Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 11:57:09 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ilmu pengetahuan Vs agama  (Dibaca 39740 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ojan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #15 pada: Mei 18, 2009, 11:44:39 AM »
masuk akal menurut siapa?

baiklah, begini: sejak kecil saya mengenal pengobatan berbagai penyakit dengan air yang dibacakan do'a-do'a. dan itu terbukti lebih cepat menyembuhkan daripada ke rumah sakit/puskesmas. apakah bung alvin sudah menemukan bukti ilmiah tentang air itu dari literatur-literatur sains? kalau sudah, dibagi2 donk infonya....

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #16 pada: Mei 18, 2009, 12:06:50 PM »
masuk akal menurut siapa?

baiklah, begini: sejak kecil saya mengenal pengobatan berbagai penyakit dengan air yang dibacakan do'a-do'a. dan itu terbukti lebih cepat menyembuhkan daripada ke rumah sakit/puskesmas. apakah bung alvin sudah menemukan bukti ilmiah tentang air itu dari literatur-literatur sains? kalau sudah, dibagi2 donk infonya....
mungkin anda pernah dengar nama "MITOS",
itulah yang menyebabkan banyak orang percaya hal2 itu
nah hal itu dalam sains tidak dapat dibuktikan secara langsung
masuk akal menurut siapa?

baiklah, begini: sejak kecil saya mengenal pengobatan berbagai penyakit dengan air yang dibacakan do'a-do'a. dan itu terbukti lebih cepat menyembuhkan daripada ke rumah sakit/puskesmas. apakah bung alvin sudah menemukan bukti ilmiah tentang air itu dari literatur-literatur sains? kalau sudah, dibagi2 donk infonya....
seperti contohnya pada air yang telah dicelupkan batu PONARI.
menurut para ahli,dalam air tersebut terdapat partikel2 sejenis ion.
dalam hal ini,apakah itu?
hal yang berbau ilmiah itu tidak selamanya harus sejalan dengan keinginan tuhan.
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #17 pada: Mei 18, 2009, 01:47:34 PM »
apakah tuhan menginginkan kita mencapainya tanpa menggunakan akal pikiran..??..
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #18 pada: Mei 18, 2009, 03:04:39 PM »
dalam ilmu kedokteran juga ada istilah sugesti..jadi orang bisa sembuh jika dia merasa dapat disembuhkan..coba tanya pada ribuan orang yang mengantri di sekitar rumah ponari..apakah anda mempercayai hal2 gaib dan segala hal yang berbau mistis?? patilah ribuan orang itu menjawab kompak : IYA..

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #19 pada: Mei 18, 2009, 03:35:52 PM »
masuk akal menurut siapa?

baiklah, begini: sejak kecil saya mengenal pengobatan berbagai penyakit dengan air yang dibacakan do'a-do'a. dan itu terbukti lebih cepat menyembuhkan daripada ke rumah sakit/puskesmas. apakah bung alvin sudah menemukan bukti ilmiah tentang air itu dari literatur-literatur sains? kalau sudah, dibagi2 donk infonya....

*sori oot ni
mau tau bung ojan ,,
apakah hal ini dibenarkan oleh agama islam?(mksny ada dasar hukumnya gitu dihadis ngobatin dengan air yg di doa"in?)
yg saya tau berobat itu menurut nabi ada 3 cara ,(secara umum/garis besarnya)
1. minum madu(=mksdny minum obat)
2. berbekam
3.klo jmn sekarangnya disebut injeksi,,tp lupa jaman dulu namanya apa ;D
berobat dengan air yg dibaca doa2 ???

Kutip
apakah tuhan menginginkan kita mencapainya tanpa menggunakan akal pikiran..??..
sori mencapai disini mksny bagaimana?sori ni sebelumnya klo tulisan saya dibawah sala tangkep mksd bung skul;D

 klo menurut saya kita hanya bisa mencapai tuhan atau menalar tuhan dengan mempelajari makhluk2nya,,bukan mempelajari bagaimana tuhan itu,,
satu2nya alasan mengapa tuhan bisa begitu atau bisa begini ya karena kerangka pikiran kita terbatas
karena kita makhluk
ia berbeda dengan makhluknya,,
coba anda sebutkan apa saja yg ada di alam semesta ini,,
pasti semuanya tidak seperti tuhan,,
karena semua di alam ini adalah makhluknya


atau kita makhluk hanya sebatas tahu "apa",,bukan tahu "bagaimana",,
maksd saya cthnya klo dalam agama saya bahwa tuhan itu adalah maha besar, maha melihat, maha mendengar
tuhan penglihatanya dan pendengarannya meliputi segalanya baik sedetilnya maupun keseluruhan atau komprehensif,,(mengetahui apa)
nah tapi kita manusia tidak akan tahu/mengerti bagaimana itu bisa begitu(mengetahui "bagaimana")

NAMANYA AJA UDAH TUHAN

keyword:         pikiran makhluk/manusia sebatas yg ada di alam semesta saja(alam semesta=makhluknya juga ;D),,
             sedangkan segalanya (alam semsesta&isinya adalah makhluk  tuhan)   
             so pikiran makhluk tak akan bisa mencapai tuhan
             karena tuhan berbeda dengan makhluknya

klo ditanya apakah tuhan menghendaki,,(ttg tahu bagaimana)
sepertinya si iya(menghendaki),
*prisnsipnya apapun/semua kejadian dibumi adalah kehendaknya
cmiiw
 

« Edit Terakhir: Mei 18, 2009, 03:37:25 PM oleh luth »
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #20 pada: Mei 19, 2009, 01:23:23 AM »
Agama gak sejalan dngn IP itu lah yg salah, segala sesuatu gak harus ada penjelasan emang bener tapi klo qta menyerah dan gak membuktikan hal2 yg gaib dngn IP, IP gak akan berkembang.

klo masalah air yg di doain udah diteliti ama masuel emoto, ini berkaitan dngn kristal dalam air yg terbukti bahwa air menanggapi pesan manusia, inilah orang yg gak menyerah dia menjembatani metafisik dngn IP, qta membutuhkan orang2 seperti ini untuk mengungkap alam, bukan orang yg menyerah bilang klo agama dan IP berbeda, klo mau menyerah lebih baik menyerah aja sekarang buat apa buang2 waktu.

qta harus terus memperluas realitas qta, gak bilang ini mukjizat ini metafisik trus dah selesai, pengungkap alam datang dari orang2 ini, mereka adalah the real Fighter




Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #21 pada: Mei 19, 2009, 01:27:21 AM »
klo menurut saya kita hanya bisa mencapai tuhan atau menalar tuhan dengan mempelajari makhluk2nya,,bukan mempelajari bagaimana tuhan itu,,
satu2nya alasan mengapa tuhan bisa begitu atau bisa begini ya karena kerangka pikiran kita terbatas
kalau belum apa-apa sudah pesimis gini, ya jadinya kita terbatasi dalam usaha menalar tuhan itu..menalar tuhan bukan berarti kita harus membuktikan keberadaan tuhan dan kebenaran agama menurut ilmu pengetahuan, melainkan menunjukkan bahwa sebenarnya agama tidak bertentangan dengan sains, dan di jaman ini pun orang bisa dengan jujur beragama tanpa mengurangi sedikit pun kejujuran intelektualnya.
"The pen is mightier than the sword"

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #22 pada: Mei 19, 2009, 01:37:42 AM »
kalau belum apa-apa sudah pesimis gini, ya jadinya kita terbatasi dalam usaha menalar tuhan itu..menalar tuhan bukan berarti kita harus membuktikan keberadaan tuhan dan kebenaran agama menurut ilmu pengetahuan, melainkan menunjukkan bahwa sebenarnya agama tidak bertentangan dengan sains, dan di jaman ini pun orang bisa dengan jujur beragama tanpa mengurangi sedikit pun kejujuran intelektualnya.
3sebenarnya IP & agama itu tidak bertentangan
tapi memang agak berbeda.
setiap orang yang ingin membuktikan keberadaan tuhan/yang lain yang berhubungan dngan unsur ketuhanan,harus mempunyai iman kepada Tuhannya yang dapat diperoleh dari ajaran agamanya tersebut.

Offline ojan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #23 pada: Mei 19, 2009, 11:55:25 AM »
mungkin anda pernah dengar nama "MITOS",
itulah yang menyebabkan banyak orang percaya hal2 itu
nah hal itu dalam sains tidak dapat dibuktikan secara langsungseperti contohnya pada air yang telah dicelupkan batu PONARI.
menurut para ahli,dalam air tersebut terdapat partikel2 sejenis ion.
dalam hal ini,apakah itu?
hal yang berbau ilmiah itu tidak selamanya harus sejalan dengan keinginan tuhan.

nah inilah yang saya maksud dengan pertanyaan saya: masuk akal menurut siapa
dalam kasus ini, menurut anda hal itu masih mitos karena anda belum mengetahui alasan ilmiahnya. sedangkan menurut sya hal itu ilmiah.
Sekarang ini sudah banyak beredar buku yang memuat hasil penelitian ilmuan jepang tentang air.
kalau sekedar mitos, mka yang tidak bisa anda jawab adalah kenapa orang bisa lebih cepat sembuh hanya dengan meminum air yang dibacakan do'a daripada mereka yng berkali-kali ke rumah sakit/puskesmas.
jadi sebenarnya air yang dibacakan do'a kemudian punya kekuatan menyembuhkan itu benar-benar ilmiah.
hasil penelitian menunjukkan bahwa prilaku molekul air sngat dipengaruhi oleh perlakuan kita terhadapnya.
pada air yang disumpah serapah dengan kata-kata kotor dan kasar, molekulnya akan membentuk kristal dan mata rantainya akan menjadi lebih pendek, misalnya pentagonal.
pada air yang dibacakan puji-pujian dan kata-kata yang baik, prilaku molekulnya juga berbeda. air tersebut bisa menjadi heksagonal, di mana rantainya lebih panjang.
air heksagonal inilah yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
baca: the power of water. saya lupa nama penulisnya.
selain itu, dalam kuliah yang saya dapatkan, ternyata keadaan jiwa seseorang yng menyiram tanaman bisa berpengaruh terhadap struktur molekul air, sehingga menentukan tingkat kemudahan dan kesulitan tanaman dalam menyerap unsur-unsurnya. hal ini juga telah dibuktikan dengan penelitian menggunkan orang yang secara emosional sedang marah, dan mereka yng benar-benr tenang.
wallahu a'lamu bisshawab.

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #24 pada: Mei 19, 2009, 12:26:45 PM »
kalau belum apa-apa sudah pesimis gini, ya jadinya kita terbatasi dalam usaha menalar tuhan itu..menalar tuhan bukan berarti kita harus membuktikan keberadaan tuhan dan kebenaran agama menurut ilmu pengetahuan, melainkan menunjukkan bahwa sebenarnya agama tidak bertentangan dengan sains, dan di jaman ini pun orang bisa dengan jujur beragama tanpa mengurangi sedikit pun kejujuran intelektualnya.
siapa yang pesimis sih ??? :-\ ::)
bio2 kayanya ga paham maksud tulisan saya ya,,
ya maksud saya memang begitu,,
kita tetap bisa menalar tuhan,,
tapi tidak bisa mmbuktikan keberadaan tuhan dengan menginderanya,,
mengertikan maksud mengindera??klo ga ngerti bole nanya
kita hanya bisa mengetahui bahwa tuhan itu berdasarkan apa yang telah diciptakannyta(makhluknya),,
lalu kita pelajari dari sana ,,apakah ada suatu inteligent design,,
bagaimana ia menciptakan segalanya

itu maksud saya,,
yah intinya sama aja ttg hal yg menyangkut sains yg bio2 bilang diatas,

btw saya optimis kok orangnya ;D



Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #25 pada: Mei 20, 2009, 03:47:01 AM »
Sains tidka membahas Tuhan. Sains hanya membahas apa yang ada di dunia fisik, tidak mabahas hal supranatural. Abaikan orang yang mencoba mengaku bahwa ia bisa membuktikan Tuhan dengan sains. Sains tidak menolak atau mengakui adanya Tuhan.

Misal begini: Sains menganggap bahwa alam semesta berawal dari big bang (meski tidka menyebut big bang adalah awal mutlak). Nah, apakah big bang ini adalah cara Tuhan membentuk alam semesta tau bukan, sains tidak membahasnya, karena tidka ada cara untuk melacak peran Tuhan dalam hal ini secara ilmiah.

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #26 pada: Mei 20, 2009, 10:29:04 AM »
Sains tidka membahas Tuhan. Sains hanya membahas apa yang ada di dunia fisik, tidak mabahas hal supranatural. Abaikan orang yang mencoba mengaku bahwa ia bisa membuktikan Tuhan dengan sains. Sains tidak menolak atau mengakui adanya Tuhan.

Misal begini: Sains menganggap bahwa alam semesta berawal dari big bang (meski tidka menyebut big bang adalah awal mutlak). Nah, apakah big bang ini adalah cara Tuhan membentuk alam semesta tau bukan, sains tidak membahasnya, karena tidka ada cara untuk melacak peran Tuhan dalam hal ini secara ilmiah.

wah pi-one krg ngerti sama maksud saya sebenarnya nih,,
tapi yaudah lah..

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #27 pada: Mei 21, 2009, 03:47:36 AM »
Kurasa anda juga tidak ngerti maksudku. Sains dan agama berjalan pada dua jalur terpisah, meski ada persinggungan di beberapa bagian.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #28 pada: Mei 25, 2009, 02:19:03 AM »
klo agama gak membahas yg berhubungan dngn supranatural kenapa dibarat ada penelitian tentang efek antara orang yg didoain dan gak didoain hasilnya berbeda nyata, trus di discovery juga dibuku many lafe many master yg pernah masuk oprah ada penelitian tentang reinkarnasi, diniked sains penelitian tentang telepati, didiscovery lagi penelitian tentang orang2 yg memiliki kekuatan super extraordinary peuple, lalu penelitian dean hamer meneliti gen yg menyebabkan perasaan spiritual yg diberi nama gen FMAT2 masih banyak lagi

klo qta gak meneliti yg supranatural namanya qta membatasi datangnya kebenaran

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #29 pada: Mei 25, 2009, 02:23:47 AM »
klo agama gak membahas yg berhubungan dngn supranatural

maksud saya klo IP gak membahas supra natural

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10663 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2009, 11:54:04 AM
oleh luth
Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern

Dimulai oleh Ahmad Musthafa « 1 2 ... 49 50 » Agama dan Filosofi

739 Jawaban
223388 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2011, 01:47:38 PM
oleh reborn
23 Jawaban
15008 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2011, 11:39:59 PM
oleh familycode
4 Jawaban
7314 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2011, 11:03:56 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
14803 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2019, 09:09:14 PM
oleh The Houw Liong