Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 05, 2022, 07:29:52 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 53
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kenapa beragama? dan kenapa tidak beragama?

Dimulai oleh LawLiet, April 04, 2010, 10:46:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sawung_codhot

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:36:56 PM
apakah anda memberi jawapan kepada saya  itu tidak dengan nafsu anda sendiri ???
apakah segala tulisan anda itu adalah dari Tuhan ??? sehingga saya terpaksa menerima apa saja kata2 anda itu ?
Siapa yang hendak memaksa anda? kita bertukar pikiran secara kritis itu saja...

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:36:56 PM
apakah anda tidak paham kata2 dari penyanyi itu , bagi saya , saya paham sangat perkataan itu , kalau hati saya di paksa percaya perkataan anda itu tentu saja hati saya tidak akan baik ..maaf 

Dan kebetulan pula tidak ada yang hendak memaksa anda... biar akal dan hati kita masing-masing yang menentukan  ;D

sayang

Kutip dari: sawung_codhot pada April 21, 2010, 08:44:16 PM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:25:11 PM
ah ... tidak gitu , bukan kah saya pernah berkata ,  saya tinggal di thailand saya masti patuh hukum2 dari pemrintah thailand , dan kalau saya ra'yat indonesia saya masti patuh hukum2 dari pamrintah indonesia apakah anda dah lupa perkataan saya itu ?
Justru saya mengingatkan, kalau non muslim kenal atau tidak dengan ajaran islam, maka ia wajib mengikuti hukum islam yang diterapkan... kan anda bilang hukum islam sangat zaliim... anda lupa?
iya ...saya gak lupa , karena saya keluar islam itu karena hukum islam itu zalim ...maaf itu pahaman saya setelah saya beragama islam , saya belajar tentang hukum2 islam ,
Kutip dari: sawung_codhot pada April 21, 2010, 08:44:16 PM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:25:11 PM
saya hanya ceritakan tentang hukum2 agama islam di thailand berbeda dengan hukum2 pamrintah thailand .. apakah hukum2 pamrintah di indonesia mewajibkan ra'yatnya sembahyang lima waktu ?
kalau saya jadi ra'yat indonesia ada perintah di makian saya masti kerjakan kalau tidak saya di hukum ..
cuba anda baca kembali tulisan2 saya terdahu . apakah ada tulisan saya berunsur pulitik ???
perkara2 pulitik saya tidak masuk campur baik di dalam nagera saya sendiri dan lebih2 lagi luar nageri saya . saya hanya handak berbicara tentang hukum2 agama saja yang berbeda dengan hukum2 pamrintah , karena saya pikir hukum2 pamrintah lebih baik dari hukum2 islam itu saja ..

kalau anda handak campur dalam hal2 pulitik saya minta maaf saya tak mau masuk campur ...
Bagaimana bisa ke politik sih? anda membahas apa sih? saya menegaskan contoh dari anda adalah hukum pemerintah atau kebijaksanaan para pemuka islam di negara anda, BUKAN PERINTAH AGAMA, itu saja...  ;D kok bisa ke politik ya?
kalau tidak ok , kita boleh nyabung .. ;D

sayang

Kutip dari: sawung_codhot pada April 21, 2010, 08:46:33 PM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:36:56 PM
apakah anda memberi jawapan kepada saya  itu tidak dengan nafsu anda sendiri ???
apakah segala tulisan anda itu adalah dari Tuhan ??? sehingga saya terpaksa menerima apa saja kata2 anda itu ?

Siapa yang hendak memaksa anda? kita bertukar pikiran secara kritis itu saja...
saya tidak mengatakan siapa yang memaksa saya , tetapi , kalau di sini , kalau ada orang yang membantah ajaran guru di hukum sesat . ini saya paham paksaan ..
Kutip dari: sawung_codhot pada April 21, 2010, 08:46:33 PM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:36:56 PM
apakah anda tidak paham kata2 dari penyanyi itu , bagi saya , saya paham sangat perkataan itu , kalau hati saya di paksa percaya perkataan anda itu tentu saja hati saya tidak akan baik ..maaf 

Dan kebetulan pula tidak ada yang hendak memaksa anda... biar akal dan hati kita masing-masing yang menentukan  ;D
itu adalah yang paling baik buat saya , dan saya boleh ambil perhatian ...

sayang

saya pernah menceritakan di forum ini , bahwa saya berkali2 pahaman saya berubah setelah saya masuk keforum2 agama semacam ini , yang pertama saya masuk keforum semacam ini di indo , saya memabawa pahaman saya dengan cara pahaman wahabi , yang hanya semata2 berpegang quran dan hadis sahih saja ..

tetapi pahaman saya itu patahkan oleh orang yang hanya berpegang hanya quran semata2 , lalu saya pun tinggalkan hadis2 walau pun hadis itu di katakan hadis mutawater ..

makadian saya pun berpegan quran semata2 , tida2 saya berjumpa pula dengan orang yang menulak quran , dia membahas tentang quran , lalu pahaman saya tentang quran mulai ragu2 tentang kebenaran quran itu .

kamadian masuk keforum ini , saya bejumpa pula dengan orang yang tidak berragama dan membahaskan tentang ada atau tidak adanya tuhan ..  lalu saya membuat topik sendiri yaitu kalau Tuhan itu ada tapi di mana adanyasepaya senang bagai saya perhatikan pembahasan mareka itu . kini saya mulai ragu2 tentang ada atau tidak adanya tuhan ...

cronny

Kayanya makin lama makin tipis iman loe bro.... welcome to the group aja deh ;D
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

sayang

iman adalah kepercayaan yang gaib . maka dengan sebab itulah iman akan tipis kalau di pikir2kan perkara2 yang gaib yang belum tentu adanya ..

EverGreen

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 09:23:39 PM
saya pernah menceritakan di forum ini , bahwa saya berkali2 pahaman saya berubah setelah saya masuk keforum2 agama semacam ini , yang pertama saya masuk keforum semacam ini di indo , saya memabawa pahaman saya dengan cara pahaman wahabi , yang hanya semata2 berpegang quran dan hadis sahih saja ..

tetapi pahaman saya itu patahkan oleh orang yang hanya berpegang hanya quran semata2 , lalu saya pun tinggalkan hadis2 walau pun hadis itu di katakan hadis mutawater ..

makadian saya pun berpegan quran semata2 , tida2 saya berjumpa pula dengan orang yang menulak quran , dia membahas tentang quran , lalu pahaman saya tentang quran mulai ragu2 tentang kebenaran quran itu .

kamadian masuk keforum ini , saya bejumpa pula dengan orang yang tidak berragama dan membahaskan tentang ada atau tidak adanya tuhan ..  lalu saya membuat topik sendiri yaitu kalau Tuhan itu ada tapi di mana adanyasepaya senang bagai saya perhatikan pembahasan mareka itu . kini saya mulai ragu2 tentang ada atau tidak adanya tuhan ...
............................................. benarlah adanya bahwa teman benar2 mambawa pengaruh.

eirdnehl

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 08:42:30 PM
Kutip dari: eirdnehl pada April 21, 2010, 03:07:57 PM
Kenapa beragama? Karena harus dicantumkan di KTP :D
Kenapa tidak beragama? Karena kenapa harus beragama?
apa masuk KTP ?
saya beragama dari keturunan ninik muyang saya . bukan saya beragama dengan kahandak saya sendiri ...

kalau saya handak beragama di masa ini , saya masuk agama keristian atau budda , karena saya perhatikan tulisan2 dari orang yang beragama budda dan keristian di forum ini dan forum lain ini lebih baik dari orang2 yang beragama islam ,karena mareka  tidak memaksa saya ikut cara pahaman mareka ...

sayang bukan orang Indonesia ya?
Karena sejak jaman orde baru (1966), di Indonesia hanya mengakui 5 agama dan setiap orang Indonesia harus memeluk salah satu agama yang ada, mau tidak mau. Karena komunisme (yg diidentikkan dengan atheisme) strictly forbidden. Dan iya, agama disini dicantumkan di KTP (ID).

Secondly, bener bgt klo sebagian besar orang beragama hanya karena turunan dari orangtua. Tanpa ada kebebasan utk memilih (kecuali orang tuanya benar2 bebas). Pada saat mereka sudah dewasa dan bisa memilih sendiri, biasanya dogma2 agama sudah terlanjur melekat kuat di dalam diri mereka, sehingga ya mereka tetap berpijak pada agamanya.

eirdnehl

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 09:23:39 PM
saya pernah menceritakan di forum ini , bahwa saya berkali2 pahaman saya berubah setelah saya masuk keforum2 agama semacam ini , yang pertama saya masuk keforum semacam ini di indo , saya memabawa pahaman saya dengan cara pahaman wahabi , yang hanya semata2 berpegang quran dan hadis sahih saja ..

tetapi pahaman saya itu patahkan oleh orang yang hanya berpegang hanya quran semata2 , lalu saya pun tinggalkan hadis2 walau pun hadis itu di katakan hadis mutawater ..

makadian saya pun berpegan quran semata2 , tida2 saya berjumpa pula dengan orang yang menulak quran , dia membahas tentang quran , lalu pahaman saya tentang quran mulai ragu2 tentang kebenaran quran itu .

kamadian masuk keforum ini , saya bejumpa pula dengan orang yang tidak berragama dan membahaskan tentang ada atau tidak adanya tuhan ..  lalu saya membuat topik sendiri yaitu kalau Tuhan itu ada tapi di mana adanyasepaya senang bagai saya perhatikan pembahasan mareka itu . kini saya mulai ragu2 tentang ada atau tidak adanya tuhan ...

Janganlah percaya hanya karena ucapan dan pengaruh orang lain, tapi buktikanlah sendiri

Ansufw

Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 09:02:26 AM

apakah anda percaya kalau saya berkata , bahwa durian saya baik tidak ada yang buruk dan rasanya sedap sekali sebelum anda melihat isinya dan merasa dengan lidah anda ???

saya teringat , di TV indo ketika mengkusnakan mee sedap soal rasa lidah tidak bisa bohong .

dan saya teringat juga , kata2 kotak penyanyi indo di dalam lagunya pelan2 saja hati kalau di paksakan , takan baik ...

kata2 ini , saya jadikan sebagai azamat buat saya untuk menerima satu2 agama yang di katakan baik oleh penda'wah2 agama itu ...  ;D :D ;)

dulu saya beragama hanya keturunan saja , bukan dengan secara saya memahaminya sendiri , tapi di paksa oleh orang tua saya dan guru2 agama islam sepaya saya bersembahyang lima waktu dan kalau tidak saya di rutan .. tetapi sekarang saya dah bebas karena kedua orang tua saya telah meninggal dunia ..

walau pun saya di saat ini tidak menerima mana2 agama pun saya tidak menglakukan kejahatan .. karena saya hanya patuh kepada undang2 pamrintah walau pun pamrintah bukan islam yaitu beragama buza ..

dan satu lagi yang menarik bagi saya menuntun TV indo . saya lupa nama rancangannya tapi saya tahu rancangan itu hanya untuk mencari jodoh ..


Innalillahi wainna illahi roji'un... maaf, turut berkabung atas kepergian kedua orang tua mu... Semoga Allah mengampuni dosa-dosa mereka & amal ibadahnya diterima di sisi-Nya...

Sayang, tulisan di forum-forum ini... banyak member yang beraneka macam... ada yang atheis, ada yang islam, hindu, kristen, satanis, budha, buza, agama KTP, apatis dsb... kita tetap menghormati semuanya kerena toleransi sesama umat manusia...

"And its enlightenment as to its wrong and its right.... Truly he succeeds that purifies it, and he fails that corrupt it !" `~Ash Shams~

klu kamu pengen tanya? kenapa  ada kebaikan dan kejahatan? mengapa harus ada yang baik dan jahat? mengapa semuanya tidak baik saja agar dunia ini damai? mengapa harus ada perbedaan? mengapa Tuhan tidak turun langsung menyampaikan wahyunya? kenapa agama terkesan memaksa? apakah yang beragama bisa bebas seenaknya?

wahai sayang, [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] hanyalah sepotong kecil dari kehidupan ini... juga TV Indo yang sayang sering tonton tersebut juga hanya secarik kertas lembaran hidup ini...
Out of the box, dunia ini luas.... mungkin di luar sana ada kehidupan yang mampu menjawabnya... saya sendiri tidak mampu, maaf...

berlapang-lapang lah, suatu saat nanti mungkin kamu akan menemukan jawabannya, dan menjadi lebih "kuat" dari yang sebelumnya... semoga Hidayah berkenan untuk mu kembali... Amiiin..
Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi yang lain...

sayang

Kutip dari: eirdnehl pada April 22, 2010, 12:21:32 PM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 09:23:39 PM
saya pernah menceritakan di forum ini , bahwa saya berkali2 pahaman saya berubah setelah saya masuk keforum2 agama semacam ini , yang pertama saya masuk keforum semacam ini di indo , saya memabawa pahaman saya dengan cara pahaman wahabi , yang hanya semata2 berpegang quran dan hadis sahih saja ..

tetapi pahaman saya itu patahkan oleh orang yang hanya berpegang hanya quran semata2 , lalu saya pun tinggalkan hadis2 walau pun hadis itu di katakan hadis mutawater ..

makadian saya pun berpegan quran semata2 , tida2 saya berjumpa pula dengan orang yang menulak quran , dia membahas tentang quran , lalu pahaman saya tentang quran mulai ragu2 tentang kebenaran quran itu .

kamadian masuk keforum ini , saya bejumpa pula dengan orang yang tidak berragama dan membahaskan tentang ada atau tidak adanya tuhan ..  lalu saya membuat topik sendiri yaitu kalau Tuhan itu ada tapi di mana adanyasepaya senang bagai saya perhatikan pembahasan mareka itu . kini saya mulai ragu2 tentang ada atau tidak adanya tuhan ...

Janganlah percaya hanya karena ucapan dan pengaruh orang lain, tapi buktikanlah sendiri
@ eirdnehl
makasih .....

sayang

Kutip dari: Ansufw pada April 23, 2010, 10:52:25 AM
Kutip dari: sayang pada April 21, 2010, 09:02:26 AM

apakah anda percaya kalau saya berkata , bahwa durian saya baik tidak ada yang buruk dan rasanya sedap sekali sebelum anda melihat isinya dan merasa dengan lidah anda ???

saya teringat , di TV indo ketika mengkusnakan mee sedap soal rasa lidah tidak bisa bohong .

dan saya teringat juga , kata2 kotak penyanyi indo di dalam lagunya pelan2 saja hati kalau di paksakan , takan baik ...

kata2 ini , saya jadikan sebagai azamat buat saya untuk menerima satu2 agama yang di katakan baik oleh penda'wah2 agama itu ...  ;D :D ;)

dulu saya beragama hanya keturunan saja , bukan dengan secara saya memahaminya sendiri , tapi di paksa oleh orang tua saya dan guru2 agama islam sepaya saya bersembahyang lima waktu dan kalau tidak saya di rutan .. tetapi sekarang saya dah bebas karena kedua orang tua saya telah meninggal dunia ..

walau pun saya di saat ini tidak menerima mana2 agama pun saya tidak menglakukan kejahatan .. karena saya hanya patuh kepada undang2 pamrintah walau pun pamrintah bukan islam yaitu beragama buza ..

dan satu lagi yang menarik bagi saya menuntun TV indo . saya lupa nama rancangannya tapi saya tahu rancangan itu hanya untuk mencari jodoh ..


Innalillahi wainna illahi roji'un... maaf, turut berkabung atas kepergian kedua orang tua mu... Semoga Allah mengampuni dosa-dosa mereka & amal ibadahnya diterima di sisi-Nya...

Sayang, tulisan di forum-forum ini... banyak member yang beraneka macam... ada yang atheis, ada yang islam, hindu, kristen, satanis, budha, buza, agama KTP, apatis dsb... kita tetap menghormati semuanya kerena toleransi sesama umat manusia...
di sini tidak banyak agama , hanya ada buza , kristen , islam ..
kita tetap menghormati semuanya kerena toleransi sesama umat manusia
perkataan ini memang benar2 saya setuju ... ;D
Kutip dari: Ansufw pada April 23, 2010, 10:52:25 AM

"And its enlightenment as to its wrong and its right.... Truly he succeeds that purifies it, and he fails that corrupt it !" `~Ash Shams~

klu kamu pengen tanya? kenapa  ada kebaikan dan kejahatan? mengapa harus ada yang baik dan jahat? mengapa semuanya tidak baik saja agar dunia ini damai? mengapa harus ada perbedaan? mengapa Tuhan tidak turun langsung menyampaikan wahyunya? kenapa agama terkesan memaksa? apakah yang beragama bisa bebas seenaknya?

wahai sayang, [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] hanyalah sepotong kecil dari kehidupan ini... juga TV Indo yang sayang sering tonton tersebut juga hanya secarik kertas lembaran hidup ini...
Out of the box, dunia ini luas.... mungkin di luar sana ada kehidupan yang mampu menjawabnya... saya sendiri tidak mampu, maaf...

berlapang-lapang lah, suatu saat nanti mungkin kamu akan menemukan jawabannya, dan menjadi lebih "kuat" dari yang sebelumnya... semoga Hidayah berkenan untuk mu kembali... Amiiin..
makasih .... :)

Ansufw

hehehei,... hmm i'm thinks it's out of topick, maap maap.... :P
...

kenapa beragama? kenapa tidak beragama?  ???

tidak beragama mungkin terjadi karena 2 kemungkinan...  :-\

pertama. tidak percaya tuhan, percaya bahwa dunia ini terjadi dengan sendirinya. materialisme, mungkin paham yang mewakili akan hal ini... jagad raya tercipta dengan sendirinta, manusia tercipta sebagai suatu proses evolusi mulai dari makhluk bersel satu, sampai ke mamalia, kera, hingga manusia modern.. dan darwinisme... yang kuat yang menang, yang kaya memakan yang miskin.... namun, paham ini menimbulkan kesenjangan sosial di masyarakat, peperangan, dan kekacauan di dunia... :(


kedua. percaya tuhan namun tidak tahu beragama apa?  ???
alias bingung dan mungkin ingin kebebasan (lepas dari kebingungan)... agama A bilang bagus, agama B bilang Top deh, agama C bilang cool.... akhirnya dia memilih tidak beragama tetapi tetap percaya Tuhan dan kebaikan yang ada di dalammnya (mungkin)...


~bersambung~  ;)
Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi yang lain...

cronny

Kutip dari: Ansufw pada April 23, 2010, 11:31:17 AM

pertama. tidak percaya tuhan, percaya bahwa dunia ini terjadi dengan sendirinya. materialisme, mungkin paham yang mewakili akan hal ini... jagad raya tercipta dengan sendirinta, manusia tercipta sebagai suatu proses evolusi mulai dari makhluk bersel satu, sampai ke mamalia, kera, hingga manusia modern.. dan darwinisme... yang kuat yang menang, yang kaya memakan yang miskin.... namun, paham ini menimbulkan kesenjangan sosial di masyarakat, peperangan, dan kekacauan di dunia... :(

Gua rasa ngak ada hubungan antara tuhan dan paham tidak adanya tuhan dan kesenjangan sosial.
Yg kaya makan yg miskin, yg kuat yg menang, kesenjangan sosial, peperangan, kekacauan di dunia, itu semua bukan karena manusia ngak percaya tuhan ada... Malah hal2 tsb mungkin lebih banyak di lakukan oleh orang beragama daripada orang tidak beragama. (karena persentase orang beragama lebih banyak).
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

sayang

Kutip dari: cronny pada April 24, 2010, 09:51:11 PM
Kutip dari: Ansufw pada April 23, 2010, 11:31:17 AM

pertama. tidak percaya tuhan, percaya bahwa dunia ini terjadi dengan sendirinya. materialisme, mungkin paham yang mewakili akan hal ini... jagad raya tercipta dengan sendirinta, manusia tercipta sebagai suatu proses evolusi mulai dari makhluk bersel satu, sampai ke mamalia, kera, hingga manusia modern.. dan darwinisme... yang kuat yang menang, yang kaya memakan yang miskin.... namun, paham ini menimbulkan kesenjangan sosial di masyarakat, peperangan, dan kekacauan di dunia... :(

Gua rasa ngak ada hubungan antara tuhan dan paham tidak adanya tuhan dan kesenjangan sosial.
Yg kaya makan yg miskin, yg kuat yg menang, kesenjangan sosial, peperangan, kekacauan di dunia, itu semua bukan karena manusia ngak percaya tuhan ada... Malah hal2 tsb mungkin lebih banyak di lakukan oleh orang beragama daripada orang tidak beragama. (karena persentase orang beragama lebih banyak).
@cronny
Gua rasa juga gitu ..orang beragama ada dua kekacauan di dunia :
1.Yg kaya makan yg miskin ,peperangan, kekacauan di dunia .
2. yang pahamannya berbeda , lalu terjadi bermusuh2an antara agama yang berbeda sehingga seagama , cerca mencerica , kafir mengafir sesama mareka sehingga satu keluarga yang bahgia jadi berpecah belah antaran pahamannya berbeda ...

sedang yang tak beragama hanya satu saja yang menjadi kekacauannya  yaitu :
1.Yg kaya makan yg miskin ,peperangan, kekacauan di dunia .
adapun  tentang pahaman beragama mareka tidak jadi masaalah karena mareka tidak beragama apa pun , karena agama itu adalah hak mareka yang beragama saja mareka tidak masuk campur ...

yang tidak beragama masuk campur di forum ini , bukanlah tujuannya handak mengacau mareka yang agama , hanya handak cari agama , agama yang mana yang sesuai untuk mareka beragama . contuhnya saya , beragama islam , tapi pada saat ini saya ragu2 tentang kebaikan dalam agama agama islam ,  karena dalam agama banyak berpecah belah sesama islam itu sendiri sehingga saya gak tahu handak memilih yang mana yang paling benarnya ....jujur saya kata , setelah saya masuk keforum ini dan lainnya , saya tertarik agama keristian dan budha , karena kedua2 agama ini berbicara tidak bagitu kasar dan bersupan bila mareka berbicara tentang agama mareka tidak sebagaimana agama islam , banyak tuduhan2 yang tidak benar , terhadap orang2 tak sepahaman dengan mareka ....