Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2021, 07:59:17 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 74
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???  (Dibaca 152304 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline familycode

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 691
  • IQ: 4
  • Main gulat diam-diam, saya juga mau
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #30 pada: Maret 18, 2011, 09:01:35 PM »
disini sy tdk membahas kaya/miskin melainkan apa fungsi dari sistem uang ini ?
kenapa ciptaan kita sendiri membuat kita manusia jadi susah dalam bertahan hidup, lalu apa bedanya zaman modernisasi dengan purba apabila sistem2 yang dibuatnya justru menyulitkan sesamanya sendiri ..
Ikutan reply..

Hegemoni uang yang anda rasakan itu sebenarnya bagus ada kesadaran tentang itu tapi bukan berarti objek yang bernama uang ini tidak mempunyai sisi-sisi positif seperti fungsi dan kemudahan

Lagipula misal tidak ada ada sistem uang, tapi sistem barter, efeknya apa akan membuat kondisi lebih baik atau lebih buruk? sistem penggunaan uang adalah sistem yang sesuai di jaman yang mulai banyak transaksi yang sudah begitu kompleks, perlu tolok ukur pasti sebagai bentuk pertukaran.
« Edit Terakhir: Maret 18, 2011, 09:06:16 PM oleh familycode »

Offline familycode

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 691
  • IQ: 4
  • Main gulat diam-diam, saya juga mau
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #31 pada: Maret 18, 2011, 09:10:39 PM »
buktinya sudah berjalan bukan lagi didalam data silahkan anda buka venusproject, memang seperti kata pepatah ada gula ada semut hehe,
Ikutan reply lg hehe..

Silahkan anda jabarkan tentang venusproject dengan berbagai konsep dan kriterianya, dimana nanti objek ini jadi pemikiran bersama disini, kan jadi lebih jelas apa yang ingin anda tawarkan untuk sistem yang pas selain sistem uang untuk jaman yang memiliki transaksi begitu kompleks..

jadi apakah tolak ukur anda untuk mendapatkan rasa kebersamaan dapat disetarakan dengan nilai dari sebuah mata uang ?
Secara umum saya melihat berbagai orang dengan prilakunya, rasa kebersamaan dalam diri manusia tidak selalu 100% karena nilai dari sebuah mata uang tapi bisa juga karena datang dari rasa nyaman terhadap satu sama lain, ada juga bisa karena adanya musuh bersama, ada juga karena kepentingan bersama, bisa juga ada rasa kecocokan misalnya karena punya hobby yang sama dan sebagainya..
« Edit Terakhir: Maret 18, 2011, 09:30:21 PM oleh familycode »

Offline wly379

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 1
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #32 pada: Maret 18, 2011, 10:10:04 PM »
sistem uang dibikin oleh manusia?? Saya manusia apa bukan ya,kok saya tidak merasa ikutan bikin sistem itu? Yang saya rasa,saya lahir tahun 1988 udah ada uang,hehehehe.pusingnya saya lagi,kenapa rupiah dibanding dollar jadi murah?padahal sebab2nya bgtu saya tidak ikut2an.tp skrg saya harus merasakan efeknya juga.

setahu saya,fungsi uang emang untuk mengganti sistem barter karena tukar menukar sesama barang belum tentu ketemu orang yang cocok.(si A punyanya kelapa butuhnya beras,ktemunya kok si B yg punyanya hp butuhnya laptop).

ya mungkin uang jg bukan sistem yg paling sempurna,makanya ada sisi2 negatifnya.apalagi ditambah sifat orangnya,tidak semuanya punya kelakuan baik....

Offline maula

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 300
  • IQ: 3
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #33 pada: Maret 19, 2011, 01:09:43 AM »
disini sy tdk membahas kaya/miskin melainkan apa fungsi dari sistem uang ini ?kenapa ciptaan kita sendiri membuat kita manusia jadi susah dalam bertahan hidup, lalu apa bedanya zaman modernisasi dengan purba apabila sistem2 yang dibuatnya justru menyulitkan sesamanya sendiri ..
kalo uang ditiadakan dan dikembalikan kepada sistem pertukaran barang dengan barang, apa menurut anda manusia akan mudah untuk bertahan hidup, saya kira malah makin runyam, Waktu kita hanya dihabiskan untuk mencari orang yang mau menukar TV kita dengan kulkas yang kita perlukan.

kalo anda bicara tentang susahnya dalam bertahan hidup mau tidak mau pembicaraan harus mengarah pada kondisi kaya dan miskin, karena tidak ada istilah susah bertahan hidup bagi orang yang kaya yang mampu mendapatkan apa saja yang diinginkan. Bagi orang yang kaya dunia adalah surga, tetapi bagi orang yang miskin dunia adalah neraka.

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #34 pada: Maret 19, 2011, 02:40:24 PM »
dalam hal itu, dimana keterlibatan nya?
selebihnya jika mengait2kan uang dgn tuhan ya cuma otak anda yg bingung,
dimana keterlibatan tuhan dengan uang (khatolik/kristen) disaat yesus dijual 30 keping perak oleh yudas ?hal ini cukup membuat saya tidak dpt tidur ...

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #35 pada: Maret 19, 2011, 02:51:39 PM »
sekali lagi saya tidak akan kembali ke masa lalu karena itu tdk mungkin jadi kalau ingin balik ke dunia barter saya rasa tidak akan mungkin karena zaman yang sudah berbeda dan cukup berkembangnya dunia teknologi...yang saya ingin tawarkan justru melalui kemajuan teknologi kita tanpa adanya keterlibatan uang didalamnya sehingga semua orang dapat merasakan makanan yang sama, baju yang sama, kehidupan yang layak bagi semua orang tanpa memandang stasus sosial, memperkecil polusi yang ada di dunia dengan menggantikannya dengan teknolgi yang baru yang mana teknologi tersebut sudah dapat diciptakan dan inti dari yang saya tawarkan berbasis sumber daya ekonomi serta SDA yang terus dapat diperbaharui. terlalu banyak kalau saya harus ketik disini tp apabila di forum ini ada yang tertarik dengan tawaran saya mungkin kita bisa berdiskusi secara langsung untuk terciptanya dunia yang lebih baik bagi kita semua mahluk hidup.

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #36 pada: Maret 19, 2011, 02:56:41 PM »
Ikutan reply..

Hegemoni uang yang anda rasakan itu sebenarnya bagus ada kesadaran tentang itu tapi bukan berarti objek yang bernama uang ini tidak mempunyai sisi-sisi positif seperti fungsi dan kemudahan

Lagipula misal tidak ada ada sistem uang, tapi sistem barter, efeknya apa akan membuat kondisi lebih baik atau lebih buruk? sistem penggunaan uang adalah sistem yang sesuai di jaman yang mulai banyak transaksi yang sudah begitu kompleks, perlu tolok ukur pasti sebagai bentuk pertukaran.

terimakasih tp seharusnya semua orang dapat mengerti

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #37 pada: Maret 19, 2011, 03:02:15 PM »
kalo uang ditiadakan dan dikembalikan kepada sistem pertukaran barang dengan barang, apa menurut anda manusia akan mudah untuk bertahan hidup, saya kira malah makin runyam, Waktu kita hanya dihabiskan untuk mencari orang yang mau menukar TV kita dengan kulkas yang kita perlukan.

kalo anda bicara tentang susahnya dalam bertahan hidup mau tidak mau pembicaraan harus mengarah pada kondisi kaya dan miskin, karena tidak ada istilah susah bertahan hidup bagi orang yang kaya yang mampu mendapatkan apa saja yang diinginkan. Bagi orang yang kaya dunia adalah surga, tetapi bagi orang yang miskin dunia adalah neraka.

saya cukup mengerti mksd anda tapi dari penjelasan anda ini sy bisa menarik 1 pertanyaan kenapa ada kaya dan miskin ?padahal hidup ini layaknya roda habis kita mati cucu kita akan lahir dan begitu seterusnya jadi sebenarnya kata kaya/miskin disini hanyalah titipan dari orang tua2 kita.

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #38 pada: Maret 19, 2011, 04:00:57 PM »
Kutip
dimana keterlibatan tuhan dengan uang (khatolik/kristen) disaat yesus dijual 30 keping perak oleh yudas ?hal ini cukup membuat saya tidak dpt tidur ...
jgn buang2 energi anda..apalagi sampe tidak bisa tidur hanya untuk memikirkan pihak yg jelas2 tidak terlibat..syg sekali bingung ko dibikin2 sndiri..boro2 terlibat langsung,tuhan ada atau tidak pun based on keyakinan semata..memikirkan keterlibatan tuhan dalam dunia yg penuh nuansa politik dan ekonomi = bikin bingung saja..

Kutip
pertanyaan kenapa ada kaya dan miskin ?padahal hidup ini layaknya roda habis kita mati cucu kita akan lahir dan begitu seterusnya jadi sebenarnya kata kaya/miskin disini hanyalah titipan dari orang tua2 kita.
oleh karena itu, banyak2lah membaca..jadinya tau..miskin itu..bisa jadi karena takdir (alasan teologis), karena kurang usaha (alasan kapitalistis) dan karena memang ada proses pemiskinan (alasan sosialis politis)..jd baca jgn filsafat teologi doang biar ga bingung..

lagian hari gini ko masih aja dibikin bingung mikirin "dimana keterlibatan tuhan dengan uang (khatolik/kristen) disaat yesus dijual 30 keping perak oleh yudas ?" cuma bantu biar bisa tidur aja..jgn tembak tuhan mulu, coba cari literatur yg melihat kasus itu dari sudut pandang sejarah,sosial, ekonomi, atau politiknya..biar agak2 terbangun dari "pikiran muter2 dan ngawang2 nya"

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #39 pada: Maret 19, 2011, 05:40:19 PM »
kesimpulan yg menarik tp sayangnya kenapa pemeluk keyakinan tersebut masih cukup banyak yang mencari uang dijalan sana sembari bertanya2 dalam hati kapan gw bisa naik gaji ya ? haha saya jd semakin mengerti pergerakan zaman membuat kita semakin bodoh dan semakin banyak pula jadinya yang hanya bisa mengangguk tanda setuju atas semua sistem yang diberikan kepadanya ... sory tp munurut saya tidak ada orang miskin di dunia ini baik dari segi apapun karena kata tersebut hanya dipakai bagi orang yang merasa dirinya kaya dan ini bukan berdasarkan teologi atau apapun tp lebih ke logika ..

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #40 pada: Maret 19, 2011, 06:41:42 PM »
Kutip
kenapa pemeluk keyakinan tersebut masih cukup banyak yang mencari uang dijalan sana sembari bertanya2 dalam hati kapan gw bisa naik gaji ya ?
teorinya,kata si maslow sih ada 5 kebutuhan dasar manusia.dan keinginan untuk naik haji eeh gaji  ;D pun merupakan salah satu dari kebutuhan dasar tersebut.jd wajar alias normal kalo manusia mengharapkan naik haji eh gaji..
 
Kutip
saya jd semakin mengerti pergerakan zaman membuat kita semakin bodoh dan semakin banyak pula jadinya yang hanya bisa mengangguk tanda setuju atas semua sistem yang diberikan kepadanya
tenang saja.akan selalu ada resistensi atas sistem yg ada...

sekarang begini saja...menurut anda,dalam konteks ini apa sistem yg bagus menggantikan uang sebagai alat transaksi? jd jgn cuma ngawang2 tidak setuju dan mempertanyakan tp ga punya solusi..apalagi sampe ga bisa tidur..selain buang2 energi..itu hanya melamun (berhayal/berandai2) dan bikin bingung saja namanya bukan berpikir..

Kutip
sory tp munurut saya tidak ada orang miskin di dunia ini baik dari segi apapun karena kata tersebut hanya dipakai bagi orang yang merasa dirinya kaya dan ini bukan berdasarkan teologi atau apapun tp lebih ke logika ..
kemiskinan, kelaparan, ketidakadilan..itu kenyataan..itu fenomena sosial..jika kata "miskin" anda cermati, telusuri, selami sedalam2nya kemudian diartikan bermacam2 bukan logika tapi filsafat..


Offline familycode

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 691
  • IQ: 4
  • Main gulat diam-diam, saya juga mau
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #41 pada: Maret 19, 2011, 09:29:21 PM »
sekali lagi saya tidak akan kembali ke masa lalu karena itu tdk mungkin jadi kalau ingin balik ke dunia barter saya rasa tidak akan mungkin karena zaman yang sudah berbeda dan cukup berkembangnya dunia teknologi...yang saya ingin tawarkan justru melalui kemajuan teknologi kita tanpa adanya keterlibatan uang didalamnya sehingga semua orang dapat merasakan makanan yang sama, baju yang sama, kehidupan yang layak bagi semua orang tanpa memandang stasus sosial, memperkecil polusi yang ada di dunia dengan menggantikannya dengan teknolgi yang baru yang mana teknologi tersebut sudah dapat diciptakan dan inti dari yang saya tawarkan berbasis sumber daya ekonomi serta SDA yang terus dapat diperbaharui. terlalu banyak kalau saya harus ketik disini tp apabila di forum ini ada yang tertarik dengan tawaran saya mungkin kita bisa berdiskusi secara langsung untuk terciptanya dunia yang lebih baik bagi kita semua mahluk hidup.
Kenapa tidak mencoba diketik yang anda tahu saja..

Offline gregy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 136
  • IQ: 5
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #42 pada: Maret 19, 2011, 10:25:13 PM »
karena sangat banyak kalau harus saya tuliskan lagipula saya sedikit malas hehe

Offline familycode

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 691
  • IQ: 4
  • Main gulat diam-diam, saya juga mau
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #43 pada: Maret 19, 2011, 11:14:37 PM »
karena sangat banyak kalau harus saya tuliskan lagipula saya sedikit malas hehe
Oke, btw itu thread anda kayaknya error, q dah post tapi posting terahkir di sub forum ini masih tampil post terahkir adalah anda..

Offline maula

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 300
  • IQ: 3
Re: kenapa TUHAN menciptakan uang ataukah TUHAN mencintai uang ???
« Jawab #44 pada: Maret 20, 2011, 12:06:41 AM »
saya cukup mengerti mksd anda tapi dari penjelasan anda ini sy bisa menarik 1 pertanyaan kenapa ada kaya dan miskin ?padahal hidup ini layaknya roda habis kita mati cucu kita akan lahir dan begitu seterusnya jadi sebenarnya kata kaya/miskin disini hanyalah titipan dari orang tua2 kita.
sudah saya katakan diatas kaya miskin itu ada agar orang saling menolong,  satu sama lain. Si kaya pasti tertolong dengan adanya tukang cuci pakaiannya, menyapu rumahnya, memotong rumput di taman miliknya, mengepel lantai rumahnya yang sebesar istana, mencuci/membersihkan mobilnya yang berjumlah 5 buah.

Anda bisa bayangkan kalo semua itu anda kerjakan sendiri, pasti tidak akan cukup waktu satu hari penuh.

Sebaliknya si miskin akan tertolong dengan upah yang diberikan oleh majikannya, uang ini selanjutnya digunakan untuk menghidupi keluarganya, begitu seterusnya setiap manusia pasti memerlukan manusia yang lain.

« Edit Terakhir: Maret 20, 2011, 12:09:21 AM oleh maula »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
7307 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 05, 2009, 03:57:03 AM
oleh YONJK
Uang di Forsa

Dimulai oleh biobio « 1 2 » Kotak Saran

29 Jawaban
13746 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2009, 02:19:26 PM
oleh Sky
7 Jawaban
4324 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2009, 11:34:23 AM
oleh Nabih
49 Jawaban
48851 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2015, 04:28:16 AM
oleh Pi-One
104 Jawaban
37748 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2011, 03:52:03 PM
oleh reborn