Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Agama dan Filosofi => Topik dimulai oleh: pi_ic pada Mei 28, 2011, 02:28:52 AM

Judul: Komunikasi dengan Hati
Ditulis oleh: pi_ic pada Mei 28, 2011, 02:28:52 AM
Aku ngelihat bahwa orang-orang yang memegang tampuk jabatan disuatu perusahaan2 adalah orang2 yang bisa membuka hati dengan semua orang ketika berkomunikasi. Sangat arif, terlihat dari tatapan mata mereka dan terasa tidak ada tekanan terhadap ego orang lain yang diajak komunikasi.

Tidak banyak orang seperti itu dimasyarakat. Kebanyakan ketika orang diatas, maka sudah sangat sulit untuk mendengar.

Tidak heran jika orang psikologi bilang, keberhasilan itu 80% dari kemampuan kita berkomunikasi, 20% adalah skill teknis.

Masalahnya gimana bisa komunikasi yang baik ???? Susah dilakukan, apalagi jika didikan orang tua sudah tertanam di otak kita dari kecil.


Judul: Re: Komunikasi dengan Hati
Ditulis oleh: familycode pada Mei 28, 2011, 06:31:48 AM
Menurut saya pribadi memang komunikasi mempunyai peran sangat besar untuk mencapai suatu hal, mungkin yang jadi masalah dapat saja semakin tinggi jabatan kecenderungan untuk lebih mengutamakan orang-orang diatas atau setara dengannya dapat lebih besar dibanding dibawahnya, ini dapat wajar secara umum karena hal seperti itu bisa karena dia didiik dari kecil agar bergaul dengan orang diatas atau setara, bisa juga karena dia tidak ingin mengingatkan masa lalunya yang dimana dia pernah miskin dan sebagainya.

Komunikasi yang baik untuk mencapai sesuatu adalah komunikasi yang dapat memberikan rasa nyaman terhadap teman bicara, termasuk juga bagaimana teman bicara tidak merasa terancam terhadap apa yang anda katakan dan sebagainya, bagaimana caranya? itu tergantung kreatifitas anda. teman bicara anda dapat saja sering curiga terhadap apa yang anda katakan, seperti terlalu skeptis, meskipun sebenarnya anda mempunyai motivasi yang baik.

Contoh kreatifitas adalah jika misal anda ingin agar client anda menerima proposal penawaran anda, anda coba melihat client anda lebih jauh, misal jika dia suka minuman dan anda juga tidak masalah untuk minum bersama, kenapa anda tidak membawakan dia minuman dan mengajak dia minum bersama, jika sudah merasa saling nyaman maka komunikasi itu mengalir begitu saja, tidak ada yang merasa terancam, intinya yang penting adalah teman bicara merasa nyaman dulu, tidak merasa terancam juga yang ahkirnya juga tidak merasa dirugikan.
Judul: Re: Komunikasi dengan Hati
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Juni 04, 2011, 10:35:35 PM
Komunikasi dengan hati melalui simbol dan metafora menurut Karen Amstrong :

&feature=related
Judul: Re: Komunikasi dengan Hati
Ditulis oleh: superstring39 pada Juni 09, 2011, 04:37:27 AM
Tidak heran jika orang psikologi bilang, keberhasilan itu 80% dari kemampuan kita berkomunikasi, 20% adalah skill teknis.
keberhasilan itu 1% usaha dan 99% adalah keberuntungan.