Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 01:47:37 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN  (Dibaca 39735 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #75 pada: Februari 07, 2011, 10:55:13 PM »
Lha, emang apa peninggalan babylonia dan China yang diukur pakai carbon dating?
Memang pakai karbon dating. Jadi hasil tidak valid untuk menjadi bahan penganalisis
Kita bisa bilang: Belum bisa dibenarkan :)
Tidak ada sesuatu yang bisa dibenarkan, termasuk 1+1=2, statusnya hanya disepakati dan belum salah.
Sama saja kita gak bisa bilang kawaii alien loli dari planet 1 juta tahun cahaya dari bumi tidak bisa diklaim tidak ada, karena tak ada yang membuktikan klaim itu salah :)
Siapa yang bilang aku percaya Gilgamesh? Gilgamesh mungkin pernah eksis, tapi tidak seperti yang digambarkan dalam kisah kepahlawanan Gilgamesh tadi. Sama halnya aku tidak percaya kisah penciptaan yang anda sodorkan, apalagi dikaitkan dengan banjir global, pengganti sementara matahari, tanaman biji semua, dan segala klaim ajaib lain. Aku hanya menunjukkan tak ada yang istimewa dari kisah tua yang menulis beserta urutan waktu kejadian :)
JAdi, persoalannya percaya atau tidak percaya. Seperti Anda percaya atau tidak pada tanggal lahir KAkek Anda.
Nilai ini tidak baku, kalau tak salah rentang nilainya berkisar antara 10-13 milyar. Ini khuusnya berkaitan dengan sokongan sumber daya bumi.
Memang tida baku, tetapi tidak mungkin bisa dilampaui oleh nenek moyang lebih dari 7000tahun lalu. Dan mungkin Anda tidak percaya juga penduduk dunia 1950 = 2.520.000.000 dan penduduk 2006=6.500.000.000. Hanya dalam 56tahun bertambah 3.980.000.000 orang.
Lha, apa sebelumnya aku pernah menyebut nilai IQku?
Bukankah anda yang akan ditertawakan, karena mengklaim berdasar tafsiran suka-suka, yang ngawur pula :)

Gampangnya memang tes IQ yang kulakuakn dulu bedametode dengan yang dilakukan sonak. Jadi jika sonak melakukan tes IQ seperti yang kulakukan, entah berapa nilainya. Toh jika skala cuma dibatasi 120-160, gimana nilai IQ orang idiot, yang bias akisaran di bawah 100?
Bukan soal Anda sebut atau tidak. Pemeriksa di pengadilan tahu cara menganalisis kebohongan. Biarkan para juri yang menilai. Bukan Anda atau saya. Utk urusan IQ kita sudahi. Mari kita tes masing-masing di lembaga yang resmi. Jika perlu hasilnya diposting..: )

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #76 pada: Februari 07, 2011, 11:02:46 PM »
Nah... Kelihatan siapa yang biasa nyari info dan yang gak biasa.

Soal solar strom, gak ada tuh artikel yang anda sodorkan bicara soal dampak yang benar-benar parah, mau kehancuran global atau sejenisnya. Cuma bicara soal badai matahari yang mungkin akan lebih besardari biasanya.
Dampak yang lebih besar? Apakah manusia mempunyai data ketahanan batas bumi terhadap radiasi koronal matahari. Berapa satuannya? PAda awal badai saja gempa dan banjir sudah di mana-mana dan bertubi-tubi. Bagaimana dengan 2012?
Dan Alkitab memperingatkan pada 2012 matahari akan menjadi hitam. Memang manusia tidak punah (kerusakan tidak memusnahkan isi bumi). Tetapi, sang Antikristus akan membuat mesin waktu untuk membawa para pengikutnya menghindar dari Murka Allah. Jika itu sudah terjadi, mohon diingat apa yang pernah saya tulis. Barangsiapa memakai lambang binatang (666), ia akan tersiksa selamanya di api yang kekal.
Begitu juga soal atlantis, gak ada tuh sumber yang anda sodorkan yang benar-benar membuktikan keberadaan atlantis. Sumber awal keberadaan Atlantis mungkin berasal dari Plato, padahal yang diceritakan Plato adalah kisah dari mulut entah ke berapa di generasi ke berapa soal mitos kota/negeri yang musnah di masa lalu.

Dan konyolnya, sebagian sumber yang anda bawa malah forum diskusi yang mungkin malah gak mencantumkan referensi jelas :)
Ok. Saya percaya adanya Atlantis dan Anda tidak. Anggaplah Atlantis tidak ada. Tetap saja Kitab Kejadian belum tersanggah.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #77 pada: Februari 08, 2011, 12:53:42 AM »
Memang pakai karbon dating. Jadi hasil tidak valid untuk menjadi bahan penganalisis
Capek deh. Terus klaim 'pakai karbon dating', mana artikel pendukung bacotannya?

Tidak ada sesuatu yang bisa dibenarkan, termasuk 1+1=2, statusnya hanya disepakati dan belum salah.
1+1 memang gak mesti 2. Itu tergantung konteks penggunaan. :)

JAdi, persoalannya percaya atau tidak percaya. Seperti Anda percaya atau tidak pada tanggal lahir KAkek Anda.
Untuk percaya juga harus ada alasan. Bukan sekedar percaya buta, apalagi mengklaim'gak mungkin salah'.

Memang tida baku, tetapi tidak mungkin bisa dilampaui oleh nenek moyang lebih dari 7000tahun lalu. Dan mungkin Anda tidak percaya juga penduduk dunia 1950 = 2.520.000.000 dan penduduk 2006=6.500.000.000. Hanya dalam 56tahun bertambah 3.980.000.000 orang.
Tidak ada yang aneh dengan itu. Dan nilai kisaran 10 milyar pun adalah nilai jumlah penduduk pada saat yang sama, bukan nilai total penduduk sejak awal keberadaan manusia hingga akhir. Angka itu belum prnah tercapai, jadi tidak ada korelasinya.

Bukan soal Anda sebut atau tidak. Pemeriksa di pengadilan tahu cara menganalisis kebohongan. Biarkan para juri yang menilai. Bukan Anda atau saya. Utk urusan IQ kita sudahi. Mari kita tes masing-masing di lembaga yang resmi. Jika perlu hasilnya diposting..: )
Dan bahkan yang bukan pengadilan pun tahu jika ada yang menafsirkan secara ngawur :D

Dampak yang lebih besar? Apakah manusia mempunyai data ketahanan batas bumi terhadap radiasi koronal matahari. Berapa satuannya? PAda awal badai saja gempa dan banjir sudah di mana-mana dan bertubi-tubi. Bagaimana dengan 2012?
Sampai saat ini, tidak ada bukti bahwa badai matahari 2012 akan begitu dasyatnya. Dengan makin maraknya komunikasi dan jaringan, gangguan pada sistem komunikasi tentu saja akan banyak terganggu. Tapi kalau sampai kiamat dan sejenisnya sih...

Dan Alkitab memperingatkan pada 2012 matahari akan menjadi hitam. Memang manusia tidak punah (kerusakan tidak memusnahkan isi bumi). Tetapi, sang Antikristus akan membuat mesin waktu untuk membawa para pengikutnya menghindar dari Murka Allah. Jika itu sudah terjadi, mohon diingat apa yang pernah saya tulis. Barangsiapa memakai lambang binatang (666), ia akan tersiksa selamanya di api yang kekal.
Llau, jika ternyata di tahun 2012 tidak terjadi hal signifikan, lantas apa? Bencananya terkendala birokrasi berbelit? Atau anda akan pakai jurus ngeles dan mengganti tafsiran - ala Lia Eden? ::)

Ok. Saya percaya adanya Atlantis dan Anda tidak. Anggaplah Atlantis tidak ada. Tetap saja Kitab Kejadian belum tersanggah.
Koreksi: artinya Kitab kejadian tetap belum terbukti :)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #78 pada: Februari 08, 2011, 02:27:02 AM »
Sonak, metode yang anda pakai bisa diwakili oleh dua ilustrasi berikut:




Plus, bacaan yang mungkin akan anda abaikna, meski di sini juga ada artikel soal usia bumi, banjir besar dan disertai link sumbernya
http://www.durangobill.com/Creationism.html
« Edit Terakhir: Februari 08, 2011, 02:35:06 AM oleh Pi-One »

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #79 pada: Februari 09, 2011, 05:02:33 AM »
OK.
Jadi, apa yang saya tuliskan pada topik ini adalah:
1. Penafsiran Kitab Kejadian yang lebih teliti, terpadu dan konsisten
2. Bahwasannya telah terjadi dan akan terjadi lagi penciptaan berulang
3. Rate pertumbuhan penduduk dunia yang terendah sekali pun menunjukkan bahwa manusia 4000SM tidak lebih dari 10orang
4. Ada banjir global sebelum penciptaan Adam (manusia pertama), dan kehidupan sebelumnya punah
5. Ada kemungkinan tubuh Adam adalah mayat dari peradaban sebelum banjir, yang mana tubuhnya masih menurunkan genetik dari peradaban sebelumnya
6. Saya menyusun bagaimana terjadinya seluruh isi muka bumi saat ini: antara lain: cakrawala, tumbuhan, hewan dan manusia. (Silakan dibaca ulang)
7. Semua informasi di atas didapat dari Kitab Tua yang diwariskan secara turun temurun oleh bangsa Israel. Yang mana mereka mengaku memiliki silsilah mulai dari manusia pertama.
8. Keberadaan Israel sepanjang zaman diuji dengan : keberadaan peradaban lain yang mungkin berinteraksi dengan Israel dahulu kala, data-data sejarah geologi dan geografi.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #80 pada: Februari 09, 2011, 03:02:53 PM »
1. Penafsiran Kitab Kejadian yang lebih teliti, terpadu dan konsisten
Lebih pada 'tafsiran kitab kejadian versi sonak'.

2. Bahwasannya telah terjadi dan akan terjadi lagi penciptaan berulang
Tidak ada penciptaan berulang, termasuk 'penciptaan adam' 6 ribu tahun silam.

3. Rate pertumbuhan penduduk dunia yang terendah sekali pun menunjukkan bahwa manusia 4000SM tidak lebih dari 10orang
Dan ini penerapan konyol dan maksa dari 'rate pertumbuhan', yang tak didukung data dan fakta yang ada.

4. Ada banjir global sebelum penciptaan Adam (manusia pertama), dan kehidupan sebelumnya punah
Tidak ada bukti banjir global ini, selain hanya sekedar kisah tua

5. Ada kemungkinan tubuh Adam adalah mayat dari peradaban sebelum banjir, yang mana tubuhnya masih menurunkan genetik dari peradaban sebelumnya
Dan tubuh mayat dihidupkan? Atau dikloning? Walah, bukannya golem, malah undead sekarang?

6. Saya menyusun bagaimana terjadinya seluruh isi muka bumi saat ini: antara lain: cakrawala, tumbuhan, hewan dan manusia. (Silakan dibaca ulang)
Tafsiran yang hanya bisa diterima pseudo science

7. Semua informasi di atas didapat dari Kitab Tua yang diwariskan secara turun temurun oleh bangsa Israel. Yang mana mereka mengaku memiliki silsilah mulai dari manusia pertama.
Dan pengakuan macam itu tidak ada nilainya. Sama dengan saat mereka mengaku sebagai 'bangsa pilihan Tuhan'.

8. Keberadaan Israel sepanjang zaman diuji dengan : keberadaan peradaban lain yang mungkin berinteraksi dengan Israel dahulu kala, data-data sejarah geologi dan geografi.
Israel ada sejak beberapa ribu tahun silam, tapi tak ad bukti mereka yang tertua. Uji genetika justru menunjukkan moyang manusia berasal dari afrika puluhan ribu tahun silam.

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #81 pada: Februari 09, 2011, 11:56:37 PM »
Lebih pada 'tafsiran kitab kejadian versi sonak'.
Memang versi saya. Dan lebih teliti.
Tidak ada penciptaan berulang, termasuk 'penciptaan adam' 6 ribu tahun silam.
Menurut Alkitab ada, dan sudah saya tuliskan
Dan ini penerapan konyol dan maksa dari 'rate pertumbuhan', yang tak didukung data dan fakta yang ada.
Pendapat tidak hanya berasal dari Anda. Mari kita biarkan orang lain yang menilai.
www.un.org/esa/population/publications/.../WorldPop2300final.pdf
Tidak ada bukti banjir global ini, selain hanya sekedar kisah tua
Belum dapat disangkal adanya banjir global. Pendapat ahli tentang banjir global 9000SM sudah banyak.
Dan tubuh mayat dihidupkan? Atau dikloning? Walah, bukannya golem, malah undead sekarang?
Tafsiran yang hanya bisa diterima pseudo science
Malah undead sekarang? ...Seolah-olah saya baru berubah konsep? PAdahal dari awal sudah saya kemukakan dua kemungkinan asal tubuh Adam.
Dan pengakuan macam itu tidak ada nilainya. Sama dengan saat mereka mengaku sebagai 'bangsa pilihan Tuhan'.
Israel ada sejak beberapa ribu tahun silam, tapi tak ad bukti mereka yang tertua. Uji genetika justru menunjukkan moyang manusia berasal dari afrika puluhan ribu tahun silam.
Bagi Anda semua tidak ada nilainya. Tetapi bagi pengadilan 'pengakuan' atau 'kesaksian' sangat besar nilainya. Dan itulah sains. Selamat datang di dunia sains...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #82 pada: Februari 10, 2011, 01:28:27 AM »
Memang versi saya. Dan lebih teliti.
Bukannya lebih 'ajaib'? :)

Menurut Alkitab ada, dan sudah saya tuliskan
Hanya karena ada di alkitab bukan berarti pasti benar :)

Pendapat tidak hanya berasal dari Anda. Mari kita biarkan orang lain yang menilai.
www.un.org/esa/population/publications/.../WorldPop2300final.pdf
The page you requested was not found.

Belum dapat disangkal adanya banjir global. Pendapat ahli tentang banjir global 9000SM sudah banyak.
Tidak dapat disangkal? Data dan fakta ilmiah jelas menunjukkan tidak ada indikasi banjir global di masa tersebut. Dan anda tak bisa beri data dan bukti ilmiah sebaliknya.

Malah undead sekarang? ...Seolah-olah saya baru berubah konsep? PAdahal dari awal sudah saya kemukakan dua kemungkinan asal tubuh Adam.
Kisah umum mengacu ke 'golem'. Anda bikin tafsiran versi baru, undead. Dan dua-duanya konyol.

Bagi Anda semua tidak ada nilainya. Tetapi bagi pengadilan 'pengakuan' atau 'kesaksian' sangat besar nilainya. Dan itulah sains. Selamat datang di dunia sains...
Bahkan pengakuan atau kesaksian pun harus dikonfrontir lagi, tidak semua 'kesaksian' atau 'pengakuan' diterima dalam pengadilan. Dan sejauh ini, yang anda sodorkan cuma pseudo sains, kapan ngasih bukti sainsnya? :)

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #83 pada: Februari 11, 2011, 08:44:53 AM »
Bukannya lebih 'ajaib'? :)
Silakan sangkal tafsir saya berdasarkan Alkitab atau berdasar tafsir lain. Saya merasa sangat teliti. Dan memang begitulah kronologis penciptaan menurut Alkitab.
Hanya karena ada di alkitab bukan berarti pasti benar :)
Betul sekali. Itulah sebabnya saya berusaha mencari kesalahan Kitab Kejadian dan belum berhasil. Yang saya temukan adalah kesalahan tafsir, karena kurang teliti dan kurang terpadu.
The page you requested was not found.
Tidak dapat disangkal? Data dan fakta ilmiah jelas menunjukkan tidak ada indikasi banjir global di masa tersebut. Dan anda tak bisa beri data dan bukti ilmiah sebaliknya.
Tidak adanya indikasi banjir global di masa tersebut pun tidak dapat menyangkal bahwa banjir itu benar terjadi. Tetapi jika ada fakta bahwa kehidupan berlanjut pada masa itu. Maka Kitab Kejadian menjadi invalid. Dan saya akan puas jika ada fakta itu. Mohon dicarikan fakta, seperti keberlanjutan Firaun pada masa banjir Nuh..
Kisah umum mengacu ke 'golem'. Anda bikin tafsiran versi baru, undead. Dan dua-duanya konyol.
Perhatikan baik-baik proses penciptaan Adam di Kejadian. Ada yang aneh, yaitu dibentuk dari debu tanah. Saya tidak berusaha mencocokkannya dengan sains, melainkan berusaha lebih teliti. Mengapa tidak diambil Tuhan dari langit? Atau dari air? Atau dari matahari?
Kej. 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Bahkan pengakuan atau kesaksian pun harus dikonfrontir lagi, tidak semua 'kesaksian' atau 'pengakuan' diterima dalam pengadilan. Dan sejauh ini, yang anda sodorkan cuma pseudo sains, kapan ngasih bukti sainsnya? :)
Ya, tidak semua. Tetapi kesaksian 2 atau 3 orang cukup untuk diuji. Apalagi kesaksian miliaran orang?

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #84 pada: Februari 11, 2011, 08:52:52 AM »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #85 pada: Februari 12, 2011, 01:20:06 AM »
Silakan sangkal tafsir saya berdasarkan Alkitab atau berdasar tafsir lain. Saya merasa sangat teliti. Dan memang begitulah kronologis penciptaan menurut Alkitab.
Merasa? Sekalian saja anda ngaku merasa mendapat wahyu untuk itu :)

Betul sekali. Itulah sebabnya saya berusaha mencari kesalahan Kitab Kejadian dan belum berhasil.Yang saya temukan adalah kesalahan tafsir, karena kurang teliti dan kurang terpadu.
Mestinya anda awali dengan berusaha membuktikan kebenaran tafsiran anda :)

Tidak adanya indikasi banjir global di masa tersebut pun tidak dapat menyangkal bahwa banjir itu benar terjadi. Tetapi jika ada fakta bahwa kehidupan berlanjut pada masa itu. Maka Kitab Kejadian menjadi invalid. Dan saya akan puas jika ada fakta itu. Mohon dicarikan fakta, seperti keberlanjutan Firaun pada masa banjir Nuh..


Perhatikan baik-baik proses penciptaan Adam di Kejadian. Ada yang aneh, yaitu dibentuk dari debu tanah. Saya tidak berusaha mencocokkannya dengan sains, melainkan berusaha lebih teliti. Mengapa tidak diambil Tuhan dari langit? Atau dari air? Atau dari matahari?
Kej. 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Di masa lalu, biasa kok manusia mempercayai kisah manusia berasal dari tanah. mengapa? Mungkin karena tanah (liat) adalah salah satu media yang umum dipakai untuk membuat dan membentuk segala sesuatu, termasuk bentuk patung manusia. Dengan logika masa itu, wajar mereka mengira manusia dibuat dari tanah juga. Kisah Dewi Nuwa juga bicara soal manusia dibuat dari tanah (liat kuning), makanya orang China disebut ras kuning :)

Ya, tidak semua. Tetapi kesaksian 2 atau 3 orang cukup untuk diuji. Apalagi kesaksian miliaran orang?
Kesaksian apa? Apa mereka menyaksikan? Atau mereka mendengar dari mulut ke sekian setelah banyak generasi, sehingga kesaksian mereka pun tak lebih dari 'katanya begitu'? :)

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #86 pada: Februari 12, 2011, 02:49:24 AM »
Merasa? Sekalian saja anda ngaku merasa mendapat wahyu untuk itu :)
Bukan wahyu, tapi teliti dan terpadu. Sayang sekali Anda belum berhasil membuktikan kesalahan tafsir saya berdasar Alkitab. Lalu Anda menganggapnya wahyu. Terimakasih.
Mestinya anda awali dengan berusaha membuktikan kebenaran tafsiran anda :)

Sudah sering saya bahas bagaimana sains bekerja. Dan metode pembenaran seperti yang Anda percayai, Anda sendiri belum dapat memberikan contoh kasus suatu hipotesa yang dianalisis terbukti benar.
Di masa lalu, biasa kok manusia mempercayai kisah manusia berasal dari tanah. mengapa? Mungkin karena tanah (liat) adalah salah satu media yang umum dipakai untuk membuat dan membentuk segala sesuatu, termasuk bentuk patung manusia. Dengan logika masa itu, wajar mereka mengira manusia dibuat dari tanah juga. Kisah Dewi Nuwa juga bicara soal manusia dibuat dari tanah (liat kuning), makanya orang China disebut ras kuning :)
Enaknya jadi orang Indonesia, tinggal bilang 'masa lalu', 'dulu', 'lama', 'banyak'. Spertinya gak ada satuan yang baku. Mohon ditulis tahunnya, supaya jelas. Atau setidaknya antara tahun berapa s.d. tahun berapa. Thanks
Kesaksian apa? Apa mereka menyaksikan? Atau mereka mendengar dari mulut ke sekian setelah banyak generasi, sehingga kesaksian mereka pun tak lebih dari 'katanya begitu'? :)
Ha..ha.. melebar kemana-mana..
Apakah Anda menyaksikan kakek dari kakek Anda? Apakah Kakek dari kakek Anda ada?
Sekarang saya katakan Anda adalah jelmaan batu, karena kakek Anda tidak mempunyai kakek. Bagaimana? Tes genetik? Atau kesaksian? Ujilah kesaksian itu. Kesaksian bukan sesuatu yang harus dilihat mata jasmani. Uji forensik pun menjadi bahan kesaksian oleh saksi ahli. Dan masih banyak contoh kesaksian.
Dan kesaksian Roh Kudus pun tidak akan pernah Anda akui atas alasan sains..Padahal sains masih jauh dari sempurna..

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #87 pada: Februari 12, 2011, 02:57:40 AM »
Supaya mempermudah, saya minta tolong dicarikan informasi penyebab terputusnya dinasti keenam Mesir. Apa warna kulit para firaun masing-masing dinasti. Dan mengapa ras dominan manusia adalah 3 warna yaitu: hitam, putih dan Asia Timur.
BTW. Jika Anda Buddhist, apakah Anda percaya kesaksian 1 orang yang mengaku dilahirkan jutaan kali dan terakhir sudah mencapai kesempurnaan?
Yesus saja disaksikan oleh banyak nabi s.d. Yohanes, baru kemudian terlahir.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #88 pada: Februari 12, 2011, 06:01:59 AM »
Bukan wahyu, tapi teliti dan terpadu. Sayang sekali Anda belum berhasil membuktikan kesalahan tafsir saya berdasar Alkitab. Lalu Anda menganggapnya wahyu. Terimakasih.Sudah sering saya bahas bagaimana sains bekerja. Dan metode pembenaran seperti yang Anda percayai, Anda sendiri belum dapat memberikan contoh kasus suatu hipotesa yang dianalisis terbukti benar.Enaknya jadi orang Indonesia, tinggal bilang 'masa lalu', 'dulu', 'lama', 'banyak'. Spertinya gak ada satuan yang baku. Mohon ditulis tahunnya, supaya jelas. Atau setidaknya antara tahun berapa s.d. tahun berapa. ThanksHa..ha.. melebar kemana-mana..
Apakah Anda menyaksikan kakek dari kakek Anda? Apakah Kakek dari kakek Anda ada?
Sekarang saya katakan Anda adalah jelmaan batu, karena kakek Anda tidak mempunyai kakek. Bagaimana? Tes genetik? Atau kesaksian? Ujilah kesaksian itu. Kesaksian bukan sesuatu yang harus dilihat mata jasmani. Uji forensik pun menjadi bahan kesaksian oleh saksi ahli. Dan masih banyak contoh kesaksian.
Dan kesaksian Roh Kudus pun tidak akan pernah Anda akui atas alasan sains..Padahal sains masih jauh dari sempurna..

Anda mengklaim, dan saat aku minta bukti klaim anda, anda malah nuntut bukti sebaliknya. gambar di atas mewakili. Dan anda mau celoteh sains tidak sempurna? Emagn anda kira dogma anda sempurna? beda antara sains dan dogma adalah sains boleh dipertanyakan, dogma tidak.

Misal keberadaan babylonia, menurut arkeolog sudah ada sejak setidaknya 5000 SM. Itu jgua sudah ebrbebtuk kerajaan, artinya sebelumnya juga sudah ada. Dan tidak ada bukti arkeologis banjir global pernah menghancurkan negeri itu. Tapi anda ngotot kalau ada banjir global, bahwa perhitungan waktu untuk pengujian cuma menggunakan carbon dating. Giliran ditanya bukti pengujian itu cuma pakai carbon dating, langsugn deh kura-kura dalam perahu...

Saat diminta bukti celoteh anda, anda tidak bisa, dan cuma bisa menyodorkan link antah berantah :)

Entar kita bikin kisah kalau manusia diciptakan oleh Deus mengunakan zohar yang memanfaatkan energi dari dimensi lain, yang mana Deus menunggu manusia cukup berevolusi sebelum menarik mereka kembali untuk menjadi satu dengan Deus.

Dan anda tidak bisa buktikan kisah itu salah ::)

BTW. Jika Anda Buddhist, apakah Anda percaya kesaksian 1 orang yang mengaku dilahirkan jutaan kali dan terakhir sudah mencapai kesempurnaan?
Yesus saja disaksikan oleh banyak nabi s.d. Yohanes, baru kemudian terlahir.
Aku tidak percaya begitu saja meski itu ada di kitab suciku. Masih ada banyak hal yang belum kupahami, dan aku memiliki keraguan. Dan Buddhsime membenarkan keraguan tersebut. Bahkan kelahiran kembali bisa diuji sendiri, jika anda mampu.

Disaksikan? Emang siapa yang emnyaksikan? Adakah dari keempat murid yang katanya menulis injil yang menyaksikan kelahirannya? Dari mana mereka mendengr kisah tersebut? Bahkan kebenaran herodes memerintahkan membunuh anak di bawah dua tahun pun meragukan, itu lebih mirip adaptasi kisah Kansa yang memerintahkan membunuh anak usia di bawah dua tahun (kisah Krisna)
« Edit Terakhir: Februari 12, 2011, 06:30:31 AM oleh Pi-One »

Offline sonak140278

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 1
Re: JAGAD RAYA DAN KITAB KEJADIAN
« Jawab #89 pada: Februari 14, 2011, 11:04:25 AM »

Anda mengklaim, dan saat aku minta bukti klaim anda, anda malah nuntut bukti sebaliknya. gambar di atas mewakili. Dan anda mau celoteh sains tidak sempurna? Emagn anda kira dogma anda sempurna? beda antara sains dan dogma adalah sains boleh dipertanyakan, dogma tidak.
Sudah pernah saya katakan, dogma di Kristen berkembang dan boleh ditentang. PErlu bukti juga?
Misal keberadaan babylonia, menurut arkeolog sudah ada sejak setidaknya 5000 SM. Itu jgua sudah ebrbebtuk kerajaan, artinya sebelumnya juga sudah ada. Dan tidak ada bukti arkeologis banjir global pernah menghancurkan negeri itu. Tapi anda ngotot kalau ada banjir global, bahwa perhitungan waktu untuk pengujian cuma menggunakan carbon dating. Giliran ditanya bukti pengujian itu cuma pakai carbon dating, langsugn deh kura-kura dalam perahu...
Mohon dimengerti dulu maksudnya, bahwa sekali pun ada kehidupan sebelum 4100SM, toh tidak membantah Kitab Kejadian. Tetapi jika ada data bahwa pada saat banjir Nuh ada peradaban yang berlanjut , maka ALKITAB TERBUKTI INVALID.
LAgipula maksud data tahun yang saya minta adalah tentang Kisah Dewi Nuwa. Siapa tahu kamu benar Alkitab meniru Kisah Dewi Nuwa...; )
Saat diminta bukti celoteh anda, anda tidak bisa, dan cuma bisa menyodorkan link antah berantah :)
Link yang mana yang antah berantah, dan yang bagaimana yang bagus? Anda sudah sekolah belum sih? Belum dijawab pertanyaan saya dari dulu.
Entar kita bikin kisah kalau manusia diciptakan oleh Deus mengunakan zohar yang memanfaatkan energi dari dimensi lain, yang mana Deus menunggu manusia cukup berevolusi sebelum menarik mereka kembali untuk menjadi satu dengan Deus.

Dan anda tidak bisa buktikan kisah itu salah ::)
Aku tidak percaya begitu saja meski itu ada di kitab suciku. Masih ada banyak hal yang belum kupahami, dan aku memiliki keraguan. Dan Buddhsime membenarkan keraguan tersebut. Bahkan kelahiran kembali bisa diuji sendiri, jika anda mampu.

Disaksikan? Emang siapa yang emnyaksikan? Adakah dari keempat murid yang katanya menulis injil yang menyaksikan kelahirannya? Dari mana mereka mendengr kisah tersebut? Bahkan kebenaran herodes memerintahkan membunuh anak di bawah dua tahun pun meragukan, itu lebih mirip adaptasi kisah Kansa yang memerintahkan membunuh anak usia di bawah dua tahun (kisah Krisna)
Pengertian Anda tentang kesaksian sangat sempit.
Saya bersaksi bahwa saya adalah keturunan ke-20 Si Raja Batak, bukan karena saya melihat keduapuluh generasi terlahir. Melainkan Ayah saya bersaksi kepada saya, kakek saya bersaksi kepada bapak saya, bapak kakek saya bersaksi kepada,,,,....capek deh...Lalu kesaksian saya diuji oleh kesaksian keturunan lain, dan juga oleh peninggalan-peninggalan berupa tugu, makam dsb cape deh...
BTW , suatu dongeng pun boleh dijadikan hipotesis...jika ada yang menganut,,dan boleh dianalisis..jika ada yang mau analisis...Dan silakan dijadikan teori, jika tidak ada yang mengujinya atau jika tidak ada yang membuktikan kesalahannya..
« Edit Terakhir: Februari 14, 2011, 11:07:33 AM oleh sonak140278 »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
37370 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 09, 2009, 06:57:51 AM
oleh manusiarender
96 Jawaban
57250 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2012, 10:56:42 AM
oleh mhyworld
18 Jawaban
13571 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2018, 12:41:34 AM
oleh The Houw Liong
2 Jawaban
4508 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2011, 08:48:30 AM
oleh sayang
255 Jawaban
70243 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 27, 2012, 02:21:17 AM
oleh Farabi