Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 25, 2022, 08:23:35 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 63
Total: 63

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???

Dimulai oleh gregy, Februari 16, 2011, 07:56:54 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

gregy

berarti anda telah tertipu olehnya karena berdasarkan fakta yang ada uang pertam kali muncul di mesopotamia ribuan tahun sebelum adanya alkitab

Pi-One

Jadi kepikiran, waktu keluar dari surga, Adam dibekali uang gak?

imaginary_number

baca [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

no offense, tp sepertinya TS terlalu paranoid. Tidak semua orang begitu mendewa2kan uang. Beberapa orang bahkan menganggapnya seperti mainan anak kecil. Dan kenapa harus bawa-bawa Tuhan segala ???


Farabi

Kutip dari: gregy pada Maret 07, 2011, 09:35:10 PM
berarti anda telah tertipu olehnya karena berdasarkan fakta yang ada uang pertam kali muncul di mesopotamia ribuan tahun sebelum adanya alkitab

Boleh jadi saya salah tafsir, terima kasih atas koreksinya,
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

syx

uang adalah sistem yang dibuat oleh manusia... bukan buatan TUHAN. itu kan sebagai pengganti sistem barter dalam jual beli.

gregy

karena buatan manusia lalu kenapa banyak manusia yang dipersulit olehnya, padahal sebuah sistem dikatakan berjalan baik apabila semua orang mendapatinya berarti ada yang salah bukan dengan sistem ini yang mana masih cukup banyak orang yang dipersulit bahkan diperbudak oleh sistem ini

soviet regarda

Kutipkarena buatan manusia lalu kenapa banyak manusia yang dipersulit olehnya, padahal sebuah sistem dikatakan berjalan baik apabila semua orang mendapatinya berarti ada yang salah bukan dengan sistem ini yang mana masih cukup banyak orang yang dipersulit bahkan diperbudak oleh sistem ini
tidak ada yg salah dgn sistem ini, uang mempermudah manusia dalam bertransaksi itu pasti...
yg jadi sulit d beberapa daerah adalah cara..cara mendapatkan uang..mendapat pekerjaan lah untuk lebih tepatnya...
dan manusia pun tidak diperbudak oleh uang..melainkan oleh manusia lagi..
jadi manusia yang mempunyai uang lebih (dalam kehidupan sosial) selalu berada di atas manusia yg mempunyai uang pas pasan atau kurang uang dalam hal kepemilikan harta termasuk kekuasaan dan pendidikan..
yg jd masalah adalah distribusi uang itu, ketika kepemilikan uang itu menggunung pada segelintir orang..
menjadikan jurang antara si kaya dan si miskin makin lebar..dan kapitalisme membuka pintu selebar lebarnya bagi segelintir orang untuk menimbun uang/harta sebanyak banyak nya .....membuat kauminus makin minus saja..
tentunya tuhan sama sekali tidak terlibat dalam proses keuangan global..ha


gregy

kenapa bisa tuhan tdk terlibat haha, karena akan hanya membuat jurang seperti yg anda bilang lalu untuk apalagi digunakan sistemnya bukankah lebih baik apabila jurang yang besar tersebut ditambal sehingga tidak terlihat lagi adanya jurang tersebut dalam kehidupan manusia atau mungkin saya juga memahami orang2 yang berada di tepi jurang sebelah ' kanan ' mungkin berharap jurang tersebut semakin besar sehingga seluruh hidupnya dapat terpenuhi tanpa perduli pada sisi jurang yang sebelah ' kiri '

syx

kekayaan bukan selalu berupa uang kan? jaman dulu sebelum dikenal sistem uang, orang bisa disebut kaya kalo punya banyak barang, banyak ternak, banyak budak. kalo pun belum ada uang, mereka bisa pake saling tukar barang, tukar ternak, tukar budak, tukar gundik, dll. jadi ada uang ato tidak, masalah kaya-miskin tetap ada.

maula

Kutip dari: syx pada Maret 17, 2011, 07:46:59 AM
kekayaan bukan selalu berupa uang kan? jaman dulu sebelum dikenal sistem uang, orang bisa disebut kaya kalo punya banyak barang, banyak ternak, banyak budak. kalo pun belum ada uang, mereka bisa pake saling tukar barang, tukar ternak, tukar budak, tukar gundik, dll. jadi ada uang ato tidak, masalah kaya-miskin tetap ada.
ya, tetapi sekarang kan lebih praktis semua itu tinggal "dilipat" saja, mudah di bawa kemana2 cukup  kartu atm saja.

familycode

Kutip dari: gregy pada Maret 05, 2011, 09:42:13 PM
apa anda mengerti kata mati di ayat ini ?
Mati yang dimaksud adalah hekekat yang didapat dari iman itu tidak disertai perbuatan. (2:17:), mati disini artinya adalah iman yang kosong (2:20), seperti tubuh tanpa roh adalah mati (2:26).

Kutip dari: gregy pada Maret 05, 2011, 09:42:13 PM
apakah teknologi2 tersebut tidak dapat diciptakan tanpa adanya uang ?apakah uang dapat melahirkan teknologi ?
secara logika ya mungkin saja tapi secara empirisnya sudah terbukti? jika sudah terbukti dapat ditunjukkan disini.

Kutip dari: gregy pada Maret 05, 2011, 09:42:13 PM
apa uang dapat membeli kebersamaan ?
Dapat

Kutip dari: gregy pada Maret 05, 2011, 09:42:13 PM
karena uang banyak orang lupa akan moral yang mana moral adalah dasar dari kehidupan manusia
Moral secara normatif ya tapi belum tentu jika moral yang tidak normatif.

maula

Kutip dari: soviet regarda pada Maret 16, 2011, 10:40:36 AM
tidak ada yg salah dgn sistem ini, uang mempermudah manusia dalam bertransaksi itu pasti...
yg jadi sulit d beberapa daerah adalah cara..cara mendapatkan uang..mendapat pekerjaan lah untuk lebih tepatnya...
dan manusia pun tidak diperbudak oleh uang..melainkan oleh manusia lagi..
jadi manusia yang mempunyai uang lebih (dalam kehidupan sosial) selalu berada di atas manusia yg mempunyai uang pas pasan atau kurang uang dalam hal kepemilikan harta termasuk kekuasaan dan pendidikan..
yg jd masalah adalah distribusi uang itu, ketika kepemilikan uang itu menggunung pada segelintir orang..
menjadikan jurang antara si kaya dan si miskin makin lebar..dan kapitalisme membuka pintu selebar lebarnya bagi segelintir orang untuk menimbun uang/harta sebanyak banyak nya .....membuat kauminus makin minus saja..
tentunya tuhan sama sekali tidak terlibat dalam proses keuangan global..ha
kenapa tidak berperan, anda bayangkan saja kalao semua dibuat miskin atau semua dibuat kaya kan tambah repot, rumah si kaya atapnya bocor siapa yang mau disuruh kalo semua kaya, semua miskin ya repot juga, susah cari kerja, siapa yang mau buka lowongan kerja lha wong semua miskin. Apa mungkin semua itu tidak ada yang ngatur ?  nggak gampang lho orang miskin jadi kaya, tapi kalo kaya jadi miskin gampang sekali.






gregy

disini sy tdk membahas kaya/miskin melainkan apa fungsi dari sistem uang ini ?kenapa ciptaan kita sendiri membuat kita manusia jadi susah dalam bertahan hidup, lalu apa bedanya zaman modernisasi dengan purba apabila sistem2 yang dibuatnya justru menyulitkan sesamanya sendiri ..

gregy

buktinya sudah berjalan bukan lagi didalam data silahkan anda buka venusproject, memang seperti kata pepatah ada gula ada semut hehe, jadi apakah tolak ukur anda untuk mendapatkan rasa kebersamaan dapat disetarakan dengan nilai dari sebuah mata uang ?

soviet regarda

#29
Kutipkenapa bisa tuhan tdk terlibat haha,
dalam hal itu, dimana keterlibatan nya?
Kutipmasalah kaya-miskin tetap ada.
betul, ini merupakan sebuah keniscayaan
Kutipkalao semua dibuat miskin atau semua dibuat kaya kan tambah repot
jgn mulai berhayal..dan berkalo kalo..lagian cita2 nasional bukan bikin kaya/miskin semua melainkan kemerdekaan, kesejahteraan umum, pendidikan, pekerjaan dan penghidupan dan layak
KutipApa mungkin semua itu tidak ada yang ngatur ?
ada yg ngatur, penguasa kapital dgn sgala macam alat politik dan kekuasaan nya (aparatur negara, UU, agama, media, dll).
Kutipdisini sy tdk membahas kaya/miskin melainkan apa fungsi dari sistem uang ini ?
fungsi uang sudah demikian jelasnya ko..contoh : anda tidak bisa sekolah jika tidak sanggup bayar (tentu bayarnya pake uang)..
Kutipkenapa ciptaan kita sendiri membuat kita manusia jadi susah dalam bertahan hidup,
yg bikin susah bukan uang, tapi orangnya...penguasa dan aturan nya..misal masuk sekolah negeri..ko harus bayar?

selebihnya jika mengait2kan uang dgn tuhan ya cuma otak anda yg bingung,