Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 05:16:14 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 52
Total: 52

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: lukisan haram ????  (Dibaca 20412 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
lukisan haram ????
« pada: Juli 24, 2009, 01:25:26 PM »
ada yang tau kenapa lukisan haram dalam hukum islam ?

gua ga ngerti nih......
Take a deep breath, lay down, and gaze upon the sky...

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #1 pada: Juli 24, 2009, 02:44:57 PM »
sori baru baca pengumuman ;D ;D..ternyata ga boleh cuma nanya ya ???, harus ada isinya? oke.

gua pernah baca kalo istri Rasulullah, Aisyah telah membeli bantal kecil untuk hiasan yang didalamnya terdapat gambar. Ketika Rasulullah melihat bantal tersebut, beliau berdiri di depan
pintu dan enggan untuk masuk seraya bersabda : Sesungguhnya pemilik gambar ini akan diadzab dan akan dikatakan
kepada mereka. 'Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan".

kenapa lukisan/gambar haram ??
apa lukisan/gambar membuat kerugian, keburukan, atau semacamnya?

Offline jam

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 303
  • IQ: 15
Re: lukisan haram ????
« Jawab #2 pada: Juli 25, 2009, 04:45:56 AM »
 ya.. lukisan/patung itu tdk bleh di pajang
karena malaikat rahmat nya nnti kgak prnh
dtng lagi ke rmh kita

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #3 pada: Juli 25, 2009, 11:02:01 AM »
tapi kenapa malaikat ga mau dateng??
sesuatu yang haram pasti membawa kerugian, misalnya kayak khamar, judi, dll..
lukisan itu membawa kerugian dari mananya?


sori banyak nanya ;D ;D
 

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: lukisan haram ????
« Jawab #4 pada: Juli 25, 2009, 09:13:25 PM »
Lukisan-lukisan yang berupa
1. Gambar bukan orang non muslim
2. Gambar telanjang (apapun itu, termasuk memperlihatkan aurat)--> berarti gambar perempuan yang keliatan rambutnya jgua termasuk.
3. Gambar yagn ada salibnya
4. Gambar hewan

Itu selain malaikat ga masuk, juga yang no 1,2&4 itu ditenggeri setan diatasnya, termasuk patung-patungan jgua ditenggeri setan.
Nah..., klo rumah ktia ga masuk malaikat kerugaiannya ga ada yang membawa rohmat (pengantarnya), mau dilindungi juga susah..,

Yang kedua.,. kalau dirumah ktia banyak setannya, pasti kita akan merasa terganggu, entah apapaun bentuk gangguannya itu.., kecuali kalau kita kuat hingga setan tak mampu menggoda/mengganngu kita. Tapi sebaik-baiknya kita, kita harus menghindari dari segala bentuk gangguan..,
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: lukisan haram ????
« Jawab #5 pada: Juli 26, 2009, 12:28:04 AM »
Lukisan-lukisan yang berupa
1. Gambar bukan orang non muslim
Jadi orang muslim gak boleh majang gambar presiden non muslim, kalo dia tinggal di negara non mayoritas muslim misalnya?

2. Gambar telanjang (apapun itu, termasuk memperlihatkan aurat)--> berarti gambar perempuan yang keliatan rambutnya jgua termasuk.
Gimana dengan gambar organ tubuh untuk pelajaran biologi? Kan setengah bugil, setengah lagi berisi organ.

4. Gambar hewan
Gimana ngajari anak-anak soal binatang-binatang?

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #6 pada: Juli 26, 2009, 01:17:59 AM »
Lukisan-lukisan yang berupa
1. Gambar bukan orang non muslim
Jadi orang muslim gak boleh majang gambar presiden non muslim, kalo dia tinggal di negara non mayoritas muslim misalnya?

2. Gambar telanjang (apapun itu, termasuk memperlihatkan aurat)--> berarti gambar perempuan yang keliatan rambutnya jgua termasuk.
Gimana dengan gambar organ tubuh untuk pelajaran biologi? Kan setengah bugil, setengah lagi berisi organ.

4. Gambar hewan
Gimana ngajari anak-anak soal binatang-binatang?


@idad
oh gitu om....

@pi-one
1. mungkin kalo sebagai penghormatan ke presiden gpp
2. gambar anatomi dan hewan kan tujuannya buat pendidikan, yang ga boleh itu kalo tujuannya cuman buat pajangan/memperindah.

sejujurnya gua belom begitu paham juga sih....ada yg punya opini lain?   

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: lukisan haram ????
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2009, 02:20:47 AM »
Mau Nambah, karena jika kita memanjan gambar yang (mungkin) mengalihkan kita dari allah, misal sesuatu yang begitu indahnya, sehingga membuat kita lalai (misal shalat)

Misal ada Seseorang yang beli lukisan segitu mahalnya (karena begitu indah dan disukainya), dia terus menjaga dan memandangi lukisan secara berlebihan, gimana? bisa membuat lalai kewajiban kan?
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline punx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
Re: lukisan haram ????
« Jawab #8 pada: Juli 26, 2009, 03:59:25 AM »
Setidaknya yg gw tau:

1.Sebenarnya awal mula Rasulullah diutus ke bumi adalah untuk memurnikan ajaran2 hanif yg di bawa Adam As dan dilanjutkan Ibrahim As. serta nabi2 lain.

“Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada setiap umat (yang berseru) sembahlah Allah dan tinggalkan thaghut itu. ” (QS. An-Nahl: 36).

kita ketahui bahwa pada masa itu disebut2 sebagai suatu zaman yg jahiliyah,,,
Kesyirikan terjadi di mana2,,, padahal Ibrahim dulunya adalah penyembah satu Tuhan, Allah
Kenapa hal ini terjadi,,,???
salah satu penyebab terbesarnya adalah terlalu mengagung2kan orang2 shalih,,,
mereka berlebihan hingga memujanya,,, mendokumentasikannya dlm bentuk gambar2 dan ato patung2...
ajaran2 Ibrahim yg hanif sudah dibelokkan sedemikian rupa. So, Muhammadlah yg bertugas meluruskannya lg.
So, jangan sampai kejadian ini terulang...
dan salah satu tindakan preventifnya adalah dengan mengharamkannya...

2. Karena menggambar makhluk hidup dianggap menandingi ciptaan Allah.



wallahualam ding.... gw jg ga terlalu ngerti
« Edit Terakhir: Juli 26, 2009, 04:01:05 AM oleh punx »

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #9 pada: Juli 26, 2009, 04:11:30 AM »
Setidaknya yg gw tau:

1.Sebenarnya awal mula Rasulullah diutus ke bumi adalah untuk memurnikan ajaran2 hanif yg di bawa Adam As dan dilanjutkan Ibrahim As. serta nabi2 lain.

“Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada setiap umat (yang berseru) sembahlah Allah dan tinggalkan thaghut itu. ” (QS. An-Nahl: 36).

kita ketahui bahwa pada masa itu disebut2 sebagai suatu zaman yg jahiliyah,,,
Kesyirikan terjadi di mana2,,, padahal Ibrahim dulunya adalah penyembah satu Tuhan, Allah
Kenapa hal ini terjadi,,,???
salah satu penyebab terbesarnya adalah terlalu mengagung2kan orang2 shalih,,,
mereka berlebihan hingga memujanya,,, mendokumentasikannya dlm bentuk gambar2 dan ato patung2...
ajaran2 Ibrahim yg hanif sudah dibelokkan sedemikian rupa. So, Muhammadlah yg bertugas meluruskannya lg.
So, jangan sampai kejadian ini terulang...
dan salah satu tindakan preventifnya adalah dengan mengharamkannya...

2. Karena menggambar makhluk hidup dianggap menandingi ciptaan Allah.



wallahualam ding.... gw jg ga terlalu ngerti


1. yap saya setuju sekali om punx
2. nah ini yg saya masih bingung.
    kita kan ga mungkin menandingi ciptaan Allah??

Offline punx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
Re: lukisan haram ????
« Jawab #10 pada: Juli 26, 2009, 04:38:13 AM »
emang sih kita ga bakalan mungkin menandingi Allah,,,
Allah gitu loh,,, dilawan hehehhe...

tp mungkin maksudnya gni,,,
coba aja km lg melukis (cewe),,,trus km kagum banget ma lukisan km itu,,,
nah,,, sikap kamu yg terlalu kagum (berlebihan) ini,,
km bisa aja ngomong,,, wah, lukisan gw keren banget, lebih cantik dari orangnya...hehehehe

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: lukisan haram ????
« Jawab #11 pada: Juli 26, 2009, 04:54:49 AM »
Lukisan, patung, sama saja dengan obyek lain kan? Sifatnya netral, yang membedakan adalah penggunanya.

Offline punx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
Re: lukisan haram ????
« Jawab #12 pada: Juli 26, 2009, 05:23:42 AM »
Lukisan, patung, sama saja dengan obyek lain kan? Sifatnya netral, yang membedakan adalah penggunanya.

iya pi-one...  semua alat emang netral (ga bisa dihukumi) tergantung penggunaanya.
tp karena ia dianggap sesuatu yg sangat besar kemungkinannya dpt menimbulkan kesalahan,
sbg tindakan preventif mending dijauhi....

Klo pertanyaan gni di forum2 agama pasti jawabannya beda.
Ada suatu kaidah dalam menetapkan halal dan haram

1. karena ia dapat merusak (agama,jiwa, raga,harta,dll)
2. karena jenisnya
3. karena ada nash yg melarangnya...

untuk kasus gambar ini,bisa mengandung 2 unsur di atas (unsur 1 & 3)


Offline jam

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 303
  • IQ: 15
Re: lukisan haram ????
« Jawab #13 pada: Juli 26, 2009, 05:35:22 AM »
betul itu om punk
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline punx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
Re: lukisan haram ????
« Jawab #14 pada: Juli 26, 2009, 05:39:01 AM »
Haiyah,,,,, sok bgt gw
jujur gw jg belum bisa memahami semua itu di zaman modern ini
mengingat kita bener2 ga bisa lepas dari sumua itu (gambar)

di situs ini aja,,,, gw jg pake emoticon buat mengekspresiakan diri gw  ;D
gw jg liat Tipi,,, liat film,dll  dan itu lebih dari sekedar gambar,cz bisa bergerak.
Any opinions????

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
61 Jawaban
27028 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2009, 05:54:31 AM
oleh anni3
Facebook Haram?

Dimulai oleh biobio « 1 2 ... 5 6 » Sosial dan Politik

75 Jawaban
39452 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2009, 10:23:08 PM
oleh L
118 Jawaban
49187 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2014, 02:04:18 AM
oleh mhyworld
4 Jawaban
3937 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 03, 2011, 12:21:15 AM
oleh exile_rstd
19 Jawaban
8963 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2011, 07:09:51 AM
oleh ?