Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 27, 2022, 08:53:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26744
  • Latest: JohnCC
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kenapa makan Babi Haram??  (Dibaca 49881 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rizqi_fs

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.746
  • IQ: 16
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #90 pada: November 15, 2010, 11:57:27 PM »
didalam Islam sangat bagus sekali tuntunan mengenai makanan

halal dan toyib -> ingat logika "dan", klo salah satu ga terpenuhi berarti keliru
toyib itu baik bagi tubuh -> klo sapi non alami dengan trknik tertentu terbukti secara klinis berbahaya maka jadi tak bisa dimakan oleh orang Islam ataupun manusia

Al Quran memerintahkan manusia untuk memperhatikan apa yang dia makan
"maka hendaklah manusia itu memperhatikan kepada makanannya" 'Abasa:23

Prof. Khodadadi telah menemukan 350 ayat dalam Qur’an dimana topik tentang nutrisi dibahas
http://suprememastertv.com/ina/nl/?wr_id=58&page=1
Intinya, apa Alquran mengharamkan sapi yang dibiakkan secara non alami begitu atau tidak?
Yang dibiakkan secara non alami itu tidak selalu buruk untuk manusia
Islam melarang atau mengharamkan umatnya untuk memakan makanan yang berdampak buruk pada dirinya, jika sapi non alami terbukti secara klinis berdampak buruk maka jelas2 dilarang, tak memenuhi persyaratan toyyiban walaupun diperoleh dengan jalan yang halal.

Offline Ai-Awis

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #91 pada: Desember 10, 2010, 04:58:39 AM »
menurut saya sih, karena dalam daging babi banyak terdapat bekteri-bakteri yang berbahaya bagi manusia...sedang Allah sangat benci pada manusia yang menyakiti dirinya sendiri...jadi makan babi itu diharamkan

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #92 pada: Desember 11, 2010, 12:29:08 AM »
menurut saya sih, karena dalam daging babi banyak terdapat bekteri-bakteri yang berbahaya bagi manusia...sedang Allah sangat benci pada manusia yang menyakiti dirinya sendiri...jadi makan babi itu diharamkan
Sekali lagi, jika masalahnya cuma faktor kesehatan, maka banyak makanan lain yang mestinya diharamkan. Dan dengan pengolahan yang tepat, faktor bahasa bisa ditekan serendah mungkin. Jadi alasan itu nampaknya bukan faktor utama pengharaman.

Offline rizqi_fs

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.746
  • IQ: 16
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #93 pada: Desember 11, 2010, 03:28:02 AM »
eh jangan salah, makanan yang tidak sehat atau berakibat buruk pada manusia juga diharamkan lho dalam Islam. Sedangkan babi itu memang ga dijelaskan kenapa diharamkan.


Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #94 pada: Desember 11, 2010, 12:26:57 PM »
eh jangan salah, makanan yang tidak sehat atau berakibat buruk pada manusia juga diharamkan lho dalam Islam. Sedangkan babi itu memang ga dijelaskan kenapa diharamkan.
Dan banyak tuh makanan berbahaya dimakan tanpa dinyatakan haram. Malah jadi makanan populer...

Offline rizqi_fs

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.746
  • IQ: 16
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #95 pada: Desember 11, 2010, 08:48:45 PM »
Pada dasarnya semua makanan itu halal sampai datang ketentuan yang menyatakan keharamannya

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #96 pada: Desember 12, 2010, 12:48:27 AM »
Pada dasarnya semua makanan itu halal sampai datang ketentuan yang menyatakan keharamannya
Dan makanan yang dinyatakan haram (seperti daging babi), bahkan setelah pengolahan membuatnya tidak berbahaya bagi manusia, tetpa aja dianggap haram.

Jadi, saat kubilang masalah kesehatan bukan satu-satunya alasan pengharaman, apa aku salah?

Offline rizqi_fs

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.746
  • IQ: 16
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #97 pada: Desember 12, 2010, 01:02:40 AM »
iy, pengharaman babi itu tanpa alasan. Jadi itu semacam testing bagi orang Islam, buat memisahkan mana yang taat dan mana yang tidak taat.

Jadi masalah pengharaman yang bersifat khusus objectnya, seperti babi, darah dll itu tanpa disertai alasan.
Alias ga ada alasan.

ini nih terjemahan ayatnya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala…” (QS Al-Maa’idah:3)

Untuk bangkai, tidak semua bangkai diharamkan, ada bangkai yang dihalalkan

“Dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai itu adalah bangkai ikan dan bangkai belalang. Sedangkan dua darah itu adalah hati dan limpah (empedu).” (Shahih HR Ibnu Majah(3314) dan Ahmad(5690))
« Edit Terakhir: Desember 12, 2010, 01:05:39 AM oleh rizqi_fs »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #98 pada: Desember 13, 2010, 10:54:25 PM »
limpa dan empedu itu kan beda, gus rizqi... yang bener yang mana? limpa atau empedu? biasanya orang ga bakal makan empedu karena pahit banget.

Offline rizqi_fs

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.746
  • IQ: 16
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #99 pada: Desember 14, 2010, 12:16:45 AM »
Iy, keduanya, halal itu ga ada sangkut pautnya dengan enak atau tidak enak, pait atau tidak pait. :)

Ada dua parameter lagi Toyiban, toyib = baik, kadang ini dilupakan. Kemudian ga boleh berlebihan.

(1) “Makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (An Nahl:114)

(2) “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu  melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Ali ‘Imran 147)

(3) “Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al-A’raf ayat 31)

Dari ketiga ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa kriteria makan dan minum yang harus diperhatikan oleh setiap muslim adalah halal, baik dan tidak melampaui batas.


Offline sayang

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.665
  • IQ: 53
  • Saya orang biasa hanya sekadar tahu baca tulis...
    • http://mahyosof.blogspot.com/2015/03/islam-adalah-agama-kasih-sayang-bagi.html
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #100 pada: Desember 19, 2010, 07:17:56 AM »
mengapa tuhan jadikan babi kamadian di haram pula makannya ???
apakah babi ini di haramkan di zaman adam lagi ???

Offline maula

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 300
  • IQ: 3
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #101 pada: Januari 17, 2011, 06:15:54 AM »
Aneh juga yg namanya manusia ini Allah kan cuma mengharamkan daging babi dan darah sedang yang dihalalkan itu tak terhitung jumlahnya, anda boleh coba deh menghitung nikmat yang ada di laut.

lha wong cuma dua, kok mesti dipertanyakan kenapa diharamkan, terima aja deh lha wong yang lain masih buuuannyaaaak kok yang cuma dua dipermasalahkan.

Offline Ayaz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 83
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #102 pada: Januari 25, 2011, 04:45:54 PM »
Hihihi...seru juga rupanya ngurus kandang babi ya...eh!! Daging babi.

Benar, bahwa pengharaman terhadap beberapa daging hewan untuk dikonsumsi bukanlah tertetapkan melalui studi klinis dan jaminan kesehatan didalamnya. Boleh jadi daging babi memiliki keunggulan tertentu untuk kesehatan manusia dibanding daging kambing misalnya. Namun pengharaman tetap diberlakukan sebagai syarat ketaatan terhadap sebuah keyakinan.

Namun benarkah bahwa ketaatan merupakan proposisi awal didalam perbincangan nilai keagamaan.....?? Ataukan ia merupakan derivasi dari keyakinan sebelumnya yang dibangun diatas landasan nalar iman yang bertanggung jawab...?? Artinya apakah kita meyakini sebuah syariat terlebih dahulu baru kemudian meyakini akan Kekuasaan dan Keberadaan Tuhan didalamya...??

Ironis memang betapa kita saksikan dalam hidup ini manusia beragama diawali dengan sebuah peta keyakinan yang 'musti nerimo'. harus menerima apa adanya sejak semula. Bahkan bukan hanya itu keyakinan tentang adanya Tuhan, Malaikat, Qadha dan qqadhar misalnya menjadi semacam paket hapalan semenjak dibangku sekolah dasar.

Pendidikan keagamaan kita bertolak pada asumsi taken of greated semata. Celah untuk mencari dan menelusuri tidak dibangun semenjak dini yang pada akhirnya melahirkan sebuah masyarakat beragama yang terasing dari nalar dan penggunaan basis intelektual mejanjikan.

Keagamaan kita lahir dari sebuah paket semacam kotak instant yang sedap namun kehilangan kekuatan jelajah rasional didalamnya. tak ayal jika kondisi ini berayun terus dan pendulum ilmu makin jauh dari 'sangkaan beragama'.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #103 pada: Januari 25, 2011, 09:02:18 PM »
Al-Quran menyerukan kepada manusia agar mau menggunakan akalnya,   merenungkan,  mendalami,  berpikir keras untuk menemukan solusi yang baik,  dsbnya.   Antara lain juga agar manusia mendalami dan meneliti untuk mengetahui apa alasan daging babi diharamkan  ...... ::) ::)

Al-Quran diturunkan bukan hanya untuk orang beragama Islam saja,  tetapi untuk seluruh umat manusia.   Dan berkaitan dengan  daging babi diharamkan,  kayaknya sudah banyak penelitiannya.

Alkitab juga mengisyaratkan hal sama,  namun tidak secara langsung melarang atau mengharamkan,  melainkan mengingatkan bahwa binatang babi itu tempat berkumpulnya setan jahat / roh jahat   .......Markus 5 : 8  - 13.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Kenapa makan Babi Haram??
« Jawab #104 pada: Januari 26, 2011, 02:38:07 AM »
Al-Quran diturunkan bukan hanya untuk orang beragama Islam saja,  tetapi untuk seluruh umat manusia.   Dan berkaitan dengan  daging babi diharamkan,  kayaknya sudah banyak penelitiannya.
Mau bilang daging babi harus diharamkan semua orang, apapun agamanya? That's so funny...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
61 Jawaban
27295 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2009, 05:54:31 AM
oleh anni3
31 Jawaban
23281 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 06, 2009, 04:59:32 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
Flu Babi

Dimulai oleh fitrie « 1 2 3 » Kesehatan

32 Jawaban
23660 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2015, 11:50:14 AM
oleh Monox D. I-Fly
Facebook Haram?

Dimulai oleh biobio « 1 2 ... 5 6 » Sosial dan Politik

75 Jawaban
39945 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2009, 10:23:08 PM
oleh L
40 Jawaban
20604 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2009, 01:42:30 AM
oleh udang