Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 05, 2022, 11:03:59 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 52
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

LAUT DAN DARATAN perbandingan dalam Al Quran

Dimulai oleh rizqi_fs, Maret 02, 2011, 10:02:12 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Balya

subhanALLAH infonya,

cocologi adalah mencocokkan buah pikiran yang ada/hukum-hukum lama yang belum terbukti oleh ilmiah dengan fakta-fakta baru yang sudah terbukti secara ilmiah.
dari alamat yang diatas nih pengertiannya..
([pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])


AL-Quran kan sudah terbukti secara ilmiah.
contoh : proses penciptaan manusia di dalam rahim, kapalnya nabi nuh?
jadi...
membuktikan kebenaran Al-Quran ga bisa di sebut cocologi saudara"..
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Pi-One

#16
Penciptaan manusia dalam rahim? Dibanding diciptakan, bukankah lebih cocok dibilang pembentukan janin? Dan alquran bukan pihak yang pertama membahas proses pembentukan tersebut, dan kalimat yang digunakan bisa dibilagn bermakna luas dan masih terkait cocologi.

Lalu, sejak kapan kapal nabi nuh terbukti? Mau bawa hoax ararat tempo hari?

adnan-way

Kutip dari: Pi-One pada Maret 20, 2011, 05:07:58 PM
Penciptaan manusia dalam rahim? Dibanding diciptakan, bukankah lebih cocok dibilang pembentukan janin? Dan alquran bukan pihak yang pertama membahas proses pembentukan tersebut, dan kalimat yang digunakan bisa dibilagn bermakna luas dan masih terkait cocologi.

Lalu, sejak kapan kapal nabi nuh terbukti? Mau bawa hoax ararat tempo hari?

AQ itu berisi "ayat", akar katanya berarti tanda. AQ bukan kitab ilmu pengetahuan, yang menjelaskan rinci terhadap segala sesuatu. AQ berisi tanda, tanda-tanda kebenarann karenanya bahasanya lebih luas.

Bisa kasi contoh pembahasan proses pembentukan janin yang dari kitab lain?

Pi-One

Kutip dari: adnan-way pada Maret 22, 2011, 11:43:25 AM
AQ itu berisi "ayat", akar katanya berarti tanda. AQ bukan kitab ilmu pengetahuan, yang menjelaskan rinci terhadap segala sesuatu. AQ berisi tanda, tanda-tanda kebenarann karenanya bahasanya lebih luas.
Saking luas dan fleksibelnya maka sering ditafsirkan dengan mencocok-cocokkan, makanya sering dituding cocologi.

Kutip dari: adnan-way pada Maret 22, 2011, 11:43:25 AMBisa kasi contoh pembahasan proses pembentukan janin yang dari kitab lain?
Entah kalau soal kitab (suci) lain. Tapi pembahasan perkembangan janin sudah dilakukan ilmuwan Yunani seperti Gallen (yang kalau tak salah melakukan pembedahan pada mamalia - dengan anggapan memiliki kemiripan tahap dengan manusia)

Herwitz

Tentang cocologi proses pembentukan janin selain dalam agama Islam juga ada di agama Hindu,, Dan tentu saja kedua cocologi tsb telah dibantah disini : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

rizqi_fs

#20
Yang ini dulu aja deh, kok malah kasih link lain. jadi mengkaburkan aja.
Klo bisa link itu disajikan kasus demi kasus aja n dibyat thread baru

btw, setelah saya baca linknya, itu kan mau mengatakan sains lebih detail dalam menjelaskan bukan
sains membantah fakta yang diutarakan oleh Al Quran :)

Justru sebaliknya dia memperkuat informasi yang diberikan oleh Al Quran dengan penjelasan2 yang lebih mendetail:)

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Maret 28, 2011, 08:54:16 AM
Yang ini dulu aja deh, kok malah kasih link lain. jadi mengkaburkan aja.
Klo bisa link itu disajikan kasus demi kasus aja n dibyat thread baru

btw, setelah saya baca linknya, itu kan mau mengatakan sains lebih detail dalam menjelaskan bukan
sains membantah fakta yang diutarakan oleh Al Quran :)

Justru sebaliknya dia memperkuat informasi yang diberikan oleh Al Quran dengan penjelasan2 yang lebih mendetail:)

Bisa dibilang ayat dalam al quran yang diklaim sesuai sains itu sendiri sejatinya tidak pernah memberi penjelasan memadai. Orang-orang di masa setelahnyalah yang berusaha mengait-ngaitkan ayat tersebut dengan sains setelah temuan sains tersebut ada dan diakui. Makanya, sering ditanggapi sebagai cocologi.

rizqi_fs

Kutip dari: Pi-One pada Maret 28, 2011, 04:55:16 PM
Bisa dibilang ayat dalam al quran yang diklaim sesuai sains itu sendiri sejatinya tidak pernah memberi penjelasan memadai. Orang-orang di masa setelahnyalah yang berusaha mengait-ngaitkan ayat tersebut dengan sains setelah temuan sains tersebut ada dan diakui. Makanya, sering ditanggapi sebagai cocologi.
Artinya sains tidak membantah apa yang diutarakan Al Quran
seperti: -peredaran bulan yang bergerak menurut garis edarnya
           -mengenai lebah
           -mengenai api yang bisa dihasilkan dari tumbuhan hijau
           -Termasuk juga dalam pertumbuhan janin didalam kandungan
           -dll

Pi-One

#23
Kutip dari: rizqi_fs pada Maret 29, 2011, 07:03:43 AM
Artinya sains tidak membantah apa yang diutarakan Al Quran
seperti: -peredaran bulan yang bergerak menurut garis edarnya
          -mengenai lebah
          -mengenai api yang bisa dihasilkan dari tumbuhan hijau
          -Termasuk juga dalam pertumbuhan janin didalam kandungan
          -dll
Sains tidak membantah dan tak membenarkan. Parapenafsirlah yang mencari-cari pembenaran dari sains.

Bukankah sangat konyol, saat mereka menafsirkan mengenai pergerakan matahari sebagai pergerakan matahari di galaksi, sementara mereka tak bisa mencari bagian ayat yang merujuk soal bumi mengelilingi matahari?

Dan pertumbuhan janin juga, sejatinya tulisan di ayatnya amat aneh (segumpal darah jadi tulang dst). Namun namanya penafsiran yang fleksibel, ya bisa dikait-kaitkan.

rizqi_fs

Kutip
Sains tidak membantah dan tak membenarkan. Parapenafsirlah yang mencari-cari pembenaran dari sains.
klo ga membantah bisa jadi pembenaran donk :)

Kutip
Bukankah sangat konyol, saat mereka menafsirkan mengenai pergerakan matahari sebagai pergerakan matahari di galaksi, sementara mereka tak bisa mencari bagian ayat yang merujuk soal bumi mengelilingi matahari?
Apakah tidak cukup dengan megatakan bahwa matahari dan bulan beredar pada garis edarnya?:)
tak ada sains yang bisa membantah bahwa pernyataan ini salah, justru ini adalah sebuah kesimpulan dari informasi yang sangat mendetail dari sains.

Kutip
Dan pertumbuhan janin juga, sejatinya tulisan di ayatnya amat aneh (segumpal darah jadi tulang dst). Namun namanya penafsiran yang fleksibel, ya bisa dikait-kaitkan.
segumpal darah menjadi tulang belulang emang apa yang aneh?

Pi-One

Kutip dari: rizqi_fs pada Maret 30, 2011, 06:59:45 AM
klo ga membantah bisa jadi pembenaran donk :)
Invisible Pink Unicorn, orbital chinesse teapot atau Goddess of Eternal Loli itu benar dong, kan anda gak bisa bantah ::)

Kutip dari: rizqi_fs pada Maret 30, 2011, 06:59:45 AMApakah tidak cukup dengan megatakan bahwa matahari dan bulan beredar pada garis edarnya?:)
tak ada sains yang bisa membantah bahwa pernyataan ini salah, justru ini adalah sebuah kesimpulan dari informasi yang sangat mendetail dari sains.
Saking mendetailnya, kita bisa menarik kesimpulan kalau ini bicara geosentris. Matahari bergerak, bulan bergerak, bumi tak sekalipun disinggung pergerakannya, apa lagi? :)

Kutip dari: rizqi_fs pada Maret 30, 2011, 06:59:45 AMsegumpal darah menjadi tulang belulang emang apa yang aneh?
Jika bicara janin, tidak ada saat dimana janin berupa 'segumpal darah'. Apalagi saat darah tadi berubah jadi tulang. Kecuali anda pakai cocologi :)

MonDay

Kutip dari: Herwitz pada Maret 24, 2011, 03:08:58 PM
Tentang cocologi proses pembentukan janin selain dalam agama Islam juga ada di agama Hindu,, Dan tentu saja kedua cocologi tsb telah dibantah disini : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
hmm baru tau ni, tp perbedaannya dengan srimadbhagavatam hanya pada rentang waktu
sains pun bisa salah dalam memprediksi waktu pembentukan dan kelahiran (tidak pakem tp standarnya begitu)

Pi-One

KutipSains vs Quran

Kita ulangi lagi tahapan-tahapan pembentukan embrio manusia menurut Quran.

   1. Setetes mani (nuthfah) : Salah. Manusia berasal dari sperma dan sel telur, bukan sperma semata. Ini kenapa ia disebut fertilisasi pada hari pertama, yaitu bertemunya sperma dan sel telur untuk membentuk embrio. Sel sperma membawa 23 kromosom sementara sel telur membawa 23 kromosom. Kita tahu manusia memiliki 46 kromosom, dan itu separuhnya saja yang berasal dari sperma.
   2. Segumpal darah (alaqah) : Salah. Yang benar adalah sel yang terus membelah dalam fase morula dan blastula, dan fase ini tidak mirip daging sama sekali. Darah baru ada pada janin pada hari ke 20 – 21 saat terbentuknya jantung sederhana (Kardiogenesis). Pembuluh darah baru ada pada hari ke 28 – 31.
   3. Segumpal daging (mudghah) : Salah. Daging dan tulang terbentuk bersamaan dalam proses yang disebut somitogenesis pada hari ke 20 – 21.
   4. Tulang belulang: Salah. Tulang sejati pertama yang ada adalah tulang belakang yang muncul secara makro pada hari 22 – 23. Selnya sendiri terbentuk dalam proses somitogenesis pada hari ke 20 – 21.
   5. Di bungkus daging : Salah. Tulang dan daging tumbuh beriringan dan melalui proses somatogenesis yang terus berkelanjutan. Tulang sendiri terus tumbuh ketika anak lahir yang jelas terbukti dengan berbedanya anda sekarang dengan anda di saat bayi.
Salah kalau dibilang cocologi?

Balya

saya mau tanya nih, maaf soalnya saya masih ank sekolahan jadi masih labil, ingin mncari jati diri kata orang sekarang.. :)
dari kutipan diatas tadi..


1. jika bukan dari  mani (nuthfah) lalu dari mana anda, saya, dan orang yang ada di forum ini berasal?
bukankah jika tidak ada mani kita tidak akan ada?
2.  tanya selnya itu dari mana ya?
3.  kalo dari darah itu kok tiba-tiba ada proses somitogenesis (pembentukan  daging dan tulang tadi) kenapa ya?
4.   kok pernyataan dari AQ di bantah pada poin ini. tapi bantahannya juga dengan proses pembuatan tulang. salah nya dimana yaaaa?
5. tapi kan benar di ketika kita lahir tulang kita terbungkus dengan daging?
apa ada yang tulang manusia diluar daging?
meskipun pembentukkannya beriringan..

jadi bingung Al-Quran salah dimananya??
???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Pi-One

Coba baca artikelnya dulu pelan-pelan, jangn dulu berprinsip 'alquran apsti benar'.

Air mani adalah cairan yang mengandung sperma. Kita ini berasal dari sel telur yang dibuahi oleh satu (kadang lebih, tapi amat langka - ini akan menghasilkan kembar tak identik) sperma.

Sel itu tumbuh dari hasil pembuahan sel telur oleh sperma tadi. Dan pertumbuhannya tidak jadi 'segumpal darah'. Dan tidak ada prosesnya berubah jadi tulang, baru dibungkus daging, karena ini proses silmultan.