Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 25, 2024, 10:10:17 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 201
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Keajaiban Al-Quran

Dimulai oleh semut-ireng, Juli 21, 2010, 10:43:12 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

yah akan selalu begini kan. yang nggak percaya akan ngotot nggak percaya, yang percaya akan ngotot percaya.

segala sesuatunya itu kembali pada individu masing masing.
tidak mungkin memaksakan keistimewaan sesuatu yang berhubungan dengan iman.
kadang kadang saja ada kok orang islam yang tidak tahu keajaiban Al-qur'an.

kalau memang Ilmunya sudah cukup untuk membuktikan silahkan!
namun jika hanya berdebat otot-ototan. perang kata-kata. nggak akan menjadikan manfaat!

Kutipsejak diterbitkan karya2 Harun Yahya banyak orang muslim bereforia mengislamisasi sains. mereka menghubung2 kan perkembangan sains modern dg quran untuk menunjukkan kebenaran. ini menurut sy berbahaya. jangan sampai qt salah dlm menginterpretasi quran karena keterbatasan alat iptek. apalagi membahas sesuatu yg tdk dikuasai.
saya setuju dengan pendapat ini.

rizqi_fs

Kutip dari: utusan langit pada Juli 26, 2010, 12:07:20 PM
yah akan selalu begini kan. yang nggak percaya akan ngotot nggak percaya, yang percaya akan ngotot percaya.

segala sesuatunya itu kembali pada individu masing masing.
tidak mungkin memaksakan keistimewaan sesuatu yang berhubungan dengan iman.
kadang kadang saja ada kok orang islam yang tidak tahu keajaiban Al-qur'an.

kalau memang Ilmunya sudah cukup untuk membuktikan silahkan!
namun jika hanya berdebat otot-ototan. perang kata-kata. nggak akan menjadikan manfaat!

Kutipsejak diterbitkan karya2 Harun Yahya banyak orang muslim bereforia mengislamisasi sains. mereka menghubung2 kan perkembangan sains modern dg quran untuk menunjukkan kebenaran. ini menurut sy berbahaya. jangan sampai qt salah dlm menginterpretasi quran karena keterbatasan alat iptek. apalagi membahas sesuatu yg tdk dikuasai.
saya setuju dengan pendapat ini.
Memang itu semua terserah individu masing2 untuk menilai.
Tapi kurangnya ilmu dalam pembahasan masalah ini bukan berarti menjadi penghalang untuk tetap berdiskusi kan? Karena dengan berdiskusi kita bisa tukar informasi dan mengetahui sesuatu yang mungkin berguna.

Mengislamisasi sains?
Mungkin tepatnya orang2 Islam semakin tertarik mempelajari Al Quran karena didalamnya
ada kesimpulan2 sains.
Al Quran juga memberikan motivasi dan harapan kepada pembacanya untuk menguasai sains setinggi2nya
misalnya :
"Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan."Ar Rohman-33
-> Artinya kita diberi peluang dan tantangan untuk dapat menembus penjuru langit dan bumi

"yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu.' "
-> Ini mengindikasikan adanya bahan bakar yang tersimpan dalam kayu yang masih hijau, yang bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi.

dll

semut-ireng

#32
Al-Quran itu mengandung mu'jizat dipandang dari segi bahasanya,  dan mengandung mu'jizat pula dipandang dari segi isinya.   Al-Quran disebut pula Al-Furqaan,  atau Pembeda.  Dan sebagai Pembeda Al-Quran berfungsi untuk memberi petunjuk kepada manusia,  termasuk Petunjuk yang berhubungan dengan sains modern dan mungkin saja petunjuk itu mengarah kepada adanya sains yang salah -  baik teori atau mungkin hanya penerapannya  -   yang mana telah menimbulkan kerugian bagi umat manusia maupun kerugian bagi kelestarian alam.
Dengan adanya suatu keyakinan terhadap Petunjuk tersebut,  maka pembuktiannya harus dilakukan secara sains.   Ini salah satu perbedaan dalam cara berpikir orang sains yang theis dan non-theis,  atau perbedaan antara orang yang punya Petunjuk dan orang yang tidak punya Petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa.   :)

cronny

Makanya gua bilang kasihan, lah sudah punya buku "paduan yg baik" begitu masih aja kalah ama yg ngak pake tuh buku paduan.

Logikanya mah yg punya buku paduan lebih maju di banding yg ngak pake buku paduan tsb. Ngomongin di bidang sains loh. :D  :D
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

rizqi_fs

Kutip dari: cronny pada Juli 26, 2010, 03:27:23 PM
Makanya gua bilang kasihan, lah sudah punya buku "paduan yg baik" begitu masih aja kalah ama yg ngak pake tuh buku paduan.

Logikanya mah yg punya buku paduan lebih maju di banding yg ngak pake buku paduan tsb. Ngomongin di bidang sains loh. :D  :D
He he ini, tinggal menunggu waktu aje:)
Karena startnya juga lain:)
Ini terbukti misalnya di Iran yang sekarang di embargo dan direcokin oleh AS, eh malah semaikin maju IPTEKnya
Anak2 Indonesia yang muslim sudah mulai banyak yang juara di Olimpiade Internasional, Generasi2 Islam mulai maju di bidang IPTEK:)

Pi-One

#35
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 10:04:32 AM
Ya istimewa donk, Karena Al Quran menceritakan fakta.
Darimana orang tau klo dongeng tua itu benar saat Al Quran turun?
Taunya kan lagi dimasa ahir2 ini aja:)
Lucu, aku bicara soal dongeng yang lebih tua dari alquran dan juga bercerita tentang langit yang mengembang/bertambah luas. Jiak alquran benar bicara big bang, bisa jadi dongeng tua tadi, jadi alquran tak istimewa.

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 03:45:15 PM
He he ini, tinggal menunggu waktu aje:)
Karena startnya juga lain:)
Ini terbukti misalnya di Iran yang sekarang di embargo dan direcokin oleh AS, eh malah semaikin maju IPTEKnya
Anak2 Indonesia yang muslim sudah mulai banyak yang juara di Olimpiade Internasional, Generasi2 Islam mulai maju di bidang IPTEK:)
Memang mereka jadi pintar dengan membaca alquran, dan mendapat inspirasi sains dari sana? Apa agama sendiri memang berkorelasi lurus dengan tingkat intelektual? China sendiri juga startnya lambat karena baru beberapa puluh tahun membuka isolasi budaya dan pengetahuan, tapi sudah berubah jadi raksasa iptek tuh. mau bilang 'kepercayaan tradisi nenek moyang' adalah sumber iptek bagi bangsa China? :P

*Yang pastinya, aku gak akan menjadikan orang yang gak kompeten seperti si tukang obat sebagai nara sumber...

rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada Juli 26, 2010, 07:17:56 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 10:04:32 AM
Ya istimewa donk, Karena Al Quran menceritakan fakta.
Darimana orang tau klo dongeng tua itu benar saat Al Quran turun?
Taunya kan lagi dimasa ahir2 ini aja:)
Lucu, aku bicara soal dongeng yang lebih tua dari alquran dan juga bercerita tentang langit yang mengembang/bertambah luas. Jiak alquran benar bicara big bang, bisa jadi dongeng tua tadi, jadi alquran tak istimewa.
Soal istimewa atau tidak itu terserah pada masing2 individu
Jika ada dongeng tua tadi itu, berarti benar pula dongeng tua tadi, yang jadi masalah dari mana pula dongen tua tadi?
Tapi Al Quran juga disampaikan pada saat dimana tidak diketahui kebenaran atas mengembangnya alam semesta:)
Boleh lah anda klaim masalah tadi itu sebagai dongeng tua, tapi masih ada banyak lagi ayat2 Al Quran yang bisa dikaji untuk mendapatkan kebenaran (semoga ga diklaim sebagai dongeng tua lagi:))
Ini nh salah satu contohnya lagi
Dibidang pengobatan
"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan pohon-pohon kayu dan juga di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari setiap jenis buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu, yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi kaum yang memikirkan. (QS. Al-Nahl, 68-69)."

Kutip dari: Pi-One pada Juli 26, 2010, 07:17:56 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 03:45:15 PM
He he ini, tinggal menunggu waktu aje:)
Karena startnya juga lain:)
Ini terbukti misalnya di Iran yang sekarang di embargo dan direcokin oleh AS, eh malah semaikin maju IPTEKnya
Anak2 Indonesia yang muslim sudah mulai banyak yang juara di Olimpiade Internasional, Generasi2 Islam mulai maju di bidang IPTEK:)
Memang mereka jadi pintar dengan membaca alquran, dan mendapat inspirasi sains dari sana? Apa agama sendiri memang berkorelasi lurus dengan tingkat intelektual? China sendiri juga startnya lambat karena baru beberapa puluh tahun membuka isolasi budaya dan pengetahuan, tapi sudah berubah jadi raksasa iptek tuh. mau bilang 'kepercayaan tradisi nenek moyang' adalah sumber iptek bagi bangsa China? :P

*Yang pastinya, aku gak akan menjadikan orang yang gak kompeten seperti si tukang obat sebagai nara sumber...
Saya ga bilang baca Al Quran bikin pinter sains, tapi Al Quran mendorong pembacanya untuk menguasai sains setinggi-tingginya.
Klo inspirasi sains, iy, karena banyak sekali clue2 dalam Al Quran, ini salah satu contohnya:
"yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu."Yasin-80
Ini menginspirasi saya untuk meneliti mengenai batang kayu hijau untuk diekstrak menjadi bahan bakar

Pi-One

#37
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 07:41:43 PM
Soal istimewa atau tidak itu terserah pada masing2 individu
Jika ada dongeng tua tadi itu, berarti benar pula dongeng tua tadi, yang jadi masalah dari mana pula dongen tua tadi?
Tapi Al Quran juga disampaikan pada saat dimana tidak diketahui kebenaran atas mengembangnya alam semesta:)
Gak pernah baca artikel soal kaitan Veda dengan teori big bang?  :)

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 07:41:43 PMBoleh lah anda klaim masalah tadi itu sebagai dongeng tua, tapi masih ada banyak lagi ayat2 Al Quran yang bisa dikaji untuk mendapatkan kebenaran (semoga ga diklaim sebagai dongeng tua lagi:))
Ini nh salah satu contohnya lagi
Dibidang pengobatan
"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan pohon-pohon kayu dan juga di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari setiap jenis buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu, yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi kaum yang memikirkan. (QS. Al-Nahl, 68-69)."
lalu? madu sebagai obat dan minuman kesehatan bukannya baru dikenal setelah alquran ada kan?

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 07:41:43 PMSaya ga bilang baca Al Quran bikin pinter sains, tapi Al Quran mendorong pembacanya untuk menguasai sains setinggi-tingginya.
Klo inspirasi sains, iy, karena banyak sekali clue2 dalam Al Quran, ini salah satu contohnya:
"yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu."Yasin-80
Ini menginspirasi saya untuk meneliti mengenai batang kayu hijau untuk diekstrak menjadi bahan bakar
Lalu? Bicara soal mendorong untuk mencari tahu, aku tak perlu mencarinya dari agama anda. Ajaranku sudah mengajarkan untuk menguji dan membuktikan sesuatu sebelum diterima atau ditolak,jauh lebih dulu dari kitab suci agama anda. Dan aku takkan bilang agamaku yang lebih dulu, kurasa agama-agama lain juga banyak yang mengajarkan dan mendorong untuk mencari tahu. Begitu pula tradisi nenek moyang :)

rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada Juli 26, 2010, 07:49:30 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 07:41:43 PMBoleh lah anda klaim masalah tadi itu sebagai dongeng tua, tapi masih ada banyak lagi ayat2 Al Quran yang bisa dikaji untuk mendapatkan kebenaran (semoga ga diklaim sebagai dongeng tua lagi:))
Ini nh salah satu contohnya lagi
Dibidang pengobatan
"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan pohon-pohon kayu dan juga di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari setiap jenis buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu, yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi kaum yang memikirkan. (QS. Al-Nahl, 68-69)."
lalu? madu sebagai obat dan minuman kesehatan bukannya baru dikenal setelah alquran ada kan?
Baiklah, ada yang lain lagi nh
" Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."(QS.Al-Furqan(25):53)."
Ini juga baru terbukti dimasa2 setelah Al Quran diturunkan
apa ada dongeng tua juga mengenai ini?

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 07:41:43 PMSaya ga bilang baca Al Quran bikin pinter sains, tapi Al Quran mendorong pembacanya untuk menguasai sains setinggi-tingginya.
Klo inspirasi sains, iy, karena banyak sekali clue2 dalam Al Quran, ini salah satu contohnya:
"yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu."Yasin-80
Ini menginspirasi saya untuk meneliti mengenai batang kayu hijau untuk diekstrak menjadi bahan bakar
Lalu? Bicara soal mendorong untuk mencari tahu, aku tak perlu mencarinya dari agama anda. Ajaranku sudah mengajarkan untuk menguji dan membuktikan sesuatu sebelum diterima atau ditolak,jauh lebih dulu dari kitab suci agama anda. Dan aku takkan bilang agamaku yang lebih dulu, kurasa agama-agama lain juga banyak yang mengajarkan dan mendorong untuk mencari tahu. Begitu pula tradisi nenek moyang :)
[/quote]
Y, itu terserah anda juga, agama anda memang lebih dulu dari Islam, itu saya mengimani
Karena salah satu Iman dalam Islam adalah beriman kepada kitab2 Alloh, termasuk injil dan taurat,
dan kami yakin tak ada kontradiksi dalam kitab2 Alloh itu:)

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 08:13:46 PM
Baiklah, ada yang lain lagi nh
" Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."(QS.Al-Furqan(25):53)."
Ini juga baru terbukti dimasa2 setelah Al Quran diturunkan
apa ada dongeng tua juga mengenai ini?
Lalu? laut tawar dan laut pahit mana yang dia maksud?

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 08:13:46 PM
Y, itu terserah anda juga, agama anda memang lebih dulu dari Islam, itu saya mengimani
Karena salah satu Iman dalam Islam adalah beriman kepada kitab2 Alloh, termasuk injil dan taurat,
dan kami yakin tak ada kontradiksi dalam kitab2 Alloh itu:)
Sori, agamaku bukan agama samawi, bukan agama dari Tuhan yang disampaikan dengan wahyu pada nabi. Entah kalau anda memilih menjadi pengikut 'Nabi semut-asbun' :)

rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada Juli 26, 2010, 08:29:55 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 08:13:46 PM
Baiklah, ada yang lain lagi nh
" Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."(QS.Al-Furqan(25):53)."
Ini juga baru terbukti dimasa2 setelah Al Quran diturunkan
apa ada dongeng tua juga mengenai ini?
Lalu? laut tawar dan laut pahit mana yang dia maksud?
Tanya aja ama Mr.Jacques Yves Costeau, ia seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Dia lah yang telah membuktikan dan kemudian mengimani ayat itu. Foto2 dan Video2 penyelamannya tersebar di dunia maya.

Kutip dari: Pi-One pada Juli 26, 2010, 08:29:55 PM
Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 08:13:46 PM
Y, itu terserah anda juga, agama anda memang lebih dulu dari Islam, itu saya mengimani
Karena salah satu Iman dalam Islam adalah beriman kepada kitab2 Alloh, termasuk injil dan taurat,
dan kami yakin tak ada kontradiksi dalam kitab2 Alloh itu:)
Sori, agamaku bukan agama samawi, bukan agama dari Tuhan yang disampaikan dengan wahyu pada nabi. Entah kalau anda memilih menjadi pengikut 'Nabi semut-asbun' :)
o, y maap

semut-ireng

agar lebih jelas, ajaran tentang asal-usul bumi dan manusia menurut agama  '  bukan samawi '  dapat dibaca di bawah ini :

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/puppa-vagga-%28-16-%29/30/

cronny

Yah silahkan di tunggu deh. Soalnya sudah 1400 tahun tuh sejak diturunkan nya.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

semut-ireng

#43
 Yah,  mari kita tunggu,  ada yang bilang mu'jizat kembali terjadi dan puncak pemurnian dunia sudah semakin dekat  :     Selama tiga (3) hari Tuhan memurnikan dunia. Mana yang benar akan Tuhan tunjukkan, mana yang salah akan Tuhan tunjukkan .........................


http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/mujizat-kembali-terjadi-dan-puncak-pemurnian-dunia-sudah-semakin-dekat/

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Juli 26, 2010, 09:01:41 PM
Tanya aja ama Mr.Jacques Yves Costeau, ia seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Dia lah yang telah membuktikan dan kemudian mengimani ayat itu. Foto2 dan Video2 penyelamannya tersebar di dunia maya.
Aku tanya soal laut tawar dan laut asinnya, bukan orangnya.