Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2020, 12:58:49 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat  (Dibaca 19467 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #15 pada: Juni 21, 2010, 01:31:06 PM »
keren nih :) harus dipelajari
ayo naik ke halaman 1 lagi thread ini
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #16 pada: Juni 24, 2010, 02:18:06 AM »
Recommeded.
buat momod, gimana kalau ini dijadikan peraturan forum aja? atau minimal dijepit diatas ;D
tujuannya supaya orang baca dan mengurangi debat kusir yang ga ada abisnya...
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #17 pada: Oktober 17, 2011, 04:11:24 PM »
Setuju dengan usul-usul di atas. Topik ini sekarang dibuat sticky. Mudah-mudahan jadi lebih banyak yang baca dan bisa jadi rujukan. Semoga mengurangi perdebatan yang tidak perlu.

Offline danzJr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #18 pada: Oktober 17, 2011, 11:18:42 PM »
kesalahan mutlak dalam argumentasi adalah pertanyaan "mengapa" "kenapa", karena itu adalah pertanyaan yang menjatuhkan pendapat atau argumen seseorang, contoh
Prof : bumi itu bulat
Murid : kenapa bumi bisa bulat? Kenapa ga kotak aja?
Prof :karena ya emang dari sana nya udah bulat kali.
Murid : kenapa bisa begitu?
Maka sang prof pun akan sulit menjawanya,
Tapi coba kita bertanya ''bagaimana''
adik : bagaimana sih ibu bisa melahirkan?
Ayah : begini nak, itu adalah sebuah proses bla bla bla,
Maka sang anakpun akan mengerti dan ayahnya mampu menjawab dengan daya nalar anak.

Jadi jangan pernah mencoba menyalahkan seorang argumentasi, karena kesalahan 1 org merupakan kesalahan semua org juga
sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan

Offline ahmadsantoso

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: -1
Re: Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #19 pada: November 19, 2011, 07:50:47 AM »
Logika hanyalah perangkat pikiran.
Berdebat hanyalah model keinginan.
Keduanya hanyalah produk manusia, yang salah bukan logikanya tapi manusianya.
Kasihan logika yang disalahkan, padahal tidak ada yang tidak logika, yang pasti semua yang terlintas masuk diakal kita, cuman kita dengan kekurangan perangkat ilmu tidak bisa mencerna atau tidak bisa mengelola dengan baik.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #20 pada: Januari 16, 2012, 12:55:42 PM »
IMO, kesalahan logika bisa dipandang sebagai akibat dari digunakannya asumsi yang salah sebagai premis secara implisit.

Misalnya, dalam kesalahan logika berjenis Argument from authority (Argumentum ad verecundiam), premis yang digunakan secara implisit adalah bahwa authority/pihak yang berwenang selalu benar.

Contoh lain, pada Ad hominem, pendebat menyerang kepribadian dari orang yang berpendapat, dengan asumsi bahwa orang yang kepribadiannya buruk tidak mungkin mengeluarkan pernyataan yang benar.
once we have eternity, everything else can wait

Offline zoldik

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 127
  • IQ: 16
  • salam kenal!!!
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #21 pada: Januari 22, 2012, 02:26:29 AM »
hal2 semacam ini apa ada dalam logika matematik ya? buku apa ya yg digunakan untuk mempelajari hal2 semacam ini, saya perlu banget mohon saran buku yg mungkin didapet ya teman2

Offline ssdestroyer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Cogito Ergo Sum
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #22 pada: November 17, 2014, 12:47:24 PM »
apakah mungkin bisa terlepas dari kesesatan berlogika di topik yang sensitif?
eh seperti saya sudah salah berlogika  >:D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #23 pada: April 04, 2015, 05:04:50 AM »
Gak sengaja nemu ini di youtube.
https://www.youtube.com/watch?v=t7NE7apn-PA
Semoga bermanfaat.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #24 pada: Juli 12, 2015, 09:11:01 AM »
c. Ad Hominem Tu Quo Que : mengatakan bahwa si penulis tidak berhak menyatakan hal tersebut karena ia tidak melakukan apa yang dikatakannya.
Contoh :
Abu : Dalam kondisi tekanan ekonomi seperti sekarang ini maka sebaiknya kita menghemat pemakaian energi dan mencegah pemborosan2 yang tak perlu.
Badu : Ah, mobil anda saja land rover yang terkenal boros bensin, anda tidak pantas untuk menganjurkan penghematan.

Penjelasan:
Bagaimana tingkah laku si Abu dalam kenyataannya tidak memiliki relevansi untuk menjelaskan kevalidan argumennya. Disamping itu, kita tidak tahu sama sekali tentang pertimbangan2 apa yang terdapat dalam benak si Abu untuk menggunakan mobil Land Rover.

Errr... Bukannya hal ini perlu dalam menerapkan Golden Rule?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Im

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 105
  • IQ: 38
  • Spritual, Sains Dan Seni
    • Kanal Inspirasi A+
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #25 pada: Desember 01, 2016, 03:40:29 AM »
Dalam Konteks Ilmiah Perdebatan Secara Objektif Itu Perlu Untuk Menyempurnakan Hipotesa,JIka dalam Perdebatan Mengarah Pada Persenol Seseorang Itu Bukan Perdebatan Namanya Tapi Pertikai-an Yang TIdak Terarah.

Offline kazuma

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Kesalahan2 Logika dalam Berdebat
« Jawab #26 pada: Desember 02, 2016, 05:23:51 AM »
Keren banget neh, nice info banget.. Nambah ilmu.. Ad Hominem yang paling sering dipake sama pengacara indo kan hahahaha

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
bahas LOGIKA yuks!!!!

Dimulai oleh ohzee « 1 2 3 » Bimbel Matematika

38 Jawaban
262313 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2015, 01:35:30 AM
oleh Monox D. I-Fly
9 Jawaban
9728 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2011, 04:49:23 AM
oleh ade_hndra
0 Jawaban
4872 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 08, 2009, 12:00:03 PM
oleh yubus
8 Jawaban
4690 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:51:17 PM
oleh Pi-One
5 Jawaban
6896 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2009, 03:40:40 PM
oleh Too Payz