Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 25, 2021, 06:19:24 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139656
  • Total Topik: 10398
  • Online Today: 118
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kultum Singkat Tentang Ikhlas  (Dibaca 120363 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline okistudio

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
Kultum Singkat Tentang Ikhlas
« pada: November 07, 2016, 07:34:37 AM »
Kita manusia diciptakan oleh Allah dimuka bumi adalah hanya untuk beribadah kepadanya bahkan jin juga diciptakan Allah hanya untuk beribadah juga, hal ini terdapat dalam Al-Quran yaitu di surat

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku”

(Q.S adz-Dzaariyaat ayat 56)

Ayat diatas menjelaskan bagaimana jin dan manusia Allah ciptakan hanya untuk beribadah kepadanya, banyak sekali pembahasan tentang ibadah itu sendiri jika kita ingin mengkajinya secara lengkap, namun saya hanya akan membahas sekilas saja.



Dalam melakukan ibadah tentu harus dilandasi iman yang kuat, sesuai dengan tuntunan syariat dan dilakukan dengan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridha dari Allah saja, ibadah dibagi menjadi 2 yaitu diantaranya.

Ibadah Mahdhah

Ibadah mahdhah atau ibadah khusus ialah ibadah yang apa saja yang telah ditetpkan Allah akan tingkat, tata cara dan perincian-perinciannya.

Contoh ibadah Mahdhah :

Wudhu,
Tayammum
Mandi hadats
Shalat
Shiyam ( Puasa )
Haji
Umrah
Ibadah Ghairu Mahdah

Ibadah ghairu mahdhah atau umum ialah segala amalan yang diizinkan oleh Allah. misalnya ibadaha ghairu mahdhah ialah belajar, dzikir, dakwah, tolong menolong dan lain sebagainya.

Contoh ibadah Ghairu Mahdhah :

Shadaqah
I’tikaf
Wakaf
Qurban
Aqiqah
Dzikir dan Do’a
Semua ibadah diatas hendaknya kita lakukan atas dasar ikhlas karena allah saja, buka karena ingin dipuji atau dinilai oleh mahluk, karena hanya niat tulus karena allah lah yang dapat menenangkan hati dan jiwa, jika kita berharap kepada mahluk akan banyak kecewanya.

Selain beribadah kita manusia juga Allah ciptakan sebagai mahluk paling sempurna dan juga mempercayakan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi, hal ini tertuang dalam Al-Quran surat

وَ إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّيْ جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيْفَةً قَالُوْا أَتَجْعَلُ فِيْهَا مَن يُفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَ نَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَ نُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّيْ أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُوْنَ

Q.S. Al Baqarah Ayat 30

Artinya : Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Dari dua ayat diatas sebenarnya sudah jelas memberikan gambaran bahwasanya manusia dimuka bumi ini allah ciptakan sebagai khalifah di muka bumi dan selalu beribadah kepadanya, ciri orang yang ikhlas dalam beribadah bisa dilihat disaat dia dalam keadaan sendiri.

Atau kita bisa menggunakan diri kita sendiri untuk mengukur apakah kita sudah ikhlas dalam beribadah, coba kita amati diri kita sendiri ketika sedang bersama teman atau bersama orang yang rajin ibadah, tentu kita akan sangat mudah untuk beribadah kepada allah karena ada teman yang melihat dan semangat karena bersama-sama melakukannya.

Namun bagaimana kualitas ibadah anda ketika sendiri, ketika anda sendiri apakah masih semangat dalam beribadah kepada allah, sebagai contoh anda sudah lama tinggal dipondok, dan dipondok anda sering melakukan puasa sunah senin kamis.

Ketika anda pulang kampung atau pulang kerumah orang tua anda apakah anda masih sering puasa senin kamis, jika iya itu baik namun jika tidak bisa jadi ibadah puasa anda hanya karena teman-teman pondok saja, buka karena allah.

sumber : okistudio.com/contoh-kultum-singkat-tentang-ikhlas/

Offline okistudio

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Kultum Singkat Tentang Ikhlas
« Jawab #1 pada: November 11, 2016, 02:27:30 AM »
Apa itu Ikhlas? Menurut saya ikhlas itu merelakan sesuatu yang sudah kita tidak miliki tanpa ada perasaan bersalah dan menyesal.

Ikhlas memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan, tapi jangan takut untuk ikhlas. Karena anda akan sadar besarnya kekuatandari hati yang ikhlas serta pengaruh terhadap kehidupan anda. Terkadang hal yang sulit jika kita ikut sertakan Tuhan didalamnya, akan bisa kita jalani dengan mudah.

Banyak sekali hal-hal yang terjadi dalam hidup saya yang memerlukan ke-ikhlasan tinggi. Saya bukan pribadi yang mudah dengan ikhlas. Saya dengan mudahnya terjatuh ketika dihadapi oleh beberapa kenyataan yang susah untuk diterima. Kuliah saya tersendat, prestasi yang pernah saya raih dengan gemilang hancur begitu saja. Full Scholarship pergi begitu saja dari genggaman akibat kesibukan bekerja sehingga saya tidak memperhatikan hal yang amat penting.

Apa yang bisa saya perbuat, setelah sudah cukup saya terpuruk dalam kesedihan. Saya coba kuatkan hati untuk bangun, tetapi tanpa keikhlasan hati, sulit untuk kembali menata hidup saya sebelumnya. Apa yang saya kerjakan berantakan, tidak lagi se-gemilang dulu. Saya mulai menjauh dari pergaulan teman-teman, karena saya merasa mereka senang akan apa yang telah terjadi sampai saya mendengarkan .

Setelah hampir pulih, saya kembali terjatuh kedalam pengkhianatan dari seseorang yang saya teladani. Kehidupan saya yang pernah saya bangun sebelumnya kembali hancur, saya harus dihadapi oleh konflik pengkhianatan dari hal yang amat saya cintai. Hanya karena sebab yang tidak semestinya di besar-besarkan, tetapi diperbincangkan di media sosial.Saya dipermalukan oleh orang-orang yang harusnya memberi teladan bagi saya, oleh orang-orang yang dulunya saya percayai.

Saya tetap dikuatkan oleh beberapa teman yang masih sayang dan peduli kepada saya. Berbagai masalah yang saya hadapi pasti punya tujuan. Saya coba untuk percaya dan bertahan. Tetapi, cobaan hidup masih belum berhenti untuk datang. Saya harus kembali menahan kepedihan karena keangkuhan peraturan kampus yang tidak memihak kepada mahasiswa, kali ini saya harus menahan amarah di dalam hati saya. Saya begitu terpuruk oleh bayangan akan kuliah saya yang tidak bisa saya selesaikan tepat waktu. Karena hal itu sudah ikut menghancurkan beberapa rencana saya kedepan, rencana saya menggapai mimpi yang pernah di renggut sebelumnya oleh pengkhianatan. Saya coba untuk kembali berani bermimpi, tetapi tampaknya tidak mudah.

Namun, Tuhan ternyata sangat baik. Dengan perlahan diajarinya saya bagaimana untuk ikhlas. Tuhan tetap setia menemani hari-hari yang saya lalui, hingga akhirnya saya bisa untuk ikhlas, melepaskan semua apa yang terjadi, dengan rela hati menerima semuanya. Karena saya sudah menyerahkan semua hidup saya ke dalam tangan-Nya. Saya bisa dengan tenang menjalani apa yang sudah direncanakan Tuhan dari awal kehidupan saya.

Teman-teman, ikhlas lah, maka anda akan mendapat kedamaian dalam menjalani hidup. Ikhlas lah dan lihat apa yang terjadi dalam kehidupan anda.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
69 Jawaban
31747 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2014, 02:23:21 AM
oleh mhyworld
15 Jawaban
10856 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2009, 12:34:55 PM
oleh rawWARus
60 Jawaban
37045 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 02, 2016, 01:18:15 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
5977 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 17, 2010, 12:09:37 PM
oleh sisca, chemistry
16 Jawaban
11368 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2016, 02:39:17 PM
oleh Monox D. I-Fly