Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 01:46:59 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kenapa orang2 percaya adanya tuhan ?

Dimulai oleh gregy, September 22, 2010, 01:36:17 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

gregy

#15
Kutip dari: cetol pada September 26, 2010, 07:34:00 AM
teoi " KEBETULAN"
kebetulan dari kera ada yang evolusi jadi kera,,,,(apakh manusia akan berevolusi jadi kera lagi)
kebetulan ada ikan naik ke darat,berevolusi jadi hewan berkaki ky buaya git....(duh kacian ikan aku kemarin aku taruh di tanah,kq nggak tumbuh kakinya)
kebetulan dari angkasa jatuh ke bumi sel biologi yang akhirnya menjadi hewan,manusia dan tumbuhan (dari angkasa makan apa y dia selama mengembara? nggak buth oksigen atau dia emang nggak bernafas)
bla...bla...bla...semuanya kq kebetulan...


lebih baik baik kebetulan daripada " hanya tuhan yang tahu jawabannya "

gregy

Kutip dari: Farabi pada September 26, 2010, 07:48:08 AM
Kutip dari: gregy pada September 25, 2010, 08:08:56 PM
Kutip dari: Farabi pada September 23, 2010, 08:13:51 AM
Orang2x butuh sandaran pada yang lebih kuat, percaya adanya Tuhan memberikan mereka harapan untuk berjuang dalam hidup dan untuk hidup.

apakah jika tidak percaya tidak adanya harapan untuk hidup ?

Mana saya tahu, yang jelas orang2x primitif tanpa tahu atau baca kitab suci secara alamiah membuat2x tuhan sendiri yang biasa di gambarkan dalam bentuk patung, ukiran dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa secara alamiah manusia percaya bahwa ada suatu kekuatan yang sangat besar yang bisa mengendalikan bumi ini.

dari mana orang2 primitif itu tahu adanya tuhan ?bukannya hanya kepala suku

gregy

Kutip dari: rizqi_fs pada September 26, 2010, 06:00:49 AM
kenapa bisa terjadi seleksi alam?

kenapa bisa terjadi karena itu pelajari sains karena semuanya ada alasan serta bukti yg dpt ditunjukan bukan menyembah yg tidak dapat dilihat dan berharap adanya mujizat ...

Pi-One

Kutip dari: cetol pada September 26, 2010, 07:35:45 AM
yang bener

kebetulan dari kera ada yang evolusi jadi manusia,,,,(apakh manusia akan berevolusi jadi kera lagi)
Lalu, kera mana yang berevolusi jadi manusia?

Lebih mudah menerima manusia berkembang dari primata sejenis kera, ketimbang menerima kera berasal dari manusia yang dikutuk...

cetol

kera yang berasal dari manusia yang dikutuk?kisah orang bani Israel y?
kalo dari Al-Qur'an saya percaya 100%

yang jelas sekarang terjadi dan nampak aja kaya tenaga dalam/chi sains belum bisa ngejelasin, apalagi kejadian jaman dulu.
still n3wbee

Pi-One

Kutip dari: cetol pada September 28, 2010, 06:04:18 PM
kera yang berasal dari manusia yang dikutuk?kisah orang bani Israel y?
kalo dari Al-Qur'an saya percaya 100%
Salah kalau kubilang anda dogmatis? :)

rizqi_fs

ga salah juga, tapi dogmatisnya juga ga bisa dibantah juga kan?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada September 28, 2010, 10:13:25 PM
ga salah juga, tapi dogmatisnya juga ga bisa dibantah juga kan?
Dogma gak bisa dianggap sebagai kebenaran, melainkan pembenaran.

rizqi_fs

Kutip
Dogma gak bisa dianggap sebagai kebenaran, melainkan pembenaran.
Begitu juga dengan sains, tidak selamanya benar.

"Karena ilmu manusia itu terbatas dan ilmu Alloh itu tiada batas" <- Ini dogma juga lho, tapi bisakah anda bantah?

contoh: - Einstein, dia menganggap tidak ada materi di alam ini yang lebih cepat dari kecepatan
              cahaya yang menurut dia kecepatannya "c"
           - Semua rumusan Einstein akan terkoreksi ketika ditemukan material yang kecepatannya
              lebih cepat dari "c"
           - Kemungkinan akan terkoreksinya rumusan Einstein ini adalah 99%, ini didasarkan pada
              perbandingan pengetahuan Einstein dengan ilmu yang ada dialam ini yang begitu luas.
             

rizqi_fs

O iy dalam sains pun, langkah pertama dalam melakukan riset itu adalah mencari pembenaran dulu:)

rizqi_fs

Justru orang yang tidak memiliki dogma, dia adalah orang yang tidak mempunya arah alias orang bingung.
Ilmuwan butuh dogma, untuk melangkah mantap dalam menjalankan riset.
Banyak dogma2 dalam Islam yang membuat manusia bersemangat dalam mempelajari sains.

Pi-One

Wakaka....Dogma adalah penghambat. Sekali terikat dogma, sulit bagi mereka untuk menguji kebenaran...

rizqi_fs

#27
Dogma didalam Islam adalah ketenangan dan semangat untuk bergerak, mensyukuri nikmat-nikmat Alloh, mencermati alam untuk selalu mengingat kebesaran Alloh:)

Bahwa Makhluq ini tidak kuasa, tapi Allah yang maha kuasa!
Belajar (menuntut ilmu) diwajibkan untuk semua muslimin dan muslimat (hadits).
Tapi Hakikatnya ilmu dtang dari Allah bukan dari Belajar. Begitu pula rezeki datang
bukan dari kerja kita.!
Kita Belajar karena perintah Allah dan Sunnah Nabi.
Jika Allah kehendaki, dengan belajar - Allah berikan ilmu

Jika Allah kehendaki, dengan belajar - tapi Allah tidak berikan ilmu
Jika Allah kehendaki, tanpa belajar pun - Allah berikan ilmu
Laailaha illallah

Pi-One

Dogma oh dogma...

Intinya, mengklaim panajng lebar tinggi, tapi gak ada bukti, dan harus diterima karena 'pokoknya begitu', itukah dogma? No, thanks :)

semut-ireng

Jika Allah kehendaki,  tanpa belajar pun - Allah berikan ilmu

Buktinya banyak,  antara lain :

-   baca di Alkitab tentang kisah Saulus yang di kemudian hari menjadi Rasul Paulus, dia yang berjasa menyebarkan agama kristen.

-   Nabi Buddha Gotama,  sebelumnya pernah punya 2 guru,  kemudian berpisah karena tidak puas dengan yang diajarkan oleh gurunya itu,  berkelana mencari kebenaran dan akhirnya menerima pencerahan,  setelah itu  ' mengaku tidak punya guru ' dengan kata-katanya  :  siapa yang patut kusebut guru ?

-  Nabi Isa / Yesus,  Nabi Muhammad SAW dll.