Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 25, 2024, 10:30:41 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 201
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Keajaiban Al-Quran

Dimulai oleh semut-ireng, Juli 21, 2010, 10:43:12 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

WoLong

#165
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 09:21:35 AM
Kembali lagi tuh konsep:)
"sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya."
Inilah konsep yang pantas untuk dipegang:)

Kebayang ga sih, ini telah tertulis sejak jaman dulu?
dan masih relefan sampai sekarang.
Ilmuwan meneliti dengan menggunakan metode dan alat yang canggih.
Eh, kesimpulannya sama: alam semesta ini meluas:)

Heran, itulah tipikal org2 yg fanatik buta dan ignorant, begitu ada secuil kata2 dalam KS yg kira2 mirip dengan penjelasan kata2 dalam sains begitu diagung2kannya betapa kesaktian KS tersebut dan seolah2 itulah penjelasan logicnya(termasuk membanggakan sains krn membuktikan secuil kata2 dalam KS tersebut) , tetapi diabaikan adanya segunung kata2 dalam KS tersebut yg bertentangan sama sekali dengan sains bahkan absurb menurut sains. Biasanya utk yg demikian larikan ke pernyataan klise kaum theis : lain penafsiran lah, rahasia tuhan lah, diluar jangkauan nalar manusia lah, pakai iman lah dan lainnya ( dlm hal ini mrk brgitu menentang sains karena segunung kata2 dlm KS tersebut tdk dibenarkan mrt kaidah sains) .




He Who Drinks Gets Drunk
He Who Gets Drunk Sleeps
He Who Sleeps Commits No Sin
He Who Commits No Sin Goes To Heaven

So Let's All Get Drunk And Go To Heaven ..

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada September 20, 2010, 12:43:58 PM
y dari sini dulu aja deh
citra dominan hijau?bisa tunjukkan sumber beritanya? apakah NASA mengatakan seperti itu?
Darimana anda tau NASA terbiasa mengganti warna untuk memperoleh citra yang paling baik?
maksud dari paling baik itu apa? paling baik mendekati aslinya atau gmn?
Alasan Nasa memberi nama "Cat's Eye Nebula" adalah karena bentuk yang mirip mata kucing, jgua warna hijaunya yang khas. Rasanya di berbagai artikel ada disebutkan. Dan artikel NASA atau astronomi (kecuali yang sudah disulap di situs muslim) tidak menyebut warnanya merah seperti mawar.

Dan soal NASA mengganti warna itu sudah pengetahuan umum. Kasus ini yang dulu sempat dibawa-bawa untuk teori konspirasi tempo hari bahwa Mars kondisinya mirip dengan bumi.

WoLong

Para pengagum dan pengikut HY baiknya kalian deklarasikan sebuah cabang ilmu baru yaitu COCOKLOGI. Dengan demikian setiap penjelasan kalian akan dianggap ilmiah krn udah menurut kaidah sebuah IlMU. Setiap argumen kalian bisa disertakan kalimat berikut "menurut cocoklogi".
Siapa tau kedepannya ilmu ini dapat masuk ke dalam kurikurum sekolah2, bahkan uni2 seluruh dunia.  ;D dan Harun Yahya akhirnya harum namanya dengan gelar bpk ilmu COCOKLOGI. Sejajar dengan Adam Smith sbg Bpk ilmu Enonomi , Hippocrates sbg bpk ilmu kedokteran, dan tokoh2 lainya  ;D ;D ;D ;D
He Who Drinks Gets Drunk
He Who Gets Drunk Sleeps
He Who Sleeps Commits No Sin
He Who Commits No Sin Goes To Heaven

So Let's All Get Drunk And Go To Heaven ..

Pi-One

Hm, si rizki apa gak sadar, jika di situs-situs astronomi, image nebula dengan warna merah itu biasa disebut image versi 'komposit' (composite), karena dibentuk dengan menyusun warna merah, biru, hijau, yang masing-masing mewakili unsur yang dikandung? Sementara gambar nebula yang dominan hijau, praktis disebut sebagai 'foto yang diambil teropong luar angkasa Hubble' (Photo taken by the Hubble Space Telescope).

rizqi_fs

Kutip
Sementara gambar nebula yang dominan hijau, praktis disebut sebagai 'foto yang diambil teropong luar angkasa Hubble' (Photo taken by the Hubble Space Telescope).
Iy, sama cuman kepengen tahu aja bukti anda bilang "Photo taken by the Hubble Space Telescope"
padahal "Hubble Space Telecsope" itu original imagenya dalah hitam putih
berdasar pada situs Hubble sendiri
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
----
Taking color pictures with the Hubble Space Telescope is much more complex than taking color pictures with a traditional camera. For one thing, Hubble doesn't use color film — in fact, it doesn't use film at all. Rather, its cameras record light from the universe with special electronic detectors. These detectors produce images of the cosmos not in color, but in shades of black and white.

Finished color images are actually combinations of two or more black-and-white exposures to which color has been added during image processing.

The colors in Hubble images, which are assigned for various reasons, aren't always what we'd see if we were able to visit the imaged objects in a spacecraft. We often use color as a tool, whether it is to enhance an object's detail or to visualize what ordinarily could never be seen by the human eye.
-----

anda terus ngotot bilang hijau tanpa bukti dan analisa

rizqi_fs

Yang ini, anda juga perlu tahu
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

"Many full-color Hubble images are combinations of three separate exposures — one each taken in red, green, and blue light. When mixed together, these three colors of light can simulate almost any color of light that is visible to human eyes. That's how televisions, computer monitors, and video cameras recreate colors."

semut-ireng

Kutip dari: WoLong pada September 20, 2010, 08:08:38 PM
Para pengagum dan pengikut HY baiknya kalian deklarasikan sebuah cabang ilmu baru yaitu COCOKLOGI. Dengan demikian setiap penjelasan kalian akan dianggap ilmiah krn udah menurut kaidah sebuah IlMU. Setiap argumen kalian bisa disertakan kalimat berikut "menurut cocoklogi".
Siapa tau kedepannya ilmu ini dapat masuk ke dalam kurikurum sekolah2, bahkan uni2 seluruh dunia.  ;D dan Harun Yahya akhirnya harum namanya dengan gelar bpk ilmu COCOKLOGI. Sejajar dengan Adam Smith sbg Bpk ilmu Enonomi , Hippocrates sbg bpk ilmu kedokteran, dan tokoh2 lainya  ;D ;D ;D ;D

Kayaknya Cocoklogi sudah ada yang menggunakan,  itu mereka yang menemukan fosil Piltdown,  fosil manusia Nebraska,  dan yang memamerkan Ota Benga .......... :D :D

rizqi_fs

he he setuju om semut-ireng, memang cocok namanya Cocoklogi:)

Pi-One

#173
Kutip dari: rizqi_fs pada September 21, 2010, 09:16:44 AM
Iy, sama cuman kepengen tahu aja bukti anda bilang "Photo taken by the Hubble Space Telescope"
padahal "Hubble Space Telecsope" itu original imagenya dalah hitam putih
berdasar pada situs Hubble sendiri
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
----
Taking color pictures with the Hubble Space Telescope is much more complex than taking color pictures with a traditional camera. For one thing, Hubble doesn't use color film — in fact, it doesn't use film at all. Rather, its cameras record light from the universe with special electronic detectors. These detectors produce images of the cosmos not in color, but in shades of black and white.

Finished color images are actually combinations of two or more black-and-white exposures to which color has been added during image processing.

The colors in Hubble images, which are assigned for various reasons, aren't always what we'd see if we were able to visit the imaged objects in a spacecraft. We often use color as a tool, whether it is to enhance an object's detail or to visualize what ordinarily could never be seen by the human eye.
-----

anda terus ngotot bilang hijau tanpa bukti dan analisa
kalau gitu, aku kasih pertanyaan sederhana. Menurut anda, apa warna nebula mata kucing jika dilihat pakai teleskop biasa? Kemerahan? Nop. jawabnya: biru-hijau. :)

KutipAn 8 cm telescope will show a foggy blue-green disk; more powerful instruments are needed to reveal the internal structure.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Kenapa sesuatu yang katanya warnanya dominan merah malah terlihat jadi hijau biru kalau dilihat pakai teleskop? ::)

Dan anda belum jawab, apa juga korelasi nebula dengan langit terbelah? ::)

Pi-One

#174
Kutip dari: rizqi_fs pada September 21, 2010, 02:25:12 PM
he he setuju om semut-ireng, memang cocok namanya Cocoklogi:)
Cocoknologi itu untuk mereka yang koar-koar soal nebraska man, piltdown man dan ota benga tanpa mau tahu fakta aslinya, dan cuma mau nelan propaanda si tukang obat. Aku yakin, anda maupun si semut-asbun gak tahu bahwa si osborn sendiri bahkan gak pernah ngasih istilah 'manusia' :)

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

rizqi_fs

Kutip
kalau gitu, aku kasih pertanyaan sederhana. Menurut anda, apa warna nebula mata kucing jika dilihat pakai teleskop biasa? Kemerahan? Nop. jawabnya: biru-hijau. senyum
he he, jawaban anda itu kok ga ada dasar yang menguatkan (terkesan jawaban pribadi tanpa bukti yg ga bisa diterima)

Berdasarkan kemampuan teleskop biasa
y ga bisa diliat:p, perlu bantuan pesawat untuk mencapai jarak kemampuan teleskop biasa. Dan warnanya dah jelas seperti yang direkonstruksikan pakai teknik RGB.

Kutip
An 8 cm telescope will show a foggy blue-green disk; more powerful instruments are needed to reveal the internal structure.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
lagi-lagi jawaban anda ga sejalan dengan sumber yang anda pakai. Jelas-jelas yang nulis bilang butuh teleskop yang lebih canggih lagi untuk mengetahui lebih dalam.
Dan sederhana saja, mengapa dia bilang dari hubble? padahal disitus hubble sendiri final reconstruksi warnyanya merah. Dan teknik RGB yang dipakai hubble itu memang untuk mengetahui warna asli (sesuai yang dibilang situs bubble sendiri) dan teknik itu juga dipakai untuk menampilkan warna di layar TV, monitor dan video camera.

mengenai langit terbelah saya mesih mencoba memahami, inilah menariknya Al Quran, bisa mendorong kita untuk berfikir:). Dan Nebula yang berbentuk mawar merah seperti minyak berkilau itu menjadi clue nantinya. Saya memohon kepada Allah untuk diberikan hikmah memahami mengapa Allah menuliskan itu dalam Al Quran. lagian ilmuwan astronomi sekarang juga masih bilang klo nebula mata kucing itu sampai sekarang masih misterius, belum ada penjelasan lebih, cuman gambar doank.




rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada September 21, 2010, 10:12:45 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada September 21, 2010, 02:25:12 PM
he he setuju om semut-ireng, memang cocok namanya Cocoklogi:)
Cocoknologi itu untuk mereka yang koar-koar soal nebraska man, piltdown man dan ota benga tanpa mau tahu fakta aslinya, dan cuma mau nelan propaanda si tukang obat. Aku yakin, anda maupun si semut-asbun gak tahu bahwa si osborn sendiri bahkan gak pernah ngasih istilah 'manusia' :)

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Klo ga ada Harun Yahya dan yang lainnnya, bisa jadi kesalahan analisa dan didukung oleh gambar imajinasi itu menyesatkan manusia. Saya bersyukur ada Harun Yahya yang memberikan penawar. Saya juga yakin tidak ada manusia yang tidak pernah salah, termasuk Harun Yahya.

rizqi_fs

Kembali ke judul Topik Lagi "Keajaiban Al Quran"

Ini masalah siapa yang lebih menentukan jenis kelamin anak, pria atau wanita?

Hingga baru-baru ini, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh sel-sel ibu. Atau setidaknya, dipercaya bahwa jenis kelamin ini ditentukan secara bersama oleh sel-sel lelaki dan perempuan. Namun kita diberitahu informasi yang berbeda dalam Al Qur'an, yang menyatakan bahwa jenis kelamin laki-laki atau perempuan diciptakan "dari air mani apabila dipancarkan".

didalam Al Quran sebelum ditemukannya ilmu soal genetika diinformasikan

"Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan." (Al Qur'an, 53:45-46)

Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan biologi molekuler telah membenarkan secara ilmiah ketepatan informasi yang diberikan Al Qur'an ini. Kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria, dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini.



Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom ini disebut "XY" pada pria, dan "XX" pada wanita. Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.

Kromosom Y membawa sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X berisi sifat-sifat kewanitaan. Di dalam sel telur ibu hanya dijumpai kromosom X, yang menentukan sifat-sifat kewanitaan. Di dalam air mani ayah, terdapat sperma-sperma yang berisi kromosom X atau kromosom Y saja. Jadi, jenis kelamin bayi bergantung pada jenis kromosom kelamin pada sperma yang membuahi sel telur, apakah X atau Y. Dengan kata lain, sebagaimana dinyatakan dalam ayat tersebut, penentu jenis kelamin bayi adalah air mani, yang berasal dari ayah. Pengetahuan tentang hal ini, yang tak mungkin dapat diketahui di masa Al Qur'an diturunkan, adalah bukti akan kenyataan bahwa Al Qur'an adalah kalam Allah.

Pembentukan seorang manusia baru berawal dari penggabungan silang salah satu dari kromosom ini, yang pada pria dan wanita ada dalam keadaan berpasangan. Pada wanita, kedua bagian sel kelamin, yang membelah menjadi dua selama peristiwa ovulasi, membawa kromosom X. Sebaliknya, sel kelamin seorang pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda, satu berisi kromosom X, dan yang lainnya berisi kromosom Y. Jika satu sel telur berkromosom X dari wanita ini bergabung dengan sperma yang membawa kromosom Y, maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pria.

Dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari pria yang bergabung dengan sel telur wanita.

Tak satu pun informasi ini dapat diketahui hingga ditemukannya ilmu genetika pada abad ke-20. Bahkan di banyak masyarakat, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita. Inilah mengapa kaum wanita dipersalahkan ketika mereka melahirkan bayi perempuan.

Namun, tiga belas abad sebelum penemuan gen manusia, Al Qur'an telah mengungkapkan informasi yang menghapuskan keyakinan takhayul ini, dan menyatakan bahwa wanita bukanlah penentu jenis kelamin bayi, akan tetapi air mani dari pria.

sumber : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada September 22, 2010, 04:57:43 AM
he he, jawaban anda itu kok ga ada dasar yang menguatkan (terkesan jawaban pribadi tanpa bukti yg ga bisa diterima)

Berdasarkan kemampuan teleskop biasa
y ga bisa diliat:p, perlu bantuan pesawat untuk mencapai jarak kemampuan teleskop biasa. Dan warnanya dah jelas seperti yang direkonstruksikan pakai teknik RGB.

lagi-lagi jawaban anda ga sejalan dengan sumber yang anda pakai. Jelas-jelas yang nulis bilang butuh teleskop yang lebih canggih lagi untuk mengetahui lebih dalam.
Dan sederhana saja, mengapa dia bilang dari hubble? padahal disitus hubble sendiri final reconstruksi warnyanya merah. Dan teknik RGB yang dipakai hubble itu memang untuk mengetahui warna asli (sesuai yang dibilang situs bubble sendiri) dan teknik itu juga dipakai untuk menampilkan warna di layar TV, monitor dan video camera.

mengenai langit terbelah saya mesih mencoba memahami, inilah menariknya Al Quran, bisa mendorong kita untuk berfikir:). Dan Nebula yang berbentuk mawar merah seperti minyak berkilau itu menjadi clue nantinya. Saya memohon kepada Allah untuk diberikan hikmah memahami mengapa Allah menuliskan itu dalam Al Quran. lagian ilmuwan astronomi sekarang juga masih bilang klo nebula mata kucing itu sampai sekarang masih misterius, belum ada penjelasan lebih, cuman gambar doank.
Makanya, malas banget menanggapi asbuner. Nebula mata kuciong jika diamati dengan teropong (atau dengan amta telanjang, jika kita bisa cukup dekat), akan terlihat seperti piringan berkabut berwarna hijau-biru. Gak ada sumber ilmiah yang emngatakan nebula itu aslinya berwarna merah seperti mawar. Dan udah jelas foto nebula yang domian merah adalah foto komposti yang menunjukkan kandungan unsur hidrogen, oksigen dan ion nitrogen.

Kesannya anda memaksakan mencocok-cokkan nebula yang aslinya gak cocok tadi dengan ayat, makanya gak heran tuduhan cocoknologi mengarah pada anda :)

Kutip dari: rizqi_fs pada September 22, 2010, 08:56:45 AM
Klo ga ada Harun Yahya dan yang lainnnya, bisa jadi kesalahan analisa dan didukung oleh gambar imajinasi itu menyesatkan manusia. Saya bersyukur ada Harun Yahya yang memberikan penawar. Saya juga yakin tidak ada manusia yang tidak pernah salah, termasuk Harun Yahya.
Wakaka... nebraska man sudah dikoreksi oleh ilmuwan sendiri, puluhan tahun silam. Cuma kreasionis termasuk si tukang obat yang terus mengungkit kasus yang sudah diselesaikan oleh sesama ilmuwan sendiri. Sekali lagi, anda bisa bawa kutipan tulisan Osborn yang mengatakan fosil itu adalah 'manusia nebraska'?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada September 22, 2010, 09:04:45 AM
Kembali ke judul Topik Lagi "Keajaiban Al Quran"

Ini masalah siapa yang lebih menentukan jenis kelamin anak, pria atau wanita?

Hingga baru-baru ini, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh sel-sel ibu. Atau setidaknya, dipercaya bahwa jenis kelamin ini ditentukan secara bersama oleh sel-sel lelaki dan perempuan. Namun kita diberitahu informasi yang berbeda dalam Al Qur'an, yang menyatakan bahwa jenis kelamin laki-laki atau perempuan diciptakan "dari air mani apabila dipancarkan".

didalam Al Quran sebelum ditemukannya ilmu soal genetika diinformasikan

"Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan." (Al Qur'an, 53:45-46)

Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan biologi molekuler telah membenarkan secara ilmiah ketepatan informasi yang diberikan Al Qur'an ini. Kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria, dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini.



Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom ini disebut "XY" pada pria, dan "XX" pada wanita. Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.

Kromosom Y membawa sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X berisi sifat-sifat kewanitaan. Di dalam sel telur ibu hanya dijumpai kromosom X, yang menentukan sifat-sifat kewanitaan. Di dalam air mani ayah, terdapat sperma-sperma yang berisi kromosom X atau kromosom Y saja. Jadi, jenis kelamin bayi bergantung pada jenis kromosom kelamin pada sperma yang membuahi sel telur, apakah X atau Y. Dengan kata lain, sebagaimana dinyatakan dalam ayat tersebut, penentu jenis kelamin bayi adalah air mani, yang berasal dari ayah. Pengetahuan tentang hal ini, yang tak mungkin dapat diketahui di masa Al Qur'an diturunkan, adalah bukti akan kenyataan bahwa Al Qur'an adalah kalam Allah.

Pembentukan seorang manusia baru berawal dari penggabungan silang salah satu dari kromosom ini, yang pada pria dan wanita ada dalam keadaan berpasangan. Pada wanita, kedua bagian sel kelamin, yang membelah menjadi dua selama peristiwa ovulasi, membawa kromosom X. Sebaliknya, sel kelamin seorang pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda, satu berisi kromosom X, dan yang lainnya berisi kromosom Y. Jika satu sel telur berkromosom X dari wanita ini bergabung dengan sperma yang membawa kromosom Y, maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pria.

Dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari pria yang bergabung dengan sel telur wanita.

Tak satu pun informasi ini dapat diketahui hingga ditemukannya ilmu genetika pada abad ke-20. Bahkan di banyak masyarakat, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita. Inilah mengapa kaum wanita dipersalahkan ketika mereka melahirkan bayi perempuan.

Namun, tiga belas abad sebelum penemuan gen manusia, Al Qur'an telah mengungkapkan informasi yang menghapuskan keyakinan takhayul ini, dan menyatakan bahwa wanita bukanlah penentu jenis kelamin bayi, akan tetapi air mani dari pria.

sumber : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Penafsiran maksa. Cuma karena dibilang soal air mani, latnas mencocokkan bahwa air mani yang menentukan kelamin.Padahal apa ada ayat yang bicara spesifik soal sel telur? Karena sel telur tidak diketahui oleh orang-orang di amsa itu, temrasuk oelh ahli kedokteran Yunani seperti Galen sekalipun!