian/sarana lainnya), yang tentunya hanya didapatkan dengan menjalankan kebajikan (perbuatan baik, contohnya mencari uang dengan cara halal).

Kalau soal menjawab pertanyaan "IBADAH PERLUKAH"?
Jawabanya tergantung dari pribadi tiap individu -- vise-versa...