Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 14, 2022, 07:24:34 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 39
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kitab agama yang diperbaharui

Dimulai oleh ojan, April 26, 2009, 12:57:22 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

goblokpol

Dari kajian 75 sarjana Bible terkemuka yang bersidang selama 6 tahun, keluarlah hasil kajian mereka yang dikenal melalui laporan berjudul "The Five Gospel" pada tahun 1993. Pertanyaan itu akhirnya terjawab dalam sebuah kesimpulan dalam laporan mereka  bahwa, dari Injil-Injil yang ada, hanya terdapat 18% saja yang diperkirakan asli perkataan Yesus, sementara sisanya....?. Hasil kajian ini tentu saja membuat geger dunia Kristen. Lain dari pada itu, satu hal yang patut dicatat bahwa, dari 114 sabda Yesus dalam Injil Thomas, tidak satupun ada pernyataan ataupun isyarat terhadap doktrin "penyaliban" atau penebusan dpsa melalui kematian Yesus di tiang kayu salib.

Penemuan kedua tahun, 1947 di Qumran, oleh seorang anak (penggembala kambing) bernama Muhammad Ad-Dib. Gulungan manuskrip yang ditemukan berisi tulisan kitab Perjanjian Lama, oleh sebuah komunitas yang diidentifikasi sebagai salah satu sekte Yahudi, yaitu sekte Esenes. Tulisan-tulisan mereka memberikan gambaran tentang masa-masa awal sejarah Kristen, keterkaitan gerakan Nazaren (pengikut Yesus dari Nazaret) dengan sekte Esenes, dalam komunitas ini terdapat seorang Nabi yang sezaman dengan Yesus yaitu Yahya As, atau Yohanes Pembabtis-menurut tradisi Kristen-. Penemuan arkeologi ini akhirnya mendorong sekian banyak pemerhati Kristologi untuk mengkaji naskah-naskah tersebut. Beragam kajian dari masing-masing peneliti mulai bermunculan, baik para peneliti Barat maupun Timur. Buku yang ada dihadapan pembaca ini adalah salah satu hasil penelitian oleh pemerhati dari Mesir. Salah satu kesimpulannya bahwa sekte Esenes berkaitan erat dengan masa awal sejarah Kristen. Ia bahkan memprediksi bahwa "Guru bijak" yang diceritakan berseberangan dengan "Pendeta jahat" dalam Naskah Gulungan Laut Mati, adalah Yesus-itu sendiri. Hal ini ia perkuat dengan kajian terhadap nama Isaiyah yang tertulis sebagai nama kelompok tersebut, sebenarnya adalah Esenes.

Kajian-kajian tentang the Dead Sea Scrolls amatlah banyak, diantaranya yang membuat geger dunia Kristen adalah laporan Barbara Theiring, dalam bukunya "Jesus the  Man". Dari penelitiannya selama 20 tahun terhadap naskah Laut Mati, Barbara Theiring mampu menyuguhkan sosok Yesus sebagai seorang manusia, yang menikah (bahkan berpoligami), juga meninggal secara wajar dan bukan ditiang salib. Secara umum, kajian terhadap Naskah Laut Mati, lebih menempatkan Yesus sebagai sosok manusia yang pernah ada dalam sejarah, dan bukan sosok imajiner yang kemudian di mitoskan dan disembah. Setidaknya, inilah inti terpenting dari hasil kajian Naskah Laut Mati.

bone_daddy

oyi:

matius 15: 24
itu buat nguji iman perempuan kanaan... dan di akhir, imannya teruji, dan dia di sembuhkan.. kalo bener cuman buat bangsa Israel aja, gak di sembuhin lah... di jaman PL, yg di selamatkan emang cuman bangsa Israel.. tetapi setelah Yesus dateng, yg di selamatkan adalah org yg percaya sama Dia...(Yoh 3:16)

Kis 16:6
heyhooo...masa ayat ini lu pake juga seh...maksudnya jangan ke Asia tuh, bukan jangan beritain injil di sana selamanya... tapi jangan ke Asia dulu, ke tempat laen yg dulu..karena ada rencana yang lebih baik...karena ternyata, mereka harus ke makedonia (ayat 9 dan 10)... Yesus menyuruh murid2Nya untuk memberitakan injil ke seluruh dunia..ada di Amanat Agung, matius 28:19, jadikanlah semua bangsa murid-Ku...



ada presiden yg mao ngasih pidato di daerah rumah lu... mana yg lu pilih, presiden itu dateng langsung ke daerah rumah lu, apa presiden itu ngasih skrip pidato nya, dan minta org lain bacain? yah... gw bangga sama Tuhan gw... yg mao dateng ke dunia ini...

Pi-One

Kutip dari: bone_daddy pada Desember 05, 2009, 07:53:14 AMmatius 15: 24
itu buat nguji iman perempuan kanaan... dan di akhir, imannya teruji, dan dia di sembuhkan.. kalo bener cuman buat bangsa Israel aja, gak di sembuhin lah... di jaman PL, yg di selamatkan emang cuman bangsa Israel.. tetapi setelah Yesus dateng, yg di selamatkan adalah org yg percaya sama Dia...(Yoh 3:16)
bahkan meski untuk menguji, patutkah seorang guru besar seperti Yesus menyebut atau mengibaratkan bangsa lain sebagai anjing?

bone_daddy

Lah, itu cuman perumpamaan aja kali... mengapa menggunakan perumpamaan? agar mudah di mengerti.. yah kebetulan aja hewan yg suka makan di deket manusia makan tuh anjing...  ada juga kan, sama perumpamaan yang pake babi... intinya bukan untuk menghina.. tapi supaya mengerti aja, inti dari perkataan Yesus...

Mat 7:6 tuh contohnya... yg di pentingin bukan pake apa buat di umpamaan in....tp inti dr omongan Yesus...

Pi-One

Bahkan untuk perumpamaan pun, jika melihat kalimat dan kondisinya itu kalimat yang cenderung kasar. bahwa ajaran dan pengabdian yesus sama sekali tidak patut diberikan pada bangsa kanaan
Kutip dari: bone_daddy pada Desember 05, 2009, 12:17:30 PM
Lah, itu cuman perumpamaan aja kali... mengapa menggunakan perumpamaan? agar mudah di mengerti.. yah kebetulan aja hewan yg suka makan di deket manusia makan tuh anjing...  ada juga kan, sama perumpamaan yang pake babi... intinya bukan untuk menghina.. tapi supaya mengerti aja, inti dari perkataan Yesus...

Mat 7:6 tuh contohnya... yg di pentingin bukan pake apa buat di umpamaan in....tp inti dr omongan Yesus...
Bahkan sebagai perumpamaan pun kalimat yang diucapkan itu kasar, menganggap ajaran dan pengabdian yesus tidak patut diberikan sedikitpun pada bangsa kanaan (yang diibaratkan anjing) dan hanya patut diberikan pada anak-anak (kaum Yahudi)

Apalagi jika melihat sejarah bangsa yahudi dan bangsa kanaan dalam PL...

bone_daddy

Lah, kalo gak beriman, buat apa di selametin???

lu lagi2 masih berkutat di masalah anjing... kalo kata anjingnya di ganti kata jerapah, apa lu ngerti sama tuh perumpamaan...

Pi-One

Kutip dari: bone_daddy pada Desember 05, 2009, 07:07:18 PM
Lah, kalo gak beriman, buat apa di selametin???

lu lagi2 masih berkutat di masalah anjing... kalo kata anjingnya di ganti kata jerapah, apa lu ngerti sama tuh perumpamaan...
Patutkah seorang guru yang dihormati dan dijunjung tinggi membeda-bedakan saat menolong orang lain? Jika guru begitu, bagaimana muridnya? Dan mau anjing, jerapah, kuda, ayam, lihat konteks kalimatnya. Merebut makanan anak-anak dan melemparnya ke anjing? Tidak menghina?

bone_daddy

lu gak kliatan kaya org budhis pi

Pi-One

Kutip dari: bone_daddy pada Desember 07, 2009, 04:16:37 PM
lu gak kliatan kaya org budhis pi
Bahkan seorang Buddhis pun ada banyak ragam. Satu orang satu pemikiran, sejuta orang sejuta pemikiran. Aku gak bermaksud menghina atau menyerang agama orang lain, aku cuma mempertanyakan poin tertentu. tapi jika dianggap offense, boleh saja abaikan dan minta tidka diteruskan. 

bone_daddy

yah intinya yg mao gw sampain sih udah gw sampein.. tapi emang tujuan awalnya lu mao menjatohkan, jadi jawaban apapun yg kasih, gak akan memuaskan lu... pertama kali ketemu budhis kaya lu..ha3..

Pi-One

Kutip dari: bone_daddy pada Desember 08, 2009, 06:49:40 AM
yah intinya yg mao gw sampain sih udah gw sampein.. tapi emang tujuan awalnya lu mao menjatohkan, jadi jawaban apapun yg kasih, gak akan memuaskan lu... pertama kali ketemu budhis kaya lu..ha3..
benar bahwa aku gak puas, tapi menjatuhkan? untuk apa? Apakah ada keuntungan bagiku jika aku bisa menjatuhkan?

rawWARus

ANTI VIRUSKU JG UDAH PERLU DI UP DATE NIH...
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

semut-ireng

Terima kasih infonya ............... :)