Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 12, 2021, 08:29:43 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 195
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jiwa - Apa artinya buat anda?  (Dibaca 11272 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Jiwa - Apa artinya buat anda?
« pada: November 22, 2006, 10:53:05 AM »
Jiwa definisi wiki adalah energi mental yang memiliki kekuatan untuk dapat memotivasi terjadinya proses perilaku yang menjadi bentukan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

buat kalian, apa artinya  ???

sandoko

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #1 pada: Desember 04, 2006, 01:40:46 AM »
jiwa bagi gua sih kalo ga ada dia kita gak bakalan balas nih thread..he3....menurut gua jiwa itu bagian dari kita yang tidak kekal....yang tidak bersifat keakuan...

advisor

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #2 pada: Desember 17, 2006, 07:58:39 PM »
Jiwa itu soul  ;D hehehe.... garing.

Maap, ga bisa jawab sama sekali neh. Emang apa sih jiwa?

notwelldefined

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #3 pada: Januari 24, 2007, 07:48:56 AM »
dulu aku pernah punya sepatu tracking.
solnya rusak, jadi kuganti solnya.
sampai disini, bisa aku bilang aku masih mmemiliki sepatu yang sama dg yang sebelumnya, cuma diganti solnya saja.

setahun kemudian, bagian atasnya yang rusak, solnya utuh.
jadi kemudian diganti juga bagian atasnya (kulit dan kanvasnya).
nah, di situ pun, aku masih merasa memakai sepatu yang sama juga, meskipun sudah diganti solnya dan bagian atasnya.
masih jiwa sepatu yang lama.

itulah jiwa, kurasa begitu.

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #4 pada: Februari 05, 2007, 11:57:01 PM »
Kalau menurut saya.... ::)
Jiwa itu pikiran dan ingatan kita alias semua yang berhubungan dengan hasil kerja otak kita (bukan otaknya lho).

Nah kalau ada orang yang tidak menghasilkan sebuah karya pikir dan ingatan, maka orang tersebut sudah kehilangan jiwa-nya, yang tertinggal hanya raga-nya saja.

Apakah orang gila?
Dia berpikir nggak sih?

Apakah orang stress berat?
Dia masih bereaksi 'kan?

Apakah orang koma?
Bisa jadi sih....

 :-*
DeJoko


eka

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #5 pada: Agustus 05, 2007, 03:23:08 AM »
Psyche (yunani) berarti jiwa, adalah "sesuatu" hal yang menggerakkan unsur kemanusiaan kita. Jiwa tidak nampak, namun dapat diukur, dirasa, diobservasi, semua dari efek tingkah laku yang dimunculkan oleh si manusia.
Beberapa berpendapat bahwa jiwa terdiri dari tiga unsur, yakni; unsur kognitif (pola pikir/otak), unsur afektif (perasaan), dan unsur konatif (tingkah laku).
Ketiga unsur tersebut bekerja bersama dan berkaitan satu sama lain dari dalam diri manusia.
Bayangkan jika salah satu unsur tersebut mati/tidak berfungsi?
Ya artinya sama saja dengan "cacat".
Mudah-mudahan dapat menjawab.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #6 pada: Agustus 05, 2007, 04:12:04 PM »
hm.. kalo belahan jiwa gw tahu sih  :-* ... hihihi  ;D

barusan baca di Nature (http://www.nature.com/news/2007/070730/full/070730-7.html), simpanse dan orang utan secara taktis mampu memodifikasi bahasa tubuh mereka sampai mereka mendapatkan apa yg mereka inginkan dr pawang mrk. Mungkin terlalu jauh utk mengatakan bahwa simpanse dan orang utan juga memiliki aspek kognitif, afektif, dan konatif, mirip seperti manusia (ntar kita ga bisa lagi dong bilang bhw manusia adl makhluk yg paling mulia  ;D). Cuma saya jadi rada bingung, apa iya jiwa (dengan definisi / penjelasan yg diberikan eka) itu eksklusif utk makhluk bernama manusia aja? atau jiwa itu berevolusi juga? kita kadang bilang seseorang itu berjiwa luhur (atau berbudi luhur ya  ;D sama ga sih?) ketika dia penuh empati dan kasih pada sesamanya. Gimana dg makhluk anjing misalnya? yg (seolah?) bisa juga menunjukkan sikap suka, tidak suka, dsb., meski anjing tentu saja tidak bisa mewujudkan empatinya dg memberi donasi  ;D

Trus gimana juga dengan pandangan bahwa jiwa itu immortal? Raga satu individu bisa mati. Tapi ide (reason, konsep, nilai moral/benar dan salah, dsb.) yg sama yg dimiliki satu individu ternyata dimiliki juga oleh individu2 di belahan dunia lain, tanpa dua bangsa ini harus bertemu. Dan ide ini terus berkembang dr generasi ke generasi. Tidak ikut "berhenti" seperti raga. Dalam konteks ini, jiwa itu apa? dan darimana asalnya?

maap kalo jadi melebar yah  :D
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

dianpramesti

  • Pengunjung
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #7 pada: September 02, 2007, 07:29:32 AM »
begitu denger kata 'jiwa' ada satu frase yang muncul di kepalaku, yaitu 'sakit jiwa'.
dan begitu baca post dari eka, aku langsung manggut-manggut.
jiwa yang ada di 'sakit jiwa' itu seide sama jiwa yang dikasih tau eka.

tapi kalau jiwa yang disebut peregrin di 'jiwa yang immortal' *kayak kepercayaan orang mesir gtu??*
kupikir jiwa di sini adalah 'roh'.. waduh, iya gak sih? *agak ga pede* :D
soalnya ada di dalam konteks 'jiwa dan raga' yang udah jadi korban dikotomi umum
*silakan nanya anak SD kalo ga percaya, pasti dibilang bahwa jiwa dan raga adalah antonim satu sama lain* :D
tapi 'jiwa-raga' ada juga dalam konteks 'jiwa' yang beda. contohnya di 'di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat'. di sini seolah-olah konsep jiwa 'psyche' overlap sama jiwa yang 'roh'.

trus, kupikir konsep jiwa yang ada di 'dua individu yang tepisah' itu udah beda lagi.
bukan psyche, dan bukan pula roh.

*lalu apa dong??* :D

Offline AmunRa

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Athair Ar Neamh
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #8 pada: September 23, 2008, 01:49:28 PM »
kalau menurut saya;
jiwa itu sama dengan roh...
yang mengatur otak mungkin,
contoh semunya, waktu orang meninggal tubuh secara fisiknya mati, tetapi jiwa ataupun rohnya tetap hidup dan entah pergi saat kapan dan dimana...
roh berdekatan dengan spiriual (SQ)

Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
Re: Jiwa - Apa artinya buat anda?
« Jawab #9 pada: September 25, 2008, 02:37:28 PM »
jiwa itu ibarat pondasi kehidupan buat kita....
raga kita ibarat bangunannya....
bangunan bisa saja rusak.. tapi belum tentu pondasinya juga ikutan rusak...
tapi kalau pondasinya rusak.. sudah dipastikan bangunannya akan ikut rusak...
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
11961 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 05:20:08 AM
oleh oyi
34 Jawaban
18659 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 02:04:38 PM
oleh Hendy wijaya, MD
0 Jawaban
2725 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 06, 2011, 12:23:32 PM
oleh el_wafa
20 Jawaban
10284 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 09:16:27 AM
oleh exile_rstd
15 Jawaban
7798 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2012, 04:24:01 AM
oleh mhyworld