Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 12:07:18 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ilmu pengetahuan Vs agama  (Dibaca 39741 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #30 pada: Mei 26, 2009, 02:51:08 AM »
Sains membahas supranatural sebatas yang bisa diamati secara fisik. Sains adalah soal dunia fisik, bukan dunia gaib.

Misal tentang hantu, sains tidka membahas dari konsep roh atau sejenisnya, tapi dari gelombang elektromagnetis, gelombang dan hal-hal lain...

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #31 pada: Mei 26, 2009, 12:00:23 PM »
klo agama gak membahas yg berhubungan dngn supranatural kenapa dibarat ada penelitian tentang efek antara orang yg didoain dan gak didoain hasilnya berbeda nyata, trus di discovery juga dibuku many lafe many master yg pernah masuk oprah ada penelitian tentang reinkarnasi, diniked sains penelitian tentang telepati, didiscovery lagi penelitian tentang orang2 yg memiliki kekuatan super extraordinary peuple, lalu penelitian dean hamer meneliti gen yg menyebabkan perasaan spiritual yg diberi nama gen FMAT2 masih banyak lagi

klo qta gak meneliti yg supranatural namanya qta membatasi datangnya kebenaran
kebenaran itu tidak selamanya harus dari jalur supranatural aja.
tergantung kita mau menilainya dari sisi mana???
dan sekali lagi saya ingatkan
jangan pernah hubungkan ilmu pengetahuan itu dengan agama.
karena hasilnya pasti akan kacau.
dan akhirnya mendapatkan masalah yang akhirnya berujung pada perdebatan yang tidak kunjung selesai.. ;D ;D ;D
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #32 pada: Mei 26, 2009, 12:05:46 PM »
kebenaran itu tidak selamanya harus dari jalur supranatural aja.
tergantung kita mau menilainya dari sisi mana???
dan sekali lagi saya ingatkan
jangan pernah hubungkan ilmu pengetahuan itu dengan agama.
karena hasilnya pasti akan kacau.
dan akhirnya mendapatkan masalah yang akhirnya berujung pada perdebatan yang tidak kunjung selesai.. ;D ;D ;D

Ga setuju, Hanya manusia yang sangat jerdas yang dapat menafsirkan Firman Tuhan, menjadikanya kebenaran tak terbantahkan

udah banyak buktinya
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #33 pada: Mei 26, 2009, 12:08:33 PM »
Ga setuju, Hanya manusia yang sangat jerdas yang dapat menafsirkan Firman Tuhan, menjadikanya kebenaran tak terbantahkan

udah banyak buktinya
nah, kalau boleh tau, siapa dia ??
apakah ada yang tau sorga itu dimana ???

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #34 pada: Mei 26, 2009, 12:31:31 PM »
Keluar dari konteks agama, masalahnya saya belum bisa menafsirkan itu dengan benar...


Logika saya (ga bis dijadikan referensi)
1. kecerdasan manusia belum snggup mengungkap dimana batas angkasa (gaya bener mau menjelaskan posisi surga, ya ga???)
2. surga itu perasaan aja, di manapun itu, yang penting kan kebahagiaan (kalau surga digambarkan dengan istana coklat dsb, itu kan buat anak kecil) 

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #35 pada: Mei 26, 2009, 01:16:48 PM »
ehm... ehm... ehm... kykna dah pernah dueh yang posting dengan topik yang kyk gini... maklum dah lama gag masuk forsa lagi...

kalo dalam agama saya belajar agama otomatis kita akan belajar ilmu pengetahuan. karena dari belajar agama kita dituntut untuk belajar yang lain. dengan kita belajar agama, pasti kita dapet yang namanya ilmu pengetahuan. nah dari ilmu pengetahuan yang telah kita dapet itu bisa kita kembangkan. cara mengembangkannya pun dengan akal pikiran manusia. karena yang mengembangkan dari manusia, maka hasilnya pun manusiawi. sehingga kalau bersifat manusiawi pasti masuk akal. pada dasarnya ilmu pengetahuan kita dapatkan setelah belajar. kalau kita belejar agama, ya kita dapet ilmu pengetahuan tentang agama yang mendasari seluruh aspek kehidupan. jadi, agama itu isinya ilmu pengetahuan. kalau soal agama tidak ilmiah itu karena manusia belum bisa mencari dan membuktikan apa yang ada di dalam agama tersebut. kenapa kita harus beriman kepada tuhan??? karena kalau tidak beriman kepada tuhan berarti kita tidak percaya akan adanya tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta ini. jadi pastilah hukumnya dosa. lagian sekarang jamannya manusia harus membuktikan apa yang ada dalam kitab suci agama yang dianutnya.

balik lagi ke ilmu pengetahuan Vs agama. agama saya yakin akan selalu mendorong bagi kita untuk berilmu pengetahuan. dengan ilmu pengetahuan itulah kita bisa masuk surga. dengan ilmu pengetahuan itulah kita bisa mengetahui neraka itu apa. orang yang masuk neraka itu orang yang bagaimana. dengan ilmu pengetahuan juga kita bisa mengetahui cara mempunyai keturunan itu caranya gimana. :D :D :D :D :D

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #36 pada: Mei 26, 2009, 01:21:10 PM »
ehm... ehm... ehm... kykna dah pernah dueh yang posting dengan topik yang kyk gini... maklum dah lama gag masuk forsa lagi...

kalo dalam agama saya belajar agama otomatis kita akan belajar ilmu pengetahuan. karena dari belajar agama kita dituntut untuk belajar yang lain. dengan kita belajar agama, pasti kita dapet yang namanya ilmu pengetahuan. nah dari ilmu pengetahuan yang telah kita dapet itu bisa kita kembangkan. cara mengembangkannya pun dengan akal pikiran manusia. karena yang mengembangkan dari manusia, maka hasilnya pun manusiawi. sehingga kalau bersifat manusiawi pasti masuk akal. pada dasarnya ilmu pengetahuan kita dapatkan setelah belajar. kalau kita belejar agama, ya kita dapet ilmu pengetahuan tentang agama yang mendasari seluruh aspek kehidupan. jadi, agama itu isinya ilmu pengetahuan. kalau soal agama tidak ilmiah itu karena manusia belum bisa mencari dan membuktikan apa yang ada di dalam agama tersebut. kenapa kita harus beriman kepada tuhan??? karena kalau tidak beriman kepada tuhan berarti kita tidak percaya akan adanya tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta ini. jadi pastilah hukumnya dosa. lagian sekarang jamannya manusia harus membuktikan apa yang ada dalam kitab suci agama yang dianutnya.

balik lagi ke ilmu pengetahuan Vs agama. agama saya yakin akan selalu mendorong bagi kita untuk berilmu pengetahuan. dengan ilmu pengetahuan itulah kita bisa masuk surga. dengan ilmu pengetahuan itulah kita bisa mengetahui neraka itu apa. orang yang masuk neraka itu orang yang bagaimana. dengan ilmu pengetahuan juga kita bisa mengetahui cara mempunyai keturunan itu caranya gimana. :D :D :D :D :D

Bacaanya Pk3dot apaan sich, kok wawasanya luas

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #37 pada: Juni 04, 2009, 11:46:22 AM »
balik lagi deh, ke pertanyaan ku gmn kalian bisa berprinsip klo agama dan IP berbeda, yg satu kekanan yg satu kekiri bagai mana kalian bisa hidup dengan cara semacam itu, klo orang semacam itu adl orang atheisme aku percaya, tapi klo orang beragama aku gak ngerti.

justru bukannya kacau klo menghubungkan agama dan IP,klo selama ini qta dipaksa u percaya terhadap suatu agama, tanpa pernah memahami mengapa qta harus menyakininya maka qta akan selalu ada dalam keraguan.

tapi klo perdebatan ini kembali kekeyakinan masing2 ya terserah, mungkin aku yg terlalu optimis, tapi sayangnya aku gak merasah bersalah tuuh, aku tetap berada pada jalurku ini klo agama dan IP tidak bertentangan dan bahkan harus disatukan, aku pikir inilah kemenangan terbesar umat manusia

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #38 pada: Juni 04, 2009, 12:07:31 PM »
Ga setuju, Hanya manusia yang sangat cerdas yang dapat menafsirkan Firman Tuhan, menjadikanya kebenaran tak terbantahkan

udah banyak buktinya
contohnya siapa??
kebenaran firman Tuhan ??

Offline cronny

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 821
  • IQ: 11
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #39 pada: Juni 04, 2009, 12:34:34 PM »
Bukti nya mana nih?
Kebenaran yg tak terbantahkan itu apa?
Katanya banyak bukti nya.... Tapi kok ngak dikeluarkan sih.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #40 pada: Juni 04, 2009, 01:30:44 PM »
TES
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #41 pada: Juni 05, 2009, 02:42:41 AM »
Logika saya (ga bis dijadikan referensi)
1. kecerdasan manusia belum snggup mengungkap dimana batas angkasa (gaya bener mau menjelaskan posisi surga, ya ga???)
Kecerdasan manusia saat ini menyimpulkan alam semesta itu terbatas tapi tak bertepi. Dan surga mungkin berada di luar alam semesta.

2. surga itu perasaan aja, di manapun itu, yang penting kan kebahagiaan (kalau surga digambarkan dengan istana coklat dsb, itu kan buat anak kecil) 
Yah, singkat kata kita tak bisa membuktikan eksistensinya, lokasinya, atau bagaimana rupa surga.

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #42 pada: Juni 05, 2009, 02:51:10 AM »
Kecerdasan manusia saat ini menyimpulkan alam semesta itu terbatas tapi tak bertepi. Dan surga mungkin berada di luar alam semesta.
Yah, singkat kata kita tak bisa membuktikan eksistensinya, lokasinya, atau bagaimana rupa surga.
misalnya ada orang punya asumsi/pandangan tentang surga? apakah mereka salah??
dalam agama aja,telah digambarkan alam surga seperti yg dikatakan rasullullah Muhammad SAW.
dalam kristen juga ada asumsi seputar surga..
bagaimana tuh menanggapinya??

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #43 pada: Juni 05, 2009, 03:13:46 AM »
misalnya ada orang punya asumsi/pandangan tentang surga? apakah mereka salah??
dalam agama aja,telah digambarkan alam surga seperti yg dikatakan rasullullah Muhammad SAW.
dalam kristen juga ada asumsi seputar surga..
bagaimana tuh menanggapinya??
Deskripsi mereka mungkin ebnar, mungkin salah. Kita takbisa membuktikannya, setidaknya selama kita terikat pada dunia fisik ini...

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: ilmu pengetahuan Vs agama
« Jawab #44 pada: Juni 05, 2009, 03:18:53 AM »
Deskripsi mereka mungkin ebnar, mungkin salah. Kita takbisa membuktikannya, setidaknya selama kita terikat pada dunia fisik ini...
trus, gmn kita bisa tau kebenaran kalu kita tidak hidup didunia ini ??
karna di kehidupan kita nantinya sudah tidak ada waktu lagi untuk belajar membedakan deskripsi2 yang benar dan salah.....
saya merasa om pi-one tambah ngaco' aja  ;D ;D ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10663 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2009, 11:54:04 AM
oleh luth
Al Quran dan Ilmu Pengetahuan Modern

Dimulai oleh Ahmad Musthafa « 1 2 ... 49 50 » Agama dan Filosofi

739 Jawaban
223388 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2011, 01:47:38 PM
oleh reborn
23 Jawaban
15008 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2011, 11:39:59 PM
oleh familycode
4 Jawaban
7314 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2011, 11:03:56 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
14803 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2019, 09:09:14 PM
oleh The Houw Liong