Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:09:10 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kecepatan Cahaya dalam Al Quran

Dimulai oleh superstring39, Januari 22, 2009, 02:10:12 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

CAHAYA adalah bagian dari gelombang lektromagnetik sekaligus sebagai materi tercepat di jagat raya ini, dengan kecepatan gerak sebesar 299279.5 km/det yang dalam perhitungan dibulatkan menjadi 300000 km/det. Nilai kecepatan yang diberi simbol c ini telah diukur-dihitung dan ditentukan serta menjadi konsensus Internasional, oleh berbagai institusi berikut:

· US National Bureau of Standards, c = 299792.4574 + 0.0011 km/det.
· The British National Physical Laboratory, c = 299792.4590 + 0.0008 km/det.
· Konferensi ke-17 tentang Penetapan Ukuran dan Berat Standar, dimana "Satu meter adalah jarak tempuh cahaya dalam ruang vacum selama jangka waktu 1/299792458 detik".
Selain beberapa institusi di atas, seorang Fisikawan Muslim dari Mesir yang bernama DR. Mansour Hassab El-Naby menemukan sebuah cara istimewa untuk mengukur kecepatan cahaya ini. Menurut Dr. El-Naby, nilai c tersebut bisa ditentukan/dihitung dengan tepat berdasar informasi dari dokumen yang sangat tua.

Perhitungan ini adalah menggunakan informasi dari kitab suci yang diturunkan 14 abad silam, Al-Quran, kitab suci umat Islam.

Selanjutnya silahkan lihan di file ppt yang saya attach...

Pi-One

Pernah dipost oleh rekan di forum tetangga, dan dia gak bis amenjelaskan. Belum baca attachment, tapi kalo sumbernya sama dengan temanku, kenapa harus dikaitkan dengan rotasi/revolusi bulan?

superstring39

Karena di Arab revolusi/rotasi bulan dijadikan acuan waktu tahun hijriah, berbeda dengan tahun masehi dimana menggunakan revolusi bumi terhadap matahari sebagai acuan.

Pi-One

Kutip
Jarak yang dicapai Sang urusan selama satu hari
sama dengan
jarak yang ditempuh bulan selama 1000 tahun atau 12000 bulan
Kenapa harus dikaitkan dengan jarak yang ditempuh bulan?

Apakah sang utusan juga bergerak melingkar seperti bulan saat bolak-balik langit-bumi?

Dan jika satu masa adalah seribu tahun, dan dunia diciptakan dalam 6 masa, maka usia dunia cuma 6000 tahun?

utusan langit

Kutip dari: Pi-One pada Januari 22, 2009, 03:47:16 PM
Kenapa harus dikaitkan dengan jarak yang ditempuh bulan?

Apakah sang utusan juga bergerak melingkar seperti bulan saat bolak-balik langit-bumi?

Dan jika satu masa adalah seribu tahun, dan dunia diciptakan dalam 6 masa, maka usia dunia cuma 6000 tahun?

saya kira tulisan Supersrting sudah cukup jelas untuk menjawab pertanyaan ini.

superstring39

Kutip dari: Pi-One pada Januari 22, 2009, 03:47:16 PM
Kenapa harus dikaitkan dengan jarak yang ditempuh bulan?

Apakah sang utusan juga bergerak melingkar seperti bulan saat bolak-balik langit-bumi?
seperti yang telah saya sebutkan bahwa ini tergantung acuan waktu. kalo saya bilang saya keliling dunia dalam 2 bulan, bukan berarti saya bergerak melingkar seperi bulan tapi saya gunakan perputaran bulan sebagai acuan perhitungan waktu.

Lunaris

Nih ada artikel menarik tentang masalah ini.

Review of A New Astronomical Quranic Method for The Determination Of The Greatest Speed C

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

pk3dot

Kutip dari: Pi-One pada Januari 22, 2009, 03:47:16 PM
Dan jika satu masa adalah seribu tahun, dan dunia diciptakan dalam 6 masa, maka usia dunia cuma 6000 tahun?


tu baru diciptakan. belum perkembangannya. seperti ibu mengandung selama 9 bulan 10 hari. itu baru proses untuk menciptakan manusia. belum lagi kl setelah diciptakan terus mempunyai pertumbuhan yang memerlukan waktu juga. jadi pada pencitaannya kl berdasarkan perhitungan tersebut, setelah 6000 tahun barulah menjadi bumi yang masih sangat alami.

Pi-One

Kutip dari: pk3dot pada April 26, 2009, 12:45:17 AM

tu baru diciptakan. belum perkembangannya. seperti ibu mengandung selama 9 bulan 10 hari. itu baru proses untuk menciptakan manusia. belum lagi kl setelah diciptakan terus mempunyai pertumbuhan yang memerlukan waktu juga. jadi pada pencitaannya kl berdasarkan perhitungan tersebut, setelah 6000 tahun barulah menjadi bumi yang masih sangat alami.
Perasaan untuk membentuk planet dan tata surya, belum bicara soal kehidupannya, perlu waktu sangat panjang, mungkin puluhan hingga ratusan juta tahun. 6 ribu tahun adalah waktu yang amat singkat bagi proses di alam semesta...

skuler

Kutip dari: pk3dot pada April 26, 2009, 12:45:17 AM

tu baru diciptakan. belum perkembangannya. seperti ibu mengandung selama 9 bulan 10 hari. itu baru proses untuk menciptakan manusia. belum lagi kl setelah diciptakan terus mempunyai pertumbuhan yang memerlukan waktu juga. jadi pada pencitaannya kl berdasarkan perhitungan tersebut, setelah 6000 tahun barulah menjadi bumi yang masih sangat alami.

salah inii... dari mana bung pk3dot dapet sumbernya.?..ato tolong dijelaskan proses pembentukan bumi slama 6000 taun tsebut... abis bigbang k pembentukan planet aja ntah butuh brapa taon.... kok bisa cuman 6000?
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

Mtk Kerajaan Mataram

@superstring39
Posting yang, mungkin nanti perlu dibahas hubungan kecepatan bulan relatif terhadap bumi dan kecepatan bulan melalui kurva siderial di forum matematika atau fisika untuk menambah yakin.

Kutip dari: Pi-One pada Januari 22, 2009, 03:47:16 PM
Kenapa harus dikaitkan dengan jarak yang ditempuh bulan?
Apakah sang utusan juga bergerak melingkar seperti bulan saat bolak-balik langit-bumi?
Berdasarkan :
"Dialah (Allah) yang menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkanya tempat-tempat bagi perjalanan bulan itu agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu)" (10:5)
Tentu saja bukan pada bentuknya, tapi jarak yang ditempuh

Kutip dari: Pi-One pada Januari 22, 2009, 03:47:16 PM
Dan jika satu masa adalah seribu tahun, dan dunia diciptakan dalam 6 masa, maka usia dunia cuma 6000 tahun?
Yaumin (hari/masa) disini dalam ayat ini, yaitu "Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya seribu tahun menurut perhitunganmu."(32:5)" merujuk pada bahwa satu hari yang ditempuh urusan = seribu tahun kalau kita menghitung jarak perjalanan bulan (berdasar 10:5). Dan ayat ini tidak mengatakan satu hari/masa disisi Allah 1000 tahun.


biobio

Kutip dari: skuler pada April 26, 2009, 10:39:13 AM
salah inii... dari mana bung pk3dot dapet sumbernya.?..ato tolong dijelaskan proses pembentukan bumi slama 6000 taun tsebut... abis bigbang k pembentukan planet aja ntah butuh brapa taon.... kok bisa cuman 6000?
nyaris sama dengan perhitungan para rohaniwan eropa tentang usia bumi pada jaman Charles Darwin...
"The pen is mightier than the sword"

The Houw Liong

Kutip dari: superstring39 pada Januari 22, 2009, 02:10:12 PM
CAHAYA adalah bagian dari gelombang lektromagnetik sekaligus sebagai materi tercepat di jagat raya ini, dengan kecepatan gerak sebesar 299279.5 km/det yang dalam perhitungan dibulatkan menjadi 300000 km/det. Nilai kecepatan yang diberi simbol c ini telah diukur-dihitung dan ditentukan serta menjadi konsensus Internasional, oleh berbagai institusi berikut:

· US National Bureau of Standards, c = 299792.4574 + 0.0011 km/det.
· The British National Physical Laboratory, c = 299792.4590 + 0.0008 km/det.
· Konferensi ke-17 tentang Penetapan Ukuran dan Berat Standar, dimana "Satu meter adalah jarak tempuh cahaya dalam ruang vacum selama jangka waktu 1/299792458 detik".
Selain beberapa institusi di atas, seorang Fisikawan Muslim dari Mesir yang bernama DR. Mansour Hassab El-Naby menemukan sebuah cara istimewa untuk mengukur kecepatan cahaya ini. Menurut Dr. El-Naby, nilai c tersebut bisa ditentukan/dihitung dengan tepat berdasar informasi dari dokumen yang sangat tua.

Perhitungan ini adalah menggunakan informasi dari kitab suci yang diturunkan 14 abad silam, Al-Quran, kitab suci umat Islam.

Selanjutnya silahkan lihan di file ppt yang saya attach...

Sang urusan pergi dari mana ke mana ?
Dapatkah "tempat" tsb dilihat dengan teleskop Hubble ?
HouwLiong

superstring39

Kutip dari: The Houw Liong pada April 27, 2009, 07:01:27 AM
Sang urusan pergi dari mana ke mana ?
Dapatkah "tempat" tsb dilihat dengan teleskop Hubble ?
"sang urusan" itu masalah ghaib yang posisi secara eksaknya belum bisa dijelaskan. misalnya do'a, harapan, hidayah dlsb.
pertanyaan kedua, bisakah teleskop hubble melihat do'a?

Pi-One

Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada April 26, 2009, 10:46:48 AM
@superstring39
Posting yang, mungkin nanti perlu dibahas hubungan kecepatan bulan relatif terhadap bumi dan kecepatan bulan melalui kurva siderial di forum matematika atau fisika untuk menambah yakin.
Berdasarkan :
"Dialah (Allah) yang menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkanya tempat-tempat bagi perjalanan bulan itu agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu)" (10:5)
Tentu saja bukan pada bentuknya, tapi jarak yang ditempuh
Bukkannya patokan bulan adalah untuk mengetahui waktu (masa satu bulan misalnya), bukan jarak yang ditempuh bulan? O ya, sudah lupa lagi, Gimana cara hitungnya, dan kapoan dipublikasikan? 

Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada April 26, 2009, 10:46:48 AMYaumin (hari/masa) disini dalam ayat ini, yaitu "Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya seribu tahun menurut perhitunganmu."(32:5)" merujuk pada bahwa satu hari yang ditempuh urusan = seribu tahun kalau kita menghitung jarak perjalanan bulan (berdasar 10:5). Dan ayat ini tidak mengatakan satu hari/masa disisi Allah 1000 tahun.
Bukankah di abgian lain alquran dikatakan kalau dunia tercipta dalam 6 masa? Apa masa juga relatif?