Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 07:38:23 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih  (Dibaca 61418 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bupunsu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: 7
Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« pada: September 04, 2008, 10:54:02 PM »
Banyak pandangan miring terhadap islam, karena kekerasan dari oknum2 suatu organisasi yang berbasis islam. Mudahnya, karena nila settitik, rusak susu sebelanga. Islam sebetulnay berdasarkan cinta kasih, yaitu:
Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang, jadi kalau mau mendekatkan diri pada Tuhan ya harus mengembangkan sifat kasih dan sayang, atau terima kasih, mau menerima juga mau mengasih. Ibarat radio, untuk menangkap gelombang 100 Fm maka ya harus disetel mendekati gelombang itu.
Selain itu, inti makna surat Al Fatihah perlu di rasakan. Dibaca setiap sholat, dan di taruh paling depan dalam al Qur'an. Kenapa al Qur'an tidak disusun secara kronologis?, pasti ada maknanya.
Mengucap alhamdulilah ... dst kalau baru terima hadiah mobil dari undian tabungan  bank, tentu sangat senang, atau alhamdulilah ketika diangkat jadi menteri, dirjen, kepilih caleg, bupati .. dsb .. itu senang2 saja. Tetapi, bagaimana rasanya waktu shalat mengucap alhamdulilah .... saat baru saja kehilangan sepeda motor, atau rumah kebakaran, atau sholat jenasah dimana jenasah itu adalah orang tuanya atau anaknya, atau mengucap alhamdulilah ketika masuk penjara, bahkan mau ditembak hukuman mati ... Itu semua perlu dirasakan dalam hati, dalam dada .. nanti akan ketemu sesuatu, namanya apa ya  penulis tidak tahu ...
Menurut hemat dia, merasakan itu penting, tidak sekedar dibaca dan dihafal, nanti jadi mekanis dan robotik.

Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #1 pada: September 05, 2008, 01:44:03 AM »
sekedar meberikan saran bro... kalo kehilangan orang tua, sanak saudara, handai taulan dan harta benda... lebih pas kalo ngucapin innalillahi wa inna ilaihi rojiun...
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #2 pada: September 05, 2008, 02:40:18 AM »
bener tuh apa kata lem, lebih baik ngucap innalillah

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #3 pada: September 08, 2008, 07:49:31 AM »
@lem dan eky
Tujuannya mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi rojiun untuk keadaan2 di atas apa?

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #4 pada: September 08, 2008, 08:03:41 AM »
@lem dan eky
Tujuannya mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi rojiun untuk keadaan2 di atas apa?
ikut jawab,
innalillahi wa inna ilaihi rojiun = Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali
maksudnya mengucapkan ini untuk mengingatkan kita bahwa kami ialah milih Alloh, nasib baik atau buruk kami semuanya dari Alloh; jadi ga ada namanya hari sial, larangan bulan, kena sial gara2 ga pake batu ali, etc.
untuk kasus kematian, itupun mengingatkan bahwa semuanya akan kembali kepada-Nya, jadi ga perlu diratapi (bersedih boleh) apalagi sampe pengen ikutan mati (kayak Romeo and Juliet aja  :kribo:)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #5 pada: September 08, 2008, 12:43:21 PM »
udah dijawab dengan sangat lugas oleh kbh ..

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #6 pada: September 11, 2008, 02:19:16 AM »
apa bedanya cinta dan kasih?
trus Dalam Al Fatihah disebutkan Ar Rahmaan & Ar Rahiim, ada yang tahu bedanya kira-kira artinya Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang?  ???

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #7 pada: September 11, 2008, 07:58:18 AM »
waduh ..
biarkan yang lebih "dewasa" aja deh yang menjawab .. :D

Offline novie marselina

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #8 pada: September 13, 2008, 03:26:06 AM »
Islam itu emang penuh cinta, Allah mencintai semua umatnya sekalipun dia orang jahat, buktinya orang yang mau di hukum mati, biasanya dalam islam tuh dipancung atau digantung, soalnya kalo pake cara lain ntar takutnya dia ga langsung mati sehingga dia merasakan kesakitan yang sangat waktu diambang kematiannya

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #9 pada: September 14, 2008, 09:05:43 AM »
Islam itu emang penuh cinta, Allah mencintai semua umatnya sekalipun dia orang jahat, buktinya orang yang mau di hukum mati, biasanya dalam islam tuh dipancung atau digantung, soalnya kalo pake cara lain ntar takutnya dia ga langsung mati sehingga dia merasakan kesakitan yang sangat waktu diambang kematiannya
OMP, tetap saja mencabut nyawa manusia lain, itu gak mencerminkan 'cinta kasih'. Yah, memang dari dasarnya pandangan soal 'cinta kasih' memang beda sih...

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #10 pada: September 14, 2008, 11:54:14 PM »
kalau yang jahat di gantung atau di pancung (mati) maka orang-orang semua takut jadi jahat, dan akhirnya menjadi baik semua.
 
Dan tidaklah layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja) dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat (denda) yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. Jika ia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal ia mukmin, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba-sahaya yang mumin. Dan jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat (denda) yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang mukmin. Barangsiapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara taubat kepada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 4:92)

Dan barangsiapa yang membunuh seorang mumin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahannam, Kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS. 4:93)

Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan. (QS. 17:33)

nih tak liatin di alquran tentang bunuh membunuh
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #11 pada: September 17, 2008, 02:38:31 AM »
kalau yang jahat di gantung atau di pancung (mati) maka orang-orang semua takut jadi jahat, dan akhirnya menjadi baik semua.
 
Dan tidaklah layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja) dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat (denda) yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. Jika ia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal ia mukmin, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba-sahaya yang mumin. Dan jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat (denda) yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang mukmin. Barangsiapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara taubat kepada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 4:92)

Dan barangsiapa yang membunuh seorang mumin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahannam, Kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS. 4:93)

Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan. (QS. 17:33)

nih tak liatin di alquran tentang bunuh membunuh
IMO membunuh dan cinta kasih adalah dua sisi mata uang. Keduanya gak bisa muncul bersamaan.

Tentu saja ini hanya pandangan dari seorang yang memiliki keyakinan berbeda.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #12 pada: September 17, 2008, 04:49:03 AM »
Cinta dalam Islam itu bersifat luas dan menyeluruh, bukan hanya melihat dari satu sisi atau satu bagian.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #13 pada: September 17, 2008, 06:20:28 AM »
y sebenarnya klo ISLAM dikerjakan dengan sepenuhnya atau kaffah dan menjalankan al quran dan sunnah dengan sungguh2 dan dipahami serta dihayati maknanya dan selalu istiqomah dlm pelaksanaannya maka seorang muslim akan selamat dunia akhirat, namun sekarang pendalaman agama yg dilakukan oleh masyarakat muslim sudah memprihatinkan, jd ya jgn heran klo ada istilah islam ktp, ngaku muslim sholatpun tidak...katanya yg penting kita berbuat baik...hehehe ;D ;D ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline drexman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 4
Re: Islam itu berdasarkan Cinta Kasih
« Jawab #14 pada: April 27, 2009, 07:21:21 AM »
cinta kasih yang universal cinta seperti seorang ibu yang menyayangi anaknya yang tunggal,..bagaimana cinta ksh islam terhadap orang kafir?yang tdk  menjalankan kewajiban menurut islam?masuk neraka kah mereka?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
67 Jawaban
46116 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2011, 04:23:15 AM
oleh Pi-One
44 Jawaban
52215 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 03, 2009, 11:52:24 AM
oleh biobio
232 Jawaban
81505 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2012, 10:09:35 AM
oleh mhyworld
1 Jawaban
3105 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2012, 02:40:58 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
1798 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2012, 10:19:13 AM
oleh saipul