Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:32:25 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kecepatan Cahaya dalam Al Quran

Dimulai oleh superstring39, Januari 22, 2009, 02:10:12 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

pk3dot

Kutip dari: skuler pada April 26, 2009, 10:39:13 AM
salah inii... dari mana bung pk3dot dapet sumbernya.?..ato tolong dijelaskan proses pembentukan bumi slama 6000 taun tsebut... abis bigbang k pembentukan planet aja ntah butuh brapa taon.... kok bisa cuman 6000?


oww.. salah ya??? cuman ngomentari dr yang diatas neh....  :D  :D  :D  ;D  ;D  ;D

Sky

Wuih keren juga tuh!
Aku sudah mengunduh file-nya.
Baru baca dikit.

Ayo coba kita buktikan dengan perhitungan.
Segera bikin thread di Fisikanya nih.
Habis aku ga begitu mengerti periode sinodik dan siderik tuh apaan...

namakuhiroko

tak pikir sudah dibahas perhitungan fisikanya, ternyata belum.
dan setelah liat file attachment, kulihat perhitungannya salah.
banyak angka yg satuannya tidak dikonversi, yg penting hasil akhirnya sama dengan kecepatan cahaya hasil pengukuran modern.
ampun deh klo gini.

mhyworld

Kutip dari: namakuhiroko pada November 29, 2011, 09:00:02 AM
tak pikir sudah dibahas perhitungan fisikanya, ternyata belum.
dan setelah liat file attachment, kulihat perhitungannya salah.
banyak angka yg satuannya tidak dikonversi, yg penting hasil akhirnya sama dengan kecepatan cahaya hasil pengukuran modern.
ampun deh klo gini.
Kalau satuannya dikonversi, hasilnya masih sama gak?
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

#19
Kecepatan, massa, gravitasi adalah hal hal yang sangat relative, apalagi jika satuan ukurnya adalah waktu. Kita menggunakan quartz hertz sebagai acuan 1 detik, pergerakan atom setiap beberapa ratus juta kali. Hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat relatif. Misalkan kecepatan elektron disebuah medium dan ruangan vakum. Massa dan gravitasi pun berpengaruh, seperti elektron pada CRT TV, dan lain sebagainya. Musti ada acuan tunggal untuk menentukan kecepatan cahaya, dan telah ditetapkan sebagai 300 rb km/detik atau perjam.


1 detik bagi kita mungkin 1 jam atau tahun bagi sel, yang mempunyai kecepatan sangat tinggi. Sebaliknya, 20 tahun bagi prosesor hanya kurang dari 1 detik bagi kita, karena dia bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga bagi kita waktunya menjadi sangat cepat.
Jika materi kita bergerak lebih cepat dari normal, maka regenerasi kitapun akan meningkat, sekaligus lebih cepat tua, dan tergantung berapa detik hertz kesadaran kita, kita bisa menganggap waktu lebih singkat, atau lebih lambat.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

The Houw Liong

HouwLiong

namakuhiroko

Kutip dari: mhyworld pada November 29, 2011, 12:05:05 PM
Kalau satuannya dikonversi, hasilnya masih sama gak?
hasil perhitunganku beda. coba deh dihitung sendiri.
lagian perhitungan fisikanya pure matematika dasar, jadi mudah aja bila anda mau coba, tinggal ketelitian yg bermain.

Farabi

Sangat mudah untuk merubuhkan agama. Anda tahu bagaimana cara saya menghancurkan suatu lembaga agama? Dengan cara diam saat mereka berbuat salah kepada lawannya. Mereka akan saling tidak percaya antar sesamanya, dan kemudian rubuh karena berada dibawah tekanan dari seluruh tempat.
Sejujurnya, iman sangat destruktif. Muslim rubuh karena mengikuti torat, bukan quran. Tapi maubagaimana lagi, orang yang disesatkan Allah tidak akan pernah bisa diberi petunjuk, sebagaimana kerasnya anda memberikan mereka petunjuk, mereka akan menolaknya, dan lebih memilih berperang dengan ilmu pengetahuan, karena dongeng dongeng lebih manjur untuk mencari uang daripada sains. Dan oleh karena itulah, sebuah negara agamis tidak akan pernah bisa kuat dan bertahan lama.

Negara ateis adalah figur ideal untuk mengembangkan sains, karena dibutuhkan netralitas untuk sains, hal yang tidak akan mungkin dicapai oleh agama ibrahim, tapi karena Tuhan selalu campur tangan, dan karena orang orang ateis tidak berperasaan, seorang jenius pergi ketempat orang orang beragama, dimana dia dihargai, bukan karena kebenaran, tetapi oleh alat temuannya. Padahal kalau dia menjelaskan konsep kerja alatnya, mungkin akan seperti penemu telepon graham bell yang dianggap menyimpan setan di telepon ;D.

Dengan teknologi terbatas, manusia memang setolol binatang. ;D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Mungkinkah sesuatu terjadi secara kebetulan?

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Tidak. Semuanya adalah sebuah mekanika fisika, tidak mungkin kebetulan. ;D
Hehehe. Yang didepan matapun tidak bisa dipahami, apalagi yang tidak tampak.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Pi-Man

'Kebetulan' adalah istilah yang digunakan pihak theis-kreasionis untuk menyerang pihak lawan mereka.

Saat anda jatuh terpeleset kulit pisang, apa itu kebetulan? ya dan tidak. Jika ditinjau, anda bisa kemukakan beragam alasan non kebetulan. Anda lengah. Anda ada di tempat yang salah di waktu yang salah. Anda menjejak di tempat yang salah. Ada yang buang kulit pisang sembarangan. Anda tak melihat. Keseimbangan anda buruk dsb. Itu sebab musabab yang berkaitan.
oro?

Farabi

Para theis menggunakan pengetahuan untuk membesarkan nama Tuhan supaya mereka tampak besar, sehingga mereka merasakan sensasi puas terhadap diri mereka sendiri. Sebelum kemudian mencela orang yang berbeda dengan mereka supaya mereka tampak lebih baik lagi dalam bayangan mereka. Agama agama non-ibrahim biasanya berujung pada pemujaan suatu ras tertentu dan merendahkan ras lain, sebelum kemudian berperang dan saling bunuh, satu Tuhan, mengalahkan Tuhan lain. Ini adalah suatu hal yang berulang ulang terjadi dalam sejarah. Sehingga, tidak pernah ada sebuah konsep yang menyatakan bahwa Tuhan adalah transenden.

Pada saat seseorang percaya bahwa Tuhan tidak akan sanggup membuat sebuah bom nuklir atau menghadapi sebuah bom nuklir, Tuhan khayalannya tidak ubahnya dewa dewa kecil yang tidak mampu berbuat apa apa. Tidak dengan keimanan ibrahim.

Penipu penipu yang hanya membesarkan dirinya lewat agama, karena ketidak tahuannya tentang siapa Tuhan yang sesungguhnya, selamanya akan terjebak dalam konflik dan peperangan. Kedamaian tidak akan pernah tercipta kecuali dari kitab kitab agama ibrahim. Percayalah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Fariz Abdullah

Back to topic..Sepertinya kutipan dari Prof. THL sangat kuat argumentasinya..Ada bantahan gak ya..
[move]DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT[/move]

Farabi

Kutip dari: Fariz Abdullah pada Desember 07, 2011, 02:42:54 PM
Back to topic..Sepertinya kutipan dari Prof. THL sangat kuat argumentasinya..Ada bantahan gak ya..

Oke back to topic. Argumen THL adalah telak, dan membuat muslim rubuh dan limbung. Itu yang harus saya katakan. Saya tidak akan bersikeras membela sesuatu yang terbukti keliru, apapun.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

rizqi_fs

He he, lama ga buka forsa

ikut nimbrung y

mau nanya, Argument THL itu yang mana y?

Terus dalam Al Quran itu ada informasi yang mengatakan bahwa ada sesuatu yang lebih cepat dari konstanta c lho
kayaknya dulu aq pernah pos masalah ini

mhyworld

Kutip dari: rizqi_fs pada Desember 28, 2011, 08:42:07 PM
He he, lama ga buka forsa

ikut nimbrung y

mau nanya, Argument THL itu yang mana y?

Terus dalam Al Quran itu ada informasi yang mengatakan bahwa ada sesuatu yang lebih cepat dari konstanta c lho
kayaknya dulu aq pernah pos masalah ini

mungkin yang dimaksud adalah artikel dari Ali Sina yang dikutip oleh THL, di sini [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
once we have eternity, everything else can wait