Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 08:45:01 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: lukisan haram ????  (Dibaca 20416 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline jam

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 303
  • IQ: 15
Re: lukisan haram ????
« Jawab #15 pada: Juli 26, 2009, 05:41:19 AM »
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #16 pada: Juli 26, 2009, 12:28:02 PM »
@all
kayaknya perlu di diteknkan dulu deh..
1.foto yang yang objeknya memang wujudnya nyata ada ..
atau
2. ada lukisan/patung  yang merupakan objek hasil khayalan atau pikiran sang pelukis(pelukis disini bs jg digital(dlm arti luas)

nah setahu saya yang islam larang adalah poin 2, yang objeknya berupa makhluk hidup yg ada matanya..karena mata adalah tanda kehidupan....cmiiw...dan yang penggunaannya tidak jelas dan  bermanfaat secara riil ..hanya sebagai hiasan...

lainn halnya jika hiasan itu berupa pemandangan atau pola2 lainnya...boleh2 saja..tidak berupa binatang atau manusia..
cmiiw lg ^_^
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #17 pada: Juli 26, 2009, 12:38:25 PM »
@luth
Om kalo lukisan/gambar itu ditujukan untuk hal2 positif misalnya pendidikan kayak anatomi tubuh manusia itu haram kah untuk dipajang?
Take a deep breath, lay down, and gaze upon the sky...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #18 pada: Juli 26, 2009, 10:36:15 PM »
yang penting kan tidak mengandung babi  ;D ;D ;D
peace kk

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: lukisan haram ????
« Jawab #19 pada: Juli 27, 2009, 06:43:13 AM »
yang penting kan tidak mengandung babi  ;D ;D ;D
peace kk
Jangan2 raisuien mengasumsikan lukisan nama makanan, kalo pukisan halal, lutisan juga halal (OOT ah)
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline harusame

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 1
Re: lukisan haram ????
« Jawab #20 pada: Juli 29, 2009, 04:49:03 AM »
mengapa hal-hal yang indah dilarang?
we do not inherit the earth from our ancestors we borrow it from our children

Offline udang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: lukisan haram ????
« Jawab #21 pada: Juli 30, 2009, 09:17:29 PM »
@harusame
udh di jawab sama punx :D

Setidaknya yg gw tau:

1.Sebenarnya awal mula Rasulullah diutus ke bumi adalah untuk memurnikan ajaran2 hanif yg di bawa Adam As dan dilanjutkan Ibrahim As. serta nabi2 lain.

“Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada setiap umat (yang berseru) sembahlah Allah dan tinggalkan thaghut itu. ” (QS. An-Nahl: 36).

kita ketahui bahwa pada masa itu disebut2 sebagai suatu zaman yg jahiliyah,,,
Kesyirikan terjadi di mana2,,, padahal Ibrahim dulunya adalah penyembah satu Tuhan, Allah
Kenapa hal ini terjadi,,,???
salah satu penyebab terbesarnya adalah terlalu mengagung2kan orang2 shalih,,,
mereka berlebihan hingga memujanya,,, mendokumentasikannya dlm bentuk gambar2 dan ato patung2...
ajaran2 Ibrahim yg hanif sudah dibelokkan sedemikian rupa. So, Muhammadlah yg bertugas meluruskannya lg.
So, jangan sampai kejadian ini terulang...
dan salah satu tindakan preventifnya adalah dengan mengharamkannya...

2. Karena menggambar makhluk hidup dianggap menandingi ciptaan Allah.



wallahualam ding.... gw jg ga terlalu ngerti



Offline harusame

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 1
Re: lukisan haram ????
« Jawab #22 pada: Juli 31, 2009, 12:41:52 AM »
setiap hal mempunyai sisi positif dan negatif, tergantung dari penggunanya
apakah mengharamkan sesuatu merupakan suatu solusi?





Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: lukisan haram ????
« Jawab #23 pada: Juli 31, 2009, 12:55:01 AM »
Yah, emmang banyak hal yang aku gak mengerti di Islam, tanpa menilai itu beanr atau salah. Misal kenapa cara berpakaian atau memakai perhiasan emas (untuk cowok) saja bisa membuat orang masuk neraka...

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: lukisan haram ????
« Jawab #24 pada: Juli 31, 2009, 01:23:07 AM »
@all:
Pada zaman Nabi dulu lukisan, patung dan sejenisnya dianggap sesuatu yang bisa mengantarkan kepada syirik(mengantarkan sesuatu yang menganggap ada tuhan lain selain Allah). Sedangkan agama islam sendiri adalah agama yang menganggap tuhan itu satu.

Lha karena itulah pada zaman dahulu nabi melarang sesuatu hal yang seperti lukisan (lebih ditekankan ke lukisan dewa-dewa/berhala)

Jadi menurutku, yang dilarang sebenarnya bukan lukisan tetapi efek dari lukisan itu sendiri. Benda/hal apapun walaupun itu bukan lukisan tetapi jika bisa mengantarkan seseorang kepada syirik tentu saja hukumnya haram misalnya ramalan, benda pusaka yang dianggap memiliki kekuatan, dukun.

Sesungguhnya islam menyukai keindahan. Dan tentu saja hal-hal yang indah (dalam arti positif) sangat didukung dalam islam.

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: lukisan haram ????
« Jawab #25 pada: Juli 31, 2009, 01:29:27 AM »
Untuk masalah malaikat yang "gak mau datang" kerumah yang ada gambarnya mungkin lebih tepat diartikan secara majas (kiasan). Karena yang tidak sampai kerumah itu adalah berkah yang dibawa oleh malaikat.

Untuk masalah gambar presiden, gambar binatang untuk mengajari anak kecil dan patung biologi, aku rasa hal itu tidak dilarang. Islam tidak sesempit itu.

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: lukisan haram ????
« Jawab #26 pada: Juli 31, 2009, 01:44:50 AM »
Agama islam adalah agama fitrah bagi manusia (Menurut orang muslim, jagi bagi yang non muslim jgn marah-marah dulu).

Bukankah Allah adalah yang menciptakan manusia. Dari situ tentu saja Ia tahu bagaimana agar manusia berada dalam kondisi yang sempurna. Analoginya seperti seorang pembuat robot tentu tahu apa saja hal yang baik dan tidak baik bagi robot tersebut.

Nah, karena Allah adalah satu-satunya yang paling mengerti akan sifat manusia, maka Iapun menganjurkan manusia untuk berpakaian dengan pakaian yang baik bagi manusia yaitu pakaian yang tidak mengundang sesuatu yang buruk bagi manusia itu sendiri.

Allah sendiri telah mengajarkan manusia agar terhindar dari petaka. Dan tentusaja Allah tidak menyukai makhluknya yang malahan membiarkan petaka datang kepadanya karea pakaian yang dipakainya.

Untuk soal perhiasan emas sendiri para ulama masih berbeda pendapat perihal tersebut.

Offline ndy_88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 126
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
    • www.cindytriasp.blogspot.com
Re: lukisan haram ????
« Jawab #27 pada: Juli 31, 2009, 02:00:58 AM »
aduh, poster britney gw brarti harus ditunin yagh..

OKE ;)

Offline agen_lingga

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
Re: lukisan haram ????
« Jawab #28 pada: Juli 31, 2009, 03:17:27 AM »
Allah menciptakan segala sesuatu berdasarkan citranya.. (pnggambaran)
Jadi Allah tu ya ngelukis langit, ngelukis pelangi, ngelukis bulan, ngelukis pemandangan lainnya...
brarti pesan buat kita ya.. kita bisa mengikuti JalanNya dong..
namun pasti ada batasan atas segala sesuatu.. jadi gak boleh ngelukis yg berdampak negatif thd sekelompok org.. 

Mengenai aturan haram apa halal itu lebih mengacu kepada sisi pragmatisnya kan... Klo efeknya gak bagus bagi manusia itu diharamkan. Tp ya gk sesimple itu sih..
Jaman dulu.. pmuka agm islam sngat protect pd umat,.. khususnya pada seni.. banyak batasannya... shgga until now umat islam dalam perkembangan seni lukis dn ragam seni yg dilarang lnnya tdk bgtu dominan dibnding bngsa lain..
tapi ku blum tau hadis mana yg ngga ngebolehin org ngelukis.. mngkn dhoif.. sumbernya gk jelas..???
Everything is clearer when you're in love.

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: lukisan haram ????
« Jawab #29 pada: Juli 31, 2009, 03:45:11 AM »
setuju ma kk agen_lingga,

Beberapa ulama ada yang berpendapat dalam kasus2 tertentu lukisan dibolehkan asalkan masih dalam batas toleransi. Karena menurut mereka dilarangkan lukisan karena akibat negatif yang bisa diberikan oleh lukisan itu sendiri bukan dari zat lukisan.

Tak jauh beda dengan khamr, khamr diharamkan karena sifatnya yang memabukkan bukan karena zat khamr itu sendiri.
Alkohol, ganja, narkoba yang bisa memabukkan tentu saja haram.
Lain halnya dengan tape, walaupun mengandung alkohol masih dihalalkan karena tidak memabukkan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
61 Jawaban
27029 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2009, 05:54:31 AM
oleh anni3
Facebook Haram?

Dimulai oleh biobio « 1 2 ... 5 6 » Sosial dan Politik

75 Jawaban
39458 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2009, 10:23:08 PM
oleh L
118 Jawaban
49196 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2014, 02:04:18 AM
oleh mhyworld
4 Jawaban
3940 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 03, 2011, 12:21:15 AM
oleh exile_rstd
19 Jawaban
8965 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2011, 07:09:51 AM
oleh ?